Kecewa dan Dirugikan oleh Penjual dan Tim Mediasi Shopee, Terkait Komplain Masalah Keaslian Produk

Dear Shopee Indonesia dan pembaca,

Sebelumnya, saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan dalam penyampaian surat pembaca ini. Karena saat mengetik surat ini saya merasakan kekecewaan yang sangat dan ini adalah pertama kalinya saya membuat surat pembaca.

Berawal dari keinginan akan kesembuhan untuk ayah saya yang memiliki masalah pada persendian lutut kakinya, saya memesan barang bernama Artrivit, yang saya ketahui melalui dunia maya, bahwa obat/krim ini memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi masalah persendian.

Karena saya suka membeli barang di Shopee, saya mencari barang tersebut. Saya terkejut, karena dari hasil pencarian “Artrivit” ternyata ada barang yang asli dan palsu. Saya pun berhati-hati mencari toko yang cocok untuk membelinya. Akhirnya saya membeli obat/krim tersebut di toko mosimosi90. Berikut kronologi singkatnya:

Saya membeli Artrivit pada tanggal 4 Januari 2022 pukul 19:34 di toko mosimosi90:


Saya yakin membeli di toko tersebut karena:

    • Ada Shopee Garansi 100% Ori:

  • Terdapat informasi pada rincian produk: “Halodoc Garansi Resmi.. Jika Tidak Asli 100% Uang 100x Lipat Kembali Bisa Cod Bayar Ditempat Lebih Aman“.

Nomor pesanan Shopee: 220104W27RCAC2.

Pesanan dikirim oleh penjual pada 6 Januari 2022 08:34 dan diterima oleh ayah saya pada 8 Januari 2022 19:06.

Setelah menerima pesanan, saya melihat kemasan luar tampak barang asli.

Setelah membuka box-nya, alangkah terkejutnya saya, karena kemasan dalamnya tidak sesuai foto yang dipajang di toko penjual.

Saya mengetahui kemasan itu adalah palsu karena:

  • Sebelumnya sudah berhati-hati mencari barang yang sama di toko yang berbeda di Shopee juga, berikut referensi barang yang asli dan palsu dari video dan gambar di toko tersebut, yaitu di: https://shopee.co.id/product/172499672/7163189455?smtt=0.210366917-1641650094.9

    Dari sisi kemasan di sana sudah jelas bahwa barang yang asli warna di bagian kemasan atasnya sama dengan warna di bagian bawah bawah, yaitu hijau tua. Sedangkan yang saya terima adalah warna bagian di atasnya adalah biru dan bagian bawahnya hijau tua, ukuran kemasan lebih lebar.
    Saya berasumsi, penjual telah memanipulasi barang supaya terlihat “Original”, nampak dari box luar tapi “Palsu” di dalam. Saya lebih yakin lagi setelah melihat kemasan cream (yang palsu lebih lebar) diletakkan menyilang (tidak lurus) di dalam box:
  • Di sini bagian pentingnya yang tidak dapat dibuktikan. Saya dan Ayah saya mencoba krim tersebut, tidak ada rasa panas ataupun rasa mentol pada krim tersebut, hanya krim saja dan ada wangi. Saya tahu krim original jika dioleskan akan terasa panas dan ada mentholnya dari toko Shopee yang lain yang saya informasikan pada poin di atas. Rasa dari krim ini tidak dapat dibuktikan melalui gambar tentunya, dan saya tidak tahu bagaimana membuktikannya kepada pihak Shopee. Jika ingin mencobanya, dengan senang hati saya kirimkan.
  • Ada pembeli lain yang juga mengalami hal yang sama (mendapatkan barang palsu) di toko tempat saya membeli barang tersebut (mosimosi90):

Segera setelah itu saya komplain penjual melalui chat pribadi terlebih dahulu dan mendapatkan jawaban mengejutkan: “Maaf kk untuk produk kemasan baru kk“.

