Annual Fee Bank Mega Meresahkan

Dear Corporate Secretary Bank Mega,

Saya pemegang kartu kredit Bank Mega dengan nomor: 4201-9200-9295-****. Sekitar akhir tahun 2016 saya ditawari kartu kredit saat berbelanja di Transmart. Saya hanya ingin membantu marketing yang saat itu menawarkan. Saya pun tidak pernah mengaktifkan apalagi menggunakan kartu kredit tersebut.

Saya tidak tahu jika kartu kredit saya telah berjalan tagihan billing-nya. Dimana billing-nya berisi Annual Fee yang terhitung sangat besar jika dibanding bank lain, sebesar Rp400 ribu per tahun. Setelah saya telusuri ternyata juga banyak kasus Annual Fee yang meresahkan nasabah, bahkan ada yang sampai jutaan per tahunnya.

Sampai Bulan Mei 2019, saya tidak pernah menerima tagihan apapun. Baik dalam bentuk hardcopy ataupun softcopy (by email). Karena memang saya tidak pernah menggunakan kartu tersebut, bahkan mengaktifkannya pun tidak pernah.

Pada bulan Juni 2019, saya mulai menerima billing by email. Dimana tiba-tiba muncul tagihan di bulan-bulan sebelumnya sebesar Rp1,1 juta. Ada juga adjustment annual fee (sebagaimana yang terlampir). Saya tidak pernah tahu menahu tentang billing ini sebelumnya (bahkan kartunya pun saya tidak pegang). Saya pun tidak pernah mengajukan adjustment untuk annual fee itu dan tagihan akhirnya di bulan Juni sebesar 200ribu.

Dari Juni sampai Desember 2019 tagihan per bulannya sekitar 10-15 ribu per bulannya (biaya billing statement). Pada bulan Januari 2020 ada penambahan Rp400 ribu untuk biaya annual fee. Bulan Januari 2021 juga sama, hanya ada tagihan annual fee sebesar Rp400 ribu.ย Jika dikalkulasi dari Juni 2019 – November 2021, tagihannya itu hanya muncul dari annual fee dan juga billing statement sebesar 10 ribu – 15 ribu setiap bulannya.

Selain itu ada juga biaya-biaya tambahan lainnya yang di luar nalar. Billing dikirimkan melalui email, yang notabene tidak menggunakan kertas untuk biaya cetak billing, tapi dikenakan biaya billing statement fee sebesar Rp5 ribu.

Di sini saya ingin mengajukan penghapusan biaya annual fee dan penutupan kartu kredit Bank Mega saya. Saya ajukan di sini mengingat pihak Bank Mega yang sangat lamban dan juga tidak kompeten dalam menangani dan menanggapi keluhan nasabah seperti ini. Karena akan memakan banyak waktu dan tenaga saat saya ajukan melalui telepon atau datang langsung ke Bank Mega.

Mohon untuk ditindaklanjuti penghapusan annual fee dan penutupan kartu kredit Bank Mega saya. Mohon untuk dikirimkan bukti penutupan kartu kredit saya via email. Mengingat nasabah itu memiliki hak untuk menutup kartu kredit sesuai dengan ketentuan OJK. Saya berharap bisa diproses dengan segera dan jangan bertele-tele.

Terima kasih.

Novie Susilowati
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:228    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

34 komentar untuk “Annual Fee Bank Mega Meresahkan

  • 21 November 2021 - (12:28 WIB)
    Permalink

    menjadi pelajaran untuk yang lain bahwa mengajukan kartu kredit itu bukan untuk membantu marketing, bukan iseng, main-main, tetapi hal yang serius. jika benar tidak butuh jangan pernah mengajukan. dan jika memang sudah apply dan tidak ingin menggunakan, tetap harus ditutup secara benar ke bank yang bersangkutan agar tidak ada masalah seperti ini dikemudian hari. karena annual fee tetap ada meski kartu tidak digunakan/diaktifkan.

    semoga masalahnya cepat diselesaikan dan kartu bisa segera ditutup

    15
      • 22 November 2021 - (10:00 WIB)
        Permalink

        Andai memang saya marketingnya, sungguh bodoh saya dengan sukarela nyempluingin diri sendiri ke tanah kotor seperti itu.

