Shopee Tolong Stop Pilihan JNE JTR, 4 Kali Kiriman Saya Dikembalikan

Saya menulis surat ini, khusus bagi JNE. Kejadian ini sudah ke 4 kalinya, Shopee sejak kemarin memisahkan barang mengandung gas dan tidak. Lalu dipisah sesuai jenisnya, yang cairan dan benda gas keluar pulau, dia kirim pakai jasa kirim khusus yaitu Sicepat Halu dan JNE JTR. Sisanya pake jasa kirim reguler.

Dan masalahnya adalah JNE JTR. Sudah ada di SOP Shopee bahwa JNE JTR ini memakai jalur darat (gambar terlampir), otomatis saya kirim pilok keluar pulau pakai JNE JTR. Namun yang terjadi 3 kali dikembalikan, dan orderan saya yang trakhir (yang ke-4) ke Banjarmasin pun mau ditolak. CS mengatakan barang ditolak JNE Bandung. Katanya aerosol ditolak bandara jadi gak bisa dikirim, jadi pihak Bandung menolak.

Kocak kan? Sudah jelas JNE JTR itu adalah jalur darat, tapi pihak JNE Bandung seenak udel memasukkan ke jalur udara.

Jadi pertanyaaan saya:

1. Apakah karyawan JNE Bandung tidak bisa baca JNE JTR atau mereka Tidak paham apa itu JNE JTR. Mereka tidak dibekali ilmu kalau JNE JTR ini adalah jalur darat bukan jalur udara? Kalau tidak tahu, ini kejadian suda 4 kali, artinya Anda berbohong, tidak sesuai dengan sop yang dijalankan.

2. Tolong pihak Shopee berpikir kembali memakai jasa kirim ini, 4 kali kiriman saya ditolak sama mereka. Pendapatan Anda pun ikut hilang gara-gara mereka. Alasan mereka adalah tidak bisa dikirim karena ditolak bandara, padahal di data Anda, JNE JTR itu jalur darat. Dan Anda menaruh barang aerosol keluar pulau di pilihan jasa kirim Anda. Silahkan anda tanya ke JNE bandung di mana karyawannya seenaknya menaruh paket JNE JTR ke jalur UDARA.

3. Hey JNE, kalau Anda tidak sanggup atau merasa rugi keluar pulau pakai jalur darat, Anda sebaiknya delete tuh JNE TRUCKING. Jangan nyusahin penjual yang capek-capek bungkus dibalikin. Anda jangan menipu penjual dan Shopee seolah-olah Anda ada jalur darat padahal dimasukkannya ke jalur udara. Kalau Anda bilang, oh maaf keteledorannya, ini sudah ke 4 kalinya bro. Manajemen Anda berarti memang niatnya begitu.

Payah.

Dicky Tanuwijaya
Cianjur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:51    Rata-Rata: 3.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

56 komentar untuk “Shopee Tolong Stop Pilihan JNE JTR, 4 Kali Kiriman Saya Dikembalikan

    • 7 November 2021 - (07:55 WIB)
      Permalink

      Sudah hilang no transaksiny, kejadian sudah sminggu lbih, anda tinggal lihat saja digambar sbagai buktinya, anda tidak menyimak surat pembaca dengan benar ya, gambarny kan ada.
      Bahkan yg trakhir anda ingin mau menolak (JT39899193680), setelah sy marah operator jne cianjur, baru mereka kirim. Ini pun jg barang masi nyangkut di bandung.
      Dari cs cianjur mereka smua bilang, ini ditolak sama JNE Bandung. Anda ajarkan kepada karyawan anda di JNE Bandung, bahwa jne jtr itu jalur darat, bukan jalur udara. Pengetahuannya rendah. Bgt, bahkan konsumen lebih tahu

      • 7 November 2021 - (16:40 WIB)
        Permalink

        Kbnyakan yg coment nyinyir dsni kryawanny JNE,, jlas2 dia dsni mrasa drugikan y jlas komplain lh,,

      • 8 November 2021 - (02:02 WIB)
        Permalink

        Sabar ya Kang, mudah”an cepat dapat solusi Dr JNE nya. Menurut Saya sih Mau barang cuma 100gr atau 10kg ketika kita membayar dan memilih untuk menggunakan pilihan jtr ya harus nya sesuai sop yg mereka buat. Kl sop lewat darat ya darat, udara ya udara. Karena customer sudah membayar untuk itu.
        Memang Ada ketentuan nya min.10kg, tapi Dr JNE juga kan yg tetap Mau proses ketika orang pakai jaskir nya walaupun g sampai 10kg.Kl perihal hitung”an JNE rugi kirim 1kg pakai darat, ya kan sebetulnya itu resiko usaha mereka. Karena mereka yg buat aturan begitu.knapa jadi ts nya yg malah di hujat.Terkadang Lucu memang membaca Komen di media konsumen ini.

