Sulitnya Mengurus Buku dan ATM BRI yang Hilang, Harus ke Cabang Pembuka

Saya transfer uang ke kampung pada tanggal 12 Februari 2022 kemarin, ke rekening BRI buat benerin tiang rumah ke saudara di kampung. Ternyata salah nomor rekening, karena saudara saya punya beberapa rekening di bank tersebut. Saya transfer ke nomor rekening lama, yang buku dan kartu ATM-nya sudah hilang.

Karena sudah tertransfer, tidak mungkin dikembalikan ke rekening pengirim. Jadi saya minta saudara saya untuk membuat surat keterangan kehilangan, agar uang tersebut dapat diambil.

Ternyata susah sekali berkomunikasi dengan orang cabang. Informasi dari saudara saya, bahkan diminta mengurus ke kantor pembuka. Lah buka rekeningnya di Jakarta, sementara saudara saya lokasi di kampung, jauh lagi. Kok ya gak solutif banget?! Apa karena nominalnya gak puluhan atau ratusan juta, jadi susah banget diurusnya ya?

Padahal, saudara saya juga punya rekening lain di bank tersebut. Kan datanya bisa diverifikasi langsung? Kenapa sesusah itu memindahkan uang sendiri? Mendapatkan kepastian diprosesnya aja ga bisa. Jadi apa saya harus merelakan uang tersebut untuk bank, atau bagaimana? Susah banget jadi rakyat kecil.

Jamiyatun
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:21    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Sulitnya Mengurus Buku dan ATM BRI yang Hilang, Harus ke Cabang Pembuka

    • 17 Februari 2022 - (23:46 WIB)
      Permalink

      Bank BRI ini kan katanya satu² nya Bank yg sudah punya satelite sendiri ya?
      Saya jg dlu gt, mau ganti kartu ATM padhal, buku tabungan ada, KTP ada, ini hrus ke kantor Cabang, kan jauh tuh kantor cabang, knpa ga bisa di Kantor Unit ya? Tpi klo buka rekening nya di kantor unit baru bisa gnti kartu ATM nya dikntor unit tersebut. Saya kira klo data udah bisa diakses secara online. Ya UNIT hrusnya bisa bantu nasabah manapun. Toh ga tiap hari tiap orang ingin ganti kartu kan?? Hehe.
      Apalagi belum antrian yang sangat panjaaaaaaanng dan Laamaaaaaaa.. Ini PR sih buat BRI dimanapun dri tingkat Unit sampai tingkat Cabang.

    • 18 Februari 2022 - (08:13 WIB)
      Permalink

      BRI memang bank paling ribetttt yang pernah ada. Saya satu keluarga semua banknya beda2 dan hanya saya dan ibu yang punya BRi naudzubillah semua cabang sama saja. Karyawan judes ga solutif. Perihal kartu hilang aja disaat bank lain udah bisa cetak kartu ATM sendiri 5menit pake KTP aja ini BRI masih kunooo sekali pake surat kehilangan udah gitu ga bisa di cabang unit harus cabang pembantu atau apalah. Sumpah kapoookkk udah teller/cs nya lelet selalu antri dimana-mana. Sekarang udah beralih ke BCA daripada BRI apa2 bikin puyeng.

    • 17 Februari 2022 - (09:36 WIB)
      Permalink

      Bank lain sudah tidak menerapkan aturan itu bisa ngurus di cabang mana aja kalo kartu atmnya standar apalagi sekarang ada mesin cs digital kaya yg dipunya bca, bni, mandiri jadi tinggal urus aja
      Tapi kalo kartu atmnya khusus contoh bni x bpjs ketenagakerjaan atau bca dengan logo perusahaan baru hanya bisa diurus di kantor cabang tempat buka

      • 17 Februari 2022 - (09:52 WIB)
        Permalink

        ?

        itu kalo kartu ATM nya aja kali, ini buku tabungan nya jg, 1000 kali k cs digital ga akan bisa keluar buku tabungan baru

        • 17 Februari 2022 - (10:05 WIB)
          Permalink

          Iya, saya ga minta diprint lagi juga ko kaka. Cuma sedih aja, uangnya jadi blm bisa dipake karena masuk ke rekening itu. Minta transfer balik juga bilang nya “butuh penelusuran lebih lanjut” Tapi pas ditanya, “berapa lama prosesnya” Jawabannya ga pasti. 🙁

    • 18 Februari 2022 - (04:14 WIB)
      Permalink

      kalo punya internet banking bri tinggal transfer aja via hp dr nmr rek yg atm nya hilang ke nmr rek yg ada atm nya, aktifin internet bankingnya bs dr kntor bri mana aja

  • 17 Februari 2022 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Iya, bukannya beberapa bank sudah bisa ya? Rekening saya pernah juga ganti data dan prosedur awal yg harus ke cabang pembuka akhirnya bisa dibantu dicabang lain. Harusnya bisa dibantu, apalagi datanya sama, bisa diverifikasi dan disatu bank. Ini pihak bank tetep kekeuh harus ke cabang pembuka. Ga bisa dibantu aktivasi untuk memudahkan pengembalian dana, alhasil uangnya blm bisa diambil.

    Saran buat yg lain, harus hati2 kalo transfer ke rekening dormant. Ongkos ngurus nya lebih ribet.

    • 17 Februari 2022 - (21:33 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf mbak, pengurusannya engga harus di bank bri pembuka asal kok. Sekarang udah bisa di bri mana aja KECUALI bri unit/teras. Kalo mbak datengnya ke BRI UNIT ya emang gak bisa, akses mereka terbatas, hanya bisa menerbitkan kartu atm punya unit mereka sendiri, tapi kl datengnya ke bri kcp/kantor kas/cabang itu bisa kok. Mohon dikroscek dulu ya mbak. Sekarang transaksi apapun di bri semakin mudah kok, gk ada yang dipersulit. Terima kasih sebelumnya

  • 17 Februari 2022 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Ribet banget ya? Gw pakai KTP di cs digital BCA, langsung keluar kartu ATM.

    Haha… Sistem bobrok ya gini. Selamat yaa….

    2
    1
  • 21 Februari 2022 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah… Per hari ini saya dapat kabar dari sodara saya, kalau uangnya sudah bisa diambil.

    Terima kasih media konsumen dan pihak BRI pusat yg sudah cepat memberikan respon.

    Terima kasih utk kaka2 yg sudah memberikan support d kolom komentar. Semoga kalian sehat2 terus. Aamiin

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Mengurus Buku dan ATM BRI yang Hilang, Harus ke Cabang Pembuk…

oleh 56 dibaca dalam: 1 menit
16