Permohonan Keringanan Pelunasan Satu Kali Bayar Kartu Kredit BCA

Saya pengguna kartu kredit BCA dengan nomor 4556-3300-****-**03. Sebelumnya saya selalu lancar dalam pembayaran, hingga pada akhir Desember 2020 saya terkena dampak pandemi. Suami saya di-PHK, saya kena covid dalam kondisi berbadan dua. Pada bulan Desember 2020, pembayaran mulai tidak lancar akibat kendala ekonomi yang tidak stabil.

Awal pertama pada bulan Maret 2021, saya menghubungi BCA untuk mengajukan keringanan pelunasan satu kali bayar dengan mengisi form pelunasan sebesar Rp6 juta, dari tagihan saya masih di angka Rp15 juta. Pengajuan saya ditolak BCA, karena tidak bisa mendapatkan diskon lebih dari 50%. Saya ditawari cicilan untuk pelunasan.

Saya jelaskan kepada pihak BCA, bahwa saya tidak bisa untuk melakukan cicilan, mengingat saya tidak ada pemasukan bulanan. Khawatir akan terjadi hal serupa, tidak bisa membayar cicilan tersebut di kemudian hari. Saya tetap mau membayar dengan pelunasan 1 kali bayar dengan diskon keringanan.
Saya pun sudah pernah menanyakan perihal total tagihan pokok saya (meskipun pada akhirnya tidak diberikan dan diarahkan untuk melihat billing statement).

Hingga pada bulan Agustus 2021, saya kembali mengajukan diskon keringanan. Saat itu pihak BCA memberikan diskon keringanan, dari total tagihan saya yang membengkak (awalnya Rp15 juta, sekarang Rp16.259.000), menjadi Rp13.500.000. Saat itu dana saya hanya punya Rp8 juta, tentu saya menolak dan saya melakukan negosiasi kembali.

Singkat cerita pada bulan November 2021, saya kembali menghubungi pihak BCA. Pada saat itu saya berkomitmen saya bisa maksimalkan dana sebesar Rp10 juta untuk pelunasan, dan meminta waktu sampai dengan bulan Desember 2021. Pihak penagihan BCA mengatakan, jika saya ada dana Rp10 juta s.d. 31 November 2021 maka mereka akan bantu pelunasan. Itu hal yang mustahil, dalam waktu 3 hari saya harus cari uang Rp2 juta untuk kekurangan dananya.

Hingga pertengahan Desember 2021, saya benar-benar maksimalkan dana sebesar Rp10 juta tersebut. Saya menghubungi penagihan BCA kembali, akan tetapi ditolak oleh pihak BCA dengan alasan sudah melebihi batas waktu yang ditentukan. Saya disuruh membayarkan Rp10 juta dan mencicil Rp3,5 jutanya. Saya kembali infokan ke pihak BCA, bahwa saya tidak mampu membayar Rp13,5 juta, kemampuan saya maksimal hanya di angka R10 juta.

Sampai saat ini status saya sudah masuk kredit macet, dan kemarin sudah dialihkan ke pihak lapangan. Mereka ingin mengunjungi kediaman saya. Saya sangat menyayangkan hal itu, karena di saat pandemi saat ini, yang seharusnya kita menjaga prokes dan mengurangi untuk bertemu dengan orang lain, apalagi saya memiliki bayi usia 8 bulan dan orang tua yang harus saya jaga.

Saya nasabah yang selalu kooperatif menjawab telepon maupun komunikasi via WhatsApp (telepon selalu saya rekam). Yang saya heran, saya dapat info dari pihak lapangan atau penagihan, bahwa diskon keringanan saya dihapuskan dan kembali di angka Rp16 juta dengan alasan karena saya menolak diskon yang diberikan ke saya yaitu Rp13.500.000.

Saya yang berniat dan beritikad baik ingin bertanggung jawab dalam melunasi hutang saya sesuai dengan kemampuan saya sebesar Rp10.000.000 (diskon kurang dari 50%) dari total tagihan Rp16.200.000. Dalam situasi kondisi ekonomi yang belum stabil dalam masa pandemi saat ini,
saya percaya bahwa BCA sebagai bank yang sudah ternama, punya kebijakan untuk nasabah seperti saya yang status kredit macet dan BCA tidak bekerja hanya berdasarkan sistem saja. Sehingga dapat “memperjuangkan” dari itikad baik saya untuk melakukan pelunasan sekali bayar.

Semoga pihak BCA bisa menerima pengajuan ini. Terima kasih.

Yeni Anggraini
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:142    Rata-Rata: 3.5/5]
Tanggapan BCA atas Surat Ibu Yeni Anggraini

Menanggapi keluhan Ibu Yeni Anggraini di Redaksi Media Konsumen tanggal 23 Februari 2022 dengan judul “Permohonan Keringanan Pelunasan Satu Kali...
Baca Selengkapnya

28 komentar untuk “Permohonan Keringanan Pelunasan Satu Kali Bayar Kartu Kredit BCA

    • 28 Februari 2022 - (07:10 WIB)
      Permalink

      Menurut saya BCA sudah beritikad baik juga bahkan mau cuma di bayar sampai 10 juta. Kekurangan 2 juta karena masih ada 8 juta cash, kalau saya pasti saya akan jual TV, Sepeda dll lebih dahulu.

