Susahnya Menutup Kartu Kredit Bukopin

Saya pengguna Kartu Kredit Bukopin dengan nomor kartu 4211 68** **** 2767, sudah beberapa bulan tidak ada pemakaian karena dimasa pandemi dengan penghasilan yang tidak pasti akhirnya saya memutuskan untuk menutup kartu kredit tersebut.

Saya telp call center tanggal 18 Feb 2021 dan menyampaikan alasan saya. Tetepi petugas call center bilang penutupan kartu harus 14 hari kerja dan tanggal 1 Maret akan tertagih annual fee sebesar 300rb dan belum lewat 14 hari kerja proses penutupan kartu sehingga saya harus tetap membayar annual fee (kata petugas callcenter). Tanggal cetak billing statement saya adalah tanggal 6 Maret. Saya bilang saya tetap mau tutup, daripada tidak bisa bayar saya juga yang susah.

Sungguh aneh sekali, saya punya beberapa kartu kredit dan semua kartu yang saya tutup bisa saya tutup hari itu juga tanpa proses berbelit-belit. Petugas call center bilang kalau ibu tutup sekarang belum sampai 14 hari kerja ibu tetap harus bayar annual fee dan nanti tidak bisa mengajukan free annual fee (pemaksaan penggunaan nominal tertentu selama beberapa bulan supaya annual fee saya digratiskan).

Yang jadi pertanyaan annual fee adalah pembayaran untuk 1 tahun ke depan, sedangkan saya sudah tidak mau menggunakan kartu kredit tersebut takut tidak bisa bayar tapi kenapa saya tetap dipaksa untuk bayar baru bisa ditutup? Apakah sedemikian rumitnya prosedur di Bukopin? Mohon penjelasan pihak bank Bukopin untuk pemaksaan penggunaan kartu yang tidak akan saya gunakan lagi.

Shanti
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bukopin:
[Total:18    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Bank Bukopin atas Surat Ibu Shanti

Menanggapi keluhan Ibu Shanti melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 7 Maret 2021, dengan judul “Susahnya Menutup...
Baca Selengkapnya

Loading...

19 komentar untuk “Susahnya Menutup Kartu Kredit Bukopin

      • 8 Maret 2021 - (08:47 WIB)
        Permalink

        Wah bapak sepertinya tidak mengerti kata2 saya di surat diatas. TIDAK ADA PEMAKAIAN, TIDAK ADA TAGIHAN

        • 8 Maret 2021 - (10:33 WIB)
          Permalink

          Walaupun tidak ada pemakaian tapi wajib bayar iuran tahunan. Itu ada dalam Syarat dan Ketentuan semua bank

          • 8 Maret 2021 - (10:49 WIB)
            Permalink

            iuran tahunan uNtuk 1 tahun ke depan kan? Kan kartunya saya mau tutup.

          • 8 Maret 2021 - (14:41 WIB)
            Permalink

            @Munzir Akbarwan – membaca itu sumber ilmu dan tampaknya anda kurang baca. Anda jadi terlihat kurang ilmu deh.

  • 7 Maret 2021 - (22:17 WIB)
    Permalink

    kalau semua pemakaian sudah dibayar dan tidak ada tagihan, ngotot aja untuk tutup. bila perlu pakai marah-marah. bilang aja masa bodo dengan annual fee atau yang lainnya, pokoknya tutup!!

    pinter juga bukopin cari duit. sebelum ditinggal nasabahnya, dicari deh apa yang masih bisa diperes dari nasabahnya.

    • 7 Maret 2021 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Sudah tidak ada pemakaian sama sekali dr bbrp bulan lalu. Malah ada credit bbrp ribu rupiah. Saya juga sudah ngotot minta tutup, tp ttp annual fee ditagihkan. Aneh. Padahal bank lain kalau tidak ada pemakaian ya mau tutup tinggal tutup. Ini koq susah banget. Saya sampai bingung sebegitu posesifnya bukopin.

  • 8 Maret 2021 - (11:02 WIB)
    Permalink

    pengalaman teman juga begitu… bank ini memang mencari keuntungan dengan modus licik, mempersulit penutupan kartu.. nasabah “dipaksa” bayar annual fee.

  • 8 Maret 2021 - (11:23 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak ada tagihan dan tidak ada apapun, harusnya bisa ditutup kok. Coba di telp ulang saja. Atau ke Cabang Bank Bukopin terdekat. Walau sudah tanggal cetak, tetap bisa ditutup. Karena tidak ada tagihan apapun.

  • 8 Maret 2021 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Tutup kartu dengan pembebasan Annual Fee adalah sesuatu yang berbeda. Pembebasan Annual Fee ada waktunya, x day sebelum jatuh tempo.

    Misalkan begini, tanggal cetak rekening adalah tanggal 5, tanggal jatuh tempo pembayaran adalah tgl 20. Nah, pada saat tanggal cetak, seharusnya annual fee sudab masuk (sudah ditagihkan). Nah, jika Anda keberatan dengan annual fee nya, anda bisa mengajukan keberatan, X hari sebelum tanggal 20.

    Setiap bank punya prosedur masing2.
    Saya punya credit card citybank, prosedur pembebasan annual fee nya 5 hari kerja sebelum jatuh tempo pembayaran. Mungkin bukopin butuh 14 hari kerja (lama banget ya haha)

    Nah kalau kurang dari 5 hari gimana? Kalau gitu, tetep kita harus membayar. Tapi pada bulan berikutnya, annual fee tersbut akan dikreditkan kembali ke kartu kredit kita (jika permohonan pembebasan annual fee nya disetujui ya).

    Nah, masalahnya ini Anda melakukan penutupan kartu kredit dengan kondisi masih ada tagihan (annual fee). Jadi saran saya, cancel dulu permohonan penutupan credit card nya. Ajukan pembebasan annual fee dulu. Lalu jika disetujui, tagihan Anda sudah 0, baru ajukan penutupan CC.

    • 8 Maret 2021 - (11:53 WIB)
      Permalink

      pak Angga, pada saat saya mengajukan penutupan kartu (18 Feb 2021) belum ada Tagihan annual fee. Annual fee muncul di tgl 6Maret 2021.

  • 8 Maret 2021 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Makan dari hasil riba ,,,semua pasti dipersulit apalagi untuk menutup yg otomatis bkl kehilangan nasabah

  • 8 Maret 2021 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Bukopin mah emg gt mbak.
    Makanya saya sudah antisipasi, sebulan sebelum annual fee keluar sudah saya tutup. Taunya ya krn sering rajin baca mediakonsumen. Banyak kok yg ngalamin, makanya saya sudah ancang2 dulu.

  • 26 Maret 2021 - (17:46 WIB)
    Permalink

    mohon dibantu keluhan saya bapak / ibu pimpinan Bank Bukopin yth
    laporan saya sudah diregistrasi dengan no 005901-1-2021
    NO kartu : 4211 6701 0398 ****
    laporan belum diproses

  • 26 Maret 2021 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Akhirnya bank bukopin. Sudah menghubungi saya dan akan menghapuskan tagihan iuran tahunan untuk sslanjutnya dapat dilakukan penutupan kartu. Terima kasih bantuannya media konsumen

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bukopin?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Susahnya Menutup Kartu Kredit Bukopin

oleh Shanti dibaca dalam: 1 min
19