Barang Rusak oleh Anteraja, Disuruh Klaim Lewat Shopee tapi Lalu Ditolak

Saya penjual di Shopee. Saya ada kirim paket dari Sleman ke Sleman. Saya cek resi, dan di situ tertera informasi bahwa paket saya gagal kirim. Namun tak ada info apa-apa dari pihak ekspedisi Anteraja (baik melalui WA atau email).

Setelah saya bertanya melalui email, baru mereka info bahwa barang rusak dan untuk klaim ganti rugi harus melalui pihak Shopee. Saya email ke pihak Shopee mereka minta bukti foto produk rusak.

Saya balik email ke Anteraja minta foto bukti produk rusak, tapi tidak dikasih. Katanya dilarang kasih bukti foto. Saya mau ke gudang Anteraja untuk minta retur barang (karena tidak semuanya rusak), tapi katanya tidak bisa, karena barang sudah disisihkan.

Setelah hard complaint, akhirnya dikasih bukti foto kemudian lanjut klaim ke pihak Shopee. Setelah berhari-hari baru pihak Shopee info katanya tidak bisa ajukan klaim, alias klaim ditolak.

Kenapa muter-muter lama banget ujung-ujungnya tidak bisa ajukan klaim. Waktu saya datang ke gudang katanya “Pasti diganti kak, pasti bisa klaim. Karena yang merusak kami pihak Anteraja, jadi kami pasti tanggung jawab”.

Kenapa waktu saya datang ke gudang mau retur tidak dikasih? Mereka suruh saya ajukan klaim saja dan sekarang klaim ditolak. Kenapa tidak dari awal bilang tidak bisa klaim sebaiknya retur saja? Kenapa? Saya masih merintis, modal awal cuma Rp200.000 dan total barang rusak seharga Rp120.000 (karena kebetulan ada yang borong). Jahat banget Anteraja.

Lebih parahnya lagi, kemarin tiba-tiba saldo penjualan saya dipotong karena customer minta pengembalian dana. Kok saya jadi rugi double? Dana dari customer saja belum saya terima karena barang rusak di ekspedisi, kenapa saldo saya harus dipotong untuk kembalikan dana customer? Ini sistemnya Shopee gimana sih?

Lamtiur Br Hutagaol
Ciparay, Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Anteraja di Shopee:
[Total:49    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Lamtiur Br Hutagaol

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Lamtiur Br Hutagaol yang berjudul: “Barang Rusak oleh Anteraja, Disuruh Klaim Lewat Shopee tapi...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Barang Rusak oleh Anteraja, Disuruh Klaim Lewat Shopee tapi Lalu Ditolak

  • 29 Desember 2021 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Woww… udalah gak dapat ganti rugi, saldo pun dipotong buat gantiin pembeli? Bukannya harusnya tinggal balikin dana pembeli ya, tanpa harus ngurangin saldo penjualan seller?? Fight terus gan.. double rugi

    • 30 Desember 2021 - (01:09 WIB)
      Permalink

      “Saya ada kirim paket dari Sleman ke Sleman.”

      Lah kalau ada pesanan 1 kota yang sama, mending ente bawa sendiri ke pembeli. Transaksi di tempat pembeli di luar shopee. Sleman kota nya kecil kan?

      kalau sesama jakarta sih agak males ya. Secara jakarta macet banget dan jauh jauh.

      12
    • 30 Desember 2021 - (09:15 WIB)
      Permalink

      Siap makasih gan, setelah artikel ini tayang pihak Shopee sedang menangani kendala ini. Katanya mau ganti rugi.

  • 29 Desember 2021 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Jngn jualan di shopee,itu ajah intinya,mending di marketplace Facebook atau Instagram ,lebih enak dan customer bisa pesan tanpa perantara

    1
    3
    • 29 Desember 2021 - (23:33 WIB)
      Permalink

      ah yang benar gan.. media sosial itu bukan tempat berjualan yang baik banyak penipu juga disana.. berhati-hati

    • 30 Desember 2021 - (09:16 WIB)
      Permalink

      Ada benarnya juga sarannya. Setelah artikel ini tayang pihak shopee info mereka sedang menangani kendala saya dan akan memberikan ganti rugi.

