Easycash Asal Mencairkan Dana Pinjaman Bahkan Tanpa Penandatanganan Perjanjian

Surat Terbuka Kepada Easycash

Pada tanggal 27 Oktober 2021, saya mendapatkan WA (terlampir) dari 081213684437 yang intinya akan membantu pengajuan Easycash. Karena memang saya butuh dana untuk pengobatan diri saya sendiri dan orangtua, saya melengkapi semua data pada tanggal 11 November 2021 dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi Easycash.

Saya melengkapi data sejak 11 November 2021 sekitar pukul 14.00. Pada malam harinya, sekitar pukul 20.40 muncul notifikasi limit Rp7.500.000,00 dan di aplikasi muncul pemberitahuan untuk menandatangani perjanjian dengan membuat lebih dulu akun Privy.id untuk mencairkan dana. Tetapi karena saya ingin membatalkan pinjaman ini, saya mencoba menahan untuk tidak menandatangani perjanjian dan melihat adakah penjelasan perjanjian yang bisa saya baca lebih dulu.

Mengingat dari sejak awal saya akses, aplikasi ini tidak menampilkan perjanjian atau edukasi detail penggunaan aplikasi. Dan di sinilah bencana terjadi, saya cukup bodoh karena saya tidak membaca penuh review aplikasi karena kebutuhan saya yang mendesak dan tidak men-screenshot aplikasi tersebut saat ada tampilan wajib menandatangani perjanjian.

Namun, alangkah kagetnya saya setelah 10 menit kemudian ternyata muncul pemberitahuan yang menandakan ada dana masuk di rekening BNI sebesar Rp 6.750.000,00 dan saat itu aplikasi Easycash mendadak tidak bisa diakses atau hang selama sekitar 15 menit. Padahal aplikasi lain saya buka baik-baik saja.

Saya panik, syok, dan kaget dengan dana yang masuk, terlebih melihat waktu pengembalian yang ternyata hanya 15 hari setiap periode selama 6x yang bahkan bisa saya nilai lebih buruk bunganya dari sesama pinjol legal, seperti J*** atau K***. Bayangkan saja, limit Rp7.500.000,00 hanya dicairkan Rp6.750.000,00 dan wajib kembali Rp9.130.000,00 sudah dipastikan kalau sakit, satu persatu dari keluarga saya termasuk saya sendiri bisa mati bunuh diri pada akhirnya. Bunga pinjaman 0.4% Easycash adalah pembohongan publik dan terasa amat sangat mencekik.

Sampai saat ini, dana tersebut masih ada di rekening saya dan tidak saya gunakan sama sekali. Satu hal yang membuat saya bertanya-tanya karena sampai saat ini email balasan dari CS Easycash bahkan tidak menyelesaikan masalah dan terkesan berbelit-belit.

Saya meminta penjelasan, bagaimana bisa dana dicairkan seenaknya bahkan tanpa tanda tangan dari nasabah pada perjanjian pinjaman. Kalau sudah seperti ini, nasabah pinjol legal serasa dibodohi dan dipaksa untuk meminjam tanpa kesepakatan kedua belah pihak, sungguh ironis bukan?

Saya berencana melaporkan ini ke Kepolisian bagian Cyber Crime apabila tidak ada kejelasan terkait masalah ini. karena saya merasa ditipu habis-habisan dengan aplikasi ini, belum lagi ibu saya yang ikut sakit dan stress dengan masalah saya saat ini dan herannya aplikasi macam ini bisa lolos standar OJK dan AFPI?

Fitria Widihapsari
D.I. Yogyakarta


Catatan redaksi (diperbarui 15/11/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Easycash atas Surat Pembaca Easycash Asal Mencairkan

Dengan hormat, Sehubungan dengan adanya surat terbuka yang dibuat oleh salah satu konsumen terdaftar Easycash, berikut informasi yang dapat kami...
Baca Selengkapnya

56 komentar untuk “Easycash Asal Mencairkan Dana Pinjaman Bahkan Tanpa Penandatanganan Perjanjian

  • 16 November 2021 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal ini tapi di APP Adamodal. Saya pd saat pengajuan jelas saya sdh ditolak. Karena ditolak saya uninstal app nya. Tau2 beberapa hr ada yg nagih saya bingung. Kebetulan yg nagih bilang saya pengajuan pinjam tgl 15 boleh dicek direkening bapak ada uang masuk. Ternyata ada bener uang masuk tapi ditanggal 17 nya. Berarti sdh lwt 2hari dr pengajuan. Saya blng kan saya sdh ditolak kenapa ditransfer dan saya tdk tanda tangan juga. Saya minta bukti tanda tangan digitalnya tdk bisa nunjukin. Trus penagihnya nyolot kalau tdk mau pinjam knp kenapa diterima. Saya blng saya kan tdk tau. Trus saya blng saya balikin tp sesuai yg mereka transfer brp dia tdk mau. Sampai sekarang blm saya lunasi setiap saya cek sdh tambah2 trs tagihannya. Solusinya gmn coba kalau spt ini.? Saya tdk minjam masalahnya. Tanda tgn digital jg tdk ada.

  • 16 November 2021 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Easycash mmg bunga tinggi sya ajj pinjam 1200000.dana yg d kirim 1100000..tp tuk pengembalian ampir 2jt dgn tenor 4x cicil/15 hari..!! Sdangkan aplikasi legal kan sdh d himbau oleh pemerintah tuk memberikan bunga ringan dan tempo yg panjang

 Apa Komentar Anda?

Ada 56 komentar sampai saat ini..

Easycash Asal Mencairkan Dana Pinjaman Bahkan Tanpa Penandatanganan Pe…

oleh Fitria Widihapsari Puspitarini dibaca dalam: 2 menit
56