Saya ajukan pengembalian pada 8 Januari 2022 malam. Saat melakukan pengajuan saya mengisi Alasan Pengembalian, Foto, dan Keterangan. Setelah submit, saya menemukan hal yang aneh form pesanan saya tab pengembalian:

  • Shopee memberikan informasi : “Maaf, Shopee tidak dapat memproses pengajuan ini. Mohon batalkan pengajuan dan coba lagi”.
  • Menu Riwayat Diskusi pertama kali ada, setelah kedua kalinya dibuka (form pesanan saya tab pengembalian), Menu Riwayat Diskusi hilang:

Karena merasa ada yang tidak beres saya klik Batalkan Pengajuan dan melakukan pengajuan kembali kedua kalinya. Akan tetapi pesan “Maaf, Shopee tidak dapat memproses pengajuan ini. Mohon batalkan pengajuan dan coba lagi” masih tetap ada.

Karena merasa ada yang aneh pada paparan saya di atas, saya menghubungi CS (Live Agent) Shopee menanyakan perihal pengajuan pengembalian dengan melampirkan nomor pesanan. Singkat cerita jawaban CS adalah menunggu 1×24 jam, hingga tim mediasi Shopee membalas di ruang diskusi, riwayat diskusi akan terbuka setelah menunggu selama 1×24 jam tersebut. Sayangnya chat ini tidak sempat saya screenshot karena merasa proses pengajuan baik-baik saja.

Saya Klik Batalkan Pengajuan kembali karena ingin menambahkan link toko Shopee yang lain sebagai bukti perbedaan barang asli dan palsu, dan saya juga ingin menambahkan video barang yang saya terima, sebagai bukti tidak hanya gambar saja yang saya terima. Akhirnya saya submit pengajuan pengembalian saya yang terakhir pada 8 Januari 2022 21:06, dan menunggu selama 1×24 jam sampai ada balasan dari Tim Mediasi Shopee, berarti di 9 Januari 2022 21:06. Berikut Rincian pengembalian yang saya buat:

Saya lupa mengecek Shopee pada 9 Januari 2022 malamnya dan pada 10 Januari 2022 malam ini, setelah saya pulang kerja, sempat senang karena status pengembalian: Masalah Diselesaikan, dan alangkah kecewanya saya setelah membaca : Kasus telah ditutup dan dimenangkan oleh Penjual pada pukul 12:02.

Saya menghubungi CS (Live Agent) dan meminta penjelasan, CS (Live Agent) memberitahu saya bahwa Tim Mediasi Shopee meminta bukti dan saya tidak memberikannya dalam jangka waktu tertentu, hingga akhirnya di-close dan dimenangkan penjual. Lagi, kesalahan saya, tidak capture pembicaraan saya dengan CS tersebut. Namun kekesalan akan jawaban tersebut saya coba berpikir ulang.

Benarkan saya sepenuhnya saya yang salah karena terlambat meng-upload bukti yang diminta? Tidak, Saya rasa sepenuhnya tidak. Berikut beberapa alasan saya mengamini itu:

  1. Penjelasan dan bukti yang saya berikan sudah sangat lengkap di pengajuan pengembalian terakhir yang saya buat, foto perbedaan barang asli dan palsu, link toko lain yang menjelaskan barang asli dan palsu, dan link video Youtube yang saya buat dan upload. Sudah sangat JELAS DAN LENGKAP, bukti apa lagi yang diminta? Apakah tim mediasi Shopee benar-benar sudah membaca keterangan yang saya berikan dengan seksama?
  2. Mengacu pada waktu, terakhir saya submit pengajuan pengembalian 8 Januari 2022 21:06, CS meminta saya menunggu 1×24 jam berarti sampai 9 Januari 2022 21:06. Selama waktu tersebut saya berasumsi riwayat diskusi tidak bisa diakses.

