Beli Barang di Tokopedia Ada Cacat, Toko Kasma Store Tidak Bertanggungjawab

Perkenalkan saya Adam sebagai pembeli di Tokopedia dengan nomer invoice: INV/20210818/MPL/1509881488. Pada tanggal 18 Agustus 2021 saya membeli sebuah meja laptop portable seharga Rp255.000 di toko KASMA_STORE.

Meja laptop tersebut datang tepat waktu dan saya segera merakitnya. Namun setelah selesai rakit, ternyata satu dari empat roda meja laptop tersebut tidak bisa dipasang dikarenakan rodanya tidak ada gerigi untuk diputar pasangkan ke meja laptopnya.

Selanjutnya saya diskusikan ke pihak penjual, tapi tidak ada kejelasan dan saya meneruskannya ke Pusat Resolusi Tokopedia.

Di pusat resolusi, pihak penjual mengirimkan satu roda pengganti. Namun setelah sampai roda pengganti itu ternyata terlalu besar dari roda yang seharusnya diganti, sehingga tetap saja tidak bisa dipasang di meja laptop yang saya beli.

Sampai di sini pihak penjual seperti lepas tangan, mengarahkan saya untuk meretur/mengembalikan barang yang sudah saya beli. Saya sangat keberatan karena mejanya sudah selesai dirakit hanya tinggal rodanya saja, selain itu juga dusnya juga sudah dibuang. Selain itu, pihak penjual juga malah menawarkan dengan roda yang lain yang harus saya beli lagi sebesar Rp20.000, yang berarti pihak penjual tidak bertanggung jawab atas kendala yang saya alami.

Saya tahu ini masalah sepele, tapi tolonglah apakah karena saya beli online jadi disikapi seperti ini? Saya yakin jika ada orang beli langsung offline ke toko dan mendapati masalah seperti ini pasti diganti rodanya. Pihak toko beralasan roda itu termasuk satu set dari produk meja yang dijualnya.

Pihak penjual dan Tokopedia pasti tahu permasalahan ini karena saya sudah meneruskan permasalahan ini ke Pusat Resolusi dan hasilnya sangat tidak memuaskan.

Adam Nur Fauzan
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:34    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Beli Barang di Tokopedia Ada Cacat, Toko Kasma Store Tidak Bertanggungjawab

  • 24 Agustus 2021 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Toko kan udah mencoba kirim 1 roda pengganti ( itikad tanggung jawab ), ternyata ga cocok.
    Toko kasih opsi return ente gamau, ya kalo gamau return tinggal beli roda yg disaranin toko 20ribu…
    Ginian ko lgsg masuk sini

    15
    4
    • 24 Agustus 2021 - (10:39 WIB)
      Permalink

      @Andri: Roda yang dikirim itu kegedean bos, baik rodanya dan bautnya. Jadi ya percuma aja ga bakal bisa masuk juga ke meja. Saya juga paham kalo begitu mah.

      2
      10
      • 25 Agustus 2021 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Sarkas mode : on

        Penjual rese gak ngerti apa kalo itu meja laptop portable buat di mainkan mobil mobilan sama anak anak kan fungsi meja laptop portable itu buat di dorong dorong buat mainan.

        Sarkas mode : off

  • 24 Agustus 2021 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Sepertinya ini memang cacat dari pabrik. Toko biasanya tidak menyediakan spare part untuk barang tersebut, hanya menyediakan per set. Memang langkah yang paling baik adalah mengembalikannya ke toko. Itulah mengapa saya selalu menjaga kemasan pembelian online saya dengan baik, sehingga jika ada masalah bisa langsung saya kembalikan.

    12
    • 24 Agustus 2021 - (10:38 WIB)
      Permalink

      @Andri: Roda yang dikirim itu kegedean bos, baik rodanya dan bautnya. Jadi ya percuma aja ga bakal bisa masuk juga ke meja. Saya juga paham kalo begitu mah.

      1
      15
      • 24 Agustus 2021 - (20:39 WIB)
        Permalink

        Barang kurang. Penjual sudah tanggung jawab kirim roda. Walau kegedean/go cocok dan seller sudah kasih opsi retur produk. Ya tinggal retur aja bos. Klo mau yg gampang beli offline aja ga usah online bos.

        6
        1
  • 24 Agustus 2021 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Kalau beli di toko offline pun, kalau barangnya ada rusak atau ngga pas, pasti pihak toko minta retur dengan kardusnya. Kalau dusnya sudah ngga ada ya jangan harap. Dan dari kronologisnya si penjual sudah cukup bertanggung jawab dengan minta retur barang

    8
    1
  • 24 Agustus 2021 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Yaudah sih gan beli aja sendiri lagian penjualannya juga udh kirim barang pengganti…..saran aja klo tidak terbiasa belanja online mending Dateng ke toko Langsung gan

    11
    1
    • 24 Agustus 2021 - (18:48 WIB)
      Permalink

      ya elah pada ngebacot enak bener nyalahin pembeli. logic aja tuh toko suru beli roda seharga 20rb. ngapa kaga bs kirim aja tuh roda pengganti free. emang u kata dia beli buat jual lg ampe nyimpen kardus. klo ada pun udh pd robek kaliiiiiiiii……. sy beli brg harga jutaan aja kardus sy buang paling ambil kartu garansi aja klo Electronic. udh gt pake bilang resiko belanja online…. woooyyyyyy inget lg ppkm dilarang keluar rmh klo gak penting cuy……

      2
      23
      • 24 Agustus 2021 - (19:52 WIB)
        Permalink

        Baca bos baca
        Pnjual udah ada itikat baik dg mnirimkan roda pngganti. Cuma kegedean…d suruh return ga mau.

