Pengiriman Ekspedisi Pribadi Akulaku, Barang Belum Diterima tapi Status Pesanan Selesai Otomatis 14 Hari, Tagihan pun Muncul

Assalammualaikum Wr. Wb.

Yth MediaKonsumen.com,

Saya ingin menyampaikan keluhan transaksi pembelian di aplikasi “Akulaku”. Berikut kronologinya:

Tanggal 27 februari 2021 : Barang dipesan di “akulaku” merchant seller “sogo” Nomor Pesanan: 1614424564936196268525 (pembayaran 3x angsuran). Harga barang Rp.2.375.000.

Tanggal 28 Februari 2021 : “barang sedang dikemas, tunggu pickup kurir”.

Tanggal 1 maret 2021 status di aplikasi:

“Pengiriman Ekspedisi Pribadi (nomor resi berisi no telpon admin cs Sogo +6281382388922)”.

Info dari admin cs Sogo “Bahwa yang dikirim hanya dokumen invoice saja, untuk resi pengiriman barang dipisah nanti menyusul dengan alasan ditolak saat melakukan pengiriman oleh pihak ekspedisi. Nanti diinfokan lagi resi pengiriman barang jika dapat info dari gudang”

status-pesanan-akulaku

Saya tunggu sampai hari ke 7, info dari admin cs Sogo: “nomor resi pengiriman belum ada, dengan alasan masih pengecekan pengiriman digudang”, barang pun tak kunjung datang dan belum saya terima. Saya coba kirim feedback dan hubungi cs Akulaku call center, jawabannya tunggu sampe 14 hari apabila barang belum diterima silahkan konfirmasi lagi ke cs Akulaku (1500920).

Tanggal 10 Maret, info dari admin cs Sogo : “Pihak gudang sedang mencari pengirimannya,” entah barang hilang atau apa, silahkan ajukan refund saja katanya”, nomor resi pun masih tidak ada, sedangkan tagihan sudah muncul di aplikasi akulaku per tanggal 11 Maret 2021.

Tanggal 17 Maret, saya cek aplikasi tiba-tiba pesanan selesai diterima, saya pun kaget dan langsung telepon CS call center akulalu (1500920) jawaban dari cs :

“Memang itu otomatis proses selesai dari sistem Jika pesanan belum diterima dalam maktu 14 hari kerja, selanjutnya silahkan ajukan refund via feedback aplikasi akulaku dengan menyertakan bukti Chat dari awal dan terakhir respon dengan cs penjualnya.”

Hari itu juga sesuai intruksi cs akulaku, saya kirim feedback refund lewat aplikasi “pusat bantuan” untuk di-refund saldo limit saya Karena Pesanan barang belum saya Terima, beserta bukti chat dengan cs seller sogo dari awal dan akhir.

CS akulaku membalas feedback saya melalui email:

Feedback ID #3155153 : “Informasi terbaru mengenai kendala tersebut akan di hubungi langsung oleh tim support kami melalui sms, telepon, email atau pemberitahuan di aplikasi”. (intinya saya harus nunggu)

Sampai hari ini tanggal 18 Maret, saya masih menunggu kabar dari Akulaku, dan status tagihan di aplikasi masih aktif belum di-refund atau belum dikembalikan ke limit saldo akun Akulaku saya. Saya khawatir ini tidak terselesaikan, makanya saya kirim pengaduan ini ke mediakonsumen.com mudah-mudahan bisa membantu permasalahan yang saya hadapi.

Mohon maaf demi menjaga privasi data dan keamanan akun saya, silahkan pihak Akulaku bisa melacak dari nomor pesanan saya: 1614424564936196268525. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam.

Hadiyanto Darsono
Kota Sukabumi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:13    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Hadiyanto Darsono

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Hadiyanto Darsono pada tanggal 18...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Pengiriman Ekspedisi Pribadi Akulaku, Barang Belum Diterima tapi Status Pesanan Selesai Otomatis 14 Hari, Tagihan pun Muncul

  • 18 Maret 2021 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin
    Sekaligus miris
    Masih ada saja orang yg tertipu oleh akulaku
    Lain kali banyk baca media konsumen pak
    Di situ ada saja komplen kena tipu
    Di Teror DC dll

    • 22 April 2021 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Kirakira , kalo kita gak bayar angsuran tersebut dengan asalan barang belom sampai bagaimana dengan data pribadi kita?