Lalu tim mediasi Shopee meminta bukti melalui riwayat diskusi pada 08 Januari 2022 21:07. Sampai di sini saya sudah merasa aneh, saya submit 8 Januari 2022 21:06, selang 1 menit sudah meminta upload bukti, cepat sekali peninjauannya yah? Lalu bagaimana saya upload buktinya kalau menu riwayat diskusinya menghilang?

Saya yakin sekali saat itu menu riwayat diskusi tidak ada, karena saya cek berulang setelah submit pengajuan. Setelah itu Shopee meminta untuk mengirimkan bukti lagi pada 09 Januari 2022 11:54, siang hari. Di sini saya tidak tahu apakah riwayat diskusi sudah bisa diakses atau belum, tapi yang pasti saya tidak membuka Shopee saat itu. Saya sedang istirahat kerja, tidak sempat membuka Shopee, notifikasi Shopee pun saya matikan dan ditambah di sini masih belum 21:06 (waktu untuk saya bisa melihat riwayat diskusinya.

Tanggal 9 Januari 2022 malam saya lupa cek Shopee. Tanggal 10 Januari 2022 12:02 kasus ditutup, menyisakan rasa bersalah dan kekesalan yang ada karena baru sempat melihat status pengajuan pengembaliannya pada malam hari (Setelah pulang kerja).

Berikut kronologi proses pengajuan pengembaliannya:

Melalui surat pembaca ini saya ingin menyampaikan kekecewaan saya kepada:

Penjual

  1. Saya telah dirugikan oleh penjual yang menjual barang original yang berlabelkan “Shopee Garansi 100% Ori”, tapi yang datang adalah barang palsu. Mengapa penjual tersebut bisa mendapatkan predikat “Shopee Garansi 100% Ori” jika ia bisa menjual barang palsu? Atas dasar dan pertimbangan apa Shopee memberikan predikat tersebut?
  2. Tidak ada itikad baik dari penjual untuk mempertanggung jawabkan barang palsu yang ia jual, sehingga merugikan pembeli baik dari materi dan waktu.
  3. Penjual memanipulasi barangnya seolah barang tersebut terlihat asli di luar, tapi palsu di dalam, dan memberi tahu saya bahwa kemasan (dalam) barang adalah baru.

Shopee Indonesia

  1. Memberikan informasi : “Maaf, Shopee tidak dapat memproses pengajuan ini. Mohon batalkan pengajuan dan coba lagi” setelah submit pengajuan pengembalian yang mengakibatkan pembeli merasa harus membatalkan dan mengajukan ulang kembali.
  2. Tidak muncul menu Ruang Diskusi setelah submit pengajuan pengembalian pada halaman pesanan, yang mana hal ini sangat penting sebagai media komunikasi antara tim mediasi dengan penjual dan pembeli.
  3. Customer Service Shopee merespons untuk menunggu 1×24 jam hingga tim mediasi Shopee membalas di ruang diskusi. Lalu meminta ignore/menghiraukan point 2a dan 2b tapi nyatanya tim mediasi Shopee sudah bisa meminta bukti upload dokumen dari 08 Januari 2022 21:07 sampai 10 Januari 2022 12:02.
  4. Waktu respons diskusi tinjauan Tim Mediasi Shopee 08 Januari 2022 21:07 sampai 10 Januari 2022 12:02 yaitu 1,5 hari. Dimana saya rasa itu sangat minim bagi saya yang seorang karyawan yang bekerja pulang malam dan tidak sempat membuka aplikasi Shopee. Izinkan saya juga untuk membandingkan dengan aplikasi lain yang saya rasa lebih efektif dalam pengurusan pengembalian barangnya yaitu penjual dapat langsung menerima pengembalian barang tanpa ada proses mediasi.
  5. Tidak ada notifikasi via email mengenai permintaan untuk upload bukti yang diminta oleh tim mediasi Shopee. Namun notifikasi via aplikasi Shopee ada, tapi saya non aktifkan. Mengapa notifikasi hasil akhir tinjauan ada? Mengapa tidak email notifikasi SELAMA PROSES peninjauan? Berikut bukti emailnya:
  6. Tim Mediasi Shopee terkesan tidak membaca pesan dan bukti yang sangat lengkap yang pertama kali saya isi dalam Pengajuan Pengembalian karena meminta bukti dalam waktu 1 menit, lagi padahal sudah saya isikan dengan lengkap dan jelas dari awal.

