Dikenakan Overlimit Fee Bank Mega Walaupun Tidak Ada Penggunaan

Salam hormat,

Saya pemilik kartu kredit dengan nomor 4262 11** **** 2639, dengan limit transaksi Rp3 juta. Saya telah dikenakan charge karena transaksi saya overlimit pada tanggal transaksi 20 Mei 2021. Sebenarnya ini bukan pertama kali saya dikenakan over limit secara sepihak walaupun tidak ada transaksi, contohnya pada tanggal 20/01/2021 saya dikenakan over limit dengan total tagihan sebesar Rp3.303.866, padahal sebelumnya saya sudah menyisakan limit setelah transaksi sebesar Rp1.021, namun dianggap over limit karena tambahan bunga sebesar Rp44.887 dan biaya SMS + e-Billing Rp10.000. Loh, ko kelebihan dari bunga yang saya tidak tahu perhitungannya bisa masuk ke perhitungan over limit, sungguh aneh Bank Mega ini.

Saya meminta penghapusan over limit tersebut tapi tidak disetujui karena sebelumnya sudah dibantu penghapusan overlimit, padahal over limit sebelumnya juga tidak jelas darimana.

Okelah, saya terima untuk over limit pada tanggal 20/01/2021, karena memang saya tidak tahu kalau bunga masuk ke perhitungan limit. Tapi pada tanggal 20/05/2021 saya dikenakan overlimit lagi dengan total tagihan sebesar Rp3.070.721, padahal tagihan saya bulan sebelumnya sebesar Rp2.825.694 dan saya sudah melakukan pembayaran sebesar Rp200.000, yang artinya saya punya sisa limit sebesar Rp374.306, untuk penggunaan hanya dari annual fee sebesar Rp400.000, namun annual fee tersebut sudah di hapus sebesar Rp260.000. Ini namanya perampokan. Tidak ada penggunaan, tapi kena overlimit. Untuk lebih jelasnya sudah saya lampirkan capture tagihan tersebut.

Di sini saya sangat kecewa, pertama sudah perhitungan over limit nya ga jelas karena bunga, kedua dikenakan overlimit padahal tidak ada pemakaian selama 4 bulan terakhir. Dimohon dengan sangat pada pihak Bank Mega agar tidak merugikan customer dan mengembalikan uang saya. Semoga permohonan ini bisa diterima dengan baik.

Terima kasih.

Taufik Abdurrahman Firdaus
Sawah Gede, Cianjur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan Bank Mega:
[Total:30    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Bank Mega atas Surat Bapak Taufik Abdurrahman

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Bapak Taufik Abdurrahman Firdaus di mediakonsumen.com yang disampaikan pada Hari...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Dikenakan Overlimit Fee Bank Mega Walaupun Tidak Ada Penggunaan

  • 22 Mei 2021 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Limit 3 juta saja tapi gak bisa mengkontrol.
    Tutup saja kartunya kalau anda merasa keberatan dengan peraturan yang ada.

    5
    12
    • 22 Mei 2021 - (19:24 WIB)
      Permalink

      bukan tidak mengontrol Pak, coba bayangin,, Bapak Ga ada penggunaan, bayarin over limit, Anual fee dll dan juga saya memang mau menutup kartu kredit nya, cuman saya ingin berbagi pengalaman saya dengan orang lain dan meminta hak saya.

      10
      2
      • 23 Mei 2021 - (09:25 WIB)
        Permalink

        Yang sabar Pak. Saran saya tutup saja Kartu Kredit Bank Mega karena memang sudah terkenal seperti itu. Tapi siapkan kesabaran lagi untuk menutup Kartu Kredit Bank Mega

  • 22 Mei 2021 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Parah nih Bank Mega. Dari mana tuh biaya overlimit 250rb ? Padahal bulan lalu tidak overlimit yah.

    2
    1
    • 22 Mei 2021 - (19:45 WIB)
      Permalink

      Kagak tahu pak, makanya saya bikin surat pembaca ini. Bisa di cek capture di billingnya, karena saya rasa over limit bulan ini sangat tidak masuk akal.

      3
      2
  • 23 Mei 2021 - (02:02 WIB)
    Permalink

    Menurut saya bunga dan biaya adm tidak harus masuk over limit. Bank nya keterlaluan! Lagian limit nya kok 3juta doang? Nilai limit nya sama dengan nilai limit saya lima belas tahun lalu, saat baru awal awal pengajuan kartu kredit. Dengan over limit 250K menurut saya tidak relevan dengan limit kredit. Ini seperti jebakan. Sengaja mengambil keuntungan di over limit.
    Tutup aja.

