Pembatalan Asuransi Jiwa BNI Life Cibinong City Centre Sangat Lama dan Berbelit Belit

Pada tanggal 29 Oktober 2021, saya datang ke Bank BNI KK Cibinong City Centre untuk menanyakan dan mengajukan sistem tabungan yang ditarik perbulan dengan jangka waktu tertentu yaitu Tapenas. Saya diarahkan langsung kepada atasan disitu yang duduk di lantai 1.

Kemudian saya dibantu untuk ambil antrean CS. Namun sambil menunggu atasan tersebut mengarahkan saya untuk bertanya-tanya sistem tabungan yang jangka waktunya lebih panjang. Kemudian saya diarahkan ke Mba Saras , setelah itu saya dijelaskan sistem tabungan yang ditarik setiap bulannya 500.000 sampai 5 tahun.

Saya juga bertanya kalau saya berhenti sebelum waktunya apakah bisa, kemudia Mba Saras menginfokan bahwa ada sistem cuti dimana nanti bisa dilanjut jikalau sudah ada dananya. Dan dijelaskan juga mengenai bunga pertahun sebesar 20%. Setiap saya tanya nama produknya tidak diberitahu oleh Mba Saras. Namun karena sistem tabungannya menarik saya cobalah dan saya tanda tangani serta sudah diautodebit Rp500.000 pada hari itu dan pelaporan autodebit setiap tanggal 29.

Kemudian pada tanggal 5 Oktober 2021 saya mendapat Whatssapp dari BNI Life berupa polis Asuransi Jiwa, namun saya belum membacanya. Lalu pada hari Sabtu, tanggal 9 Oktober saya mendapatkan kiriman polis Asuransi Jiwa. Dan di situ saya baru tahu kalau produk yang ditawarkan Mba Saras adalah Asuransi Jiwa dan nomor polis saya 9210086811. Kebetulan pada saat itu ada saudara saya yang bekerja di asuransi dan membantu saya menjelaskan produk ini.

Hari Senin 11/10/2021 saya menanyakan kembali ke Mba Saras mengenai maksud dari nilai tunai dan berapa yang dikembalikan ke saya kalau saya stop asuransi sebelum waktunya. Dia hanya menjawab semuanya tergantung kantor pusat. Kemudian saya tanyakan lagi kalau saya berhenti dan sudah 1 tahun apakah dan yang dikembalikan ke saya adalah nilai tunai, baru Mba Saras mengiyakan. Dari sini saja saya sudah merasa informasinya tidak cleared.

Kemudian pada tanggal 14/10/2021 saya kembali ke BNI tersebut dan mengajukan pembatalan untuk asuransinya, info dari Mba Saras waktunya 14 hari kerja. Dan menurut kontrak saya masih bisa mengajukan keberatan 15 hari setelah saya menerima polis dan menurut saya itu belum 15 hari. Kemudian saya juga menanyakan apakah uang saya akan dikembalikan, info Mba Saras bahwa akan dikembalikan.

Kemudian pada tanggal 27/10/2021 Mba Saras WA saya untuk mengosongkan rekening karena khawatir autodebit otomatis. Sampai detik saya menulis ini Senin, 29/11/2021 prosesnya belum selesai.

Pada tanggal 22/11/2021 saya sempat mengemail ke customer caser dari BNI Life untuk menanyakan kelanjutannya ternyata dokumennya belum diterima di sana. Sementara info Mba Saras dokumen sudah dikirim. Dan saya tanyakan kembali ke Mba Saras barulah dia menginfokan bahwa dari dokumen itu ada yang kurang berupa ceklis serpol dan saya rasa itu bukan kekeliruan dan kesalahan dari saya.

Saya merasa direpotkan karena masih ada notifikasi di sms untuk autodebit ke BNI Life sementara saya hanya punya 1 akun rekening dan itu merepotkan saya untuk transaksi karena untuk sebulan harus dikosongkan.

Pada hari ini tanggal 29/11/2021 saya tanyakan kembali progresnya dan info Mba Saras masih di-follow up ke kantor pusat. Saya juga memastikan kembali untuk dana 500.000 apakah akan dikembalikan, tapi info Mba Saras bahwa dia salah info untuk pengembalian uangnya dan kantor pusat yang memutuskan.

