Sulitnya Mengajukan Permohonan Keringanan Denda ke Adira Finance

Pada tahun 2009, saya mengambil satu unit kendaraan atas nama Bagus Wibisono dan angsuran melalui ADIRA Finance dengan nomor kontrak: 0401.10.103528. Karena satu dan lain hal, angsuran sering telat. Saya sudah melakukan pelunasan pada bulan Oktober tahun 2012. Namun BPKB belum diambil karena dendanya mencapai Rp3.576.557.

Pada tahun 2014, saya sudah mencoba memohon keringanan bunga ke Adira Cabang MT Haryono Semarang. Namun nominal yang disetujui masih terlalu berat untuk saya bayar. Akhirnya BPKB tidak jadi saya ambil.

Nah pada tahun ini saya berencana mengambil BPKB di Adira. Pada tanggal 10 November 2021 saya sudah kontak ke email customercare@adira.co.id dan disarankan langsung ke cabang MT Haryono. Setelah itu saya dikontak oleh pihak ADIRA untuk mengambil BPKB tanggal 1 Desember 2021. Setelah memohon keringanan bunga, pihak ADIRA menyetujui senilai Rp1.590.000. Sementara saya hanya sanggup membayar Rp1.000.000 untuk pengambilan BPKB tersebut.

Mohon pihak ADIRA memberi keringanan bunga untuk saya, mengingat perekonomian keluarga saya sangat terdampak pandemi. Saya sudah berusaha menelepon call center ADIRA Jakarta, tapi tidak diangkat dan email pun belum mendapat balasan. Mohon informasinya, selain ke cabang yang bersangkutan, ke mana lagi saya bisa memohon keringanan bunga?

Terima kasih Media Konsumen, semoga pihak ADIRA bisa memberi solusi untuk kami, dengan memberikan keringanan bunga sesuai kemampuan kami.

Bagus Wibisono
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Adira Finance:
[Total:43    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Adira Finance untuk Keluhan Sulitnya Mengajukan Permohonan Keringanan Denda

Sehubungan dengan keluhan Bapak Bagus Wibisono yang dimuat pada website mediakonsumen.com (13/12/2021) yang berjudul “Sulitnya Mengajukan Permohonan Keringanan Denda ke...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Sulitnya Mengajukan Permohonan Keringanan Denda ke Adira Finance

  • 13 Desember 2021 - (16:34 WIB)
    Permalink

    bukan sulit sih, keringanan anda sudah dapat, cuma anda merasa kurang aja, itu anda membayar kurang dari setengahnya sih.. aplg pertimbangan juga itu sudah bertahun tahun utang nya

    ya emang kemampuan orang membayar berbeda beda, saya paham dan hormati, mungkin di lain waktu anda bisa mempertimbangkan untuk cicilan sperti ini tidak hanya pas-pasan dalam kemampuan membayar nya

    1. perlu dipertimbangkan jumlah tabungan yang ada
    2. perlu dipertimbangkan keamanan pendapatan(apakah bisa terpengaruh faktor luar)

    apabila 2 2 nya aman, dan dirasa cicilan pasti aman, ya tidak apa

    saran saya untuk kekurangannya kali ini bisa jual aset terlebih dahulu, atau dinegosiasikan untuk pembayaran nya bisa ditunda bulan depan, karena saya rasa sudah reasonable sekali jumlah yang ditawarkan

    13
    2
  • 13 Desember 2021 - (21:19 WIB)
    Permalink

    iya kapok sekali ambil pinjaman leasing begini, apalagi denda dihitung perhari.. dan untuk Adira juga CS nya kurang responsif menurut saya, dan kalau sudah begini apa sudah tdk ada jalan lain untuk meminta keringanan bunga?

    3
    2
    • 15 Desember 2021 - (00:23 WIB)
      Permalink

      Harus nya bisa.saya aja denda 8 juta..cuma bayar 500 buat denda angsuran terakhirnya aja.negoisasi sama bagian yg ngurusin pengambilan BPKB.
      Nego sama dia.kalo perjanjian awal misal bapak sanggup sekian.ya untuk selanjutnya tidak bisa ditawar lagi.nego diawal deal.

  • 13 Desember 2021 - (22:15 WIB)
    Permalink

    sudah sangat ringan sih menurut saya apalagi tunggakan sudah lama, mungkin kedepannya mempertimbangkan hal lain untuk kredit.

  • 14 Desember 2021 - (01:32 WIB)
    Permalink

    Oknum sering bermain contoh untuk buka blokir setahu saya tidak ada tapi kenapa selalu di ada adakan, tolong pihak leasing jangan membodoh kan kami sebagai konsumen, ingat karma akan berlaku pada kalian suatu saat kalian atau keluarga kalian akan mengalami apa kami alami.