Kepercayaan saya untuk membeli di Shopee mulai memudar, ditambah barang yang dibeli memiliki label Shopee Garansi 100% Or dan barang yang saya beli di toko tersebut sudah terjual 10 ribu lebih.

Kecewa, marah, sedih hati, niat hanya ingin memberikan kesembuhan pada ayah saya. Tidak lebih. tidak usah diganti, saya tidak minta ganti rugi.

Terima kasih Media Konsumen.

Musa
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mediasi Shopee:
[Total:128    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

35 komentar untuk “Kecewa dan Dirugikan oleh Penjual dan Tim Mediasi Shopee, Terkait Komplain Masalah Keaslian Produk

  • 13 Januari 2022 - (08:52 WIB)
    Permalink

    anda sudah kecewa pada shopee indonesia dan toko penjual, di komen ini, saya sampaikan kekecawaa saya pada anda:
    1. anda tidak mengecek foto pembeli/komen produk tersebut di toko penjual, apakah asli atau tidak barang nya, padahal anda mengklaim sendiri berhati-hati dengan mengecek di toko sebelah, saya buka halaman produk mosimosi90, sudah langsung kelihatan foto-foto produk yang diterima oleh pelanggan lain
    2. anda tergiur oleh harga yang lebih murah dari toko mosimosi90 sehingga anda membeli produk tersebut, dibandingkan dari toko silaherbaloriginal, disana juga terjual 10rb+ kok, kenapa anda tidak beli disana? dan foto pembeli menunjukkan bahwa itu barang asli
    3. memang anda yang tidak mengumpulkan bukti sesuai batas waktu yang ditentukan, tidak bisa anda katakan “saya rasa sudah lengkap kok, harusnya tidak minta bukti lagi” hmmm

    pengalaman saya setelah ini akan ada yang bilang saya penjual nya, atau dari pihak shopee, terimakasih

    17
    10
    • 13 Januari 2022 - (09:29 WIB)
      Permalink

      1. Terima kasih, itu kelalaian saya, karena tidak melihat ulasan bintang 1 nya, terima kasih masukannya, lain kali saya akan SUPER hati hati.
      2. Saya membeli karena merasa ingin beli ditempat yang saya ingin, ini mutlak saya yang ingin, bukan karena pendapat anda, apakah anda dapat mengatur keinginan saga membeli dimana??, ya benar saya tertarik karena harga lebih murah, selisih 100rb an, saya membeli karena melihat ada ulasan repeat kedua.

      3. Sudah saya jelaskan bahwa menu diskusi tidak ada dihalaman pengembalian saya disaat saya mengajukan pengembalian. Awalnya ada, setelah dibuka lagi tidak. Jika menu diskusi tidak ada lantas bagaimana saya bisa mengupload bukti yang diminta??. Saya sangat detail memgumpulkan semua bukti yang ada, mohon cek lagi gambar pengajuan pengembalian saya yang terakhir, apakah ada yang kurang disana?.. ok jika ada yang kurang, sebutkan apa yang kurang yah?. Jarak antara shopee meninjau dengan meminta bukti pertama kali adalah 1 menit. Apakah itu yang dinamakan meninjau??. Video youtube saya saja lebih dari 1 menit.

      Terima kasih.

      11
      4
      • 15 Januari 2022 - (11:03 WIB)
        Permalink

        Beli di online pasti tergiur dari harga produk. Jika itu penting untuk pengobatan beli ditoko offline aja lah, apalagi dari awal udah tau itu produk ada palsu dan asli. Beli dionline tuh barang yg susah dicari lebih cocok kayaknya.

  • 13 Januari 2022 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Trik penjual KW gitu tidak bakalan terang terangan menjelasin, mending minta tanya ke penjual aslinya pasti menyatakan itu produk palsu.!

