Tidak Pernah Ajukan KTA CIMB Niaga tapi Dapat Notifikasi Pengajuan, CIMB Niaga dan Kredit Pintar Mengelak

Pada tanggal 15 Oktober 2021 yang lalu, saya mendapat SMS dari Bank CIMB Niaga yang menyatakan bahwa pengajuan KTA saya tidak disetujui.
Saya heran karena saya merasa tidak pernah mengajukan KTA tersebut. Hal ini langsung saya konfirmasi ke CS Bank CIMB Niaga 14041, Saya diminta untuk mengirimkan email ke 14041@cimbniaga.co.id beserta detail permasalahan.

Hari itu juga saya mengirimkan email ke Bank CIMB Niaga (nomor referensi : CBGRE151021001766) dan pada tanggal 23 Oktober 2021 saya mendapat balasan bahwa pengajuan tersebut melalui aplikasi personal loan dari channel Kredit Pintar Indonesia, karena personal loan CIMB Niaga dan Kredit Pintar Indonesia ada kerjasama yang sifatnya pendanaan. Saya diminta untuk menghubungi Kredit Pintar Indonesia.

Saya mengirimkan email serupa ke Kredit Pintar Indonesia pada tanggal 25 Oktober 2021 untuk menanyakan masalah tersebut, dan saya diminta untuk menunggu pengecekan lebih lanjut oleh tim Kredit Pintar Indonesia.


Cukup lama saya menunggu dan tidak mendapat balasan, pada tanggal 2 November 2021 saya mengirimkan email lanjutan ke Kredit Pintar Indonesia dan belum juga mendapat respons, Saya kirimkan lagi email follow up pada tanggal 22 November 2021 dan terakhir pada tanggal 13 Desember 2021.

Dan kemudian akhirnya, pada tanggal 5 Januari 2022 yang lalu Kredit Pintar Indonesia membalas bahwa mereka tidak pernah mengajukan data customer melalui KTA Bank CIMB Niaga.
Saya mengirimkan email kembali ke Bank CIMB Niaga pada tanggal 6 Januari 2022 untuk menanyakan detail pinjaman apakah yang dimaksud karena jawaban dari Kredit Pintar Indonesia tidak ada pengajuan KTA ke Bank CIMB Niaga atas nama saya melalui channel mereka. Namun Bank CIMB Niaga tetap memberikan jawaban yang sama, dimana pengajuan tersebut melalui channel Kredit Pintar Indonesia dan tetap meminta saya menghubungi Kredit Pintar Indonesia.
Saya sudah meminta bantuan Bank CIMB Niaga untuk berkoordinasi dengan Kredit Pintar Indonesia untuk mengklarifikasi masalah ini, namun sampai hari ini belum mendapat respons dari Bank CIMB Niaga.
Di sini saya merasa sangat kecewa dengan sikap Bank CIMB Niaga maupun Kredit Pintar Indonesia, saya merasa diping-pong tanpa kejelasan, padahal setiap saya mengirim email ke Bank CIMB Niaga maupun ke Kredit Pintar Indonesia, selalu saya cc kan kedua belah pihak dengan harapan masalah ini bisa jelas dan selesai.

Saya merasa Bank CIMB Niaga dan Kredit Pintar Indonesia sama-sama enggan berkomunikasi, padahal Bank CIMB Niaga dan Kredit Pintar Indonesia ada kerjasama, tidaklah sulit untuk berkoordinasi menyelesaikan masalah ini.

Yang saya juga heran, Bank CIMB Niaga juga tidak mau memberikan detail pinjaman KTA atas nama saya tersebut, jadi sampai saat ini saya tidak tahu tanggal berapa tepatnya pengajuan itu dilakukan, berapa besarnya dan siapa yang mengajukan pinjaman KTA tersebut. Bagi saya, masalah ini bukanlah sepele, ada dugaan penyalahgunaan data pribadi saya.

Saya menulis surat ini dengan harapan Bank CIMB Niaga maupun PT. Kredit Pintar Indonesia bisa membantu saya mengklarifikasi masalah ini.

Terima kasih.

