Ribetnya Menonaktifkan SMS Notifikasi di Bank BRI

Pada tanggal 22 Februari 2022, saya meminta pada CS Bank BRI untuk menonaktifkan SMS notifikasi di rekening bank ibu saya (a.n. St. Aminah, nomor rekening: 1868010005955**). Namun balasan CS BRI adalah ibu saya disuruh datang sendiri ke kantor Bank BRI. Padahal saya mintanya lewat akun IB ibu saya. Kenapa harus datang sendiri ke kantor? Kenapa tidak bisa lewat CS secara online?

Ibu saya sudah tua, kasihan kalau disuruh mengantre di kantor Bank BRI. Harusnya bisa mematikan SMS notifikasi tanpa perlu datang ke Bank BRI. Tolonglah pihak BRI jangan membuat ribet sesuatu. Kenapa saya ingin SMS notifikasi dinonaktifkan? Karena saya tidak membutuhkan SMS notifikasi, ditambah lagi kadang-kadang SMS notifikasi tidak masuk ke nomor saya, tapi tetap kena biaya SMS notifikasi.

BRI harusnya belajar dari bank lain yang jauh lebih simpel. Kalau sistem BRI tetap ribet, BRI akan kehilangan nasabah. Sistem BRI itu ribet, untuk menonaktifkan SMS notifikasi aja harus datang ke kantor, tidak bisa lewat IB, tidak bisa lewat CS, tidak bisa lewat ATM.

Sebenarnya apa gunanya SMS notifikasi di zaman transaksi bisa dicek lewat IB? Tolonglah pihak BRI matikan SMS notifikasi di rekening ibu saya.

Fajar Firdaus
Serang, Banten


Catatan redaksi (diperbarui 6/3/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:65    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Ribetnya Menonaktifkan SMS Notifikasi di Bank BRI

    • 3 Maret 2022 - (20:20 WIB)
      Permalink

      saya ada ratusan juta dibri tiap kali kena biaya sms banking yg gedenya luar biasa padahal smsny ga seberapa.. saya gak tau ini karena error atau apa,, kalo ga ad perbaikan pada sistem ini saya akan memindahkan semua dana saya ke BCA saja dan menutup rekening bri… kecewa saya.. saya lihat di komunitas fb banyak yg dipotong lebih gede dari puluhan ribu sampai jutaan pun ada

    • 3 Maret 2022 - (20:29 WIB)
      Permalink

      Emg ribet, gbs lewat aplikasi buat matiin.. Via tlp jg gbsa. PEngalaman saya, kalo ada pulsa brrt pulsa yg kepotong, klo gada pulsa, motong dr tabungan.. Ada tf masuk, keluar, ad transaksi semua motong pulsa/rekening.. Ribet bgtt, kbayang 1 indonesia nasabah… Brapa yg didapet dr 1 sms misal 500 motong rekening.. Saya sampe buka rekening bru & lgsg non aktifin sms notif..

      • 3 Maret 2022 - (20:37 WIB)
        Permalink

        buset sampai motong pulsa jg, gw gak pernah kejadian sms notif bri motong pulsa, semuanya motong saldo rekening.

        • 4 Maret 2022 - (10:06 WIB)
          Permalink

          BRI ini banyak bgt nasabaah di daerah2 pelosok.. Yg mgkn mreka gtw kalo itu motong pulsa/rekening…

  • 2 Maret 2022 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Smssms bnotif bukannya penting. Apalagi bank ono sring duit tiba2 hilang. Tapi apa iya sms banking kena biaya. Bank bca aja kagak

  • 2 Maret 2022 - (21:52 WIB)
    Permalink

    nominal 100 ribu aja ada sms notif, barusan gw mencairkan rewad dari allo bank ke bri. gw kira 100 ribu gak kena, ternyata kena jg.

