Proses Pengembalian Barang di Lazada Lama

Saya beli koper di Lazada pada tanggal 5 Oktober 2021, dengan nomor pesanan 697791488864282. Barang baru dikirim tanggal 9 Oktober 2021 dan sampai ke saya tanggal 11 Oktober 2021. Langsung saya periksa di depan kurir (karena COD), ternyata barang salah dan tidak sesuai pesanan.

Saat itu saya bisa saja menolak untuk membayar ke pihak ekspedisi Lazada. Namun dijelaskan oleh pihak ekspedisi, bahwa saya bisa ajukan pengembalian barang by system dan saya tetap harus bayar COD tsb. Saya ikuti saran kurir. Pada hari yang sama tanggal 11 Oktober 2021, saya kembalikan koper tsb dengan nomor resi JZ8000496683.

Tanggal 13 Oktober 2021, barang seharusnya sudah sampai di seller. Namun tertulis di sistem: PERCOBAAN PENGIRIMAN GAGAL, tanpa ada keterangan alasan gagal. Saya hubungi seller, tapi seller belum menerima barang tsb juga.

Berulang kali saya hubungi pihak agen Lazada untuk menanyakan mengapa lama sekali barang sampai di seller, tapi helpless, selalu dijawab: Tunggu saja. Hingga hari ini, 18 Oktober 2021, barang belum juga diterima seller. Agen customer service Lazada selalu beralasan sedang dalam pengiriman, tapi sampai kapan saya harus menunggu???

Bukti Pengiriman Gagal

Tiap hari status di sistem selalu berubah, seolah-olah sedang dalam pengiriman. Namun sepertinya sistem tersebut ter-update otomatis oleh mesin. Soooo, sampai kapan saya harus menunggu barang terkirim ke seller? Benar-benar transaksi yang merugikan dan layanan Lazada payah!

Rachmawati
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Lazada Indonesia atas Surat Ibu Rachmawati

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 19 Oktober 2021 mengenai “Proses Pengembalian di Lazada Lama”, kami...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Proses Pengembalian Barang di Lazada Lama

      • 22 Oktober 2021 - (11:43 WIB)
        Permalink

        Sy lebih dari 5 kali ngembaliin barang belanja di shopee, alhamdulillah gak ada kendala kak. Selagi complainan kita bener dan punya bukti pendukung…

    • 21 Oktober 2021 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya proses pengembalian disemua marketplace itu sama sih kak.. memang yang kita bisa ya hanya menunggu karena itu cepat lambatnya tergantung ekpedisi.

      Saran saja sih kak, coba deh luangkan waktu ngecek resi di website jasa kirimnya jadi klo ada kendala pengiriman seperti yang kakak alami pas tanggal 13 itu ketahuan.. “Oh ternyata gagal pengiriman karena pesanan di Drop point terus udah gak cukup waktu karena mepet sm waktu operasional jasa kirim”.

      • 22 Oktober 2021 - (11:40 WIB)
        Permalink

        Ini sdh tgl 22 oktober belum ada kemajuan juga kak… sy sdh bolak balik chat agen lazada krn sy belinya di lazada, makanya sy gak ngubungi ke JNTnya. Biar lazada yg berurusan dg JNT karena mereka yg punya kerjasama…

  • 19 Oktober 2021 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Susah kalo klaim pengembalian barang d Lazadaa. Tapi selama pembayaran belum dianggap selesai sih gk masalah.. Itulah kelemahan beli online gk bs bwt barang yg butuh cepat dipakai..

    1
    1
  • 19 Oktober 2021 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Kalau lazada harus sabar. Pengembalian barang/ paket bisa hampir 1 bulan sejak barang/ paket di pickup kurir untuk menuju ke alamat pengirim.
    Buat saja laporan terus ke cs lazada biar di follow up

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Proses Pengembalian Barang di Lazada Lama

oleh Rachmawati dibaca dalam: 1 menit
7