Kurir JNE Menitipkan Kiriman Paket JNE YES Saya ke Tetangga

Saya menggunakan jasa ekspedisi JNE YES untuk pengiriman paket saya yang berupa alat elektronik dari pembelian di marketplace. Paket dikirim hari Minggu oleh penjual pada tanggal 24 April 2022, dan telah sampai hari Senin tanggal 25 April 2022, sesuai dengan tracking resi di marketplace. Nomor resi: TJX2343513294650 (live tracking marketplace terlampir).

Yang saya keluhkan adalah bahwa kurir JNE saat mengirimkan paket saya dengan sengaja dan seenaknya BUKAN kepada SAYA, tetapi TETANGGA tepat sebelah rumah saya. Saya tidak akan komplain jika saat itu saya memang sedang tidak berada di rumah dan paket dititipkan. Namun kondisinya pada saat paket dikirimkan saya sedang BERADA di rumah.

Kurir JNE dengan sengaja tidak mengirimkan paket ke rumah saya dan malah menitipkannya pada tetangga saya. Sebagai catatan, update live tracking menunjukkan paket tiba pukul 23:27, tapi paket sudah saya terima sekitar pukul 18:00-19:00. Ini berarti paket sudah dititipkan ke tetangga saya sebelum jam tersebut.

Sebagai konteks, tetangga sebelah saya memang kedai makanan yang buka 24 jam. Sedangkan rumah saya berada di sebelah di kontrakan lantai dua. Saya tidak tahu apa yang ada di pikiran kurir JNE dan alasannya, mungkin ingin cari gampang dengan menitipkan paket ke tempat ramai (gak mungkin gak bisa cari alamat saya, karena buktinya paket sampai tepat ke sebelah rumah). Namun apa pun alasannya saya tidak peduli, karena saya BAYAR untuk mengirim paket ke alamat SAYA, bukan ke alamat TETANGGA saya. Jadi jelas saya maunya paket sampai ke tempat saya, bukan saya harus ambil dulu titipan ke tetangga. Yang saya mau tanyakan:

  1. Apakah pelayanan luar biasa buruk seperti ini sudah sesuai dengan SOP JNE?
  2. Apakah memang dibenarkan dan diinstruksikan agar kurir JNE buat cari tempat titipan yang paling mudah dan gampang?
  3. Apakah JNE YES layanan kilat asal-asalan yang penting sampai walaupun bukan ke alamat penerima yang benar?
  4. Apakah JNE mau bertanggung jawab jika pelayan buruk seperti ini suatu saat mengakibatkan barang tidak diterima oleh penerima yang benar ?

Demikian surat keluhan saya, semoga ekspedisi ini bisa berbenah diri dan melayani dengan benar.

Liky Ardianto
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE YES:
[Total:247    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

258 komentar untuk “Kurir JNE Menitipkan Kiriman Paket JNE YES Saya ke Tetangga

    • 29 April 2022 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Gak mungkin kurir langsung titip ke tetangga, emang nya anda liat kurir ujug2 titip ke tetangga sebelah? Pasti yg pertama di tuju alamat yg tercantum. WhatsApp aktif gak? Telpon di anggat gak?
      Klo tuh paket di bawa lagi, kasian lah si kurir bolak balik. Komisi kurir dari per satu paket selesai.
      Gimna hubungan anda dengan tetangga? Terimakasih lah sama tetangga anda.

      30
      7
      • 30 April 2022 - (13:19 WIB)
        Permalink

        kok tahu gak mungkin kurir langsung titip tetangga ? kok tahu pasti yg pertama di tuju alamat yg tercantum ?

        buka praktik dukun dimana ?

        4
        3
        • 3 Mei 2022 - (10:36 WIB)
          Permalink

          Yang penting barang sampe kn bang ? Aman & ga hilang ? Dan cuma satu rumah aja bedanya, engga sampe 50 rumah dari jarak rumah.

