Official Store Top Tech di Tokopedia Mengecewakan

Saya ingin berbagi cerita mengenai pengalaman mengecewakan berbelanja di Official Store Tokopedia yang bernama Top Tech. Berikut kronologi kejadiannya:

Tanggal 7 September 2021, saya membeli laptop Lenovo Legion 5i dari Toko Official Store Top Tech di Tokopedia (INV/20210907/MPL/1566860437).

Tanggal 10 September 2021, saya chat toko untuk menginfokan bahwa free backpack Lenovo tidak ada dalam paket yang saya terima, dan saya juga memberitahu saya memiliki video unboxing paket dari awal. Pihak toko hanya meminta foto nota dan MENYATAKAN HARI INI AKAN DIKIRIM oleh JNE.

Saya lihat dalam beberapa jam transaksi akan selesai, tapi merasa percaya dengan toko tersebut, saya pun tidak membuka komplain bahwa barang yang diterima tidak lengkap. Sehingga transaksi selesai dan dana pun dilepas ke seller.

Tanggal 12 September 2021, saya tanya nomor resi untuk pengiriman backpack tersebut, dijawab bahwa ternyata barang BELUM DIKIRIM dan tasnya habis. Saya tanya harus menunggu berapa lama, dijawab 3 hari.

Tanggal 18 September 2021, kembali saya follow up, chat lama tidak dijawab dan hanya dijawab maaf tas belum ready. Dan kelihatannya toko mulai malas merespon.

 

Saya sudah sering belanja online sejak tahun 2015. Pertimbangan saya saat itu tidak membuka komplain adalah

  • Saya percaya dengan jawaban chat seller bahwa backpack akan dikirim hari itu juga.
  • Saya empati dengan seller, saya pikir mungkin human error backpack-nya lupa dimasukkan, dan saya tidak ingin mereka dapat poin penalti dari Tokopedia.

Tujuan saya sharing pengalaman ini supaya buyer lain bisa belajar dari pengalaman saya, bahwa official store sebesar Top Tech pun bisa berbohong dan tidak bertanggung jawab. Jika Anda menerima barang yang tidak lengkap, segera buka komplain, jangan percaya seller tersebut.

Dan sebagai tambahan info, hingga hari ini pun, di deskripsi produk tersebut masih tertulis FREE BACKPACK LENOVO.

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Merliana
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Official Store Top Tech di Tokopedia:
[Total:41    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Official Store Top Tech di Tokopedia Mengecewakan

  • 19 September 2021 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Kalau masalah barang kurang jangan mudah percaya chat harus komplain. coba komplain ke lenovo indonesia juga mungkin bisa diperhatikan.
    Perjuangkan terus, tas legion kualitasnya bagus beda dengan tas lenovo yang biasa kalau dijual terpisah lumayan harganya.

    5
    1
    • 19 September 2021 - (14:49 WIB)
      Permalink

      Iya betul gan, pembelajaran buat saya juga, jangan asal percaya chat seller. Next time kalau ada kasus seperti ini lagi, saya pasti buka komplain lewat jalur resmi tokopedia. Seller sudah memberi no resi untuk pengiriman backpacknya, tp barang belum saya terima. Nanti saya videokan lagi saat barang datang, takutnya dikirim backpack jenis lain.

      3
      1
  • 19 September 2021 - (14:21 WIB)
    Permalink

    official emang gitu, udh beberapa kali saya coba beli yang “statusnya official” pengiriman lama, chat lama dibalas, kadang gak sesuai, dll, mending cari yang lain lebih cepat dan sesuai

    • 19 September 2021 - (19:15 WIB)
      Permalink

      yup setuju ka, tag official store bukan jaminan toko tersebut berkualitas ataupun amanah.

  • 19 September 2021 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Itu official toko biasa, misal saya punya toko A, saya buat saja official toko A. Bukan official lenovo. Jd jgn kecewa kl nanti tidak ada tanggapan.

    • 19 September 2021 - (19:04 WIB)
      Permalink

      Betul gan memang bukan official store lenovo, hanya toko biasa daftar sebagai official store di toped. Tanggapan sih selalu ada gan, tapi dalam bentuk : berbohong, selalu bilang backpacknya habis, dan saat saya sudah cape dan sangat kesal dengan jawaban belat belit mereka, baru deh nomor resi pengiriman untuk backpack keluar.

  • 19 September 2021 - (17:49 WIB)
    Permalink

    [Tujuan saya sharing pengalaman ini supaya buyer lain bisa belajar dari pengalaman saya, bahwa official store sebesar Top Tech pun bisa berbohong dan tidak bertanggung jawab. Jika Anda menerima barang yang tidak lengkap, segera buka komplain, jangan percaya seller tersebut.]

    semoga ada manfaatnya buat orang lain.
    zaman now sih tidak bisa mudah percaya. semuanya jalankan saja sesuai SOP.
    jika memang kurang ya harus komplain resolusi..

    • 19 September 2021 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Iya betul gan, kalau dana sudah lepas ke seller, jadi cape sendiri mengejar ngejar mereka untuk kirim kekurangan barangnya. Harusnya dari awal langsung komplain lewat jalur resmi tokopedia. Kebetulan sedang sial dapat toko yang tidak amanah dan tidak punya etika.

      • 21 September 2021 - (05:26 WIB)
        Permalink

        Bs kak komplain via live chat .. kmrn saya baru selesai otomatis 2-3 hari . Cb kakak komplain di live chat y

    • 21 September 2021 - (12:21 WIB)
      Permalink

      Setelah surat ini dimuat, pihak toped sangat fast respon dan sangat membantu. Mereka memfollow up ke seller dan memastikan barang diterima oleh saya. Backpacknya sdh saya terima kemarin, dan jenisnya sesuai Lenovo Legion ka

  • 21 September 2021 - (05:25 WIB)
    Permalink

    Bs komplain kok kak cb via live chat tokped ..
    Kmrn saya komplain via live chat di respon Krn selesai otomatis dan saya LG ga di rmh ga bs cek paket trnyta paket kurang…
    Dan kakak cb screen shoot smua chatnya seller buat ks liat ke tokped

    • 21 September 2021 - (12:19 WIB)
      Permalink

      Terima kasih ka untuk bantuannya. Jd setelah surat ini dimuat, pihak toped sangat fast respon dan sangat membantu. Mereka memfollow up ke seller dan memastikan barang diterima oleh saya. Backpacknya sdh saya terima kemarin, dan jenisnya sesuai Lenovo Legion. Apresiasi untuk pihak tokopedia yang sangat helpful 🙂

      • 21 September 2021 - (12:23 WIB)
        Permalink

        tapi mengapa pihak tokped nya tidak menjawab resmi di MK ini ya, kalau kakak tidak memberi tahu mungkin kita kira masalahnya belum selesai

 Apa Komentar Anda mengenai Official Store Top Tech di Tokopedia?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Official Store Top Tech di Tokopedia Mengecewakan

oleh Merliana Merliana dibaca dalam: 1 menit
15