    Dapat predikat 100% Garansi Ori mereka daftar dengan syarat lengkap dan lolos.

    BELI ASLI MAHAL “NO”
    BELI PALSU MURAH+DISKON+PROMO “YES”

    *Saran beli yang real pict dan ada info keterangan produk tiruannya, biar aman.!

    6
    1
    • 13 Januari 2022 - (09:19 WIB)
      Permalink

      1. Terima kasih, itu kelalaian saya, karena tidak melihat ulasan bintang 1 nya, terima kasih masukannya, lain kali saya akan SUPER hati hati.
      2. Saya membeli karena merasa ingin beli ditempat yang saya ingin, ini mutlak saya yang ingin, bukan karena pendapat anda, apakah anda dapat mengatur keinginan saga membeli dimana??, ya benar saya tertarik karena harga lebih murah, selisih 100rb an, saya membeli karena melihat ada ulasan repeat kedua.

      3. Sudah saya jelaskan bahwa menu diskusi tidak ada dihalaman pengembalian saya disaat saya mengajukan pengembalian. Awalnya ada, setelah dibuka lagi tidak. Jika menu diskusi tidak ada lantas bagaimana saya bisa mengupload bukti yang diminta??. Saya sangat detail memgumpulkan semua bukti yang ada, mohon cek lagi gambar pengajuan pengembalian saya yang terakhir, apakah ada yang kurang disana?.. ok jika ada yang kurang, sebutkan apa yang kurang yah?. Jarak antara shopee meninjau dengan meminta bukti pertama kali adalah 1 menit. Apakah itu yang dinamakan meninjau??. Video youtube saya saja lebih dari 1 menit.

      Terima kasih.

      2
      1
      • 13 Januari 2022 - (09:34 WIB)
        Permalink

        Maaf kak reply nya harusnya untuk komen yg diatas šŸ™. Terima kasih saran dan masukkannya.

        1
        1
      • 13 Januari 2022 - (09:46 WIB)
        Permalink

        Kasus dtutup dan dimenangkan penjual bisa saja hal ini, penjual dihubungi shopee setelah anda melampirkan bukti yang terkait dan penjual dmintakan bukti baik berupa pengiriman / fisik barang maupun video singkat, penjual akan diberi tombol memilih tolak/terima, pasti penjual menekan tombol menolak dan menyertakan bukti yang terkait kepada shopee, setelah itu shope meninjau dan membanding antar ke2 bukti dan alhasilnya penjual yang menang.!

        mungkin saja seperti itu.!

      • 14 Januari 2022 - (02:33 WIB)
        Permalink

        bukti yang anda kirim terlalu bertele tele untuk dibaca oleh tim mediasi shopee, cuku kasih screen shoot terdaftar atau tidaknya obat yang anda beli di BPOM
        1. jika penjual tsb tidak sengaja menipu anda : anda akan diganti rugi secara fisik maupun non fisik karena telah mengetahui alamat anda
        2. jika penjual tsb sengaja menipu anda maka ia akan mendapat karma atas perbuatan yang ia lakukan

        3
        1
  • 13 Januari 2022 - (09:16 WIB)
    Permalink

    Ga sinkron terjual dan yg reviewnya. Terjual 10rb+ tapi review cuma 85. Penjual juga terlalu royal memberikan voucher toko. Diskon 50rb min 299rb? Wow. Tergiur harga murah dan diskon.

    5
    1
    • 13 Januari 2022 - (09:22 WIB)
      Permalink

      Terima kasih masukannya, saya akan leboh SUPER hati hati membeli lain kali yah mas. Iya saya tertarik dengan harga murah, walau sebenarnya ada yang lebih murah, ada yg 50rb, ada yang 100rb saya ga beli.

  • 13 Januari 2022 - (10:49 WIB)
    Permalink

    ada harga ada rupa , om
    mohon maaf, klo saya belanja selalu di tokopedia …. dan tak pernah terkendala …..