        • 8 November 2021 - (10:00 WIB)
          Permalink

          Thx gan. Gpp smua yg jne fansboy pada ngoceh, sy balikin lg kata2ny. Ujungny memang yg ngoceh itu, tol bin ga tau aturan.

    • 8 November 2021 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Heh CS. Brsan sy di tlp, ditolak lg kiriman sy, alesanny adalah jalur darat / laut di banned jg. Kocak bgt. Ajarkan manager anda, jgn banyak alesan. Jalur laut bisa banned brg yg mengandung cairan dan gas? Klo gt semua produk minuman, pilok ga akan ada di luar pulau. Pabrikny smua di Jawa.
      Kenyataannya ada kan smuany di luar pulau.
      Kwalitas JNE skrg ini pffffff. Pdhl bilang aja lgs rugi ongkosny gt. Ga usa alibi aneh2.
      Aneh shopee masi andelin ni jasa kirim

  • 6 November 2021 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Itu pesanan COD apa bukan, kalo COD kadang pembeli main main, salah alamat lah, barang gak jadi beli tolak ditempat lah, barang gak sesuai dia mau lah, bla bla bla rese

    • 7 November 2021 - (07:56 WIB)
      Permalink

      Bukan cod kak. Cod luar pulau sy juga di matiin. Memang ji jne bandung y banyak tingkah, 3 x ditolak, seenaknya. Managemen ny mungkin malas kluar duit, kluar pulau tp jalur darat. Klo memang gt, ga usa sediain jne truking, cuma nipu konsumen dan shopee

    • 7 November 2021 - (02:23 WIB)
      Permalink

      Gan … for you information aja nih .. JTR it tak selalu dan tak mesti via darat kali/ laut kali. . Untuk seperti Banjarmasin daerah Kalimantan biarpun di Kata jtr tp dia tetap via udara jg pengiriman nya ,jatuh” ny layanan hemat .. ga perlu di paksaiin bos , percuma mau Ampe 10x jg pasti tetap di tolak bandara , krna mmg daerah tujuan Kalimantan tetap via udara sama sperti sicepat gokil ..blm ada via darat / laut . . Kecuali loe daerah Sulawesi dan NTT ,NTB .. sya pemakai setia layanan kargo , saya hafal mana pulau yg menggunakan kargo udara , dan kargo laut/ darat

      10
      1
    • 7 November 2021 - (07:57 WIB)
      Permalink

      Ga aneh bro,sy ke 4 x ya. Mkny sy bingung knp shopee mempertahanny jasa kirim yg kualitasny ky gini

  • 6 November 2021 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Jne jtr itu dulunya dikhususkan untuk kirim barang2 berat spt motor dll, dan jelas itu pakai jalur laut kalau keluar pulau. Tp kalau barang yg dikirim itu ringan, meski pakai jtr, jika keluar pulau ya jelas pakai pesawat. Coba anda kirim pilox nya ditambahi misalnya 100pcs gitu, nanti kan lewatkan jalur laut.

    Tdk usah ngatur2 shopee hapus jtr, anda sendiri hapus di toko anda kan bisa. Tdk ada paksaan pakai jtr. Atau coba paket cargo lainnya spt sicepat cargo, jnt economy. Kl semuanya tdk bisa kirim pilox keluar pulau yg tidak usah dijual keluar pulau kan beres. Beri catatan tidak dijual keluar pulau, spt toko jualan aki, oli jg spt itu.