Di sini saya sudah sangat kecewa dengan sistem pelayanannya dan merasa diberikan informasi yang tidak jelas oleh Marketing BNI Life ini. saya sudah lapor kesana sini tapi responnya pun sangat kurang sekali. saya saya ingin mengajukan keluhan ke sini terkait dengan pelayanan dari BNI LIfe.

Widya Safarna
Kab. Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BNI Life atas Surat Ibu Widya Safarna

Yth. Ibu Widya Safarna Sehubungan dengan pemberitaan Ibu Widya Safarna di mediakonsumen.com pada tanggal 30 November 2021, dapat kami sampaikan...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Pembatalan Asuransi Jiwa BNI Life Cibinong City Centre Sangat Lama dan Berbelit Belit

  • 1 Desember 2021 - (08:43 WIB)
    Permalink

    jadi harus extra hati2 ya dalam menerima penawaran marketing yg terkesan menjebak namun jika kita ingin berhenti seperti dipersulit, apalagi ini perusahan besar sekelas BNI harus nya lebih cepat penanganan nya.

  • 1 Desember 2021 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Tabungannya jgn diisi sebaiknya bikin baru aja. Kalau perlu temuin CS yg menawarkan itu marahi dan minta ganti rugi didepan umum kalaunperlu. Teriak yg kencang di depan orang2. Tapi jgn memukul ya. Kalau terpaksa merugi 500rb ya anggap apes dan buang sial asal sdh permalukan tuh cs. Tabungan yg sdh auto debet biarin kosong

  • 1 Desember 2021 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Saya ikut asuransi bni juga kak 2 bulan lg selesai, klo kakak gx butuh lebih baik, kita ada waktu 14 hri Buat baca polis, sebelum itu lebih baik di pulangin klo bisa jngan lewat bank cs bni life nya tp kirim langsung ke pusat pake jne atau jnt klo lwat cs, itu biasa nya di perlambat. Dan klo kakak ikut 1 tahun uang gx akan kembali karna 1 tahun uang masuk sama dengan uang angus, sya yg udah 5 tahun nanti pencairan aja kurang alias rugi 800 rb. Syarat tutup polis pas itu saya nutupin polis ayuk saya adalah fc ktp, fc buku tabungan, Buku polis asli lebih baik di fc dulu buat jaga2, surat surrender di situ di ceklis tidak sesuai yg di tawarkan, klo cs yg ngurus kadang di ceklis butuh uang. Kirim langsung ke kantor pusat di cenetial tower ( liat di google kak). Trus rajin di tlpnin tu cs kak klo gx proses nya lama,.

  • 1 Desember 2021 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah the power of mediakonsumen.com baru diterbitkan kemarin artikelnya hari ini pelaporan saya langsung ditanggapi oleh pihak BNI life dan bisa closed hari ini juga. Pelajaran sih kedepannya harus teliti lagi kalau ada penawaran apapun dari bank karena prosesnya serumit ini :'( intinya semuanya sudah selesai sesuai dengan pengaduan saya. Terimakasih mediakonsumen.com

  • 4 Desember 2021 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Saya sampai hari ini masih ada kontrak dengan BNI life,, pada awalnya saya ditawarkan tabungan pendidikan juga,, ternyata setelah 14 hari datang polisi ternyata Asuransi,,

    Saya nggak tahu kedepan seperti apa programnya ini,, sama juga system nya auto debet,, marketing nya sampaikan waktu itu tabungan pendidikan tapi ndak bisa diambil,, baru bisa diambil kalau sudah waktu yang ditentukan,,, akhirnya saya setuju,, belakangan baca2 di kontrak nya ternyata memang asuransi,, mudahan aja @BNI Life lewat marketing nya benar-benar tabungan pendidikan,,,

 Apa Komentar Anda mengenai BNI Life Insurance?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Asuransi Jiwa BNI Life Cibinong City Centre Sangat Lama dan…

oleh Widya dibaca dalam: 2 menit
7