  • 13 Januari 2022 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Dear Media Konsumen,

    Melalui Komentar ini saya ingin menyampaikan bahwa
    1. Surat pembaca ini sangat membantu saya dalam penyampaian suara konsumen (saya) selaku pembeli (konsumen) yang dirugikan, saya mengucapkan terima kasih karena telah mempublikasikan surat pembaca ini.

    2. Shopee Indonesia sudah menghubungi saya (via Telepon) dan kami telah menyelesaikan masalah yang ada secara baik-baik. Tidak lupa saya juga meminta agar penjual yang telah merugikan saya diberikan sangsi yang tegas agar kejadian ini tidak terulang lagi dikemudian hari.

    Terima kasih,
    Musa

  • 13 Januari 2022 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Shoope emang gudangnya barang palsu, jualan barang palsu di shoope menguntungkan karena pasti dispute di menangkan penjual wong fee 20% dari penjualan masa mau di batalkan, ya rugi wong driver aja tersiksa ini di jalanan, panas terik cuma 6400

    8
    5
  • 13 Januari 2022 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Sama seperti komen diatas, kalaumau barang ORI yang mahal jangan beli di Shopee. Mending di marketplace lain. Jangankan obat, macam buku pun Shopee itu gudang barang bajakan. Pernah pingin beli buku impor, di Tokopedia 380rbu ,di Shopee cuma 60rb. Ya akhirnya minta tolong teman untuk beliin di Shopee, kalau cuma buku ya memang cuma dibaca sekali toh. Hehe

    3
    7
  • 13 Januari 2022 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Izin saya berkomentar agan, saya prnh merasakan hal yg kurang lbh sama..saya sendiri belanja online di tokped dan shopi, masingĀ² pernah mengalami trouble terutama soal refund atau masalah barang tdk sesuai, kalau di Tokopedia enak nya kita dibuat ruang berdiskusi dgn penjual yg langsung di awasi oleh admin tokopedia secara langsung, jadi bukti serta pemeriksaan berjalan cepat plus transparan proses nya termasuk bukti yg dikirimkan si penjual..beda dgn dishopee yg terkadang error seperti yg anda alami, bahkan utk akses ke pesanan komplain saja hrs clear cache dahulu yg terkadang ttep saja suka error, lalu dishope pun kita hny dibuatkan 1 buah tempat komplain yg isinya saling melempar bukti, siapa yg bukti nya lengkap..dy yg menang..bahkan saya sendiri prnh mengalami kejadian tdk meng’enak’an dgn official store mall dishopee yg mengirimkan barang tdk sesuai, (dikirim sampah), saya pun seperti anda sudah mengirimkan bukti dan sebagainya lengkap hingga proses PEMERIKSAAN PIHAK SHOPEE, dan aneh nya TIDAK LOLOS..alias pihak shopee menyatakan kalau barang saya sudah sesuai, bahkan dr gambar penjual dan bukti yg dikirimkan saja sudah beda..
    Disitu saya beri bintang 1, terhadap shopee diplaystore dan bintang 1 kepada penjual official mall nya..3 bulan kemudian baru direspon..

    Dan benar kata bbrp org yg komentar disini, shopee gudang nya barang palsu..
    Beda dgn di Tokopedia yg mengedepankan barang original dan jg memiliki hak cipta jika barang tersebut memiliki..ditokped penjual dan pembeli samaĀ² di perduli kan dan diawasi..beda dgn dishopee dimana penjual dan pembeli seperti diadu domba kan..

    Dan dr cerita agan sendiri memang benar walau agan sudah hatiĀ²..agan sedikit ceroboh karena tdk mengirimkan barang bukti dlm wktu yg diminta..tapi saya paham poin agan..ngapain ngajuin barang bukti kalau sblmnya kita sudah ngasih..tapi ya mau gmn lagi..sistem komplain shope memang hancur dan tdk efektif..jd hrs berhatiĀ² dr dtk 0 hingga dtk masalah selesai, baru aman..