          Kurirnya ada konfirmasi lewat tlfn ga bang ? Mungkin pas lagi tidur ga engeh ada tlfn/kontak susah di hubungi, pas di panggil” ga kedengeran bang, tetangga nawari disni aja kalo penerima dan alamat benar. Udah di konfirmasi belum di respon.

          Dan pasti tidak asal titip begitu aja bang.

          Saling menghargi waktu seseorang aja bang, kalo harus nunggu berjam jam cuma 1 orang doang, di motor masih banyak paket, belum ke gudang lagi masih banyak yg belum ke kirim, bawa paket engga cuma 1/2 barang aja kok bang,

          1
          1
      • 11 Mei 2022 - (22:02 WIB)
        Permalink

        Kalo barang hilang gimana? Takutnya nanti tetangga yang disalahkan oleh kurir atau jasa ekspedisinya

    • 1 Mei 2022 - (00:25 WIB)
      Permalink

      Posisinya kan di lantai 2… Kurir jg sudah di kasih tau letak kontrakan si penerima. Tp tidak di antar ke atas lgsg ke penerima dan dititipkan ke tetangganya yg full 24 jam usahanya buka.
      Berati ini si doi kurir ngirim paket tsb mlm tah?
      Berati kalo si doi kurir gak bs naik ke atas nganter lgsg ke penerima, mungkin si doi takut kalo paket yg lain yg ada di motor ilang ada yg iseng ambil kalo si doi ke atas?
      Jd si doi kurir inisiatif buat titipin tuh paket dan gak jelasin alesannya.
      Saya pribadi sih positif terus mikirnya…

      Andai nih yaa… Saya penerima tsb, iyaa enjoy aja. Alhamdulillah. Pun ada masalah barang ilang/rusak yaa tinggal komplain
      Tp kalo saya jd kurirnya, sesuai dugaan positif saya di atas, yaa saya jg bakal seperti itu. Titipin ke tetangga

      Hidup itu di bikin mudah aja
      Mudahkan org lain agar hidup kita kelak jg dimudahkan

      7
      2
      • 1 Mei 2022 - (06:56 WIB)
        Permalink

        kurir tidak mengirim paket malam, pak. pukul 23. itu cuma update tracking dari marketplace (yg kita tahu selalu terlambat), barang sudah saya terima sekitar jam 6-7 malam, berarti kemungkinan besar sudah dikirmkan ke tetangga sekitar sore hari.

        saya akan dengan senang hati memudahkan urusan orang lain, tapi ayo donk jangan cuma satu arah, saling memudahkan hidup semua orang, permudah hidup orang lain jg dengan menghargai hak-hak pengguna jasa ekspedisi, bekerja yg profesional, kirimkan barang ke alamat yg benar, jangan asal pengen gampang dan enak dengan tidak asal titip rumah lain (yg bersesiko hilang) selama penerima asli ada di rumah.

        kalo hanya minta dimudahkan oleh pelanggan tapi kirim paket saja tidak profesional, gak mau memudahkan hidup orang lain, namanya apa ya coba pak ?

        2
        1
        • 1 Mei 2022 - (10:43 WIB)
          Permalink

          Sekali lg pak… Ayo selalu utamakan buat berfikir positif terlebih dahulu. Kita bukan cenayang yg selalu benar dan tahu permasalahan org lain
          Entah si doi kurir anak ortunya meninggal dan harus buru2 pulang. Entah overload karena menjelang lebaran paket hantaran yg numpuk dan harus cepet kekirim. Kita gak pernah tauk soal itu…
          Intinya hukum alam itu melekat di kehidupan dunia ini. Kalo emg si doi kurir itu salah, doi bakal dapet imbas nya kelak. Pun jg sebaliknya, jgn sampai statment bapak sekarang ini, kelak bakal berbalik ke diri bapak sendiri.
          Saya selaku penjual dan pembeli di eCommerce. Saya jg pernah jd sprinter di bbrp tempat. Jd saya paham betul gmn dunia ekspedisi seperti apa. Bisa merasakan apa yg bapak rasakan dan kurir rasakan.
          Pak… Jadilah pembesar hati. Agar hidup nyaman, rejeki lancar, jauh dr penyakit hati, byk teman.
          Besok lebaran, mohon maap bila salah ucapan saya. Terimakasih