  • 23 Februari 2022 - (15:38 WIB)
    Permalink

    alangkah baiknya apabila BCA MEMBERIKAN DISKON LEBIH DARI 50% untuk SEMUA NASABAHNYA guna pelunasan KARTU KREDIT

    SIAPA YANG TIDAK SUSAH PADA SAAT PANDEMI?

    wkwkwkwkkwkw

    yang bener aja.. pakai kartu kredit jangan dimaksimalkan, bayar setiap bulan jangan cuma minimalnya aja
    dan sori nih, keuangan anda pasti lebih dari cukup untuk membayar utang cuma segitu, anda minta keringanan asumsi saya hanya tidak ingin kehilangan aset/modal

    mungkin memang kas anda cuma cuma segitu, namun sudah pasti anda punya aset/barang yang bisa dijual, untuk membayar hutang anda, apalagi cuma kurang sekitar 6 juta, jangan ditunda tunda, tambah besar nanti nya, saya jadi anda ketika diberi diskon jadi 13 juta saya cari segala cara untuk membayar

    38
    11
  • 23 Februari 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Kolektor yg wa ibu rada2 oon ya, bagian cc bukan di menara bca tapi di bsd, sebelumnya di chase plaza tp pindah semua ke bsd skarang, masak alamat kantor sendiri bisa salah kasih, koplak..

    3
    1
  • 23 Februari 2022 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Batas pelunasan sampai dengan 31 November, hal ini sangat mustahil. Ya iyalah wong ga ada tgl 31 d bulan November kok wkwk. Jadi yg koplak siapa sebenernya?

    5
    1
  • 23 Februari 2022 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Kalau sdh dibayarkan 10 juta nya kan sudah berkurang utangnya. Nggak usah maksa pelunasan dg diskon. Bayar aja sesuai dg dana yg ada daripada sama sekali tidak. Sisanya bisa dicicil itu sdh lbih baik sbagaimana saran dari bank

    17
    4
    • 24 Februari 2022 - (07:06 WIB)
      Permalink

      Kalau saya GK bakalan minta diskon tapi minta casback biar makin untung. Bayar 13,5 juta, casback 10 juta. Tanggung sekali minta diskon 50%. Ada ya hutang begitu. Pantesan dikehidupan sosial orang orang pada malas kasih hutangan karena kalau bayarnya begini. Sudah minta diskon hari, minta pula diskon nominal. Berasa badan amal.

      15
      2
  • 23 Februari 2022 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Minta diskonnya tdk kira2 sih, 50%. Kenapa tidak sekalian 75% atau kl bisa 90%.

    13
    2
  • 23 Februari 2022 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Lebih baik jual aja aset yg ada dirumah, elektronik atau motor. Daripada ngemis2 minta keringanan tapi isi rumahnya masih wah.

    10
    1
  • 23 Februari 2022 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Engga sekalian aja minta keringanan 100%. dari pihak BCA sudah ada iktikad baik kasih keringanan dilihat dari runut cerita diatas.

    sebenarnya saya paling males kalo komentar terkait piutang. Tapi gagapalah untuk diskusi bersama. Hehe. CMIIW.

    8
    4
  • 24 Februari 2022 - (02:19 WIB)
    Permalink

    Klo diberikan diskon dr pihak bank
    Itu sudah benar2 istimewa
    Persentase Diskon yg di berikan itu sudah bener2 melalui perhitungan yg matang
    Jangan paksa pihak bank yg harus mengikuti kemauan anda
    Tp anda yg semestinya mengikuti aturan dan kebijakan pihak bank
    Sebelum berhutang
    Anda harus pandai2 berhitung
    Nilai tanggungan hutang di hitung perhari maksimal di angka 15% dr nilai pendapatan anda setiap harinya (klo gaji bulanan tinggal di bagi 30) dgn catatan anda tidak ada hutang lainnya
    15% itu sudah cukup berat (tp insyaallah msih bs tercover), blum tagihan listrik air, bpjs, sekolah anak, kebutuhan makan tiap hari

    8
    1
  • 24 Februari 2022 - (08:20 WIB)
    Permalink

    setau saya klo cc bca ga ujug2 ajuin langsung jd modal slip 3.5 kyk yg lain2.. anyway terimakasih suratnya, lumayan hiburan di pagi hari

  • 24 Februari 2022 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Bisa dipastikan untuk pokok pemakaian berapa dulu? Boleh cek di BI ataupun OJK.
    Setelah itu negosisasi dgn pihak bank.
    Kalau ibu minta diskon 50% sementara untuk pokok saja tidak tertutupi pihak bank tidak akan ACC.
    Be smart !

