Pelayanan yang Mengecewakan di Alfa X

Halo,

Saya mau cerita, hari Rabu 6 April 2022, saya ke Alfa X daerah Ciputat dekat UIN. Pertama kali masuk buka pintu, gak ada sambutan hangat dari pelayan atau pramuniaga di sini, ditambah muka yang jutek sekali, baik yang pelayan perempuan maupun laki-laki.

Lalu saya membeli air mineral, dan melihat-lihat menu yang ada pada papan menu, tanpa disambut atau ditanya oleh para pelayan, untuk memberikan bantuan mengenai produk makanan dan minuman yang dijual di Alfa X ini.

Saya inisiatif untuk menanyakan ke pelayan laki-laki  (saya lihat namanya di setruk setelah pembelian), terkait dessert salad sayur atau buah. Namun pelayan ini menertawakan saya, sembari bilang tidak ada. Kemudian saya melihat-lihat lagi, saya tanya menu yang mengandung buah apa? Kata dia ada jus saja. Saya tanya jus apa saja? Lalu dia menyebutkan jusnya, tapi saya lihat ada di papan menu dessert ES BUAH. Saya langsung berinisiatif bilang “Pesan es buah aja, tapi tanpa gula sama susu“.

Lalu si pelayan ini makin menertawakan saya, dan bilang “Gak bisa lah, masa buah sama es doang?“. Padahal saya ini pembeli yang seyogyanya dituruti permintaannya. Saya berusaha mengiyakan untuk es batu dan buah saja, tapi tidak dikasih sama si pelayan ini dan malah menertawakan saya kembali. Akhirnya saya kesal dan memutuskan untuk beli Americano dan Croisant Plain.

Sesudah itu saya menanyakan, apakah ada tempat untuk charge hp? Si pelayan ini kembali menertawakan saya dengan gaya slengean-nya bilang “Di sini gak ada colokan“. Lalu saya menanyakan apakah di atas bisa dipakai? Kata si pelayan “Bisa, tapi di lantai 3 rooftop“, dengan sinisnya menjawab pertanyaan saya.

Oke saya melakukan pembayaran dan saya membayar menggunakan debit BCA. Namun saya salah mengetik PIN saya, dan si pelayan menertawakan saya kembali. Setelah itu si pelayan menjelaskan kalau makanannya siap nanti diambil di tempat pickup-nya dengan suara pelan dan tidak terdengar, saya iya kan saja.

Lalu setelah itu saya duduk dan meminta Wi-Fi ke pelayan perempuan. Lalu pelayan perempuan ini buka masker bangun dan pasang muka jutek sembari melototin saya, sembari dia ambil kertas Wi-Fi-nya. Yangg saya kagetnya, pelayan itu memberikan saya kertas Wi-Fi dengan cara tidak baik dan tidak sopan, lalu berbicara menjelaskan Wi-Fi-nya sembari jalan.

Ternyata Wi-Fi-nya hanya dikasih 1 jam. Hahaha, terlalu pelit sekali. Padahal di review kalau di sini tempat nongkrong yang nyaman, tapi ternyata gak sebagus review-nya. Tolong ditindaklanjuti Alfa X. Saya kecewa!

Reyta Andini
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Alfamart atas Keluhan Pelayanan di Alfa X Juanda

Kepada Yth. Ibu Reyta Andini – Jakarta Barat Menanggapi keluhan Ibu Reyta Andini – Jakarta Barat di Redaksi Media Konsumen...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hampir semua pegawai Alfamart jutek dan malas ya, ini sih pengalaman saya yang tiap hari ke Indomaret/Alfamart belanja kebutuhan usaha dan tarik tunai. Entah kurang training atau kurang insentif, tapi jauh banget pelayanannya dibanding Indomaret

  • mas reyta, si pegawainya ketawanya gimana?

    -hahahaha
    -wkwkwkwk
    -hihihihi
    -huakakakakakak
    -hehehe
    -hohoho
    -ciakakakakak
    -xixixixixi

    mohon dijawab, ini penting bagi persepsi pembaca surat anda, terimakasih

  • Kesalahan SOP pegawainya alfamartnya apa?
    Ga kasih colokan charger? Ga kasih langsung password WIFI? WIFIan hanya 1 jam?
    netizen oh netizan...

    • Contoh netijen bodoh liat masalah nya apa pantas kah kasir bersikap seperti itu?itu konsep space work masa pelayanan seperti itu karyawan setidak nya bisa memberi tahu secara baik2 bukan nya ketawa2 bodoh haha @Ahmad @Sald @Jihan karyawan alfa tuh bego amat lu wkwkwkwk

      • @aedger maung eh bocah dungu.. Sekarang bisa ga lu buktikan fakta bahwa pegawai alfamart itu tertawa haha ? Coba mana buktinya?

        Petugas memperlakukan tidak baik TS itu asumshit curhatan hati dear diary saja..
        Tapi TS kecewa cuma dapet gretongan wifi 1 jam.. modal 1 cup drink itu fakta.

        • Terlihat kualitas manusia bodoh. Alfa X itu berkonsep co working space. Lu belanja brp pun, bs dpt free WiFi 24jam, ITU fakta. (Lihat di profile Alfa X)

          Gw rasa lo terlalu miskin, untuk merasakan arti pelayanan "ramah" sesungguh nya. Good service, ga perlu smpai gelar karpet merah, cukup dengan sapaan, senyum. Berikan layanan yg memang menjadi standard Alfa X, ex: seperti kata lo "WiFi cm 1jam", corporate proc ITU 24/7 for cust.

          Nb: gw yakin lo terlalu bodoh untuk mengerti, gw bs maklumin kebodohan lo kok.

          • lah iya.. skrg kan dipertanyakan jadinya kebenaran surat pembaca nya, apa betul karyawan nya berperilaku seperti itu?
            sedangkan perihal wifi 1 jam kan si penulis berbohong kalau menurut anda, fakta nya wifnya 24 jam, bukan 1 jam saja

            terlihat kualitas manusia bodoh

          • @ardi dita bocah dungu lu bacot doang ... bantuin tuh kloning luu buktikan fakta bahwa pegawai alfamart itu tertawa haha ?

            guwa memaklumi kok volume otak lu isi otak udang.

  • Semoga besok kalau anda Dateng lagi disambut pakai karpet merah dan iringan orkestra.🥰🥰

  • Alfa X ini konsepnya co-working space yah? Harusnya servicenya beda sama Alfamart yg minimarket biasa.

    • Mestinya tegor langsung aja mbak depan orangnya klo kita merasa gak suka dgn sikap sperti itu, jd clear ditempat

  • Makanya kerja di bidang JASA dong, biar tau bagaimana service excellent ke tamu dan pelanggan.