          4
          3
          • 1 Mei 2022 - (12:45 WIB)
            Permalink

            sekali lagi pak, berpikir positif juga timbal balik, sifatnya dua arah. bapak gak tahu kan isi paketnya apa ? siapa tahu obat buat orang tua yg lagi sakit stroke, atau barang sensitif yg gak elok kalo diketahui orang lain, entah hadiah lebaran buat orang2 terdekat yg sangat penting dan privat buat kita. kita gak pernah tauk soal itu..

            saya disuruh berpikir positif, tapi bapak negatif terus nih sama saya hehehe

            intinya ya menghargai orang lain dengan seprofesional mungkin supaya kita jg dihargai, jangan sampai statement ini berbalik ke bapak atau si kurir, saya gak pernah jadi kurir pak, tapi saya paham betul gmn dunia jasa karena saya jg bekerja sebagai penyedia jasa/servis, jadi paham pentingnya profesionalitas dalam bisnis jasa dan rasanya mendapat pelayanan jasa yg buruk, semoga bapak atau si kurir tidak merasakan dapat pelayanan jasa yg buruk, asal-asalan, dan tidak ada rasa profesional ketika sedang butuh2nya.

            pak… doa-doa bapak yg baik saya kembalikan pada bapak, semoga bapak besar hati, lancar rejeki, jauh dari penyakit hati. dan lainnya.

            selamat berlebaran, terimakasih

            3
            4
  • 28 April 2022 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Untung tetangganya masih baik. Kalau gelap mata sedikit saja, bilang tidak tahu, tidak terima tapi diambil jadi panjang urusannya.

    16
    2
    • 29 April 2022 - (04:44 WIB)
      Permalink

      Setelah kejadian 2015, sampe sekarang g pernah lg pakai JNE. Sy punya pengalaman buruk dengan JNE, barang kok main simpan diluar rumah! Tanpa ada usaha menghubungi sy. Sudah bs dipastikan hilang.
      Sy komplain ke kantor pusat, ditanggapi dengan baik dan diberikan solusi kurirnya untuk mengganti. Kurir datang ke rumah untuk tanda tangan surat bermaterai, dengan rendahnya dan memelas menjual orangtuanya yg sedang sakit dan kurir memohon agar ditanda tangan lebih dahulu uang ganti paket yg hilang nanti setelah gajihan, karena iba akhirnya sy setuju dan kurir memberikan no teleponnya. Bulan berganti setiap ditagih selalu beralasan yg sama. Hanya gegara oknum kurir itu sy jd g pernah pk JNE lg sampe skrng.
      Pada intinya setelah sy baca keluhan TS ini di MK, JNE sepertinya kurang tegas terhadap kelalaian kinerja yg tidak menerapkan SOP kurir ya.

      15
      4
      • 29 April 2022 - (11:34 WIB)
        Permalink

        nah, hal-hal buruk seperti ini yang ingin saya hindari, syukur barang masih diterima dengan baik walau dikirim salah alamat, kalo hilang siapa yg mau tanggung jawab ? nanti barang hilang minta ganti sama kurir dikomplain warganet lagi dibilang gak kasihan sama kurir yang kerjanya paling malang sedunia, kurang manusiawi, dan disuruh lebih bersyukur.

        7
        5
        • 2 Mei 2022 - (02:58 WIB)
          Permalink

          Halah masalah sepele ….
          Masih pakai gratisan ongkir banyak ngeluh,
          Profesional itu ada harganya, segitu anda bayar ya segitu yg anda dapatkan.๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

          2
          2
  • 28 April 2022 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Ada bel ga rumahnya? Klo d panggil denger ga? Kl d tlp angkat ga? Itu aja sih mnrt ane, klo w 10 menit ga ad balesan ya w titip rt msih untung dtitip d ttg sbelah pket nyampe aja rewel, kurang2in blanja olshop pak kasihan w klo driver dpt custnya kek lw

    89
    34
    • 28 April 2022 - (13:32 WIB)
      Permalink

      “klo w 10 menit ga ad balesan ya w titip rt”

      makasih infonya gan, anda kurir JNE ? yang seperti anda bilang diatas ini memang SOP/intruksi dari kantor atau emang kelakuan anda aja ?

      setau saya sih dari dulu SOP nya kalau tidak ada orang di rumah biasanya paket dibawa lagi ke kantor untuk dikirim ulang besok, jadi mungkin emang kelakuan dan cara kerja anda sendiri saja yah yang gak beres.