  • 24 Februari 2022 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Lucu sekali bacanya minta diskon 50% udh mirip obralan , bu di masa pandemi gak hanya suami ibu yg kena phk , ttp msh bnyk diluar sana yg kehilangan pekerjaan , setahu saya bca selalu memberikan pelayanan terbaik ,, udah untung di diskon jadi 13.5 gak mungkin lah bca kasih dibawah hutang pokok kreditur. Bca bukan badan amal Zakat, tapi perbankan yg memiliki atzran tersendiri. Kalau begitu yg pada kena phk minta diskon aja ke bca 50% utk lunasi CC ,

    • 26 Februari 2022 - (04:47 WIB)
      Permalink

      Enak amat ya bs minta diskon utk hutangan, klo semua org tau bs bgtu mah pasti pd ngutang semua apalagi klo diskonnya bs sesuai dgn keinginan kita nya.. Itu pihak BCA nya jg udh ngasih keringanan sampai hampir 3jt loh, itu jumlah yg ga sedikit jg loh malah msh kurang jg, hadeh.. Ini cicilan motor saya msh sisa 10x lg, bs ga ya minta diskon jg jd cuma tinggal 5x lg kyk gtu, wkwkwk.. Waktu awal pandemi, saya emang dpt keringanan dr pihak leasingnya sesuai dgn anjuran pemerintah tp itu jg cuma sebatas penundaan utk membayar cicilan sampai beberapa bln kedepannya bknnya jd didiskon jumlah cicilannya. Enak bgt ya ngutang sebanyak2nya tp bayar semampunya biar lunas dgn alasan pandemi..

  • 24 Februari 2022 - (21:26 WIB)
    Permalink

    dari nominal tagihan 16 jutaan saat ini, jumlah hutang sebenarnya berapa?
    jangan mau bayar bunganya, bayarkan pokoknya saja kalo bca mau terima. kalo gak mau yq sudah, tdk usah dibayar.

    1
    8
  • 25 Februari 2022 - (01:20 WIB)
    Permalink

    Aneh banget, setau saya kalau udh kredit macet bunga ny stop di max 3bulan/90hari.
    Tapi kok dari cerita ibu di atas, bisa up trus y..
    .
    Di BCA apa di pinjol ilegal bu?

    • 26 Februari 2022 - (00:32 WIB)
      Permalink

      Itu kan bukan kredit macet itu pemakaian CC tanpa diubah jadi cicilan. Sudah jelas lah CC kalau di akhir periode tagihan gak dibayar akan dikenakan bunga dan terus berjalan sampai ada pelunasan.

  • 25 Februari 2022 - (04:57 WIB)
    Permalink

    Susah bu kalau minta diskon tagihan. Bukan itu cara kerja bank. Makanya mereka menawarkan keringanan berupa penundaan bayar yang bisa dikonversi menjadi cicilan. Itu sebagai bentuk komitmen juga antara nasabah dan bank. Semoga ada jalan keluarnya ya bu. Kalau memang mau melunaskan semua ajukan saja keringanan berupa utang pokok alias minta penghapusan bunga. Jual aja aset yang ada untuk melunaskan semua.

  • 25 Februari 2022 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Saya juga mau kalo pake cc bca ga ada dana minta diskon seperti anda.
    nanti lama bank nya bisa lengser kalo nasabahnya gitu semua.😁

  • 25 Februari 2022 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Yang saya tau dan dr tmn sy yg krj di BI
    Setiap cc yg dikeluarkan pihak bank
    Iti sdh diasuransikan oleh master or visanya
    Jd bank g akan rugi, memang nanti diblacklist slm 5thn, stlh 5thn akan bersih sndr
    Tp kl g mampu byr ya g usah pk cc lbh baik pk debet aja g pusing buat bayar cicilannya
    Jd intinya bijaklah memakai cc jgn buat gengsi2an

    1
    1
    • 28 Juli 2022 - (11:39 WIB)
      Permalink

      setau saya asuransi atas tagihan KK hanya meliputi pembebasan tagihan dengan sebab tertentu, seperti meninggal dunia, mengalami musibah cacat, sehingga nasabah tidak mampu melunasi tagihannya. dan kolektibilitas di SLIK OJK tidak akan bersih sendiri kecuali dilunasi….

  • 27 Februari 2022 - (02:50 WIB)
    Permalink

    Msh d ksh keringanan tp msh nawar waktu pula .. emng d kira bank nya punya keluarga lu

  • 28 Juli 2022 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Sama mbk, saya sedang mengalaminya dan sampe saya udah pasarah kalo debt collector dateng, tpi alhamdullilah saya di rekomendasikan temen saya buat nutup kartu kredit saya pake pengacara gtu dan akhirnya saya nemu cipta ultima kantornya daerah kemang, dan akhirnya CC saya udah di handle denganaman hehe

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Permohonan Keringanan Pelunasan Satu Kali Bayar Kartu Kredit BCA

oleh Yeni Anggraini dibaca dalam: 2 menit
28