Kendala Unreg dan Registrasi Nomor HP Baru dengan NIK KTP

Seperti yang kita tahu sebelumnya, registrasi nomor hp harus memakai NIK KTP, dan masing-masing NIK hanya bisa daftar 3 nomor. Prosesnya registrasi pun bisa dibantu lewat SMS ke 4444 atau *444#. Dulu sepertinya akses di *444# masih bisa digunakan.

Beberapa bulan lalu saya mau ganti nomor hp dikarenakan beberapa hal, tapi NIK saya sudah terdaftar 3 nomor hp. Jadi saya mau unreg salah satu nomor yang terdaftar.

Saat saya gunakan *444# terdapat 3 pilihan. Nomor 1 untuk register, 2 untuk cek nomor yang terdaftar, 3 untuk unreg. Setelah itu input nomor NIK, jika saya mau unreg, tapi jawaban yang saya dapat selalu “Mohon maaf format tidak sesuai mohon mengisi format reg spasi no NIK# no kk# kirim ke 4444.

Akhirnya saya coba telepon call center dari beberapa provider. Alasan pertama CS bilang sedang gangguan. Padahal saya coba di beberapa minggu, bahkan bulan berbeda. Namun respons dari layar hp selalu sama, masih dibilang format tidak sesuai. Saya disarankan untuk datang langsung ke layanan pelanggan tersebut agar bisa diurus.

Lalu apa guna nomor dial *444# tersebut? Kalau memang gangguan, apakah berbulan-bulan tidak ada tindak lanjut? Akan selalu seperti itu? Saya pikir dipermudah loh dengan itu, tapi ternyata tidak. Saya masih harus urus ini itu secara offline.

Saya terima sarannya untuk datang ke gerai offline dan mengurusnya, tapi apakah hanya itu solusinya? Untuk gangguan tersebut apakah tidak akan diperbaiki ke depannya? Mohon jawabannya.

Defri Irmalasari
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:20    Rata-Rata: 3.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Kendala Unreg dan Registrasi Nomor HP Baru dengan NIK KTP

  • 10 April 2022 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Mau unreg kan? Nomer lama nya simpen baik2. Tunggu masa tenggang kemudian masa hangus.
    Gak usah unreg2an. Itu mati sendiri nantinya si nomer yg angus.
    Kalau minta bantu CS percuma, gak guna (useless)

  • 11 April 2022 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Besar kemungkinan nomer lama terdaftar pake nik dan KK yg beda. Makanya ggal trs, coba di cek dulu bner gak nomer lama tsb terdaftar pakai nik yg sudah 3x terpakai. . Harus bijak sama nomer2 yg hangus atau terbuang, skrang provider2 bisa aktifkan danjual kembali nomer2 lama yg gak terpakai.. bisa cek di google..

  • 11 April 2022 - (13:38 WIB)
    Permalink

    klo tsel mending ke grapari langsung beres.. Minta tambah kuota bisa lebih dari 3 nomor

  • 11 April 2022 - (17:01 WIB)
    Permalink

    Saya juga merasakan hal yang sama, untuk kartu telkomsel.dan saya baru bisa setelah datang langsung ke gerainya sekaligus.saya pikir pendataan kependudukan masih kacau galau meskipun katanya kita sekarang menggunakan E-KTP, tapi masih harus serba manual.mending langsung ke gerainya aja sekaligus.hanya menunggu beberapa, selesai.

  • 12 April 2022 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Keluhan ini sebenarnya ditujukan ke operator mana sih? Saya pake Indosat coba ketik USSD *444# kok responnya beda, nggak ada menu reg/unreg.

  • 17 April 2022 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Biasanya sih nomor yang sudah melewati masa tenggang hangus dan auto unreg. Biasanya kalo mau unreg nomor juga bisa by SMS. Saya ga tau malah kalau pake USSD

 Apa Komentar Anda?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Kendala Unreg dan Registrasi Nomor HP Baru dengan NIK KTP

oleh Defri Irmalasari dibaca dalam: 1 menit
13