Penghapusan Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI yang Lama

Nama saya Harjo Basuki. Saya pemilik rekening BRI BRITAMA dan Kartu Kredit BRI Mastercard Easy Card 5188560257****05 dan Visa TOUCH 436502020****03. Awal mula saya menjadi nasabah BRI, saya membuka Tabungan Britama untuk pembayaran top up Shopee Pay. Karena lewat virtual account BRI kan gratis, serta juga memudahkan menerima Dana Bantuan BPJS Tenaga Kerja lewat Bank HIMBARA, salah satunya BRI.

Kala itu saya mendapatkan penawaran pengajuan Kartu Kredit BRI yang kebetulan pengajuannya menurut saya gampang. Meskipun data pribadi, tempat kerja dan saudara tidak serumah sudah saya berikan, tapi pengajuan saya ternyata di-ACC tanpa verifikasi, alias kartu langsung landing ke alamat kantor. Pengajuan jauh-jauh hari sebelum ada corona, jadi masih gampang dan cepat diproses.

Setelah CC Mastercard Easycard berjalan, saya mencoba mengajukan CC BRI Visa Touch. Karena di website-nya BRI tertulis bila punya 2 kartu CC dan kedua kartu itu aktif, maka iuran tahunan kartu Visa TOUCH ini GRATIS (seperti SS terlampir dari websitenya BRI):

WEBSITE BRI
Website BRI

Setelah berjalan setahun, kartu kredit VISA Touch saya dibebankan iuran tahunan per tanggal 8 Maret 2021 (SS tagihan terlampir). Sedangkan billing tagihan baru saya terima via email per tanggal 10 Maret kemarin. Saat itu juga saya langsung membuat laporan untuk request penghapusan iuran tahunan atas dasar keterangan yang tercantum di website BRI via 14017

Tagihan CC
Tagihan CC

Saat itu juga saya dibuatkan nomor pelaporan 33850585 oleh petugas kontak BRI 14017 dan disuruh menunggu 20 hari kerja (dan tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat). Otomatis saya tidak terima kalau disuruh menunggu 20 hari kerja, karena jatuh tempo tagihan kartu kredit saya kan tanggal 25 Maret 2021. Atas saran petugasnya, saya disuruh menghubungi kembali sehari sebelum jatuh tempo / bisa update status nomor pelaporan saya via WA resmi BRI (SS terlampir).

WA resmi BRI
WA resmi BRI

SS WA di atas update  per tanggal 20 Maret 2021. Saya juga coba update terus lewat sosmed BRI resmi via Twitter. Hasilnya juga sama (SS terlampir).

Sosmed BRI
Sosmed BRI Twitter.

Sampai tagihan jatuh tempo pun, pelaporan saya juga belum diselesaikan. Daripada saya dikenakan denda keterlambatan dan bunga, akhirnya saya bayar tagihan tersebut.

Mohon untuk bagian terkait, bila ada nasabahnya komplain untuk segera ditindaklanjuti. Sekarang pelayanan BRI itu sangat jelek. Komplain tidak ditanggapi dan sering digantung. Belum juga terjadi penipuan-penipuan pencurian data nasabah BRI dan raibnya dana nasabah yang tidak jelas sebabnya.

Saya tunggu penjelasan langsung dari pihak BRI. Terima Kasih buat Media Konsumen yang sudah memuat surat saya.

Harjo Basuki
0853267308**
Pekalongan, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BRI:
[Total:5    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Penghapusan Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI yang Lama

    • 31 Maret 2021 - (21:30 WIB)
      Permalink

      GAK BUTUH TINDAK LANJUT WEBSITE NYA BRI.
      YG SY BUTUH PERMASALAHAN PENGADUAN NOMOR SAYA TERSEBUT DIATAS

  • 31 Maret 2021 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Kartunya baru 1 tahun ya? Disetujui bulan Maret 2020.
    Mulai Januari 2019, free annual BRI Touch memang harus request, baru dibebaskan. Jangan panik dan khawatir. Apalagi itu belum juga 20 hari kerja (Sabtu-Minggu tidak dihitung).

    Pengalaman saya juga begitu tahun 2019, tetap bayar dulu, nanti di billing bulan berikutnya baru di kreditkan kembali. Tahun berikutnya 2020 sudah otomatis bebas iuran, dan tahun ini 2021.

  • 1 April 2021 - (11:21 WIB)
    Permalink

    “Sekarang pelayanan BRI itu sangat jelek. Komplain tidak ditanggapi dan sering digantung. Belum juga terjadi penipuan-penipuan pencurian data nasabah BRI dan raibnya dana nasabah yang tidak jelas sebabnya.”

    Ga usah pakai BRI aja deh kak… ktnya kan jelek, ngapain kakak pake product yg jelek? Drpd darah tinggi dan banyak masalah kan, yg lbh bagus dan aman banyak kok.
    Abis annual fee di gratiskan, tutup saja semua hal terkait bank ini.

  • 1 April 2021 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Prah koplak sih dipelihara.. annuel fee gratis itu request, tiap CC Bank lain pun juga seperti itu klo mau bebas fee tahunan yaa request dulu telpon, ketauan baru pakai CC,

    2
    2

Tinggalkan Balasan

Penghapusan Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI yang Lama

oleh CAHAYA dibaca dalam: 2 min
5