    Saran dr saya mah, nanti kalau agan dihubungi pihak shopee..agan minta kompensasi yaitu menonaktifkan produk palsu tersebut..

    Karena bnyk seller jahanam yg dy jual barang murah dibawah seribu, lalu dy jual hingga penjualannya lbh dr 10rb..lalu dy ganti nama produk yg terjual lbh dr 10rb tersebut dgn produk palsu seperti yg agan beli, itu lah knp penjualan lbh dr 10rb tapi ulasan nya tdk lbh dr 100 prduk..

    • 13 Januari 2022 - (21:02 WIB)
      Permalink

      Cakep tanggapannya kak.
      Walaupun saya pedagang di MP termasuk Shopee, tapi saya setuju dengan yg kakak tulis. Penjual penipu lebih leluasa jualan di Shopee.

      Untuk garansi 100% ori, penjual tidak mengajukan kak, tapi saya juga tidak tau apa kriterianya sehingga penjual bisa dapat label tersebut. Beberapa barang yg saya jual dapat label tersebut tapi saya tidak pernah mengajukannya. Ini salah satu celah yg bisa dimanfaatkan oleh penjual penipu.

  • 13 Januari 2022 - (15:38 WIB)
    Permalink

    Hampir semua toko online ,sebagian memancing dengan barang asli dan setelah itu menjual barang yg gak sesuai dengan yg digambar dan deskripsi,saya males belanja di toko online karena 70% kena tipu ,30% dapat yg sesuai,jadi lebih baik belanja toko offline ,jaminan nya lebih nyata dan komplain juga lebih jelas ,dan biasa toko offline 95% tanggung jawab barang diganti jika produk cacat atau rusak ,mikir mikir lah belanja online,duit hilang barang pun dibuang wkwk

    2
    3
    • 14 Januari 2022 - (20:04 WIB)
      Permalink

      Belanja di Sopee harus extra Hati2 bos. Di shopee gudangnya penipuan. Saya pernah hampir jadi korban penipuan di shopee. Beli hp harga murah si penjual minta kode ottp yg di terima di hp saya. Dengan alasan proses keharusan proses penjualan. Dan ternyata akun shopee saya di hack sama penjual dari shopee tersebut. Dan uang menbayaran saya senilai 2 juta hampir saja melayang. Kalo sekarang saya belanja di shopee hanya barang yg bernilai dibawah 100 ribu saja. Kalo tertipu anggap saja kasih fakir miskin. Pernah juga saya beli suplemen harga lebih murah 75 ribu di shopee. Dan barang yg di terima ternyata palsu juga. Hati2 lah berbelanja dengan jumlah nominal besar dan harga miring di shopee. Kebanyakan ratting yg ada di buat penjual sendiri. Kalo di toko sebelah yg warna hijau sepertinya lebih aman. Jika terjadi masalah meditasi ya pun jelas.

  • 13 Januari 2022 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Simpan bukti barang tsb,lalu beli yg asli spt yg anda inginkan,laporkan ke polisi tentang pemalsuan produk ,tuntut penjual dan shoppe.biar kapok

  • 13 Januari 2022 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Berbelanja online akan aman jika kita selalu teliti dalam membaca review dan ulasan yang diberikan konsumen kepada toko yg menjual barang yg kita inginkan. Pengalaman saya berbelanja online selama hampir 5 tahun ini alhamdulilah aman dan lancar-lancar saja dan bersyukur sekali tidak mengalami kekecewaan (barang tidak ori atau paket rusak, dsb). Perlu kita perhatikan bersama saat berbelanja online, gunakan standar harga barang atau produk yg kita inginkan di beberapa merchant yg terdapat di beberapa market place. Jangan mudah tergiur oleh barang murah yg ditawarkan ataupun diskon toko yg menurut kita sendiri terlalu royal (kecuali promo/diskon ongkir dari market place sendiri). Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa “harga menentukan kualitas produk” itu benar adanya baik kita berbelanja secara online maupun offline.

