Pengabaian Keluhan Pelanggan oleh Customer Service Anteraja

Buruknya Sistem Komplain Anteraja Sehingga Merugikan Pengguna Layanan Dari Segi Materi

Dear CS Anter Aja/CEO, atau siapapun yang mau baca deh.

Saya sangat berharap surat ini bisa dibaca oleh Petinggi kalian, Pimpinan atau siapapun yang bisa bertanggung jawab atas BOBROK-nya sistem customer service di Anteraja. Saya betul-betul sudah kehabisan akal dan kesabaran menghadapi sistem CS kalian.

22 Okt 15.30: Saya melakukan pengiriman Paket dari Jakarta ke NTT menggunakan Anteraja Reguler via Tokopedia dengan pickup kurir seperti biasa, (No Resi 10002536899145).

22 Okt 21.36: Saya baru menyadari ada bagian paket yang kurang kirim, sehingga saya melakukan permintaan hold by email & twitter ke pihak CS Anteraja, karena cs call Anteraja tutup jam 20.00.

23 Okt 08.00: Saya melakukan panggilan call ke CS Anteraja dan dari pihak CS mengatakan bahwa paket sudah tidak bisa diretur, maka saya pun di dalam percakapan via telepon sudah mencabut laporan hold, dan minta paket tetap dikirimkan.

23 Okt 08.10: Saya pun melakukan konfirmasi by email kembali ke cs@Anteraja di email yang sama untuk melanjutkan pengiriman dan membatalkan hold (Permintaan Ke-1).

23 Okt 09.30: Dari Pihak Anteraja kembali mengkonfirmasi di email bahwa Anteraja tidak bisa melakukan hold paket tersebut, yang dimana pukul 08.10 sebelumnya pun saya sudah cancel hold.

— Sampai sini di tracking paket di Tokopedia / Anteraja yang terupdate adalah: 23 Okt 2021 – Tiba di port/airport kota asal – 03.51 WIB —-

>> Action saya sampai disini adalah: KARENA SAYA SUDAH DIINFO PAKET TIDAK BISA DIRETUR, maka pada 23 Okt saya menggunakan pengiriman manual lainnya dengan Anteraja juga terhadap kekurangan paket yang dikirimkan, dan telah dikonfirmasi dengan pihak penerima bahwa paket dengan resi 10002536899145, –> akan tetap dikirimkan.

Note: sampai poin ini, saya sudah mengeluarkan uang Rp.92rb untuk pengiriman kembali menggunakan Anteraja yang manual (tanpa marketplace).

24 Okt 00.39: Saya melakukan konfirmasi lagi by email & twitter untuk pembatalan hold, dan meminta paket tetap dilanjutkan pengiriman ke Penerima … (Permintaan Ke-2)

— Sampai sini di tracking paket di Tokopedia / Anteraja yang terupdate adalah masih: 23 Okt 2021 – Tiba di port/airport kota asal – 03.51 WIB —-

24 Okt 09.54: Saya melakukan panggilan lagi by call dengan cs Anteraja, dan hal yang sama saya sampaikan, saya minta paket tetap dikirimkan dan mencabut status hold ,…. (Permintaan Ke-3) dan tanggapannya seperti biasa, akan dibantu konfirmasinya kepihak resolusi dll untuk dimaksimalkan pengirimannya. juga diinformasikan oleh CS, sudah dapat nomor tiket pelaporannya adalah: 2716724

— Sampai sini di tracking paket di Tokopedia / Anteraja yang terupdate adalah masih juga: 23 Okt 2021 – Tiba di port/airport kota asal – 03.51 WIB —-

25 Okt 11.20: Saya mendapat status track paket sudah berubah lebih parah lgi dan jauh dari harapan.

— Sampai sini di tracking paket di Tokopedia / Anteraja yang terupdate adalah berubah: 25 Okt 2021 – Parcel tidak dapat dikirimkan dan sedang tertahan di hub Jakarta Timur – 11.20 WIB —-

25 Okt 12.34: Saya melakukan panggilan lagi ke cs Anteraja by call, dan meminta klarifikasinya serta menjelaskan kembali dari awal bahwa saya sudah mencabut proses hold dan minta paket tetap dikirimkan ke penerima sejak 23 Okt ….. (Permintaan Ke-4) , disini sama juga responnya dari CS nya yaitu dimaksimalkan kembali pengiriman nya.

