Dipersulit dan Dipingpong Saat Menutup BPJS Ketenagakerjaan Mandiri

Saya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan mandiri dengan nomor peserta 17063876639 dengan ID: 31740614028001 sangat menyesalkan dengan mekanisme pelayanan BPJS Ketenagakerjaan yang suka ping pong serta melayani customer/peserta dengan tidak jelas.

Ya, singkat cerita pada Rabu (30/6/2021) pagi saya ingin menutup kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan BU/ Mandiri saya sebagai syarat penarikan total dana BPJS saya. Saat itu saya mendatangi Gedung BPJS di Grogol Jakarta Barat. Seluruh syarat sudah dipenuhi.

Dan, staff di BPJS Grogol mengatakan kepada saya bahwa dua hari ke depan, pihak BPJS akan menghubungi saya. Baik melalui chatt WhatsApp (WA) ataupun by telpon untuk menginformasikan penutupan dana BPJS Ketenagakerjaan BU milik saya. Namun, hingga Senin (5/7/2021), saya belum menerima info apapun dari BPJS Ketenagakerjaan perihal penutupan BPJS milik saya sendiri.

Pada Kamis (1/7/2021) saya sudah mengirim email dan belum direspon sama sekali. Kemudian pada Sabtu (3/7/2021) saya juga menelpon pihak CS/ Call Center resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Pihak Call Center BPJS Ketenagakerjaan menyatakan bahwa dana saya masih aktif/ belum ditutup. Dan, parahnya lagi pihak Call Center mengatakan tidak ada koordinasi atau komunikasi dari BPJS Pusat ke BPJS cabang dan sebaliknya.

Dan, pihak Call Center kembali menuturkan kepada saya bahwa saya harus ke BPJS Grogol untuk menutup kepersertaan BPJS saya. Padahal itu sudah saya lakukan.

Lebih parahnya lagi, tidak ada solusi saat saya menelpon Call Center. Karena menurut Call Center manajemen BPJS Pusat itu berbeda dengan BPJS cabang di Grogol. Di sini saya tambah bingung. Padahal yang saya butuhkan yaitu saya hanya mau menutup kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan saya saja, just it.

Adapun sebelumnya, tagihan iuran BPJS Ketenagakerjaan itu saya bayar pakai uang saya sendiri, tapi kenapa saat penarikan peserta dipersulit dan dibohongi kayak gini.

Tak hanya Call Center, saat saya menghubungi WhatsApp BPJS Ketenagakerjaan, pihak CS/ Call Centernya mengaku hanya melayani/ diperuntukkan untuk kepersertaan TKI/ WNI di luar negeri saja.

Mohon, ada solusi dari BPJS Ketenagakerjaan. Karena saat ini saya sangat membutuhkan dana BPJS milik saya sendiri tersebut.

Ferro Maulana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Dipersulit dan Dipingpong Saat Menutup BPJS Ketenagakerjaan Mandiri

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Dipersulit dan Dipingpong Saat Menutup BPJS Ketenagakerjaan Mandiri

oleh Ferro Maulana dibaca dalam: 1 menit
1