      22
      79
      • 28 April 2022 - (18:58 WIB)
        Permalink

        Yg penting paket nya datang dengan selamat gak ada yg rusak ngapain sih di jadi kan masalah? Atau emg hidup mu penuh masalah dan hobi buat masalah?

        62
        18
          • 29 April 2022 - (14:29 WIB)
            Permalink

            Saya sebagai kurir walau bukan kurir tsb selalu konfirm baik wa / telp dan jika no respond sudah di tempat costumer itu pun saya pastikan ada orang ndak ? Kalo ndak ada dan dak bisa di hubhngi saya titipkan tetangga . Kenapa ? 10 menit itu bagi kurir jg waktu urgen .disamping ada target sla waktu kirim .itu kalo tdk cod , bagaimana dgn cod ? Krn secara sla harus terkirim dan jika cod sampe 1-2 x on hold alias pending maka fitur cod dinonaktifkan , nanti yang disalahkan siapa ? Y kurir lah ….maka dari itu menghidari sistem cod terblokir kami pun senantiasa mengedepankan pelayanan …

            Dan mohon di catat

            Beberapa kendala apabila ditiitpkan tetangga
            1. Rumah kosong / rumah sudah di ketuk tdk ada respon , sudh ditunggu +/-5 menit
            2. Kontak person yang tdk aktif
            3. Ketidak jelasan alamat

            8
            2
          • 1 Mei 2022 - (07:06 WIB)
            Permalink

            makasih informasinya pak budi yg baik, informasi dari kurir langsung begini yg jadi lebih jelas soal SOP, maaf kalo tidak keberatan menyebutkan anda bekerja di ekspedisi apa ? (jika keberatan tidak usah disebut, pak)

            betul, setau saya jg SOP pengiriman ekspedisi memang seperti yg anda tuliskan, dan biasanya dulu-dulu tiap kirim barang jg seperti itu, berarti jika tidak ada konfirm baik melalui wa/tlp sebelumnya, dan langsung menitipkan ke tetangga tanpa alasan jelas, bisa saya simpulkan kalau itu tidak sesuai SOP yg berlaku ya pak ? itulah dasar saya menulis surat keluhan ini.

            perlu saya perjelas juga soal point2 yg menurut bapak jadi kendala.

            1. rumah tidak kosong, saya selalu berada dirumah karena memang WFH, pun keluarga lain jg lengkap semua. tidak ada ketukan/panggilan kurir pada saya (biasanya suka memanggil kan, “permisi, (nama penerima) paket.
            2. kontak selalu aktif karena yg saya cantumkan nomer bisnis saya, bukan nomer pribadi
            3. alamat sangat jelas, terbukti kurir bisa sampai tepat ke rumah tetangga sebelah

            demikian pak budi

            1
            2
      • 28 April 2022 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Ya kalo gk mau di titip mah stanby. Kalo sampe di bawa ke kantor kena dex. Poin performa kurir berkurang.
        Dan jangan ngomel kalo 3 hari di anter ulang gk bisa, paket nya di retur

        26
        5
        • 29 April 2022 - (03:47 WIB)
          Permalink

          SOPnya bisa titip tetangga atau RT jika anda gak ada ditempat. Kayak baru kali ini aja belanja online bosss. Kata siapa paket harus selalu dibawa balik ke counter jika penerima tidak ada ditempat ? anda pemilik perusahaan kurir ? Kalau dibawa pulang lagi namanya bukan layanan YES, dan anda pasti komplain lagi barang gak sampe-sampe.

