Bank Mandiri Klaim Transaksi ATM Sukses Berdasarkan Hasil Snapshot Bank BTN

Saya Frits, sebelum saya menceritakan kronologi kasus saya, saya sudah membaca artikel sebelumnya di Media Konsumen yang kasusnya hampir sama dengan saya. Bedanya beliau nasabah B*I sedangkan saya nasabah Mandiri. Saya berterima kasih kepada bapak ybs dan Media Konsumen, karena surat tersebut memberikan semangat kepada saya untuk terus memperjuangkan hak saya sebagai nasabah.

Saya nasabah setia Bank Mandiri, karena gaji saya menggunakan payroll Bank Mandiri. Saya punya 2 kartu kredit Mandiri, yang salah satu kartunya itu dipercayakan limit yang besar. Saya selalu lancar membayar lunas tagihan 2 kartu kartu kredit tsb sebelum jatuh tempo. Semua aman lancar, tidak ada masalah selama saya menjadi nasabah Bank Mandiri, sampai kejadian ini terjadi.

Kejadiannya tanggal 29 Desember 2020 sekitar pukul 17.00 WIB. Saya melakukan transaksi tarik tunai di ATM Bank BTN  di ATM Centre dengan nominal Rp1.250.000,- (pecahan 50 ribu). Namun di layar transaksi tidak dapat diproses. Saya lupa detail tulisannya, tapi transaksi tidak bisa. Saya pikir biasa aja, karena sebelumnya saya mau tarik tunai di ATM Mandiri di ATM Centre yang sama (pecahan 100 ribu) juga tidak bisa. “Ah.. mungkin lagi error“.

Kemudian saya kaget, karena saya dapat SMS banking yang menyatakan transaksi nominal Rp1.250.000,- berhasil. Tidak lama (hari yang sama), saya langsung telepon 14000 call center dan saya disuruh menunggu 14 hari kerja.

Selang 14 hari, saya telepon lagi dan hasilnya dinyatakan laporan saya ditolak karena “Transaksi Sukses dan uang keluar”. Saya banding lagi untuk yang ke-2 kalinya, hasilnya ditolak. Banding lagi kali yang ke-3, permintaan CCTV/Snapshot, hasilnya ditolak lagi. Saya diminta ke KCP terdekat untuk diperlihatkan hasil snapshot.

Saya pun ke KCP TAMAN Borobudur, Jl. Borobudur Tangerang, dibantu oleh CS Belda. Di situ hanya ada snapshot, bukan VIDEO seperti yang saya harapkan. Tidak ada video yang menampilkan uang diambil. Berdasarkan hasil snapshot, menurut CS Belda uangnya diambil orang. Loh bagaimana bisa? Wong di layar transaksi gak bisa, saya ambil ATM ya saya pergi dong.

Berikut hasil snapshot, hanya dikasih waktunya saja, karena untuk hasil aslinya kata CS tidak diperbolehkan untuk diberikan.

Hasil snapshot

Berdasarkan hasil snapshot, 17:14:59 card taken dan berdasarkan hasil investigasi yang saya garis bawahi, pukul 17:15:38 uang keluar, yang artinya membutuhkan JEDA WAKTU 39 detik. Waktu itu di layar jelas-jelas tercantum “Transaksi ini tidak dapat diproses”, makanya saya pergi, card taken 17:14:59. Masa tiba-tiba 39 detik kemudian uangnya keluar? Kalau memang uangnya diambil orang, itu bukan salah saya karena di layar tercantum tidak bisa diproses. Ketika sistem mungkin loading dan 39 detik kemudian uangnya keluar.

Saya sampai reka ulang tarik di ATM Bank BTN yang sama pada tanggal 10 Februari 2021 dengan nominal yang sama Rp1.250.000, jeda waktu card taken sampai uang keluar hanya kurang lebih 14 detik. Selama saya ambil ATM di mana saja, memang biasanya jedanya tidak lama. Videonya sudah saya rekam siapa tahu bisa dijadikan perbandingan.

Pihak KCP Taman Borobudur atas nama CS Belda sudah email katanya, entah email ke mana, tapi belum ada jawaban.

Saya sudah tempuh twit ke Mandiri Care, telepon 14000 ke KCP, tapi masalah saya belum juga selesai. Jika memang transaksi sukses, tolong dibuktikan dengan video atau uang yang ditampilkan di ATM saat pengambilan, jangan cuma foto wajah.

Pihak Bank Mandiri yang terhormat mohon diinvestigasi dengan teliti, jangan hanya berdasarkan sistem (karena sistem juga bisa salah), apalagi berdasarkan snapshot foto wajah doang. NONSENSE!

Frits Hogman
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Total:9    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

16 komentar untuk “Bank Mandiri Klaim Transaksi ATM Sukses Berdasarkan Hasil Snapshot Bank BTN

    • 19 Februari 2021 - (16:57 WIB)
      Permalink

      Terina kasih pak erik atas atensi nya, saya percaya bahwa error dalam suatu sistem bisa saja terjadi. Waktu yang dibutuhkan untuk suatu atm memproses mungkin bisa saja ber beda beda karna beberapa hal, namun ketika di layar monitor mengatakan Transaksi tidak dapat di lakukan namun uangnya terpotong ini menjadi hal yang menarik.

