Alur J&T Cargo Tidak Jelas dan Merugikan Customer

Saya klien J&T CARGO, mengaku kecewa banget dengan pelayanan pegawai. Selain merugikan konsumen, ditambah lancang dalam berbicara, hanya mencari kesalahan konsumen, bukan mencari solusi atas pelayanan mereka yang tidak baik.

Kronologinya, saya mengirim barang dari Medan-Jogja, dan Jogja-Medan. Perjanjiannya, barang tiba dalam 10 hari. Pengiriman dari tanggal 5 Desember 2021, tapi faktanya barang tiba di Jogja pada tanggal 22 Desember 2021. Berarti 17 hari, jauh banget dari ekspektasi.

Akhirnya saya mengirim barang tambahan dari Jogja pada tanggal 18 Desember 2021. Saya mengirim barang dari Jogja ke Medan, sekaligus menanyakan kejelasan paket barang saya yang tidak kunjung sampai di J&T CARGO JOGONALAN. Pegawainya melakukan penawaran kepada saya untuk diretur. Saya pun bertanya apakah dikenakan biaya? Tidak dikenakan sama sekali.

Beberapa hari kemudian pihak J&T CARGO memaksa konsumen untuk membayar, baik konsumen setuju atau tidak tetap harus bayar, bahkan saya tidak mau kirim balik pun ya harus bayar 😂. Saya gak ngerti ini perusahaan main-main atau gimana.

Layanan kritik saran terpusat pun tidak membalas via whatsapp, padahal online. Saya tanya ke kurir, mereka bilang ke tempat pengiriman yang di Jogja. Sementara mereka aja tidak menerima komplain, justru menyalah-nyalahkan konsumen. Saya tanya ke J&T Express, jawabannya “Kami berbeda dengan J&T cargo kak”. Jadi saya harus apa??

Inilah alasan mengapa saya mempublikasikan problem ini. Padahal barang saya banyak yang pecah, malah konsumen yang disalahkan. Segala kerusakan ditanggung oleh pengirim, kecuali diasuransikan. Nah kenapa gak bilang saat saya mau kirim? Kenapa gak kasih penawaran??

Kemudian ada tambahan biaya packing, perjanjiannya kardus dan wrapping, tapi nyatanya goni. Maka dari itu kenapa saya tidak mau meretur barang saya, disamping ongkir-nya kisaran Rp450 ribu, terus barang saya sampai Medan rusak semua?? Emang saya mau? Ya enggak lah, paling dikomplain cabut semua.

Ditambah ya, perhitungan mereka gak jelas. Medan Jogja Rp11 ribu per kilo, Jogja ke Medan Rp6 ribu, terus kali-kalinya ngeri kali, ngikuti bidang, bisa pula pegawai kasih harga tawar menawar. Bukannya perusahaan besar sudah memiliki standarisasi harga??

Terus rekeningnya juga atas nama pribadi, membuat saya semakin curiga. Mungkin saja bos besarnya tidak mengetahui ulah pegawainya di bawah. Kurir sejauh ini aman-aman saja dalam mengantar barang. Saya tidak marah ke kurir kenapa?? Karena mereka hanya mengantar, yang bermasalah CS-nya. Saran buat para pedagang, daripada menyesal, lebih baik pakai ekspedisi lain. cukup saya saja yang menjadi korban.

Terima kasih.

Mega Mustika Berliani
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Cargo:
[Total:79    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Alur J&T Cargo Tidak Jelas dan Merugikan Customer

  • 1 Januari 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Saya tanya ke J&T Express, jawabannya “Kami berbeda dengan J&T cargo kak”. Jadi saya harus apa??

    wkkwkw, jawabnya gini “Kami berbeda dengan J&T cargo kak, coba kakak tanya jokow”

    2
    5
    • 2 Januari 2022 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Bukan nya J&T Cargo itu punya J&T Express ya
      Kok gitu sih J&T kaya lepas tanggung jawab gitu padahal konsumen dirugikan

  • 2 Januari 2022 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Dr kasus ini terlihat jelas oknum CS di J&T Cargo itu yg kriminal dan semoga langsung dipecat dan dilaporkan ke polisi biar kapok krn sdh merusak nama baik perusahaan.

  • 2 Januari 2022 - (21:37 WIB)
    Permalink

    J&T Cargo dan J&T Express itu beda, mereka beda Vendor. Walau sama” ada embel” J&T tapi beda Bos. Milik orang Asing. Mending pake Yg asli Indonesia aja banyak kok (POS Indonesia, JNE, Sicepat)

  • 3 Januari 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    bner banget gan, masa paket saya dari lombok barat ke pontianak ga diketahui keberadaannya sama sistem mereka, tiap ditanya kenapa status mentok jawabannya ga jelas. Estimasi dari maksimal 14 hari sampai pontianak jadi nambah 14 hari lagi, sangat merugikan

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Cargo?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Alur J&T Cargo Tidak Jelas dan Merugikan Customer

oleh mega dibaca dalam: 2 menit
7