Klaim yang Tertolak Asuransi CIGNA

Halo Cigna,

Saya adalah istri dari almarhum Bapak Subandi. Almarhum ikut asuransi CIGNA Family Guard dari tahun 2002, sudah hampir 20 tahun. Saya hanya minta kebijaksanaan dan pertimbangan dari pihak Cigna untuk mengabulkan klaim asuransi yang tertolak.

Pada bulan April 2021, saya menghubungi call center Cigna Siap dan diterima oleh CS laki-laki (namanya saya lupa). Saya menanyakan tentang status polis almarhum dan ternyata masih aktif. Saya disuruh mengirimkan dokumen yang diperlukan.

Setelah dokumen lengkap dikirim, saya mendapat email bahwa status polis almarhum sudah tidak aktif. Kenapa bisa begitu? waktu saya telepon katanya masih aktif. Pihak Cigna memberikan keterangan bahwa premi tidak bisa terdebit dari bulan Januari sampai Maret 2021. Padahal saya telepon pada bulan April 2021, setelah suami meninggal.

Keterangan lainnya bahwa almarhum meninggal pada saat status polis sudah tidak aktif. Saya jadi bingung. Kalau sudah tidak aktif, kenapa waktu saya telepon (setelah suami meninggal) dibilang masih aktif? Apakah ini sebuah trik/permainan agar saya tidak meneruskan klaim?

Saya berharap pihak Cigna mempertimbangkan lagi, karena situasi pandemi dan ketidaktahuan kami. Saya sebagai istri sangat membutuhkan sekali di situasi sekarang. Saya terus kejar karena saya berpegang pada percakapan telepon waktu itu dan almarhum sudah membayar premi selama hampir 20 tahun.

Terima kasih.

Nurnilawati
Tasikmalaya, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi Cigna:
[Total:40    Rata-Rata: 2/5]
Penjelasan Cigna Indonesia tentang “Klaim yang Tertolak Asuransi Cigna”

Bersama ini PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) bermaksud untuk memberikan klarifikasi atas keluhan Ibu Nurnilawati mengenai pengajuan Klaim Asuransi yang...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Klaim yang Tertolak Asuransi CIGNA

    • 24 Maret 2022 - (13:05 WIB)
      Permalink

      Setau saya yang namanya asuransi jiwa, apabila tertanggung wafat maka yg berhak dapat uang pertanggungan ya ahli waris yg tercantum di dalam polis. Bisa pasangan atau anak. Cuman ya repotnya gitu kalo mau klaim uang pertanggungan. Harus menyiapkan polis asli, KTP tertanggung, KTP ahli waris, surat kematian asli dll. Makanya pada malas berhubungan sama ASUransi. Ribet diklaim.

      3
      1
      • 24 Maret 2022 - (14:26 WIB)
        Permalink

        Iya. Asuransi sangat sulit diklaim walau bukti sdh lengkap. Ada2 saja celah yg mereka cari untuk menggagalkan klaim. Padahal nasabah sudah membayar setiao bulan dg jumlah besar jangan mau ikut asuransi apa pun. Bukannya untung malah rugi

        • 25 Maret 2022 - (17:26 WIB)
          Permalink

          Sdr Munzir..maaf tidak semua asuransi susah untuk di klaim..dari satu asuransi yang lain masih bisa di klaim alhamdulillah..padahal 1 thn tidak membayar premi(ada kebijakan masa pandemi) ibu bayar/thn
          Untuk mengurusnya ibu di bantu petugas asuransi brilife unit di kota ibu.. tidak sampai 4 bulan almarhum meninggal ibu dpt kabar di suruh cek rekening ..tidak berbelit belit/bertele tele
          Semoga cigna pun begitu..

          Salam semoga sdr Munzir sehat selalu

        • 29 Maret 2022 - (08:12 WIB)
          Permalink

          Sepertinya ada salah paham “kata”, memang di aturannya bila nasabah tidak membayar maka asuransi hangus bahkan bila sudah puluhan tahun bayar tapi las bulan itu lupa / tidak sanggup bayar dan meninggal berarti asuransi jiwa hangus. Walaupun di telpon csnya bilang aktif mungkin maksutnya polis ada, jadi ini masalah misskom kata sih tetap semua balik ke data bukan dari “kata”nya, karena kalau mau dituntut si CS bilang maaf saya keliru bilang tetap tidak merubah status asuransi jiwa yang tidak terbayar sebelum almarhum tidak ada.

          • 29 Maret 2022 - (11:53 WIB)
            Permalink

            Sdr anggit…betul ibu sudah mengerti
            Sepertinya sdr anggit dari asuransi ya…terima kasih

          • 29 Maret 2022 - (12:05 WIB)
            Permalink

            Kalau bisa CS nya yg harus ganti bayar ..sdr anggit

      • 24 Maret 2022 - (19:10 WIB)
        Permalink

        Jawaban yang bodoh mas, emang nya perusahaan mana mau kasih uang tapi engga jelas kepada siapa, mbok yang pintar dikit aja, benar engga usah punya asuransi su, kalau bapakmu ninggalin warisan tanah luas, rumah, emas dan duit cash drawer bawah bantal.