  • 2 Maret 2022 - (23:13 WIB)
    Permalink

    SMS notifikasi apalagi untuk nasabah bank BRI, itu penting banget. Jangan sampai karena uang beberapa ratus rupiah, seluruh uang yang ada di rekening tabungan yang nominalnya bisa puluhan hingga ratusan juta jadi melayang. Bank BRI itu sangat rawan, jadi penting banget mengaktifkan SMS notifikasi agar bisa tahu semua transaksi di rekening tersebut.

    9
    5
    • 2 Maret 2022 - (23:22 WIB)
      Permalink

      bisa di cek lewat ib, gak perlu sms notif. lagian kadang2 sms notif kagak masuk ke nomor saya, tp tetap kena biaya. untung aja tertutupi oleh bunga.

    • 4 Maret 2022 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Notif sms BRI sering terlambat. Transaksi pagi, notifnya malam. Jadinya, kalau ada apa-apa, nasabah bakal terlambat bertindak. Jadi, apa gunanya notif klo terlambat? Pingin banget pindah bank, tapi belum bisa. Harus nunggu keputusan bos karena rekening gaji.

      • 4 Maret 2022 - (11:14 WIB)
        Permalink

        terlambat masih mending, kadang gak masuk sama sekali, tp tetap kena biaya.

  • 3 Maret 2022 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Iya sepertinya dikenakan biaya,klo gak salah rp.500/notifikasi, klo 1bln 30 notif tinggal dikalikan saja biayanya

    • 3 Maret 2022 - (11:36 WIB)
      Permalink

      tidak potong pulsa, tp potong uang di rekening. ngomong2, ibu gw sama sekali gak daftar sms notifikasi, itu langsung di daftarkan oleh pihak bank secara otomatis.

    • 3 Maret 2022 - (18:52 WIB)
      Permalink

      munzir@ lu kalau komen pikir dulu yg benar, kelihatan banget bodohnya. mengira biaya sms notif bri di potong dari pulsa. wkwkwkwk, biaya sms notif bri di potong dari saldo tabungan, bukan dari pulsa. gw malu baca komen lu. wkwkwkwkwkwk

      • 3 Maret 2022 - (20:05 WIB)
        Permalink

        Ini pengalaman saya di BNI. Dulu masih dipktong pulsa. Buktinya yg gak ada pulsa gak ada notifikasi pemberitahuan gaji masuk. Karena ada kelemahan tidak semua orang terisi pulsa.maka diganti dengan memotong saldo di rekening.

        • 3 Maret 2022 - (20:11 WIB)
          Permalink

          sms notif yg memotong saldo rekening itu bahaya sebenarnya. orang jadi bingung mengatasi biaya sms notif. minta di berhentikan malah di persulit. kadang2 sms notif kagak masuk, tp tetap kena biaya. itu kelemahan memakai sistem memotong saldo rekening.

          • 3 Maret 2022 - (20:29 WIB)
            Permalink

            yg menggunakan sistem potong pulsa jg sebenarnya punya kelemahan yg sama, tp bisa di atasi dgn gak usah sisain pulsa, gak kena biaya jadinya. kalau pengguna xl, bisa aktifkan fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, sms banking, saya saranin aktifikan fitur kontrol pulsa untuk data, sms berlangganan, sms banking. kalau pengguna axis bisa aktifkan fitur lock button untuk service & konten premium, saya saranin aktifkan lock button untuk telepon, sms, data, service & konten premium.

    • 3 Maret 2022 - (19:37 WIB)
      Permalink

      eh munzir, di bri itu kalau buka tabungan langsung di daftarkan ke sms notif oleh pihak bank tanpa di tanya dulu mau daftar sms notif atau tidak dan biaya sms notif bri di potong dari saldo tabungan, bukan pulsa. asal aja komen siapa suruh daftar kalau gak mau ke potong pulsa? wkwkwkwkwk, lu ngelawak, yah? makannya cari tahu dulu biaya sms notif bri di potong dari apa? jangan asbun.
      lu sama kaya netizen lain yg sok tahu dan asal ketik aja.

      • 4 Maret 2022 - (08:39 WIB)
        Permalink

        Tidak bisa Bank mendaftarkan langsung tanpa persetujuan nasabah. Pasti ada formulir yang ditanda tangani sebagai persetujuan layanan apa yang diaktifkan.