  • 13 Januari 2022 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Trim informasinya, saya jadi tidak percaya dengan adanya cap JAMINAN ORI, dan cara mediasi cs shopi, jangan2 ada mainan mata. Saya juga sudah mencoba beralih dari oren ke ijo.

    5
    1
  • 13 Januari 2022 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Jelas banget penjual adalah penipu krn berani cantumkan barang asli, tp isinya palsu. HARUSNYA PIHAK SHOPEE tegas dgn para penjual yg sdh terbukti menjual produk tdk sesuai dgn deskripsi apalagi ini menyangkut produk palsu yg sdh tentu itu melanggar hukum dan harusnya penjual spt ini di blaklist selamanya dr platform shopee dgn memblokir identitas KTPnya sebagai penjual.

  • 13 Januari 2022 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Kalau saya, hendak beli barang, tetapi ga tau toko jual yg asli atau tidak, maka jika di shopee, saya pasti beli di `shopee mall`. Kalo toped di `official store`.
    Gitu sih kalau saya ya.

  • 13 Januari 2022 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah dirugikan shopee ,padahal penjual menganjurkan pengembalian dana dan pihal.shopee warehouse menolak mentah mentah dan akhirnya selller lepas tangan krn katanya itu weenang shopee , shoppe menyirh menyelesaikan di luar sistem krn dana sudah dilepas … Berhari hari tanpa kepastian baramg yg sudah saya kembalikan di warehouse krn barang tidak bisa dipakai , dikembalikan lagi ke rumahs ayam.. cs shopee menjanjikan voucher untuk menyelesaiakan maslaah eh udah tajun ganti voucher juga tak pernah datang … Shopee skrg kayak penipu bgt , janji jani doang

  • 14 Januari 2022 - (01:42 WIB)
    Permalink

    Brg terjual 10rb+ rating 4.9 ulasan review positif min 4000+ ga mungkin dbawah itu.apalagi cm <100 . Bikin fake order dsopi tu paling gampang. 10rb+ sales dgn 4000+ b5, maafĀ² jk seller nakal butuh cuan cepat spil 10 brg kw di b1 itu ttp ga akn mnurunkan ratingnya. Sy dah lama tinggalkan apk ini.

    2
    2
  • 14 Januari 2022 - (02:02 WIB)
    Permalink

    bukti yang anda lampirkan terlalu bertele-tele untuk dimenangkan oleh tim mediasi shopee cukup kasih screen shoot terdaftar atau tidaknya di BPOM obat yang anda beli untuk ayah anda
    jika penjual tsb bersalah dan tidak sengaja menipu anda ia akan otomatis mengganti rugi kepada anda baik secara fisik maupun non karena sudah mengetahui alamat anda
    jika penjual tsb tdk bersalah dan sengaja menipu anda maka ia akan mendapat karma atas perbuatan yang dia lakukan
    jika penjial tersebut

  • 14 Januari 2022 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Masalah keaslian produk itu e-commerce itu masih abu-abu. Agak sulit sebenarnya bagi tim Shopee atau E-commerce lainnya untuk filter produk. Makanya ada fitur laporan produk di setiap e-commerce. Jadikan pelajaran saja karena hal ini bisa terjadi karena ulah penjual nakal. Shopee disini hanya bertindak sebagai penengah. Saran saya kalau mau beli barang online jangan mudah tergiur promo dan cari yang review tinggi dan reputasi toko bagus.

  • 14 Januari 2022 - (22:54 WIB)
    Permalink

    Sekedar saran saja, apabila anda yakin betul produknya palsu, mgkn bisa konsultasi dengan advokat terdekat di tmpt anda, untuk dapat dibantu upaya hukum pidana maupun perdata

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Shopee?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Kecewa dan Dirugikan oleh Penjual dan Tim Mediasi Shopee, Terkait Kompā€¦

oleh Mr. dibaca dalam: 6 menit
35