    6
    1
    • 23 Mei 2021 - (08:43 WIB)
      Permalink

      Kalo saran sih segera di lunasi dan tutup aja krn limit 3 jt, anual fee udah brp per tahun blm lg banyak biaya spt itu. Bukan membantu tp malah bikin buntung. Kalo sekali over limit 250rb, 2x udah 500rb. Anual fee 400rb blm termasuk bunga. Udah 900rb buat miara plafon utang 3jt, sama kayak 30% itu blm termasuk bunga, dan berapa besar manfaat uang plafon 3jt dlm 1 tahun? Apalagi kalo buat konsumtif. Gak sesuailah lbh baik tutup segera

  • 23 Mei 2021 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Mas taufik,Sahabatku…. sy bkn org bank ya sy nasabah jg sprti anda, sy prhatikn mas taufik blm pnya pemahaman ilmu Ttg kartu kredit dehh, apa itu syarat dan ketentuan, trik dan tips, jadi berujung gagal paham. bljr dulu ya hihi… (sy pnya limit kartu kredit Slik OJK terahir mei 2021 total 2,56 Milyard dari 22 bank sy pnya (bca, mega, BRI, aeon, permata, danamon, cimb, citi dlll….)

    Sy yakin mas taufik masih NEWBIE /PEMULA dalam dunia kartu kredit. sy bisa pahami, bicara ini krn sy jg nasabah krtu kredit bank mega jg dulu diksih gold pas sy msih kuliah smbil kerja limit jg 3 jt, skrg jd platinum limit 250 jt dan mega travel limit 279 jt. sm mas hrs ada ilmu, trik dan tips spy tetep aman dan dipercaya bank limit bisa naik moncer.
    Sy paham pasti ekonomi mas blm bgtu mapan skoring approval disetujui tp limit kecil dasar dasar diberikan, dan ilmu jg msih minim terkait perkartu kreditan. limit 3 jt pke lah maksimal 75% ataw sebatas kemampuan ukur financial diri spy tdk ada utang, dan lakukan byr tagihan full payment jgn terjebak byr minimum payment sisa nya itu hutang dan ataw ada bunga. mk bijak ukur kemampuan diri bljr spy kartu kredit memudahkn hidup bkn menjadikan susah hidup.

    Scr umum smua kartu kredit fungsi, syarat dan ketentuan sama, yg bedakan promo promonya sj ada kekurangan dan ada kelebihan setiap bank nya.

    Sy bangga masyrkt Indonesia mulai modern tdk munafik akn kemajuan jaman utk mulai beralih non tunai, ingat kartu kredit bank setujui dan berikan kpd org /nasabah yg dianggap lebih mapan, modern dan bertanggung jawab, diluar sana bnyk org masih awam kartu kredit, pnya tabungan 300 jt pun seseorg tsb ngajukan kartu kredit blm jaminan disetujui wlw limit terendah 3 jt, jd dpt kartunya sj tdk bisa bgmn mo dapat isi limit nya, bersyukurlah yg sdh disetujui dan ada limit, org bodoh DITAWARIN sales dijanjiin mudah disetujui janji manis tp bnyk nyatanya pusat analis menolak krn kewenangan approval ada di analis bkn di sales yg bertebaran merayu kita utk ngejar target ktp baru. ingat BI ceking, ingat verifikasi, ingat skoring layak atw tdk nya ada di pusat center kartu kredit 1 pintu.

    Ingat para Newbe/ pemula jgn mudah terayu sales kartu kredit, dg janji manis dpt kartu kredit, itu hnya demi target sales sj, persetujuan ada di analis kredit.

    Mas taufik, ubah cara pandang anda dan bljr utk trik dan tips spy makin menguntungkan dpt dirasakn, selamat ya sdh dipercaya bank memiliki kartu kredit, bnyk org sombong diluar sana ngaku bnyk uang tabungan dibank tetapi ngajukn kartu kredit 5 kali ditolak bank, krn nilai tabungan dibank bkn mnjamin disetujui nya pngajuan kartu kreditnya.

    Sukses sahabat ku mas Taufik, masyarakat pnya kartu kredit cerminan Indonesia maju.

    5
    9
  • 23 Mei 2021 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Saran saya bayar, trus tutup kartunya, banyak kok yang komplain terhadap pelayanan Bank ini, next time nya gak usah pake kartu kredit klo gak perlu2 bgt, pilihlah kartu yang bebas iuran tahunan dan segera bayar setelah transaksi, jangan sampai tunggu jatuh tempo, pertimbangkan dalam membeli sesuatu apakah itu perlu mendesak atau tidak, klo tidak sebaiknya tidak usah, jangan biasakan mencicil dan jangan terpengaruh dengan tawaran cicilan 0%, cashback dll,

  • 23 Mei 2021 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Tutup aja cuma 3jt, mumpung belum naik tinggi limit nya, jual aset yg punya, jgn pk CC lg , bank Mega tuh ngawur ngk bener

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Bank Mega?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Dikenakan Overlimit Fee Bank Mega Walaupun Tidak Ada Penggunaan

oleh taufik dibaca dalam: 1 menit
12