Bank HSBC Menarik Overlimit Fee dari Tagihan yang Seharusnya Tidak Overlimit

Selamat pagi Media Konsumen dan Bank HSBC yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini ijinkan saya menceritakan kejadian yang saya alami. Saya menerima tagihan Overlimit Fee senilai Rp250.000 pada tagihan bulan Agustus 2021.

Awalnya saya meminta penghapusan melalui call center, karena setelah melakukan pengecekan lewat HSBC Internet Banking menunjukkan dari limit saya Rp33.000.000, hanya terjadi Overlimit senilai Rp12.000. Saya pun dilayani dan dijanjikan sekitar 3 – 5 hari kerja.

Setelah waktu yang telah ditentukan, kembali saya melakukan pengecekan ulang atas permintaan saya lewat call center dan ternyata jawabannya adalah ditolak. Tentu saya seperti tidak percaya, karena dari sekian kartu yang saya miliki, semuanya begitu mudah dalam melakukan permintaan penghapusan overlimit. Apalagi jika hal tersebut tidak saya lakukan secara sengaja.

Dengan penasaran, saya mencoba melakukan pengecekan manual dari transaksi saya mulai dari bulan Juli. Ternyata hitungan manual saya dari transaksi tersebut sampai dengan bulan Agustus adalah tidak terjadi Overlimit. Masih ada sisa limit sekitar Rp150.000-an. Saya melakukan sanggahan kembali melalui call center, kali ini dilayani oleh Kak Guntur.

Tentu saya keberatan dengan adanya tagihan tersebut. Namun apa daya, sepertinya call center tidak punya otoritas perihal penghapusan biaya tersebut. Sampai akhirnya saya sepakati untuk Kartu HSBC ini ditutup saja, walaupun saya termasuk nasabah lama. Saya dijanjikan oleh Kak Guntur akan ditelepon oleh pihak penutupan. Namun sampai surat ini di buat tidak kunjung ada kabar baik.

Melalui surat ini sekalian saya mau sampaikan, apakah HSBC menggunakan cara ini untuk mendapatkan tambahan keuntungan dari saya? Apakah tidak ada pertimbangan lain seperti pada umumnya di bank lain (yaitu history baik dari nasabah yang selalu melakukan pembayaran tepat waktu dan status kartu aktif)?

Demikian surat ini saya buat sebagai bentuk kritikan sekaligus saran bagi HSBC yang katanya berstatus bank kelas dunia. Atas perhatian serta kerjasamanya saya angkat topi buat Media Konsumen yang mau menjadi wadah bagi kami selaku konsumen dalam bersuara dan ingin didengarkan.

Salam Sehat,

Tan Jenny Kurniawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank HSBC:
[Total:5    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan HSBC atas Suara Pembaca Ibu Tan Jenny Kurniawati

Dengan hormat, Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Ibu Tan Jenny Kurniawati melalui Suara Pembaca dalam mediakonsumen.com dengan judul “Bank...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Bank HSBC Menarik Overlimit Fee dari Tagihan yang Seharusnya Tidak Overlimit

  • 6 September 2021 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Siang HSBC, maaf saya sudah melakukan telp untuk ketiga kalinya. Dan menurut saya cukup. Saya tunggu calling dr bagian terkait. Terimakasih.

  • 7 September 2021 - (17:28 WIB)
    Permalink

    @HSBC INDONESIA Mana neh respon dari HSBC malah Nasabah diminta untuk calling. Sampai detik ini dari surat ini terbit tidak ada respon baik dari anda. Sekedar basa basi minta maaf aja tidak ada.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank HSBC?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Bank HSBC Menarik Overlimit Fee dari Tagihan yang Seharusnya Tidak Ove…

oleh TanFeiYen9 dibaca dalam: 1 menit
3