    • 25 Maret 2022 - (08:57 WIB)
      Permalink

      Giliran nawarin polis aja, manis banget tuh mulut marketing. Giliran mau claim polis dipersulit

  • 23 Maret 2022 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Gini nich makin gk percaya sm Asuransi.. Manis d muka pahit d belakang giliran klaim susahnya setengah mati… Adaa aja alasannya

  • 24 Maret 2022 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Coba bu, telusuri lagi bisa check dari rekening koran apakah memang ada pendebetan atau tidak. Check kapan terakhir kali pembayarannya. Biar ada bukti pasti kalau memang polis masih aktif dan premi terbayar. Lalu baca lagi polisnya, berapa lama masa tenggang polis masih dinyatakan aktif setelah gagal bayar jika dinyatakan sempat gagal bayar.
    Sementara harusnya pihak asuransi memberikan peringatan jika ada polis yang gagal bayar agar polis tetap aktif, jangan terkesan semangat diawal karena akuisisi besar tapi dibelakang seolah menelantarkan nasabah.
    Semoga segera terselesaikan masalahnya.

    • 24 Maret 2022 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sdr Joe atas sarannya
      Ibu orang awam
      Bantu doa ya..ibu sangat memerlukannya untuk hidup
      Jmlah premi yg hrs di bayar mulai 60 rb…dan naik terus setiap thnnya .itu sangat berarti bagi ibu

      Salam
      Semoga sdr joe sehat terus

  • 24 Maret 2022 - (11:06 WIB)
    Permalink

    3 tahun saya ikut asuransi CIGNA family care. Hampir tiap hari ditelp untuk upgrade asuransi. Saya udah berkali2 sampaikan kalau sy sgt terganggu dgn telp mereka, tapi tetap saja ditelp. Akhirnya saya putuskan utk berhenti dan mebuang uang cuma2. Saat ikut awal lewat telp, mau berhenti, susahhhhhhhnya minta ampun (masuk gampang, keluar susah) . Cukup itu saja, bpk2 dan ibu2 bisa memutuskan ikut atau tidak… Kalau saya pribadi, gak akan pernah lagi.

  • 24 Maret 2022 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Walau gagal bayar dalam tempo brp bulan biasanya masih didebet dari saldo premi. Itu sdh lama jd saldo premi pasti mencukupi untuk didebet. Kejar terus bu. Kecuali saldo premi sdh habis baru tutup sendiri. Bisa dilihat dari rekening polis

  • 24 Maret 2022 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Atau mungkin ibu klaimnya sdh terlewat lama karna itu dari bulan maret 2021. Klaim dengan surat2nya itu ada jangka waktunya

    • 24 Maret 2022 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Sdr squall…klaim 60 hari kerja setelah almarhum meninggal..seminggu setelah kejadian ibu lsg tlpn dan di kabari bahwa polis maaih aktif dan ibu di suruh mengirimkan dokumen yang di perlukan..ketika di tanyakan kelanjutan ibu hanya di kasih jawaban bahwa polis sudah tidak aktif secara otomatis….bingung bagi orang awam.
      Bantu doa ya…
      Salam sehat selalu

  • 24 Maret 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Kita senasib bu sama sama ditolak pengajuan klaim dr cigna sy preminya sebulan 1.600.000 sudah berjalan 4 tahun lebih dijanuari kemarin alm bapak sy meninggal krn saya tidak ada pembayaran dijanuari dan februari akhirnya mereka menolak klaim tsb dengan alasan melewati batas 31 hari kerja dari jatuh tempo pembayaran
    Baiknya kita lakukan pengaduan ke ojk bu atau buat somasi no wa sy 0821683038** sama sama kita buat somasi

    • 25 Maret 2022 - (17:12 WIB)
      Permalink

      Sdr Dickyhandoko….besar ya premi /bulannya ibu yg kecil aja di tolak apalagi yang besar..ibu hanya minta pertimbangan saja dari pihak cigna karena ibu udah ikut selama hampir 20 thn..untuk somasi ibu orang awam ibu hanya menunggu kerja sama yg baik dari pihak cigna. Ibu di kasih arahan dari pihak ojk jangan dulu ada pelaporan.semoga pihak cigna mendengar keluhan orang kecil yg berharap di masa tua bisa menikmati hidup dengan nyaman..

      Salam semoga kel sdr Dicky sehat selalu

  • 26 Maret 2022 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Asuransi emang modus tipu tipu… Eh kejadian kan, apalagi asuransi cigna tiap hari nelponin saya untuk gabung asuransi tersebut saya punya pengalaman kebanyakan asuransi itu penipuan kecuali asuransi BPjS, yg lain modus tipu tipu skema ponzi dll… Lebih baik sih jangan masuk asuransi karena asuransi cuma jual angan angan kosong, kalo kayak wakil rakyat yg nyalon sih diawal memelas melas kalo dah masuk perangkap ya di tipu

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Cigna?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Klaim yang Tertolak Asuransi CIGNA

oleh marion dibaca dalam: 1 menit
22