Robert Kurniawan
Malang, Jawa Timur


Update (10 Februari 2022): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Bank CIMB Niaga sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredit Pintar Atas Surat Bapak Robert Kurniawan

Kepada Yth, Bapak Robert Kurniawan Menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan sebelumnya dan surat Bapak Robert yang disampaikan melalui Website www.mediakonsumen.com pada...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Tidak Pernah Ajukan KTA CIMB Niaga tapi Dapat Notifikasi Pengajuan, CIMB Niaga dan Kredit Pintar Mengelak

    • 3 Februari 2022 - (09:26 WIB)
      Permalink

      @CIMB Niaga : Apa lagi yang harus saya laporkan dan jelaskan dalam link tersebut? Semua permasalahan ini sudah saya laporkan melalui email 14041@cimbniaga.co.id sejak tanggal 15 oktober 2021, tolong anda koordinasi dengan internal anda. Saya tidak mau mengulang ulang dan menjelaskan lagi dari awal, Saya kira semuanya sudah cukup jelas, Jadi tolong jangan berbelit belit.
      Kalau memang sesuai pernyataan pihak anda ada pengajuan KTA CIMB Niaga atas nama saya melalui channel kredit pintar indonesia, tolong dijelaskan dengan rinci beserta bukti pengajuan tersebut, karena pernyataan dari kredit pintar indonesia, pihak mereka tidak pernah mengajukan data customer untuk pengajuan KTA CIMB Niaga. Pernyataan siapa yang benar saya tidak tahu.
      Terus terang saya juga merasa aneh, kalau memang pengajuan tersebut melalui kredit pintar indonesia, mengapa notifikasinya langsung melalui sms ke nomor hp saya dari Bank CIMB Niaga dan bukan dari kredit pintar indonesia? Tolong hal ini diklarifikasi karena saya menerima sms pengajuan ini dari Bank CIMB Niaga

      • 3 Februari 2022 - (11:09 WIB)
        Permalink

        biasanya cimb kalo sudah di up disini akan ada klarifikasi… pak nanti diupdate yah… biar tahu lanjutannya gmana…serem bgt ngapain bank ada urusan sama pinjol…

        • 3 Februari 2022 - (11:18 WIB)
          Permalink

          Terimakasih atas supportnya, Memang itu yang saya harapkan agar CIMB Niaga & kredit pintar indonesia berkoordinasi untuk mengklarifikasi hal ini.

        • 3 Februari 2022 - (17:40 WIB)
          Permalink

          iyah ini harus di PANTAU bila perlu turunkan OJK . takutnya bukan hanya bapak ini saja yang sudah terjadi .

  • 3 Februari 2022 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Ketahuan juga bank CIMB Niaga kerjasama. dg Pinjol Ilegal.Pantasan bank jg ketularan penyakot pinjol. Giliran ada masalahbegini saling lempar dan tuding. Tidak mau tanggung jawab. OJK. tolong turun tangan bereskan permasalahan ini

    11
    1
    • 4 Februari 2022 - (12:08 WIB)
      Permalink

      gak heran data seseorang dijadikan pinjaman buat dana diputar,dulu dilakukan bank agar dana nasabah bisa berputar dan dijadikan permainan saham,dan sudah dilarang OJK cara bermain seperti itu ,jika gak ketahuan maka data data nasabah telah diajukan buat kta dan jika cair maka dananya akan digunakan untuk pinjaman nasabah lain dengan bunga yg jauh lebih tinggi,ini harus nya lapor ke polisi dan OJK buat penyelidikan,karena bukti dari bank CIMB data ts telah diajukan pada pihak mereka dan ditolak melalui SMS ,jadi setelah dinyatakan dari kredit pintar maka itu telah melanggar hukum pidana ,dimana tidak ada ijin data kita digunakan ,dan sangat berbahaya sekali penggunaan data tanpa ijin

      • 4 Februari 2022 - (14:44 WIB)
        Permalink

        Betul pak, karena itu saya masih menunggu bukti pengajuan KTA dari CIMB Niaga tersebut, apakah memang benar ada pengajuan atas nama saya tersebut melalui kredit pintar seperti yang sudah mereka nyatakan dalam email sebelumnya. Karena hal ini membuat saya ber asumsi bahwa kredit pintar menggunakan data pribadi saya tersebut tanpa sepengetahuan saya untuk pengajuan KTA ini. Ini yang membuat saya kuatir.