        Lagian klo cma grigi nya yg ga ada ga terlalu deh…kan bisa d akali.

      • 24 Agustus 2021 - (20:07 WIB)
        Permalink

        Itu kesalahan pabrik bukan salah penjual. Memangnya penjual yg atur2 sparepartnya dan materialnya baru dibungkus gitu. Itu kalau hanya roda beli aja paling goceng atau ceban. Daripada retur semua brp duit ongkosnya

      • 25 Agustus 2021 - (12:32 WIB)
        Permalink

        @titin

        istrinya TS ikut nyahut. Emosi dia suaminya diserang.

        Nomor rekeningnya berapa? Biar saya kirimin 20k-nya.

      • 26 Agustus 2021 - (07:30 WIB)
        Permalink

        Anda terlalu pinter sampe ga bisa memanfaatkan retur, uang anda kembali utuh, apalagi ongkir di tanggung penjual, disini buyernya yg ribet dan sok, kasian sellernya, mayoritas komentar disini jg mendukung seller dgn etikat baiknya, please belanja offline aja kalo mau simple,daripada online malah bikin situ sakit ati

  • 24 Agustus 2021 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Kalo mau kamu yg nanggung biaya ongkir coba konsultasikan lagi kalo engga mau ya ikhlasin aja

  • 24 Agustus 2021 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Kalau kayak gitu mah kesalahan pabrik yang memasukan roda yg salah, bukan salah penjual. Itu kan sudah dalam 1 paket dari pabrik langsung. Penjual sdh kirim roda pengganti dan mungkin gak cocok ya mau gimana, mungkin yg jual jg gak tau persis ukuran rodanya. Mending beli lg aja roda gituan diluar hanya 10rb daripada capek hati dan pikiran komplen. Apalagi kirim balik. Kecuali mejanya cacat bolehlah retur. Adakalanya kita mending maklumi sj. Ini jg bukan sepenuhnya salah penjual

  • 24 Agustus 2021 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Salut sama penjual bisa sabar menghadapi pembeli kayak gini, masalah ini biasa terjadi, belanja online pasti ada resikonya. Kalau gak siap sama resikonya ya beli offline sajalah. Masalah begini aja sampai dipost segala. Ujung2nya PPKM jd alasan. Hadeeh…

    • 25 Agustus 2021 - (06:34 WIB)
      Permalink

      Itu jasa kirimnya juga GoSend Instant, berarti bisa didatangi langsung tokonya, minta penyelesaian langsung. Ngapa harus ribet²?

  • 25 Agustus 2021 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Yg bener aja… komplain receh begini bisa lolos posting….gak bermutu….
    Kirain pesen meja yg dikirim sempak….
    Cm salah roda doank yg masih bisa di akalin….gak kreatif nh orang….

    W sering belanja online barang gede2 untuk dirakit ulang,trouble pasti ada.. tinggal nanya subtitusi apa ke seller nya,klo dh mentok baru di modif, selama ada respon dari seller nya w anggap masih bertanggung jawab, dibandingkan di acuhkan gak ada respon sama sekali (yg model begini baru w maki habis habisan)… tapi gak masuk media konsumen juga lah,…receh banget komplain nya..

    • 25 Agustus 2021 - (20:48 WIB)
      Permalink

      Maaf sekedar masukan. Tolong roda yg gk ada geriginya itu dilepas. Pakai kunci diputar. Saya lihat di gambar yg anda lampirkan itu pemasangan dari pabriknya terbalik, Yg ada geriginya dimasukan ke roda. Nanti kalau sudah bisa lepas. Yg polos dimasukkan keroda. Silahkan dicoba dulu. Semoga bermanfaat.

  • 25 Agustus 2021 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Tinggal direturn aja boss
    Gitu aja kok repott
    Ginian ajje mahh ga usah tulis dimedia konsumen

  • 25 Agustus 2021 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Komen2 nya ringan dan pada lucu2 jg menghibur diriku yg lg sakit gigi…emang mslh receh jugah sii …bolelah dimaklumi aje

  • 25 Agustus 2021 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Postingan receh nih, sy sempet SS postingan ini dan kirim ke Penjual yang bersangkutan, katanya memang penjual akan bertanggung jawab tapi pembeli emang kekeuh dengan apa yang diinginkan ya ga ada titik temu, serius lho ini sy kirim SSnya kemarin dan dibalas, menurut saya kalo ada masalah gini cari win win solution, kalo kesulut emosi jadinya gini masalah receh bisa masuk MK, duhhh 😂😭

  • 25 Agustus 2021 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Bapak/Ibu sekalian,

    1. Sudah tau kan tujuan orang belanja online itu apa?
    2. Sudah dibaca kalau penjual meminta 20rb untuk pembelian roda lainnya? walaupun saya beli, itu roda juga percuma tidak bisa dipasang karena ukurannya tidak pas dengan meja
    3. Saya tidak mau retur barang jika saya sendiri yang mengirim balik ke ekspedisi karena beresiko barang rusak jika dibongkar kembali, saya sudah suruh pihak penjual aja YANG AMBIL SENDIRI BARANGNYA di rumah dan silakan bongkar sendiri
    4. Bagi yang merasa paling benar, semoga Anda tidak mengalami kejadian seperti saya apalagi dengan nominal barang yang besar.

    Terima kasih atas waktunya sudah membaca surat pembaca ini.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Beli Barang di Tokopedia Ada Cacat, Toko Kasma Store Tidak Bertanggung…

oleh Flazz dibaca dalam: 1 menit
27