      Apa bakalan ada efek untuk kedepannya?

      Masalahnya udah hampir 1 bulan barang belom juga sampai , dan jawaban dari Cs akulaku harus bayar dulu , semisalnya belum datang duit akan di balikin ke dana akulaku , tapi liat kejadian yg di atas ngeri juga kalo sampe gak di proses ,, nyari duit pas pandemi sulit sekali 😖

  • 18 Maret 2021 - (18:08 WIB)
    Permalink

    sepertinya cuma akal-akalan pihak seller menunda agar transaksi selesai otomatis by sistem.

  • 19 Maret 2021 - (03:19 WIB)
    Permalink

    ah sial gua juga ngalamin hal yg sama dan skrg udh lebih dari 14 Hari malah status sudah diterima, padahal saya gak terima barang sama sekali, dan disitu diterima nya pun jam 02.08 pagi, ya ampun setan mana yg klik terima jam 2 pagi saya sedang nyenyak nya tidur.. benar benar kecewa sama Akulaku

    • 22 Maret 2021 - (18:00 WIB)
      Permalink

      alhamduliah setalah sekian hari
      tunggu 14hari, tunggu lagi 5hari, tunggu lagi 1x24jam hari ini sore pesanan sudah dibatalkan oleh pihak akulaku, dan limit saldo sudah dikembalikan ke akun akulaku saya… intinya silahkan jika ada masalah telp terus ke call center akulaku. terus gunakan pusat bantuan feedbak di aplikasi akulaku.

    • 20 Maret 2021 - (16:05 WIB)
      Permalink

      iya saya telp call center akulaku, suruh nunggu lagi 5 hari.. haduh, “sedang diproses silahkan tanyakan lagi ke seller”, mau tanya gimana udah ga ada respon dari tgl 10 itu seller…

      • 22 Maret 2021 - (18:37 WIB)
        Permalink

        saya Alhamdulillah barang sampai mas, saya gak cuma chat merchant official di Akulaku tapi di Shopee dan Tokopedia nya saya chat semua, karena chat di merchant Akulaku slowrespon bahkan gak di bales.. akhirnya inisiatif saya buat cari merchant official nya di ecommerce lain dan ketemu, dari situ dijelaskan katanya barang nya memang lagi stok kosong, cuma saya kesal nya ya di merchant official nya gak jujur dan slow respon. dan mengabaikan.. kesal juga sih gak ada buat komentar dan kasih rating bintang untuk merchant di Akulaku..

        • 22 Maret 2021 - (18:48 WIB)
          Permalink

          kalau saya pesanan dibatalkan , alhamdulilah sudah dikembalikan ke limit saldo akulaku saya, setelah proses panjang.. kapok dah mending beli cash aja.. tapi saran saya kalo ada masalah terus aja kontak dengan cs akulaku call center. gunakan pusat bantuan feedback akulaku, itu udah secara sistem pasti diproses… kalo saya kan ga jelas nomor resi barang gak ada, alasannya masih pengecekan, pencarian digudang barang entah hilang atau apa katanya…makanya di dibatalkan… sesuai estimasi sistem.

          • 22 Maret 2021 - (19:02 WIB)
            Permalink

            iya memang sih broh sistem minta cancel nya ini yg ribet banget sampe kita harus bayar cicilan pertama padahal barang belum jelas sampai nya..
            gua jg dari 2017 baru 2021 ini ngalamin kendala tidak menyenangkan 🙁 dan parah” cerita di media konsumen.. mungkin setelah lunas cicilan ini gw juga mau telepon CS Akulaku buat hapus akun atau tutup akun..

      • 22 Maret 2021 - (18:40 WIB)
        Permalink

        ada saran dari temen pengguna lain katanya kalau mau beli di e-commerce Shopee aja cari seller yang review nya bagus, baru nanti pembayaran diarahkan untuk yg mau kredit lewat Akulaku.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Ekspedisi Pribadi Akulaku, Barang Belum Diterima tapi Statu…

oleh SuperKeanu dibaca dalam: 2 menit
13