          Kayak beginian bukan masalah besar yang mengharuskan dikirim di media konsumen. Yang penting paket utuh selamat dan gak ada kerusakan apapun.

          Atau anda gak usah pakai layanan JNE aja selamanya, pakai aja kurir lain yang lebih keong dan lemot biar bisa komplain sepuas-puasnya.

          39
          4
      • 29 April 2022 - (00:38 WIB)
        Permalink

        Alah ribet amat sih nyari sensasi ya rumah anda ada bek nya ? Rumah anda di lantai brpa 2 kan ? Ya wajar lah ,Dy manggil di lantai 1 gak ada yang nyaut yudh di titipin ke tetangga ,apalagi rumah anda lantai 2 ,sharus nya anda nunggu tuh di luar selama seharian pasti anda capek kan ,bgitu juga kurir nya kalo ,di bawa pulang ke kantor lagi selain performa kurir nya jelek ,mereka harus ngilangin lagi Dateng bsok nya atau bahkan paket anda gak di kirim lagi ,bersyukur punya tetangga baik ,dan pasti kurir udh mirin juga KLO tetangga anda baik karna mau terima paket anda klo enggak pasti tetangga anda tidak mau terima tuh paket ,klo gua kurir sih klo jumpa Ginian gua lempar aja tuh paket atas genteng ,kepada pihak JNE jngan mau meminta maaf tuntut aja lagi orang kayak gini atas pencemaran nama baik perusahaan ,sadar ei alah ,kyak anda orang paling tidak punya salah

        25
        5
        • 29 April 2022 - (08:34 WIB)
          Permalink

          Ribet amat idup lo pak, gitu aja jadi masalah, kalo ga mau d titip tetangga jgn punya tetangga idup d hutan aja sana tetanggan sama beruk, sifat kok kyk binatang gtu aja jadi masalah, jijik orng itu bacanya , sok cerdas, kecuali hilang lah iya, lu baru marah2

          8
          2
      • 29 April 2022 - (06:38 WIB)
        Permalink

        Klo wa daripada dikirim besok bagus dititip sih.. justru klo dibawa balik terus dikirim besok bakal wa komplain. Biasanya yg paje kilat butuh urgent hari itu juga. Wa perakit elektronik kadang harus berburu dengan deadline. Meski tengah malem klo deadline-nya besok mending dititip aja sih. Dengan catatan ada info masih dihari yg sama.

        3
        1
      • 29 April 2022 - (08:42 WIB)
        Permalink

        Klo smua ikut prosedur, pket bnyak yg d return apalagi yg cod bnyk kurir yg nalangin dl krna berdasarkan percaya ma custnya, itu juga kurir jne ga asal titip kmngkinan cmn ad 3 yg bakal dititip tetangga/security/rt, klo situ paham dstiap pket ad sla nya, kurir dituntut achiev dlm sla nya pdhl klo udh over sla kurirnya kena denda itu aja msih mw dbawa krn rasa tanggung jawab, lagian situ tanya tetangganya ga klo tetangganya stuju dititipin atau emg kbnykan tetangganya yg nawarin jastip krna berhati baik mw bantu kurir

        6
        1
        • 29 April 2022 - (11:07 WIB)
          Permalink

          Ealah.. Gw kra apaan,, bgini ampe masuk MK,, pak,urusan situ gada yg lebih penting kah? Udah blg makasih blom ke tetangganya?

          8
          1
      • 29 April 2022 - (14:39 WIB)
        Permalink

        Hidupmu penuh masalah khontol, makanya apa” complain apa” complain.. tl0l banget jadi orang.. gimana indo mau maju.. khontol

        2
        5
        • 29 April 2022 - (14:48 WIB)
          Permalink

          sungguh sebuah komentar yang mencerminkan kemauan untuk maju, lanjutkan.

          2
          6
          • 30 April 2022 - (09:37 WIB)
            Permalink

            Org yg ga maju itu yang otaknya mampet dan kosong kaya anda. Jangan2 anda tdk disukai oleh tetangga ya karena ga pernah bergaul sama mereka. Fix, ini org yg kalo mati gada yg mau nguburin.

