Pengalaman Membeli dan Menggunakan IP Camera Ezviz

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen yang telah bersedia menerbitkan surat pembaca ini. Berikut pengalaman saya membeli dan menggunakan IP Camera Ezviz:

Pada tanggal 3 Maret 2021, saya membeli Ip camera merk Ezviz, dengan tipe C3WN husky air lite 1080, melalui marketplace Shopee dan garansi 1 tahun. Bukti pembelian terlampir.

Kamera tipe ini adalah kamera outdoor, yang seharusnya bisa digunakan di luar ruangan, dengan kondisi cuaca hujan sekalipun. Kamera berfungsi dengan normal sampai bulan November 2021. Pada saat saya ingin melihat rekaman via handphone, status camera offline. Lalu saya coba lihat dalam kamera seperti kemasukan air.

Kemudian saya chat penjual, dan disarankan untuk coba klaim ke toko Unicom care di BEC Bandung. Karena kesibukan saya baru sempat ke Unicom pada bulan Januari 2022. Setelah lewat 1 bulan lebih, warna air di dalam kamera jadi menguning. Lalu saya datang ke toko Unicom dan menurut Unicom tidak bisa diklaim kalau kasusnya masuk air. Kemudian saya coba chat lagi dengan penjual yang lalu mau membantu untuk klaim garansi di Jakarta.

Setelah menunggu 2 minggu, penjual lalu memberi kabar bahwa kamera tidak dapat diklaim garansi karena kerusakan terlalu parah.

Yang membuat saya bingung di sini adalah kenapa kamera, yang seharusnya diperuntukkan di luar ruangan, bisa kemasukan air? Padahal kamera tidak pernah jatuh. Bisa dilihat kamera tidak ada lecet bekas jatuh. Kemudian alasan karena kerusakan terlalu parah itu sampai batas mana?

Inilah pengalaman saya menggunakan IP camera merk Ezviz. Hati-hatilah bagi yang mau membeli kamera Ezviz, karena kualitas produk dan garansi yang tidak jelas. Terima kasih.

Angga Muliadi
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Ezviz:
[Total:60    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Pengalaman Membeli dan Menggunakan IP Camera Ezviz

  • 16 Februari 2022 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Mungkin luar ruangan yg dimaksud itu misal di teras rumah atau lebih mudahnya luar ruangan yg tidak terkena matahari dan hujan secara langsung.

    • 17 Februari 2022 - (01:56 WIB)
      Permalink

      Coba deh browsing sebentar melihat spesifikasi produk bersangkutan. EZVIZ C3WN menyertakan embel-embel “outdoor” dan berani mengklaim sudah memiliki sertifikasi IP67, yang artinya sudah tahan debu (kode 6) dan tahan resapan air serta bisa terendam dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit (kode 7). Dalam katalog produknya juga menyertakan foto “advertise” yang menunjukkan produk dipasang di ruang terbuka di bawah hujan dan salju.

      Dalam hal ini penulis sudah benar dengan mempertanyakan klaim dan dukungan garansi yang ditawarkan penjual/produsen. Bahkan tidak perlu banyak komplain ngalor-ngidul cukup dengan pesan yang jelas, “jika merk tertentu banyak ngibulnya, masih banyak merk lain yang layak dicoba”.

      10
      1
      • 18 Februari 2022 - (09:30 WIB)
        Permalink

        IP67 emang tahan di rendam 1 meter selama 30 menit, tapi kalau kena hujan selama berjam jam beda cerita pak, itu udah lebih dari 30 menit kalau kena hujan. IP67 setau saya gag bisa di representasikan outdoor kena hujan terus menerus bahkan ber jam jam.

        • 20 Februari 2022 - (07:11 WIB)
          Permalink

          bedalan antara waterproof dan weatherproof.
          tidak semua kamera outdoor itu waterproof.dfisini kadang orang salah persepsi bahwa semua kamera outdoor itu waterproof.
          kalo waterproof itu bisa direndeam lama dan bahkan bisa buat bernang. kalo weaterproof itu hanya tahan terhadap cuaca/kelembaban. cek rating ipx nya dan sesuaikan peruntukannya.

  • 17 Februari 2022 - (01:38 WIB)
    Permalink

    2 bulan kamera dibiarkan kondisi ada air (kemasukan air)?…
    Apa dikira didalam komponen part kamera itu tidak ada part mengandung besi?..
    Merk mahalpun kalau partnya kemasukan air dibiarkan diatas 1 minggu pun akan menguning karena karat dari part yang mengandung besi.
    Untuk merk ezviz Saya belum pengalaman, soalnya pake merk Xiaomi Xiaofang…
    Jika saat diketahui ada masuk air langsung klaim garansi lalu ditolak mungkin bisa protes, tapi dibiarkan 2 bulan?.. Akan merembet ke part lain dan bahkan part yang mahal juga bisa rusak seperti sensor kamera, ic, dll.
    Saat membiarkan lama tidak komplain (2 bulan), seharusnya pasrah saja dengan tidak diterimanya klaim, tinggal beli baru…

    8
    5
  • 19 Februari 2022 - (23:43 WIB)
    Permalink

    Yg perlu dipamahi pengguna adalah kamera outdoor bukan berarti harus diletakkan di bawah terik sinar matahari secara langsung sebab bahan kameranya yg terbuat dr plastik pastinya bisa berubah bentuk. Jd tetap ada pelindung sedikit dr terpaan langsung sinar matahari atau air hujan atau diletakkan dibawah atap.

    Saya salah satu pengguna kamera ezviz dan sejauh ini baik2 saja tdk ada kasus spt ini. Sama halnya dgn stop kontak outdoor, klu diletakkan diluar tanpa ada perlindungan sedikit dr teriknya matahari dan hujan, ya pastinya bisa short circuit jg seiring waktu.

    Klu memang terpaksa utk meletakkan kamera dibawah terik matahari secara langsung dan kena air hujan secara langsung, tentu butuh tambahan chasing perlindungan tambahan utk kamera tsb. Jd kita hrs tetap pintar memperlakukan peralatan elektronik outdoor, jgn asal pasang sebab cctv outdoor seharga 600rban tentunya beda kualitas dgn kamera outdoor seharga jutaan atau sampai belasan jt rupiah baik dr segi bahan dan kemampuan kedap airnya.

  • 19 Februari 2022 - (23:58 WIB)
    Permalink

    Memang masuk akal ya, kalau camera 500 ribuan ya kualitasnya segini aja. Saya pasang camera di bawah kanopi, memang posisi sedikit di ujung. Tapi masih terlindung kanopi, kalau hujan angin pasti akan tetap basah. Saya sudah jelaskan juga ke toko tempat saya beli untuk disampaikan ke tempat claim garansi. Saya juga sudah tidak mengharapkan ganti, hanya share pengalaman menggunakan camera ezviz ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Ezviz?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Membeli dan Menggunakan IP Camera Ezviz

oleh Angga Muliadi dibaca dalam: 1 menit
7