    18
    5
      • 7 November 2021 - (08:02 WIB)
        Permalink

        Apa anda yg tidak bisa menyimak surat saya dengan benar? Terlampir loh SOP jne jtr pakai jalur darat. Mungkin anda tidak bs baca atau tidak menyimak dengan benar x

    • 7 November 2021 - (08:00 WIB)
      Permalink

      Knp saya musti mendelete jne, anda sudah lihat gambar belom. Itu JNE SOP uda liat.
      Mereka yg melanggar SOP, knp sy yg harus mendelete. Sy masi pakai mereka utk kiriman banyak di dalam pulau jawa. Yg sy masalahkan, adalah mereka masukin jalur udara jg, SOP uda jelas. Udara y udara. Jumlah pilok yg dikirim berdasarkan konsumen, masa sy yg atur.
      Klo smua ky pikirannya kaya anda, brati smua jasa kurir bisa dong melanggar SOP yg di buat?

  • 6 November 2021 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Govlok!! Matikan aja JNE JTR! Lu aktifkan JNE JTR, tapi maksa pakai darat. Emang itu perusahaan elu? Barang lu ringan, JTR min 10 kilo, jd lbh untung via udara.

    pinginnya JNE JTR, tp komplain mulu. Masih ada sicepat juga.

    9
    6
    • 7 November 2021 - (08:04 WIB)
      Permalink

      Elu yg goblok, uda jelas gw cantumkan gambar SOP JNE JTR, u uda baca belom. Apa ga bisa baca, Itu aturan yg mereka buat bersama shopee, ketika mereka pakai jalur udara, artinya mereka melanggar perjanjian. Dasar bego

      1
      3
          • 7 November 2021 - (12:24 WIB)
            Permalink

            TR adalah layanan pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif.
            Ketentuan:

            Minimum berat paket yang dikirimkan adalah 10 Kg.
            Berlaku juga untuk pengiriman motor.
            Berlaku untuk pengiriman nasional.
            Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

            dari website JNE. minimal 10 kg.

      • 7 November 2021 - (11:55 WIB)
        Permalink

        Makanya lu beli saham nya JNE sono. Biar JTR harus via darat.
        kalo gw yg punya JNE, andai lu kirim ke surabaya. Kalau sekilo sampai 10 kilo JTR 30 rb, kalau sekilo REG 20 rb. Karena berat barang lu 1 kilo, mending gw kirim via udara dimana gw dapat 30 rb dari elu, dan lbh murah via udara.

        yg bikin aturan siapa? JNE kan? Kalo lu gak suka sama JNE ya matikan aja JNE JTR. Kocak lu nuntut JNE. Klo JNE gak mau bawa paket lu, ya itu hak JNE, BUKAN kewajiban JNE buat MANJAIN elu. Manja sekali lu broo…

        dah sono beli saham JNE 51 persen biar lu berkuasa.

  • 6 November 2021 - (21:38 WIB)
    Permalink

    Pilihan matikan jtr kan ada di seller, yg dimarahin malah shopee sama jne 😅😅😅

    7
    2
    • 7 November 2021 - (08:05 WIB)
      Permalink

      Bro anda tidak menyimak y. Yg saya masalahkan adalah, jne jtr melanggar aturanny sndiri. Mereka kesepakatan dgn shopee pakai jalur udara, malah pakai jalur udara.
      Jd yg melanggar aturan gw apa jneny? Anda simak dan lihat gambar dengan baik bro

      • 7 November 2021 - (11:57 WIB)
        Permalink

        Penulis gak mau matikan JTR bro. Karena dia cinta sama JTR. Kayak cewek ababil yang benci sama cowok nya tapi diputusin malah mewek mewek

        2
        1
        • 13 November 2021 - (21:13 WIB)
          Permalink

          ibarat pergi ke restoran terus mencaci-maki makanan nya telat datang, pelayan nya ga sesuai SOP, harus nya gini lah, itu lah. Eh tapii besok nya dateng lagi, eh lusa nya masi dateng lagi.. jahaha..

          mungkin Karyawan disana nya aja uda bengek liat ni orang

  • 6 November 2021 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Kejadian sama dgn sy. 2x krm slalu rusak. Jasa kirim lain GK ada masala. Akhirnya sy gk pake jasa JNE. Saran sy cek kategori pilih brbahaya/tidak? Klu krman luar pulau otomatis jalur laut ni klu berbahaya. Yg namanya jtr itu cargo skala 10kg keatas. Bukan jalur darat laut udara.