  • 4 Maret 2022 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Setahu saya setiap bank penghapusan layanan perbankan tidak dapat diwakilkan. Kalau bisa harus ke cabang langsung memakai surat kuasa.

    • 4 Maret 2022 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Kan udah ada brimo ngapain lewat sms!@d brimo kan semua transaksi sudah ada keterangan nya

  • 4 Maret 2022 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Ini yang punya rekening siapa? Yang ribut siapa?
    Kalau nanti BRI nurutin kemauan anda. Tar Ibu anda atau anaknya lainnya yang menuntut BRI, malah disalahin lagi.

    Lagian di Bank mana yang memperbolehkan penghapusan dilakukan orang lain?? hadeeehhh kopi mana kopi?

    1
    1
    • 4 Maret 2022 - (11:11 WIB)
      Permalink

      gw protesnya di akun ib ibu gw. lagian, kenapa bri gak adain fitur untuk mematikan sms notif?

      • 4 Maret 2022 - (11:18 WIB)
        Permalink

        Tidak ada fitur penghapusannya ya memang sdh kebijakannya. Kenapa anda bukan siapa siapanya BRI yang sewot?

        Tanyakan ke Ibu anda saat bikin rekening memang tidak membaca kalau penghapusan SMS notif itu caranya harus bagaimana? Ngopilah..

    • 4 Maret 2022 - (11:13 WIB)
      Permalink

      kalau mau nuntut bri itu sudah dari dulu harusnya karna kadang2 sms notif kagak masuk, tp tetap kena biaya. untung aja tertutupi oleh bunga.

      • 4 Maret 2022 - (15:45 WIB)
        Permalink

        Iya saya aja bisa kena sampai 40 ribu dalam sebulan hanya sms notifikasi aja belum admin dan biyaya atm

  • 4 Maret 2022 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Walau malas, saya terpaksa datang ke kantor cabang untuk menonaktifkan notif sms. Awalnya terbantu dgn notif sms itu, tapi lama2 kerasa juga klo sehari ada 10 transaksi lebih 😅
    Dan sekarang sdh nonaktif, hanya ada notif app Brimo aja.

  • 4 Maret 2022 - (19:38 WIB)
    Permalink

    update: pihak bri sudah datang ke rumah saya, nanti gw akan buat surat klarifikasi kalau gw sudah pastikan bahwa sms notif bri benaran sudah mati.

  • 4 Maret 2022 - (21:33 WIB)
    Permalink

    update: jam 19:27 gw sudah sampai ke rumah habis dari bank mengurus penonaktifan sms notif, di jam 19:29 malah ada sms notif masuk. lah kok gak langsung mati? besok akan ada uang masuk lg ke rekening ibu gw, kita lihat aja nanti udah mati atau belum. kalau mati, gw akan buat surat klarifikasi sesuai dgn janji gw.

  • 5 Maret 2022 - (07:15 WIB)
    Permalink

    Udahlah datang aja ke kantor cabang.. itu menyangkut keamanan pengguna dan bank bri.. Bisa aja dianggap penipuan minta nonaktifkan sms notif.. Buka rekening baru juga harus ke kantor cabang kan, buka blokir juga harus ke kantor cabang

  • 5 Maret 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    dulu saya pakai bank BRI, jika ada masalah apapun harus datang ke Bank / kantor cabang, sedangkan saya juga bentrok sama jam kerja kalau harus ke Bank,
    blm lagi biaya notifikasi yg gk guna memotong Saldo ..

    ya mau gak mau kepaksa ganti rekening ke Bank Digital, notifikasi sms gratis, notifikasi aplikasi gratis, transfer ke Bank lain gratis, top up ewallet gratis,

    semua transaksi bisa di atur lewat aplikasi..
    tambah lagi kartu ATM dikirim kerumah… nggk usah ngurus ke kantor cabang

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Ribetnya Menonaktifkan SMS Notifikasi di Bank BRI

oleh Kata dibaca dalam: 1 menit
36