        1
        1
  • 3 Februari 2022 - (06:45 WIB)
    Permalink

    Makin kacau perbankan indonesia kerjasama Ama pinjol serem..menghalalkan segala cara, data nasabah diselewengkan bukan main..ngeri juga y

    • 3 Februari 2022 - (11:25 WIB)
      Permalink

      Terimakasih supportnya. Saya masih menunggu jawaban dan itikad baik dari mereka pak.

  • 3 Februari 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    “3. Proses Pencairan Personal Loan langsung ke Kredit Pintar Indonesia, tidak ke rekening tabungan nasabah”

    ini kok ngeri ya ?? artinya KPI bisa mengajukan personal loan tanpa diketahui nasabah, dan setelah disetujui nasabah baru tau karena ada notif sms… DAN Nasabah TERPAKSA melanjutkan loan di KPI dengan BUNGA tinggi.

    Kok bisa ada hal begini ?

    • 3 Februari 2022 - (11:35 WIB)
      Permalink

      Hal ini juga yang membuat saya bingung bu. Pernyataan dari CIMB Niaga pengajuan ini melalui kredit pintar, tapi notifikasi pengajuannya datang dari CIMB Niaga, saya diminta klarifikasinya ke kredit pintar, disisi lain kredit pintar menyatakan bahwa tidak pernah mengajukan data customer utk pengajuan ke pihak lain (dalam hal ini CIMB Niaga). Jadi mereka ini saling melempar, saya tidak tahu pernyataan siapa yang benar. Saya minta bantuan CIMB Niaga utk koordinasi dengan kredit pintar, saya tidak direspon sampai hari ini. Inilah yang membuat saya tidak dihargai. Seharusnya tidak seperti itu cara lembaga keuangan besar memperlakukan nasabahnya.

  • 3 Februari 2022 - (11:35 WIB)
    Permalink

    waduh serem juga ya tiba” ada pengajuan bgitu, biar cpt mending dteng ke cbang aja pak minta kejelasannya, ngeri juga kalo blm ada informasi lanjutannya. smoga membantu..

  • 3 Februari 2022 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Saya berasumsi (maaf jika salah), bahwa dewasa ini banyak Bank mengandeng Pinjol sebagai partner pendanaan namun segala proses tetap dilakukan melalui pihak Bank bersangkutan agar calon debitur merasa secure karena melihat dari brand Bank tertentu.

    Seperti kita ketahui bersama jika mengajukan pinjaman langsung melalui Bank prosedur nya lebih rumit berbeda dengan Pinjol yang sangat sederhana cara pengajuan pinjamannya.

    Namun hal ini sudah barang tentu sangat merugikan debitur karena pinjaman bisa seenaknya dialihkan ke pihak ketiga (Dalam hal ini Pinjol) oleh Bank. Seperti kita ketahui bersama bahwa bunga yg ditetapkan oleh kebanyakan Pinjol sangat tidak masuk akal (sangat mencekik)