— Sampai sini di tracking paket di Tokopedia / Anteraja yang terupdate adalah berubah: 25 Okt 2021 – Parcel tidak dapat dikirimkan dan sedang tertahan di hub Jakarta Timur – 11.20 WIB —-

25 Okt 12.46: Saya melakukan konfirmasi by email kembali untuk meminta paket tetap dilanjutkan pengiriman ke Penerima … (Permintaan Ke-5)

25 Okt 13.05: Saya melakukan konfirmasi by email kembali untuk meminta paket tetap dilanjutkan pengiriman ke Penerima … (Permintaan Ke-6)

25 Okt 13.43: Saya melakukan konfirmasi by email kembali untuk meminta paket tetap dilanjutkan pengiriman ke Penerima … (Permintaan Ke-7)

25 Okt 16.58: Saya melakukan konfirmasi by email kembali untuk meminta paket tetap dilanjutkan pengiriman ke Penerima … (Permintaan Ke-8)

25 Okt 17.28: Saya melakukan konfirmasi by email kembali untuk meminta paket tetap dilanjutkan pengiriman ke Penerima … (Permintaan Ke-9)

25 Okt 22.32: Saya melakukan konfirmasi by email kembali untuk meminta paket tetap dilanjutkan pengiriman ke Penerima … (Permintaan Ke-10)

26 Okt 08.00: Dan saya mendapat status track paket sudah berubah semakin ngawur lagi dari apa yang dikonfirmasi 2 hari berturut-turut

— Sampai sini di tracking paket di Tokopedia / Anteraja yang terupdate adalah berubah: 25 Okt 2021 – Proses pengembalian barang ke Pengirim – 19.08WIB —-

26 Okt 08.17: Saya kembali nelpon cs kalian dengan kefrustasian ! , saya melakukan konfirmasi kembali ke cs untuk meminta paket tetap dilanjutkan pengiriman ke penerima … (permintaan ke-11) dan dikonfirmasi oleh cs kalian sendiri, saya ada melakukan rekaman panggilan disini sebagai bukti bahwa dari pihak cs Anteraja mengkonfirmasi agar dilakukan pengiriman ke penerima. Jika hal ini mau diangkat ke tingkat yang lebih tinggi, silahkan konfirmasi ke saya! Akan saya berikan bukti rekamannya.

— Dan sampai disini update tracking paket dari Tokopedia / Anteraja adalah: 26 Okt 2021 – Parcel sudah tiba di SS Kota Jkt Brt – Duri Kosambi untuk proses retur. – 10.18WIB —-

Saya betul-betul tidak mengerti dengan bisnis yang kalian jalani, terlebih bagaimana cara sistem CS yang menghandle issue terkait kendala pengiriman,

Bagaimana tanggung jawab kalian semua?! Apa yang kalian lakukan terhadap keluhan konsumen?!

  1. CS / pihak resolusi mengabaikan ke -11 permintaan cancel hold saya secara official
  2. Hanya dengan 1 permintaan hold vs 11 konfirmasi cancel, yang bahkan belum 1×24 jam saya setengah mati dan bersabar menjelaskan kepada kalian dan tidak dianggap apa-apa
  3. Dalam 3 hari beturut-turut toh saya koperatif untuk melakukan follow up ke semua fasilitas cs yang kalian punya (telepon, twitter & email), tapi mana? Kenapa setiap permintaan menjanjikan sebuah bantuan, dan pada akhirnya paket tetap diretur? Trus apa gunanya keberadaan tim cs ini ?! Apa gunanya saya sampe berbusa ngomong menjelaskan bahwa saya dihari pertama pun sudah cancel hold!
  4. Inkonsistensi dari pihak cs yang omongannya gabisa dipegang sama sekali.

Kalian perlu tahu, potensi kerugian saya akibat kegagalan pengiriman ini adalah Rp. 4.000.000++ , karena dana buyer tetap dikembalikan ke buyer via tokped dan barang yang kurang kirim dibalikin ke saya selaku penerima. Namun kalian baca lagi diatas , saya sudah kirim manual lagi barang yang kurang ke buyer, plus uang ongkir 92ribu. (ini saya lakukan sebagai tanggung jawab saya ke buyer , karena diawal kalian bilang tidak bisa retur!!!!! You know whatt???!! I sent stuff for not being paid!!!!!!!)