    • 7 November 2021 - (08:07 WIB)
      Permalink

      Sy jg terpaksa pakai ini jnt. Karna yg pesen banyak didalam pulau, bs pakai ini. Mkny sy ga bs delete. Masalahny klo orang luar pulau yg pesen pk jtr ini, otomatis dimasukkan sama shopee ke jne jtr ini. Karna pilok kan barang berbahaya. Dan JNE jtr melanggar SOP yg mereka buat jalur darat di masukin jalur udara.

      • 7 November 2021 - (11:59 WIB)
        Permalink

        Ya lu gak usah jualan luar pulau. Lu tuntut lah itu JNE ke pengadilan pakai pengacara milyaran. Pasti lu kalah. Gak ada keadilan buat lu bro, karena lu berpikir gak pakai otak

        3
        2
      • 7 November 2021 - (13:12 WIB)
        Permalink

        Yg sabar bro, heran sekali banyak komentator disini yang tidak bisa koment dengan dewasa dan bijak, malah nyinyir terus.

        Seharusnya jika memberi komentar harus dengan bahasa sopan dan tidak menghakimi

  • 7 November 2021 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Sampai saat ini hanya pihak shopee yg menelpon saya. Thx shopee walau masalahny blom beres.
    Pihak jne yg melanggar SOP ny sndiri, tidak merespon pfff. Yg ada disini, jne fansboy pada ngoceh, pdhl jne yg melanggar aturanny sndiri.

    Namany aja JNE TRUCKING, artinya pakai jalur darat,mkny sama shopee barang berbahaya keluar pulau diserahkan kepada jasa kirm jne jtr ini, tp JNE Bandung menolak karena mereka maksa masukan jalur udara (ngirit ongkos kyny), klo mau ngirit ongkos,ato ga sanggup, matiin jasa jne jtr ny

    • 7 November 2021 - (12:01 WIB)
      Permalink

      Nih om, gw copas lagi:

      Makanya lu beli saham nya JNE sono. Biar JTR harus via darat.
      kalo gw yg punya JNE, andai lu kirim ke surabaya. Kalau sekilo sampai 10 kilo JTR 30 rb, kalau sekilo REG 20 rb. Karena berat barang lu 1 kilo, mending gw kirim via udara dimana gw dapat 30 rb dari elu, dan lbh murah via udara.

      yg bikin aturan siapa? JNE kan? Kalo lu gak suka sama JNE ya matikan aja JNE JTR. Kocak lu nuntut JNE. Klo JNE gak mau bawa paket lu, ya itu hak JNE, BUKAN kewajiban JNE buat MANJAIN elu. Manja sekali lu broo…

      dah sono beli saham JNE 51 persen biar lu berkuasa.

      2
      3
    • 7 November 2021 - (12:01 WIB)
      Permalink

      JNE Trucking itu blm tentu hanya jalur darat aja gan, mksd dr Trucking disitu itu adalah dgn menggunakan kendaraan truk dan biasanya digunakan utk paketan2 yg berat dan besar2 seperti cargo lah mksdnya. Klo utk kelain pulau meskipun awalnya menggunakan truk nantinya truk itu jg pasti akan naik ke kapal laut utk menyebrang jika menggunakan jalur laut dan jika menggunakan jalur udara nantinya akan dipindahkan ke pesawat dlu lalu setelah sampai di bandara tujuan akan dipindahkan ke truk lg. Solusi dr saya sih mending agan tolak aja orderan yg dr luar pulau kecuali yg memesan lbh dr 100kg (yg pastinya tdk akan dilewatkan via jalur udara oleh ekspedisinya) drpd agan menerima orderan yg jumlahnya sedikit tp akan dirugikan karena ditolak ataupun dikembalikan lg oleh pihak ekspedisinya. Ksh aja minimal pembeliannya hrs sekian pcs (yg total beratnya bs mencapai 100kg) drpd agan mengharapkan Shopee menghapus JNE JTR hanya demi agan, seller yg menggunakan JNE JTR tsb bknlah cuma agan saja jd ya pastinya keinginan agan itu ga akan digubris oleh pihak Shopee nya.