    • 3 Februari 2022 - (17:03 WIB)
      Permalink

      Begini pak, Bagi saya sebenarnya tidak ada masalah CIMB Niaga mau kerjasama dengan kredit pintar.
      Yang menjadi masalah dalam kasus saya ini adalah saya merasa tidak pernah mengajukan KTA CIMB Niaga namun saya mendapatkan notifikasi pengajuannya lewat sms dari CIMB Niaga.
      Pada saat saya tanyakan hal ini kepada CIMB Niaga, mereka mengatakan bahwa pengajuan tersebut adalah melalui kredit pintar, yang membuat saya ber asumsi bahwa kredit pintar menggunakan data pribadi saya untuk mengajukan pinjaman tersebut tanpa sepengetahuan saya. Anehnya juga CIMB Niaga tidak mau memberikan penjelasan detil mengenai pengajuan ini, hanya melemparkannya ke kredit pintar.
      Okey, saya ikuti, saya tanyakan hal serupa ke kredit pintar, kredit pintar juga saya nilai bertele tele dalam menanggapi hal ini, sudah membuat saya menunggu lama, memberikan jawaban yang tidak relevan dan akhirnya setelah saya desak, mereka menjawab bahwa pihak mereka tidak pernah memberikan data customer kepada CIMB Niaga untuk pengajuan KTA tersebut.
      Jawaban dari kredit pintar ini saya sampaikan lagi ke CIMB Niaga dengan menanyakan detil pengajuan apakah yang dimaksud itu, karena kredit pintar tidak mengakuinya, namun mereka tetap bersikeras bahwa pengajuan tersebut melalui kredit pintar tanpa mau memberikan bukti bahwa pengajuan tersebut memang benar melalui kredit pintar. Tidak ada solusi juga tidak mau berkoordinasi.
      Inilah yang membuat saya marah, disini saya merasa disepelekan dan tidak dihargai, padahal masalah saya ini menyangkut dan terkait dengan mereka juga.
      CIMB Niaga dan kredit pintar sama sama tau kok masalah ini, email saya cc kan semua agar transparan, tapi sama sama diam, tidak peduli.
      Logika saya mengatakan seharusnya kalau pengajuan itu melalui kredit pintar, notifikasinya juga harus dari kredit pintar, kok bisa ada notifikasi dari pihak lain sementara saya tidak tahu menahu tentang hal tersebut.

    • 4 Februari 2022 - (06:05 WIB)
      Permalink

      Adakah kemungkinan akan buka rekening di Bank lain bila masalah tetap berlarut? Saya rekomendasikan Bank BCA.

  • 6 Februari 2022 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Nampaknya cimb niaga memberikan fasilitas channeling ke kredit pintar, kreditur (pemberi kredit) beralih ke cimb niaga, data peminjam disampaikan full ke bank. Sampai sini masih belum ada pelanggaran jika kredit pintar memberitahukan kepada nasabah, biasanya via email atau ada diapps. Kalau dicek di SLIK OJK, pemberi pinjaman juga berubah dari kredit pintar ke CIMB.
    Kesalahan fatalnya adalah cross selling yang dilakukan tanpa adanya persetujuan dari nasabah dan ini ada peraturannya terkait pemasaran produk dan penggunaan data nasabah

  • 27 Februari 2022 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Pembaca yang terhormat,

    Sehubungan dengan keluhan saya di media konsumen berjudul “Tidak Pernah Ajukan KTA CIMB Niaga tapi Dapat Notifikasi Pengajuan, CIMB Niaga dan Kredit Pintar Mengelak”, dengan ini saya menyampaikan bahwa bank cimb niaga & kredit pintar indonesia sudah menghubungi saya dan mengklarifikasi masalah ini.

    Berikut jawaban dari bank cimb niaga berkoordinasi dengan kredit pintar :

    1. Tidak ada penyalahgunaan data nasabah baik oleh CIMB Niaga dan Kredit Pintar.

    2. CIMB Niaga dan Kredit Pintar Indonesia memiliki kerjasama yang bersifat pendanaan, CIMB Niaga akan memberikan dana kepada Penerima Pinjaman melalui Penyelenggara yaitu Kredit Pintar Indonesia.

    3. Mohon Bapak dapat mengabaikan pengiriman SMS dari CIMB Niaga pada tanggal 15 Oktober 2021

    Jadi intinya memang ada misskomunikasi disini, Sangat disayangkan masalah ini sampai berlarut dan harus sampai ke media konsumen. Saya juga sudah mengajukan permohonan untuk penghapusan akun kredit pintar saya beserta penghapusan data pribadi saya.

    Mestinya hal ini tidak perlu terjadi jika penanganan & komunikasi untuk masalah ini bisa ditanggapi dan dijelaskan dengan baik dari awal dan tidak berbelit belit.

    Dengan ini saya menyatakan bahwa masalah ini sudah selesai, Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Pintar?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Ajukan KTA CIMB Niaga tapi Dapat Notifikasi Pengajuan, CI…

oleh Robert Kurniawan dibaca dalam: 2 menit
22