  • 30 Desember 2021 - (01:10 WIB)
    Permalink

    “Saya ada kirim paket dari Sleman ke Sleman.”

    Lah kalau ada pesanan 1 kota yang sama, mending ente bawa sendiri ke pembeli. Transaksi di tempat pembeli di luar shopee. Sleman kota nya kecil kan?

    kalau sesama jakarta sih agak males ya. Secara jakarta macet banget dan jauh jauh.

    • 30 Desember 2021 - (20:28 WIB)
      Permalink

      @Stevan manusia dungunya udh gak ketolong bawaan lahir kasian sekali ibu mengandungmu

    • 31 Desember 2021 - (03:34 WIB)
      Permalink

      Lah kocak amat lu, jelas di Shopee ada larangan untuk mengarahkan transaksi di luar platform. Dipikir lu antara seller & buyer udah kenal sebelumnya, kalau mau kasih komentar minimal pakai otak dulu, jangan pakai dengkul.

      • 31 Desember 2021 - (13:10 WIB)
        Permalink

        “jelas di Shopee ada larangan untuk mengarahkan transaksi di luar platform.”

        Dimohon otak nya dipakai. Kalau larangan transaksi di luar shopee, lu beli sembako jangan di pasar, tetapi di shopee. Lu beli bensin jangan di SPBU, tapi di shopee. Gitu ya pemikiran otak lu?

        gw bilang ketemuan di tempat buyer. Lalu transaksi lah di tempat buyer. Lu pikir buyer bisa ketipu klo transaksi di tempat buyer?

        duh, otak lu ganti aja deh, pakai otak otak

  • 30 Desember 2021 - (04:03 WIB)
    Permalink

    Korban dari anteraja udah banyak.. Ko masih mau pake… Paket hilang oleh kurir tidak di ganti, paket tertukar udah masa bodo gak di urus, paket rusak apa lagi… Mending nonaktifkan anteraja. Yah yang sabar aja buat
    Penulis nya. Udah resiko kalo pake anteraja

    • 30 Desember 2021 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Saya baru tau ada buanyak kejadian serupa setelah saya mengalami kerusakan juga. Tapi setelah kejadian ini saya langsung nonaktifkan anteraja karena terlaku banyak kasus.

      • 30 Desember 2021 - (20:30 WIB)
        Permalink

        Saran aja Non aktifkan ekspedisi itu. Saya seller juga, udh gak keitung temen sesama seller paketan hilang, rusak, ga ada tanggungjawabnya. Apalagi sopi ya fitur asuransi itu dsana gak diperhatikan apk nya.

        • 31 Desember 2021 - (08:44 WIB)
          Permalink

          Anteraja mau di marketplace mana pun selalu bermasalah di kurirnya. Bener juga mending di nonaktifkan. Temen saya juga udah di rugikan banyak oleh ekspedisi itu.

  • 30 Desember 2021 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Setelah artikel ini tayang pihak shopee info mereka sedang menangani kendala saya dan akan memberikan ganti rugi.

  • 30 Desember 2021 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah barang saya hilang padahal saya sudah menunggu berhari hari … karena kejadian itu auto uninstall shoppe ganti yg lain

  • 1 Januari 2022 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Dugaan saya, Si Seller ini barangkali menjual barang yang dikategorikan dilarang dikirim menggunakan ekspedisi jasa kirim, seperti barang pecah belah; berbahaya, bahan kimia, cairan, dll. Sehingga barang tersebut kalau dipaksakan dikirim kemudian pecah, rusak atau meledak . Ya…. bukan tanggung jawab kurir. Nggak bisa di klaim asuransi, gak bisa di ganti rugi. Tanggung jawab seller. Jangan maksa di ganti. Baca dong ketentuan investigasi dari antareja.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Barang Rusak oleh Anteraja, Disuruh Klaim Lewat Shopee tapi Lalu Ditol…

oleh Lamtiur dibaca dalam: 1 menit
21