    • 22 November 2021 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Memang pelajaran berharga sekali pak untuk saya. Terima kasih sudah diingatkan ๐Ÿ™๐Ÿ™

      • 22 November 2021 - (11:25 WIB)
        Permalink

        Hal yang persis saya alami.. Kartu kredit tidak pernah di aktifkan.. buat kartu kredit bank mega karna paksaan dari Sales kertu kredit Mega.. katanya kalau g perlu tidak perlu di aktifkan selama 3 akan terblokir..Y udah karna kasian saya tolong..ehh ini ternyata saya cek ada tagihan 400rb via email. Telepon cs untuk menutup muter2 g ada solusi.. Bank Mega bank mega gini amat makan riba

        • 22 November 2021 - (12:52 WIB)
          Permalink

          Hari ini saya sudah ditelfon pihak Bank Mega. Dan kemungkinan besar bisa dihapuskan untuk biaya annual fee dan bisa segera ditutup kartu kreditnya.
          Saran saya untuk yang memiliki masalah yang sama seperti saya ini agar bisa segera diproses dan dikawal sampai tuntas. Dan semua bukti transaksi pelaporan harap bisa dicatat dan direkam juga percakapan via telfonnya agar kedepannya bisa dijadikan barang bukti jika ada masalah lainnya yang timbul. Saya masih menunggu proses 5 hari kedepannya. Dan akan saya pantau sampai tuntas. Terima kasih ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • 21 November 2021 - (17:58 WIB)
    Permalink

    smoga bank mega masih mau berbaik hati menghapuskan semua tagihannya ya..

    walaupun kayaknya peluangnya kecil sih.

  • 21 November 2021 - (18:43 WIB)
    Permalink

    membantu apa maksud nya?

    “Saya hanya ingin membantu marketing yang saat itu menawarkan. “

    • 21 November 2021 - (20:21 WIB)
      Permalink

      Dia bikin kartu thn 2016. Tahun segitu Bank Mega lagi gencar2nya promo kartu kredit smp nyari marketing freelance yg gak ada gaji pokok cuma dapat insentif/fee doang kalau pengajuan nasabah yg dijaring sama marketingnya di-acc. Mungkin dia bantuin marketing model begitu kali.

  • 21 November 2021 - (22:14 WIB)
    Permalink

    sering sih, sales kartu kredit nawarin kartu utang sambil memelas. selalu aku jawab saya tidak pakai kartu kredit tapi kartu debit.

    • 23 November 2021 - (06:30 WIB)
      Permalink

      Saya juga setelah selesai urusan tagihan baiknya saya akan menutup kartu kredit saya karna terlalu banyak biaya yg dikeluarkan…terutama annual fee yg menurut saya lumayan besar

  • 21 November 2021 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Membantu marketing? Setelah anda terjerat ama Annual fee, itu marketingnya kemana?

  • 22 November 2021 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Bank Mega memang salah satu bank yang memberikan banyak biaya. Hanya bank Mega yang membebankan biaya tagihan yang dikirim lewat e-mail. Padahal bank lain tidak.

    Tapi sebagai pemegang kartu kredit, harus aware terhadap setiap tagihannya. Ketika ada tagihan harus langsung dibayar sebelum jatuh tempo. Jika mau ditutup pun, semua tagihannya harus dilunasi terlebih dahulu.

    • 22 November 2021 - (10:26 WIB)
      Permalink

      bank Mega memang yang pertama mengenakan tagihan E-billing tapi untuk sekarang mulai diikuti bank lain, salah satunya BRI. sama kena 5000 juga.

        • 22 November 2021 - (10:52 WIB)
          Permalink

          BRI masih aneh sistemnya, kadang di charge kadang tidak. jika memang tidak kena, beruntung

        • 22 November 2021 - (13:34 WIB)
          Permalink

          Sama BRI gratis juga saya. Annual fee juga paling murah, gampang dinego hapus pula. Mega bener kartu Gold atau Platinum tapi limit sama dgn Silver dari bank lain. Annual fee juga mahal sangat ga sebanding dengan limit.

  • 22 November 2021 - (11:06 WIB)
    Permalink

    99% sama kejadian yg saya alami, bahkan ampe tembus 1,3jt hanya utk annual fee,
    tapi dulu saya bikinnya karna kemauan sendiri, sept 2019 sudah lunas tagihan 0, tapi tiba tiba pas mau ditutup susa banget ampe muncul anual fee 400rb dibulan okt 2019, tahun berikutnya naik jadi 450rb.
    padahal terakhir pake cc mega itu di pertengahan th 2019 sampe skrg saya gk pake kartunya.
    sudi amat gw bayar tuh annual fee, make aja kaga maasa disuruh bayar ampe 1,3jt

    • 22 November 2021 - (13:21 WIB)
      Permalink

      Annual fee memang harus dibayar, mau dipakai atau tidak kartunya. Itu adalah biaya tahunan untuk semua pemilik kartu kredit. Kalau keberatan dengan annual fee tersebut, bisa mengajukan penghapusan atau langsung menutup kartunya. Jika dibiarkan, bunganya akan terus bergulir dan bertambah besar. SLIK juga akan jadi buruk dan akan menyulitkan proses kredit kedepannya nanti.

