Pinjaman di Tunaiku Express Belum Cair Sudah 3 Hari Kerja

Saya adalah salah satu nasabah Bank Amar Tunaiku. Pada tanggal 14 November 2021 (tepatnya hari Minggu), saya mengajukan pinjaman di Tunaiku Express. Nomor pinjaman: 105902414, dengan nominal Rp10 juta dan langsung disetujui saat itu juga. Diinfokan bahwa pencairan dana butuh waktu 1 s.d. 3 hari kerja. Karena hari Minggu, maka saya menunggu selama 3 hari.

Besoknya Senin 15 November 2021, saya menerima email kalau dana sudah proses pencairan (proses kliring) membutuhkan 1-2 hari kerja. Namun pada kenyataannya, saya belum menerima dana tersebut masuk ke rekening saya. Sedangkan di aplikasi Tunaiku sudah terbit tagihan dan tanggal jatuh tempo. Karena katanya 1-2 hari, maka saya tunggu lagi, mungkin prosesnya seperti itu.

Namun sampai pada detik ini, Rabu 17 November 2021, saya belum menerima dana Rp10 juta masuk. Saya lampirkan mutasi rekening saya. Katanya 1-3 hari kerja, dari tanggal 14 November 2021, tanggal 15-17 itu sudah 3 hari kerja. Padahal biasanya dana sehari sudah masuk, ini kok lama sekali??

Saya lampirkan bukti aplikasi Tunaiku dan screenshot mutasi rekening saya, tidak ada masuk dana pada tanggal 15-16-17 November 2021.

Bagaimana ini penjelasannya? Saya tanya CS disuruh menunggu dan menunggu. Padahal waktunya sudah 3 hari kerja dan tidak ada penjelasan kenapa di aplikasi seperti itu. Seharusnya kalau proses kliring, di aplikasi keterangannya seperti itu, jangan sudah terbitkan tagihan.

Lidya Caroline
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunaiku Express:
[Total:13    Rata-Rata: 1.1/5]
Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Lidya Caroline

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Lidya Caroline sampaikan. Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Lidya Caroline...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Pinjaman di Tunaiku Express Belum Cair Sudah 3 Hari Kerja

    • 18 November 2021 - (15:10 WIB)
      Permalink

      lah saran macam apa coba? ini kan dibawah OJK, legal, terus yang tanggung jawab kredit skor nya jelek di OJK siapa? kamu?

    • 28 November 2021 - (15:04 WIB)
      Permalink

      Gw kalo punya nasabah seperti ini lgs gw tolak dissaprove meskipun sudah ada di aplikasi disetujui. Belum terima dana sudah tulis ke media konsumen, ga hubungi pihak tunaiku? Apakah penjelasan dari tunaiku kurang jelas? Untuk Pinjaman aplikasi otomatis muncul jatuh tempo sementara setelah disetujui. untuk dana akan ditrf karena antar bank pasti kliring 2 hari kerja, dana masuk tergantung dari data yg diinput nama dan no rekening sudah sesuai dengan data di bank penerima dana. Karena nasabah tahu sendiri isi data diaplikasi sesuka dia nama dibank lebih dari satu suku kata ditulis diaplikasi hanya nama satu suku kata. atau nama data dibank tidak sesuai ktp, di ktp dan data yg dimasukan diaplikasi ada gelar Mba Msc dsb tapi data dibank penerima tidak tidak dicatum gelar hanya nama saja. Karena ketidak sesuaian data akan menyebabkan dana ditolak oleh bank penerima, apalagi ini express dibutuhkan data dari nasabah sesuai dengan bank penerima atau tunaiku minta. Jadi ada banyak faktor dana tidak masuk ke rekening penerima dalam 2 hari kerja setelah disetujui. Setelah dana diterima muncul fix tangal jatuh tempo pembayaran. Ibu jangan lupa bayar pada saat jatuh tempo.

      1
      1
  • 17 November 2021 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Bersyukurlah bila tidak cair… Bila ada penagihan laporkan ke pengaduan, BI, SATGAS WASPADA INVESTASI, YLKI, laporkan kepada ketiganya CC. OJK.

    Supaya para lembaga tersebut saling kontrol.

    Bunga dan dendanya lumayan..

    2
    1
  • 18 November 2021 - (07:57 WIB)
    Permalink

    saya juga pernah minjem di tunaiku 10juta tenor 9 bulan,, balikin jadi 13.8 jt.
    klo 10jt tenor 12 bulan jadi berapa duit itu?

  • 18 November 2021 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Yang pinjol legalpun ketentuan dari OJK dan AFPI batasan bunga resmi itu 0.4% /hari, sebulan jadi 12% . Setahun 144%. Anda minjem 10 juta, setahun itu balikin 14,4 juta hanya utk bunga. Itu yang legal lho.

    Bagaimana pulak dengan yang illegal?

    Hiduplah sederhana. Usaha kecil kecilan trus pinjam KUR BRI bunganya cuma 7 % per tahun.

  • 18 November 2021 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Sabar lah
    Buru buru amat pasti udah banyak yg ngantri ya buat dibayar 😀😀😀
    Pasti keranjang belanja belom di check out ya

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku Express?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Pinjaman di Tunaiku Express Belum Cair Sudah 3 Hari Kerja

oleh Lidya dibaca dalam: 1 menit
14