  • 7 November 2021 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Teu kabeh jne trucking make truk atuh uy, ayna mun isi pilox cmn 2kg maenya make truk meren pejet , sakira na teu bisa kaluar pulau ngirim mh ulah, tong maksakeun da rezeki mh moal pahili jeung sendal capit

  • 7 November 2021 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Tanyain konsumenny, knp dia beliny 2. Lu pikir gw yg atur jumlah pilok yg di beliny, ga pernah blanja online ya

    • 7 November 2021 - (23:42 WIB)
      Permalink

      Kalau gt tong, knp kiriman dalam pulau jawab slalu berhasil 100% pakai jne jtr padahal di bawah 10kg. Tp luar pulau di tolak.
      Mau bukti, boleh, coba anda blanja ke toko yg ada jne jtr, loe beli barang yg di bawah 10 kg, gw jamin ada opsi pake jne jtr. Ngerti loe..

  • 8 November 2021 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Sy uda dpt info dari JNE. Dan seperti biasa, dibalikin. Alasanny konyol, jalur darat tidak bisa karena di banned. Baru denger jalur laut bisa ada xray, bs membatasi cairan/gas. Klo gitu ga akan ada yg jualan pilok dong di pulau lain, karena pabrikny di Jawa Barat smua. Kenyataannya kan tidak.
    Sedangkan jasa kirim lain seperti sicepat halu bisa. 100% brg yg sama terkirim. Managemen yg sangat kocak.
    Y sudah lah memang kwalitas ny saja beda.

    Kepada shopee, anda sudah membagi barang berbahaya dan tidak didata anda. Anda meng unlock jasa kirim jne jtr untuk barang gas/cairan utk keluar pulau.
    Cb anda liat kelakuan jne jtr yg alasanny sungguh kocak? Klo memang tidak bs, tolong lock dong jasa kirim pembohong ini utk kluar pulau, nanti klo sy yg batalkan orderan keluar pulau, malah sy kena penalti dr anda.

  • 8 November 2021 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Sip dah, penulis punya bakat jadi menejer ini. Hehe . Mengatur jne harus bagaimana, shopee harus bagaimana.

    Tapi ada baik nya atur toko sendiri dulu harus bgmn, sebelum sibuk mengatur perusahaan orang lain harus bgmn.

    2
    1
    • 9 November 2021 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Karena ada aturannya tong. Punya goggle tong, cb di cek, jne jtr itu kargo ato udara hayo? Perlu gw beliin kuota?
      Ga usa urusin toko gw, karena sistem ny uda jalan. Mndg u yg atur kehidupan u, jd buzzer jne doank, mana cukup buat makan shari2

  • 8 November 2021 - (13:59 WIB)
    Permalink

    mgkn jne mmg menyalahi aturan sop tapi sbaiknya agan jgn kirim paket kecil ringan dibawah 10kg dgn jne jtr ke luar pulau, krn mreka akan tetap kirim lewat jalur udara, krn lebih murah dan simple buat jne. hanya saran aja gan. 😁😁😁

    • 9 November 2021 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Ga bs, mo sedikit apapun pilok dilarang di bandara. Makany sy pilihny jne jtr, bukan jne reguler. Yg pake jalur laut.

  • 8 November 2021 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Memang kalau JNE JTR untuk area bandung bogor rada aneh. Saya order aerosol ke jatim juga ditolak padahal data msds lengkap🤣.
    Tp katanya seller semenjak kejadian logistik mengalami kebakaran mereka ogah kirim aerosol.

    • 9 November 2021 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Y harusny mereka bikin SOP baru sama shopeeny. Klo ga mau kirim, bukanny di cuekin. Konsumen yg rugi lah bungkus cape2 Tau2 di tolak

  • 9 November 2021 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Terbaru :
    JNE sudah menelepon, akan membereskan masalah ini dengan shopee. Slama jne blom clearkan aturanny dgn shopee, sy tidak akan tutup kasus ini.
    Dan tolong kpd JNE bandung, ga usa mengutus orang yg ga tau apa2 dalam masalah saya, pihak Jne cianjur maupun outlet jne lain. Sebab ANDA yg menolak paket saya bukan mereka (ke 4 kaliny fixed).
    Ditambah klo pengen counter sy di surat media konsumen ini, tolong lah pake buzzer (jika ada) yg rada pandai dikit. Jgn yg TOL dan tdk tahu SOP JNE JTR, jd ntar malu sndiri

 Apa Komentar Anda?

Ada 56 komentar sampai saat ini..

Shopee Tolong Stop Pilihan JNE JTR, 4 Kali Kiriman Saya Dikembalikan

oleh Dicky dibaca dalam: 1 menit
56