Motor Jaminan Ditarik Mega Finance, tapi Tagihan Tetap Harus Dilunasi

Sebelumnya terima kasih buat Media Konsumen yang sudah memfasilitasi untuk saya menyampaikan keluhan terhadap Mega Finance. Saya adalah konsumen produk multiguna Mega Finance, dengan jaminan BPKB motor, nomor kontrak CNM190042*. Awal pinjam pembayaran masih lancar. Namun dikarenakan pandemi covid-19 Maret 2020 lalu, saya ikut terdampak sampai akhirnya saya telat pembayaran.

Akhirnya saya menyerahkan motor saya untuk ditarik sama pihak Mega Finance. Saya sudah janjian sama pihak collection untuk pengambilan unit di rumah. Saat itu di rumah cuma ada adik saya. Saya sudah pesan, nanti ada collector yang ambil motor (surat penarikan ada logo Mega Finance).

Selang beberapa bulan, ada collection lagi datang ke rumah atas nama Mega Finance yang menagih. Dari situ saya baru tahu, ternyata ini surat tugas palsu. Saya sudah komplain ke mana-mana melalui telepon dan disuruh datang ke kantor cabang Mega Finance di Fatmawati.

Saya pikir mau cari jalan keluar, tapi ternyata disuruh pelunasan tunggakan saya yang hanya dipotong denda saja.

Saya sangat kecewa, pihak mereka tidak mau tanggung jawab masalah motor saya yang hilang. Padahal jelas-jelas ini pake logo Mega Finance. Nama baik perusahaan mereka taruhannya, tapi tetap kewajiban saya lunasin daripada nama saya jelek di SLIK OJK.

Motor saya hilang dan mereka lepas tangan. Saya curiga ada pihak dalam yang terlibat. Masalahnya mereka sama sekali gak mau usut dan bilang sudah sering masalah kayak gini. Lucu sih perusahaan besar seperti ini, ada keluhan tapi gak ditanggapi. Pilihan yang sulit, tidak dibayar tetap ditagih terus, tapi kalau dibayar motornya hilang.

Kecewa banget banget sama Mega Finance, motor hasil menabung dan dicicil tiap bulan, hilang gitu aja.

Achmad Fauzi
Depok, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 17/8/2021): Penulis telah memberikan klarifikasi atas masalah di atas dan menganggap permasalahan di atas sudah diselesaikan dengan pihak terkait sekaligus menutup permasalahan ini.

 

 

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mega Finance:
[Total:63    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Motor Jaminan Ditarik Mega Finance, tapi Tagihan Tetap Harus Dilunasi

  • 3 Agustus 2021 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Ini sih udah masuk kategori kriminalitas, harusnya lapor polisi. Waktu tagihannya dilunasin, BPKB motornya dibalikin lagi gak gan? 🤔

  • 3 Agustus 2021 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Laporkan …jika mmg sdh melunasi itu sma dgn perampasan..! Bawa bukti BPKB yg ssh d lunasi

    • 4 Agustus 2021 - (18:03 WIB)
      Permalink

      Sempet mau lapor polisi tapi mau tau respon baik dari pihak terkait dulu gan

    • 4 Agustus 2021 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Aneh bung, coba di pikir lagi, ada yg ngambil motor pakai atas nama meg* fin****, apa tidak terlalu kebetulan, secara memang sudah janjian, atau ada yg main tindak kriminal di salah satu pihak, mengambil kesempatan melakukan tindak pencurian

      • 4 Agustus 2021 - (18:10 WIB)
        Permalink

        Iya bang sudah janjian saat itu mau penarikan motor dirumah dan memang sudah saya siapin motornya saya tinggal dirumah tapi ternyata yang dateng bukan pihak megafinace

    • 4 Agustus 2021 - (18:06 WIB)
      Permalink

      Iya sii mungkin msh awam ada beberapa alasan sebenrnya :
      1. Kop pake logo finance terkait terlepas itu palsu atau tidak saya gatau
      2. Udh ga sanggup bayar angsuran ya mau gamau lepas ini motor biar nama bersih slik ojk

  • 3 Agustus 2021 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Mega, Dana, Akulaku, Shopee, Indihome emang paling sering disebut disini. Gak usah heran.

  • 4 Agustus 2021 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Yang jadi pertanyaan kenapa surat berita acaranya pas penarikan itu datanya lengkap?apakah sudah di cek ke benaran datanya,kalo memang datannya sesuai setahu saya,ketika di tarik motor itu akan dilelang,setelah dilelang namun jika hasil lelang ternyata hasil yang didapat lebih kecil dari jumlah tunggakan anda maka,tetap akan di tagih kekurangannya,dan kalo lebih konsumen berhak mendapatkan kelebihan uang hasil lelang,maaf jika ada yang salah…

  • 4 Agustus 2021 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Serba salah sih…lapor polisi .. polisinya minta duit baru bekerja ( memang sih gak minta langsung) tapi jawaban cuma kasusnya sedang didalami…tapi gak gerak… didiamkan ya 2 kali kena… menurut saya mending tulis terus di MK ini

  • 4 Agustus 2021 - (14:24 WIB)
    Permalink

    Enggak Bank ataupun financenya sama2 sering muncul dimedia konsumen.. jiah bermasalah sekali institusi ini…

  • 5 Agustus 2021 - (04:04 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi aja sih solusinya. Karena ada logo perusahaan. Kalau benar itu surat penarikan palsu masa pihak Mega Finance tidak merasa keberatan ya dipalsukan? Aneh.

  • 5 Agustus 2021 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Halo Bapak Achmad Fauzi, terima kasih atas informasi yang diberikan.

    Mohon maaf untuk bisa kami melakukan penelusuran atas hal ini, mohon bisa mengirimkan data diri bapak Achmad dan surat surat tersebut dan kronologi melalui email di media.management@megafinance.co.id

    Terima kasih.

  • 7 Agustus 2021 - (19:59 WIB)
    Permalink

    Mengerikan. Dari pihak Mega Finance malah seolah membiarkan padahal nama perusahaan tercoreng

 Apa Komentar Anda mengenai Mega Finance?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Motor Jaminan Ditarik Mega Finance, tapi Tagihan Tetap Harus Dilunasi…

oleh Achmad Fauzi dibaca dalam: 1 menit
23