Bukti Konfirmasi By Email secara progresif ke pihak Anteraja

Saya tahu kalian juga ga akan peduli mau baca email ini atau tidak, yang saya tau kalian tidak melakukan apa2 terkait keluhan pelanggan dan meng-abaikannya, bohong kalau setelah mengeluh bilangnya dibantulah, apalah, bohong semuanya , tidak ada satupun yang dikerjakan. Yang pasti jujur saya gak nyangka sistem cs anter aja akan sehancur ini, very bad reputation untuk cs Anteraja, not recomended.

tq

Rendy Widianto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Rendy Widianto

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Rendy Widianto yang berjudul: “Buruknya Sistem Komplain Anteraja Sehingga Merugikan Pengguna Layanan Dari Segi...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • selama ini aman pakai anteraja, bisa ya di batalkan/hold jika paket sudah jalan. baru tau.

    semoga ada tanggapan baik dar pihak anteraja pa

    • bisa gan dihold, tapi yaitu hati2 bisa belajar dari pengalaman saya , Anteraja amat sangat lambat komunikasinya, dan cenderung buruk antara CS dengan tim terkait (mungkin disini namanya pihak Tim Resolusi ).
      Terimakasih gan, semoga mereka ga sembrono lagi kerjanya.

  • Lah gua lebih parah , paket Gua dengan resi 10002381665425 dikirim ke salah orang , dan hasil investigasi anteraja mengatakan paket sudah di terima dengan prosedur perusahaan , padahal udah jelas banget foto bukti penerima dan tanda tangan nya bukan gua yang nerima .

    Dan kurir juga mengaku ke tim resolusi anteraja sudah janjian sama gua di tempat yang dari awal gua gatau dimana dan gua nolak jumpain dia disitu , karena gua maunya jumpa di Saqinah ( swalayan terkenal di Aceh tamiang ) dengan maksud agar dia mudah jumpai gua .
    Kurir hanya memberikan bukti percakapan yang tidak penuh , sedangkan bukti gua meminta ketemuan di Saqinah tidak di perlihatkannya ke tim resolusi anteraja.

    Dan alhasil paket gua Hilang , tapi pihak anteraja bersikeras paket sudah gua terima .
    Dengan dalih sudah sesuai prosedur perusahaan .
    Prosedur perusahaan apa seperti itu , masa prosedur perusahaan boleh memberikan paket ke sembarang orang .
    Kerugian gua 42jt karena anteraja .

    Tolong kepada pihak anteraja ganti kerugian saya

    • Kalau beneran kejadian seperti itu ya lapor polisi aja , lagian nominalnya juga enggak kecil.
      Dan saya baru tau kok bisa/boleh janjian ama kurir di tempat lain selain alamat pengiriman

      • Mungkin lho, bisa saja narkotik, ganja dll, betul g? Makanya tdk mau terima sesuai alamat bisa terendus aparat. :D

        • Saya sudah cek resi nya , dia beli dari toko produk emas.

          Heran dan curiga nya saya dari cerita tersebut , masa iya dengan produk mahal gitu kurir nya mau janjian ketemuan di tempat lain selain alamat pengiriman???(Dengan resiko di jebak atau dirampok)

  • Makanya yg perlu diketahui meskipun paket anda di pickup, tanyakan juga paketnya di proses di drop point mana, tanyakan juga nomer telp/wa yg bs dihubungi. Kl mau hold ya hubungu drop point paketnya, jangan hubungi pusat atau cs, apalagi pakai email, kesuwen. Asal paket masih diproses di drop point masih bisa diambil, tp kl sudah berangkat ya tidak bisa. Itu pengalaman saya.

    • itu dia masalahnya gan, saya minta hold diawal (tanggal 22) sudah diluar jam operasional CS baik di Hub / di stagging, sudah ga ada yg respon. terlebih jg sudah saya pastikan admin yg siaga di Hub , (dalam case saya Hub JakBar di Rawa Buaya ), itu juga sudah off worktime,

      jadi no choice , mau saya samperin pun ke Hub, harus tunggu besok paginya jam 8 (tanggal 23), sedangkan di jam 8 pas bangun bangun saya cek track paket sudah di Bandara Halim,

      galucu dong saya sampe mesti ke halim ngurusin ginian :D , mending kalau semua sesuai rencana kan.

      • Seharusnya chat kurirnya saja gan'kurir bisa sampaikan ke cs lebih cepat ke timbang kita yng melalui cs.atau mau revisi alamat bisa,cuma butuh waktu,2/3 hri klo mau revisi/pindah alamat,toh frii ongkir ko.