    3
    7
    • 14 Desember 2021 - (06:18 WIB)
      Permalink

      sistemnya beda kaya Bank kak, disini saya bingung setelah tertulis nominal sekian saya harus bayar seolah2 sudah tdk bisa nego lagi, telfon ke Adira pusat telfon tdk ada yg mengangkat, email Adira katanya semua kewenangan cabang bersangkutan, dan dtg kecabang bersangkutan sudah ketok palu nominal sekian.. memang berat bagi kami membayar sekian krn kami terdampak pandemi..

      1
      3
      • 15 Desember 2021 - (00:28 WIB)
        Permalink

        Bisa dinego.ketika datang ke kantor untuk pengambilan kan ketemu orang yg ngurusin BPKB sama angsuran terakhirnya.disitu bilang dan mohon klo bisa di nego Ampe tipis.tergantung orangya juga.klo baik pasti dikasih potongan gede.kebijakan diambil dari orang itu.bukan dari kantor kalo masalah denda itu.

  • 14 Desember 2021 - (01:40 WIB)
    Permalink

    Leasing tidak mau tau dalam keadaan sesulit seperti pandemi kemarin tetap tak ada toleransi dari mereka…pak ,bu klo kami banyak duit kami gk menggunakan jasa anda kami pasti beli cash…jangan lah menambah sulit kami dengan aturan2 yg kalian buat,

    2
    4
    • 14 Desember 2021 - (10:38 WIB)
      Permalink

      sudah jelas orang ini diberikan keringanan pembayaran sekitar 50% dari tunggakan nya oleh leasing

      minta 100% kah?

      4
      2
      • 15 Desember 2021 - (12:50 WIB)
        Permalink

        Iya kayak nya . Bukan nya ini kesalahan dari pihak debitur . Biasa nya sih kalo di leasing lain harus byr angsuran plus denda . Klo saya liat di adira sih lumayan enak denda nya di byr di akhir tenor , itupun masih di kasih potongan .

  • 14 Desember 2021 - (04:43 WIB)
    Permalink

    hati 2 pinjam lising… selain aprove kecil dari nilai jaminan juga bunga cukup tinggi.. belum lagi klo telat… kita harus cermat…

    3
    2
    • 14 Desember 2021 - (06:21 WIB)
      Permalink

      memang saya kapok kak, itu pinjaman memang sudah tahun 2009, blm begitu tau sistem leasing, asal ambil saja, tau2 saat pelunasan dendanya luar biasa banyak..

  • 14 Desember 2021 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Dicari aja Pak sisanya… Eman e BPKB kalo d leasing, mau jual juga susah, truzz gk usah pake leasing.. Emang gk ada untungnya.. Udah kena margin, denda, bunga, penalty.. Tapi kalo gk ditebus malah rugi banyak..

  • 14 Desember 2021 - (11:56 WIB)
    Permalink

    dari 2014 sampai 2021 apa ga kepikirian nabung buat lunasin?
    50rb per bulan bisa tuh nutup biaya denda
    udah mau 2022 masih pake alasan pandemi?

    5
    1
  • 14 Desember 2021 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Pendemi itu dimulai awal 2020, tp sejak th 2014 sudah gk ada usaha nebus BPKB. Sudah dikasih keringanan banyak. lah kok pakai alasan gk bisa nebus krn pendemi …

    Adira sudah cukup baik, meski alasan anda terkesan mengada ngada..

    5
    1
      • 14 Desember 2021 - (15:00 WIB)
        Permalink

        TO ALF silahkan comment lagi yang banyak untuk menyudutkan saya.. mgkn ini pegawainya kali.. disini saya menulis di media konsumen itu ingin tau kemana lagi saya harus melapor seandainya saya ingin meminta keringanan bunga lagi, sudah saya sampaikan saya telfon Adira pusat tdk diangkat, dicabang jawabannya sudah begitu dan email jawabannya juga kaya robot, semoga rejeki anda lancar seumur hidup dan tdk merasakan kesulitan.. biar kalau beropini bisa memahami orang lain yang mgkn benar2 susah

        1
        4
        • 14 Desember 2021 - (15:57 WIB)
          Permalink

          Cuekin aja ibu komentar disini. Makin dijawab makin menjadi. Heran juga, apa kalau Adira memberi keringanan lagi saldo rekening mereka akan berkurang ? Kok lucu ya. Trus berjuang ibu, ga ada hukum yang melarang negoisasi utang. Itu malah disarankan untuk mengurangi kredit macet.

          3
          2
          • 14 Desember 2021 - (17:09 WIB)
            Permalink

            terima kasih dukungannya pak, heran kenapa masih ada saja yang menyudutkan saya.. benar kata bapak saya menemukan jalan buntu untuk negoisasi, karena kata CS via email itu kewenangan cabang ybs, padahal Adira punya kantor pusat, apa tdk bisa kantor pusat menjembatani untuk negoisasi, bener loh telfon Adira pusat dan cabang tdk bisa dihubungi, entah kenapa seperti itu..? lain dengan bank, pasti ada call center yang bisa membantu menyelesaikan masalah

 Apa Komentar Anda mengenai Adira Finance?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Mengajukan Permohonan Keringanan Denda ke Adira Finance

oleh limda wijayana dibaca dalam: 1 menit
23