    • 22 November 2021 - (15:42 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya segera dilakukan pengajuan Penghapusan dan penutupan pak sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.
      Semoga semuanya bisa benar-benar clear ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • 22 November 2021 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Saya baru tutup 5 bln lalu. Banyak biaya aneh2. Bayangin sj biaya e-billing 5rb (dulu katanya go green dan free), biaya sms 5rb, biaya credit shield berdasar persentase blanja (dl kalau aktifkan credit shield bisa frรฉe annual dan ternyata menjebak), dan annual fee 400rb mau naik jd 450rb. Blm materai lg. Nutup jg susah kalau gak boong bilang terdampak pandemi dan gaji dipotong

  • 22 November 2021 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Kalau ke tr*nsmart cibubur jalan brp langkah ketemu sales. bener2 gak nyaman. Isinya sales semua

    • 22 November 2021 - (16:21 WIB)
      Permalink

      Betul sekali pak. Ke Transmart seperti jadi makanan empuk untuk para marketing CC. Belanja pun jadi tidak nyaman. Sungguh disayangkan.
      Bapak butuh waktu berapa lama untuk proses penutupan pak?

      • 22 November 2021 - (16:29 WIB)
        Permalink

        Langsung sih stlah seblumnya baca2 di internet katanya paling susah kalau nelpon cs minta tutup kalau alasan gak kuat. Bisa2 dicuekin dl dan pulsa habis akhirnya putus dan gak bisa tutup. Ada yg kasih tips bilang aja terdampak pandemi dan keukeh, jgn termakan omongan cs untuk pending kartu. Gitu aja dan manjur

        • 22 November 2021 - (16:33 WIB)
          Permalink

          Saya pun sangat berterima kasih ke mediakonsumen.com sebagai media pengaduan saya. Saya pun sangat menghindari pengaduan by phone karena pastinya akan merugikan baik secara materiil dan immateriil.
          Terima kasih pak atas infonya๐Ÿ™๐Ÿ™
          Dan semoga untuk pembaca lainnya bisa dijadikan acuan dan informasi tambahan.

          • 22 November 2021 - (20:41 WIB)
            Permalink

            Kalau ke CS by phone susah, langsung ke CS di bank.

            Persiapan utk ke CS di Bank, siapkan:
            1. Kartu Kredit yang mau ditutup.
            2. Gunting.
            3. Surat bermaterai yang menyatakan kartu telah digunting didepan CS (tulis nama CSnya).
            4. Suara yang keras.

            Begitu menghadap ke CS nya, ambil kartunya, gunting dan suruh CS nya tanda tangan surat bermaterai tsb. Kalau gak mau, kerasin suara.

            Dijamin tutup tuh kartu.

  • 23 November 2021 - (11:50 WIB)
    Permalink

    sekitaran tahun segitu juga sy pernah apply kartu kredit bank mega, bahkan sy yg cari salesnya di carefour. ngisi2 formulir dan lain sebagainya. pede bakal diapprove krn sebelumnya sy ada cc BCA, CIMB. Dimulailah proses verifikasi ke kantor, rumah. Semua berjalan dgn ok. Pd suatu hr sy dpt sms bahwa pengajuan pembukaan cc sy ditolak. saat itu sy sempet kesel knp ditolak. tp pas sy baca2 ttg banyaknya keluhan bank mega disini, serta sulitnya menutup cc nya, sy justru bersyukur banget waktu itu ditolak. Belanja di carefour pun meski sudah didiskon 10%, tetap masih lebih murah kalo beli di marketplace (tokped,shopee,dll). Terima kasih verifikator yg tidak meluluskan sy. Puji Tuhan. Halleluya

  • 24 November 2021 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Mending tutup aja. Mahal biaya cc bank mega, banyak biaya2 ga jelas, biaya pembayaran dari bank lain, biaya notifikasi, biaya email tagihan. Makin males juga ke transmart, sales cc suka maksa.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Annual Fee Bank Mega Meresahkan

oleh Novie dibaca dalam: 2 menit
34