Barang Pecah dalam Pengiriman, JNE Menghindar dari Tanggung Jawab

Tanggal 15 Januari 2022 saya ada kirim paket berupa reflektor motor dari Jakarta ke Surabaya. Paket diterima pada tanggal 18 Januari 2022 pada saat itu juga penerima menginfokan ke pada saya bahwa paket yang dia terima dalam keadaan rusak/pecah.

Lalu saya mengajukan klaim ke JNE tertanggal 20 Januari 2022 melalui email. Tanggal 27 Januari 2022 saya mendapatkan telepon dari JNE pusat bahwa klaim saya ditolak dikarenakan packing saya kurang safety. Padahal packing sudah menggunakan bubble wrap dan kardusnya saya lapisi lagi dengan bubble wrap.

Akhirnya saya menelepon kembali ke pihak JNE untuk mempertanyakan lagi alasannya tersebut dan jawabannya laporan saya akan diteruskan ke pada tim terkait dan harap menunggu.

Pada tanggal 25 Februari 2022 saya mendapatkan info via whatsapp bahwa “laporan kami izin tutup”. Saya merasa sangat kecewa dan sangat dirugikan oleh pihak JNE.

Saya berharap ada itikad baik dan bertanggung jawab atas kasus ini.

Nur Santi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:44    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdri. Nur Santi

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 1 Maret 2022 berjudul โ€œBarang Pecah dalam Pengiriman,...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Barang Pecah dalam Pengiriman, JNE Menghindar dari Tanggung Jawab

      • 2 Maret 2022 - (09:59 WIB)
        Permalink

        Dari pihak agen tidak menawarkan packing kayu hanya menawarkan asuransi saja

        • 5 Maret 2022 - (02:35 WIB)
          Permalink

          Kl sy jualan di tokopedia pake asuransi tokopedia, kurir sicepat dan anteraja yg ada promo free ongkirnya, beberapa kali barang rusak / pecah diganti full, syarat packing hanya bubble wrap minimal 5 lapis dan kardus, klaim di urus pihak tokopedia sebagai pengirim sy hanya perlu isi formulir dan lampirkan ktp, formulir asuransi nya dari tokio marine, untuk barang yang nilainya tinggi barang yg rusak tsb harus dikirim ke pihak asuransi, ongkirnya juga diganti, proses 2 minggu selesai uang penjualan cair, uang buyer pun di refund full,

          Kl jne asuransi mgkn hanya utk kehilangan bukan kerusakan

    • 2 Maret 2022 - (19:36 WIB)
      Permalink

      jadi lah konsumen yg pintar jika menggunakan layanan JTR harap menggunakan packing kayu juga untuk barang yg mudah pecah terimakasih ๐Ÿ™๐Ÿผ

      • 3 Maret 2022 - (12:01 WIB)
        Permalink

        Sya beli kmren percis kyk lampu depan begitu 1 set aman2 aja, buble, dan asuransi
        Bible bwd supaya aman barang ny, asuransi bwd d nyatakan hilang mungkin saat pengiriman terjadi troubel, bencana alam, dll, buble yg tebel supaya aman barang gw,
        Sampe d rumah sampe tujuan, ga lama 3hari
        Kadang orng pelit sih, ga mau asuransi, ga intruksi pengirim suruh buble yg tebel, pas pecah baru nyesel

    • 3 Maret 2022 - (12:07 WIB)
      Permalink

      Cerdas sih kunci ny, faham step2 paket dan jenis yg mau kita beli, biar ga trouble gini
      JNE masih d hati, cuma ini ekpedisi punya orang Islam, bangun 1000 masjid, mudah2an pahala ngalir sya pake ini ekspedisi aamiinnnn

  • 1 Maret 2022 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Waktu pengiriman di agennya ditawarin packing kayu dan asuransi tidak? Kalau ditawarin dan pengirim menolak, ya itu udah jadi resiko pengirim.

    Karena kalau dilihat dari nomor resinya, ini pakai layanan JTR (JNE Trucking) yang dimana pasti barang-barang kirimannya gede dan berat. Kemungkinan tertindih dan tertimpa saat pengiriman.

    Ya pantas saja, kalau packingnya hanya dilapisi bubble wrap (entah berapa lapis) plus dus yang entah juga seberapa tebal bisa penyok begitu. Saran aja kedepannya, tambahkan packing kayu dan asuransi untuk barang yang rentan rusak / patah / penyok selama di perjalanan, apalagi kalau layanannya JTR.

    8
    1
  • 2 Maret 2022 - (12:21 WIB)
    Permalink

    Hrsnya packing kayu tp biayanya lbh mahal tp its okay no problem demi keamanan paket ges
    Next time jgn pake jn* lbh mahal ongkosnya

  • 2 Maret 2022 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Jne ga aneh. Dulu ngadu kasus yg sama., oper2an masalah. Dr pusat ke daerah, dr daerah ke jne tempat brgny dikirim. Padahal rusakny di pas barang sampe pusat.
    Dah anda mending taro kasus ini ke diluar media konsumen juga, kompas kek, apa kek. Tiktok klo perlu biar meledak ni kasus. Biar yg pangkatnya tinggi lgs menangani kasus ini pas meledak.

    2
    1
    • 2 Maret 2022 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Kalau barang mudah pecah gak cukup kardus kalau mau aman tambah kan triplek, lapisin lagi styrofoam baru kardus aman mau isi air dalam plastik mau botol beling sekali pun aman

  • 2 Maret 2022 - (18:31 WIB)
    Permalink

    bungkus pake buble barangnya, terus masuk kotak dus, terus kotak dus lapisi buble, habis itu masukin ke sterapom, terus lapisi buble, habis itu, masuk ke packing kayu seperti kotak lemari, habis itu lapisi buble, habis itu masuk ke packing besi seperti lemari, habis itu kotak lemari besi tadi digembok, kunci gembok tadi penjual simpan biar aman, terus kotak lemari besi tadi kirim ke ekspedisi + asuransi dari ekspedisi + asuransi dari luar, selesai.

    1
    3
  • 2 Maret 2022 - (19:43 WIB)
    Permalink

    jne memang tidak bertanggung saya kemaren beli baju paket di kirim lewat jne tpi pengiriman paket nyasar ke orang lain padahal jelas di paket tertera nomor tlf penerima tpi tidak ada komfirmasi ke nomor tlf yg di cantumkn tau2 barang di kirim ke orang lain dan saya sudah komplin tidak ada respon pencarian paket saya hingga saat ini komplin pun cuma bilang di usahakn secepatnya

  • 2 Maret 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Apa yang bisa diharapkan dari kurir yang Tarif nya murah? paket ya dikirim seadanya, sebisanya aman.

    Rusak memang ngga tanggung jawab, hanya hilang yang tanggung jawab, itupun jika ada Asuransi. Kalo ngga ada, diganti ongkir.

    Bagaimana jika seller yang kirim barang rusak?

    Memang rumit di dunia kurir ini ๐Ÿ˜†

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Barang Pecah dalam Pengiriman, JNE Menghindar dari Tanggung Jawab

oleh Nur Santi dibaca dalam: 1 menit
18