Penagihan Amar Bank yang Sangat Meresahkan

Yang terhormat Tunaiku Amar Bank.

Saya nasabah Tunaiku sejak tahun 2019. Pinjaman pertama di Tunaiku dengan nominal Rp20.000.000, lunas. Kemudian saya mengajukan pinjaman kedua dengan nominal lebih kecil Rp5.000.000, karena saat itu ada sesuatu yang urgent yang harus saya talangi dulu.Nomor kontrak saya: 96877726.

Tanggal 15 September 2021 adalah jatuh tempo saya. Namun saya sedang ada pekerjaan dan kendalanya area yang sedang saya jalani adalah area yang jauh dari akses ATM, bahkan koneksi internet pun susah karena jaringan/sinyal sangat minim. Tibalah penagihan dari pihak Tunaiku pada tanggal 16 September 2021 yang sangat amat meresahkan.

Dari pukul 08.00 pagi DC Tunaiku sudah menghubungi saya untuk reminder pembayaran tagihan. Saya tahu persis itu nomor Tunaiku Amar Bank karena di aplikasi True Caller yang saya pasang di handphone saya muncul atas nama DC Amar. Ketika saya angkat, tidak ada yang bicara. Lalu peneleponan kembali berturut-turut, tapi tidak keangkat karena memang posisinya sudah jam kerja.

Kemudian pukul 12.00 siang saya cek hp dan benar ada 12 kali penelponan. Saya memang akan transfer cicilan saya di sore hari sehabis jam kerja usai. Karena telepon tidak diangkat, dengan sengaja pihak DC Amar Bank menghubungi saya lewat whatsapp dan mengatakan tagihan sudah dialihkan ke pihak lapangan atas nama Jimmy, yang mana DC tersebut menggunakan foto profil hasil comotan dari Google (foto orang orang Ambon, mohon maaf tanpa bermaksud menyinggung suku dan ras mana pun).

Apakah benar pihak Tunaiku Amar Bank membenarkan hal ini? Beginikah sikap profesionalitas dari Tunaiku Amar Bank ? Bukankah ini sangat menyalahi aturan OJK? Padahal sangat jelas tertera di aplikasi bahwa Tunaiku terdaftar dan diawasi OJK, tapi kenapa tidak sesuai aturan OJK ? Apakah keterlambatan tagihan 1 hari peneleponan mulai dari pagi sampai pukul 19.00 bisa sampai 25 kali peneleponan di hari yang sama kepada nasabah? Apakah memang benar pihak Tunaiku Amarbank membenarkan DC menagih melalui whatsapp dan menggunakan foto profil comotan untuk tujuan menakut-nakuti nasabah? Apa gunanya menggunakan foto profil suku tertentu? Bukankah ini sudah termasuk rasis? Beginikah cara Amar Bank menghargai nasabah?

Ini baru keterlambatan satu hari, lalu bagaimana lagi untuk nasabah yang mengalami kesulitan atau kendala lainnya dan harus melakukan penundaan lebih lama? Tidak terbayangkan!

Ironisnya, bukan minta maaf setelah saya mengomentari sikap penagihan dari DC tersebut, malah dia memang nantangin saya untuk komplain. Itu sebabnya kasus ini saya blow-up ke media, karena menurut saya pihak DC Amar Bank berani memberikan pernyataan silahkan komplain walau jelas sudah sangat menyalahi etika penagihan.

Sangat menjengkelkan apabila pihak Tunaiku Amar Bbank membiarkan hal seperti ini terjadi lagi. Mungkin tidak ada sanksi dari pihak manajemen Tunaiku untuk sikap DC yang model penagihannya seperti ini, yang penting nasabah bayar walaupun tidak sesuai etika. Apa mungkin orientasi DC Tunaiku asal nasabah bayar? Walau komplain itu biasa dan tidak perlu ditanggapi.

Sekali lagi saya minta tolong untuk tidak menggunakan foto-foto profil yang sangat menyinggung suku tertentu. Hal ini mengakibatkan image negatif tentang suku kami jika dibiarkan terus menerus. Keluhan ini saya sampaikan karena pihak DC memang menantang saya untuk komplain.

Tidak ada niatan sedikit pun dari saya untuk menghindar dari penagihan. Justru untuk cicilan sudah saya transfer dan tetap saya minta penjelasan dari pihak Tunaiku untuk penyelesaian kasus penagihan yang sangat amat meresahkan ini.

Terima kasih.

Swastika Anastasia
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Amar Bank:
[Total:74    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Swastika Anastasia

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih atas informasi yang Ibu Swastika Anastasia Notreedame Manalu sampaikan. Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Penagihan Amar Bank yang Sangat Meresahkan

  • 18 September 2021 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Bukan cuma Tunaiku, hampir semua pinjol kalau nagih pakai foto profil wa palsu. Kalau belum telat pakai foto cewek muda cantik2, kalau udah telat mohon maaf mereka pakai foto orang dari suku tertentu. Semua foto itu palsu.
    Agak rasis memang ,entah itu arahan siapa. Tidak mungkin perusahaan mereka tidak tahu.

  • 18 September 2021 - (16:12 WIB)
    Permalink

    mantap. memang harus di blow up terus pinjol2 yg make DC abal2 kayak gitu. padahal aturan DC itu jelas harus sudah ada sertifikat profesi, nyatanya? hahahaha

    Dan betul itu foto nyomot dari google. sok2an pake foto kayak gtu yang datang juga kurus kerempeng hahahaha

    • 19 September 2021 - (07:25 WIB)
      Permalink

      Dlu hci yg beringas, tapi masih punya hati n prikemanusiaan..sekarang Amer bank (anggur merah bank) emang ga ada otak.. dia pake DC dr planet namex.. dlu pernah berurusan..blm ajah kena azab..

  • 19 September 2021 - (08:00 WIB)
    Permalink

    Iya betul, semenjak 2018 saya sdh pinjam ke Tunaiku.. tp semakin kesini sistem penagihannya kasar dan penuh ancaman. Sdh beberapa kali saya lapor via email ke Tunaiku, tetapi tanggapannya hanya meminta maaf saja.. sampai saat ini makin bnyk yg komplain ttg DC Tunaiku..

  • 24 September 2021 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Apakah akan ada perbaikan dengan membuat surat pembaca disini? Sebab kalau pun pihak Amar bank mengetahui, orientasi mereka cuma ingin “Uang”..gak peduli sama urusan kita pribadi..

 Apa Komentar Anda mengenai Amar Bank?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Penagihan Amar Bank yang Sangat Meresahkan

oleh astika Anastasia dibaca dalam: 2 menit
7