  • 18 Februari 2021 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin. Sekelas bank besar harusnya dpt menyelesaikan ini dengan baik.. di tunggu
    Semoga masalahnya segera selesai dan apa yg menjadi haknya segera terpenuhi

    • 19 Februari 2021 - (16:48 WIB)
      Permalink

      Trima kasih pak muntasir, semoga bank bank himbara bisa saling ber sinergi lebih baik lagi khususnya dalam pengelolaan atm link sehingga kendala kendala seperti ini tidak terulang lagi kedepannya serta dapat merugikan nasabah

  • 18 Februari 2021 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Saya juga sempat mengalami error serupa di hari sabtu tgl 13 februari. Penarikan dana dari mandiri cross atm terganggu, saya coba 2 mesin atm selain mandiri juga tidak bisa. Untungnya uangnya tidak terpotong. Semoga masalah bapak bisa diselesaikan, karena saya yakin sepertinya delay uang keluar itu benar terjadi hanya saja harusnya cctv menampilkan lebih jelas seluruh kegiatan transaksi agar bisa diketahui orang yg mengambil dana bapak.

    • 19 Februari 2021 - (17:03 WIB)
      Permalink

      Terina kasih pak erik atas atensi nya, saya percaya bahwa error dalam suatu sistem bisa saja terjadi. Waktu yang dibutuhkan untuk suatu atm memproses mungkin bisa saja ber beda beda karna beberapa hal, namun ketika di layar monitor mengatakan Transaksi tidak dapat di lakukan namun uangnya terpotong ini menjadi hal yang menarik.

  • 18 Februari 2021 - (18:46 WIB)
    Permalink

    Selamat malam pak, setau saya klu untuk cctv itu ada 2 versi internal dan eksternal, klu internal memang berupa image atau foto yg di tempatkan pada mesin ATM, kalau eksternal itu baru berupa video biasanya di taruh di atas boot ATM atau di sudut” Ruangan. Klu bapak mau melihat videonya coba bapak tanyakan perihal cctv eksternalnya.. Semoga ini bisa membantu masalah bapak. Terima kasih

    • 19 Februari 2021 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Trima kasih pak surya atas informasinya, untuk permintaan cctv external tentunya membutuhkan izin dari pihak yang berwenang. Dalam hal atm juga memiliki cctv tentunya hal ini yang bisa di komunikasikan dengan pihak bank pemilik atm tersebut.

  • 19 Februari 2021 - (10:48 WIB)
    Permalink

    mmg beberapa atm ada jeda wktu …biasanya jm jm tertentu,.sy pernah mmg sperti itu tk tgu smpai uang keluar ,.

    • 19 Februari 2021 - (15:12 WIB)
      Permalink

      haha jeda waktu kan kalau ada informasi suruh tunggu uang keluar, bukan nunggu saat ada keterangan transaksi tidak dapat diproses, lucu dong nungguin depan ATM yang blg transaksi mu tidak dapat diproses, kalau ada yang antri dibelakang terus gimana?

      • 19 Februari 2021 - (17:47 WIB)
        Permalink

        Trima kasih pak heri atas atensi nya,
        Saya yakin setiap atm mempunyai waktu yang berbeda beda untuk memproses karna beberapa hal. Namun ketika di layar monitor mengatakan tidak dapat melakukan transaksi, tentu menjadi hal yang biasa saya pindah untuk mencari atm yang lain. Layar monitor atm yang mengatakan tidak dapat melakukan transaksi, delay waktu keluar uang yang cukup lama (menurut bank keluar), serta sms notifikasi yang berselang 5 menit kemudian, waktu transaksi yang Berbeda antara laporan snapshot cctv dengan laporan transaksi di rekening (tidak real time)

      • 19 Februari 2021 - (22:17 WIB)
        Permalink

        Iya benar sekali pak Ivan.. Sangat lucu nan menarik jika menunggu di depan ATM yg jelas2 transaksi tidak dapat diproses.. Terimakasih pak Ivan atas atensinya

    • 19 Februari 2021 - (17:44 WIB)
      Permalink

      Trima kasih pak heri atas atensi nya,
      Saya yakin setiap atm mempunyai waktu yang berbeda beda untuk memproses karna beberapa hal. Namun ketika di layar monitor mengatakan tidak dapat melakukan transaksi, tentu menjadi hal yang biasa saya pindah untuk mencari atm yang lain. Layar monitor atm yang mengatakan tidak dapat melakukan transaksi, delay waktu keluar uang yang cukup lama (menurut bank keluar), serta sms notifikasi yang berselang 5 menit kemudian, waktu transaksi yang Berbeda antara laporan snapshot cctv dengan laporan transaksi di rekening (tidak real time).

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Bank Mandiri Klaim Transaksi ATM Sukses Berdasarkan Hasil Snapshot Ban…

oleh Frits Hogman dibaca dalam: 2 menit
16