      • 30 April 2022 - (12:10 WIB)
        Permalink

        Woow. Kalau besok Anda tidak ada di rumah lagi? Kurir nya harus angkut kembali ke kantor JNE lagi lalu lusa angkut ke rumah anda lagi? Anda bayar berapa ongkir nya?

      • 1 Mei 2022 - (21:10 WIB)
        Permalink

        Ribet sekali pola pikir anda. Masih untung pesanan di titip ke tetangga anda, tlg cobalah sedikit menghargai orang lain atas usaha’a dan keringat’a jgn seenaknya ngoceh complain yg seharusnya tdk perlu, cukup tinggal ambil pesanan anda ke tetangga yg di titipkan.
        Kikir wajar tp jgn mempersulit jerih payah orang

      • 6 Mei 2022 - (13:30 WIB)
        Permalink

        Ribet amat hidup lu gk usah pakai JNE lagi aja biar gk ribet, tapi paling ujung2nya komplain lagi di kurir lain

    • 28 April 2022 - (18:50 WIB)
      Permalink

      Kalo di rumah gak ada orang & dibawa lagi ke kantor kasian seller ma kurir bolak balik nganterin….

      27
      1
      • 29 April 2022 - (07:02 WIB)
        Permalink

        Ya elah cuma di titio ke tetsngga sebelah koq ribet amat.emang kufu di anter ke muka nya???

    • 28 April 2022 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Maaf boos kayaknya konsumen yang satu ini orangnya sakleg egois dan mau menang sendiri.

      46
      2
    • 29 April 2022 - (05:59 WIB)
      Permalink

      Harusnya semua orang yg udah biasa belanja onln itu udah tau,abang kurir bawa barang itu gak cuman 2,3,4 atau 5,abang kurir bawa barang banyak,dan harus kejar waktu,karna 1paket itu upahnya 1500,ya bagi semua yg gerasa sering belanja onln,jangan seenaknya ndiri,ya memang klau nyampek paket dititipin,berarti abang kurirnya udah tlf cuman gak ad jawaban,apalagi di kontrakan yg berlai 2,ojo sakarepe udele dewe yo mas

    • 28 April 2022 - (13:57 WIB)
      Permalink

      sampaikan via apa pak ? belum ada dari pihak JNE yg sudah menyampaikan apa2 terkait hal ini kepada saya

      71
        • 29 April 2022 - (06:45 WIB)
          Permalink

          Ini manusia ga da syukur sm sekali ,,klo paketnya ga rusak ga cacat yg sudah ,,,ribetttt mat hdup

      • 29 April 2022 - (04:01 WIB)
        Permalink

        Bacot ah, lu kira bolak balik lu bayar biaya bensin? Itu diitung 1x rit doang, klo ga mau dititipin ambil aja ke gudang ndiri. Setau gw kurir JNE cm dbyar 2rb/paket jd KL lu kesel gra2 dititipin ga masuk akal bgt. Mknya JD org jgn apatis ,bergaul jd ga ribet idup lu, Masalah dititip aja kek sombong bener, ngontrak lagaknya kek duit bnyk. Bersyukur hrsnya Tetangga lu baik

        19
        1
      • 29 April 2022 - (06:42 WIB)
        Permalink

        Antara lg cari sensasi atw lg jatuhin brand. Bisa jadi dari pihak silambat yg lagi banyak masalah. Ah sudahlah.. selama ini wa sih oke aja masalah layanan. Meski lebih mahal dikit dari yg bermasalah kaya silambat.

        5
        1
      • 29 April 2022 - (13:23 WIB)
        Permalink

        Gwe pernah ngalamin seperti lo,, pke JNE YES gwe standby dirumah tapi diterima oleh tetangga jarak 28 meter, dianterin oleh tetangga baek gwe, gwe cuma bilang ‘Oh iya terima kasih’… Paket aman barang aman, NO KOMPLAIN.. meski kadang sampai rumah.

        Katanya bersebelahan tapi budek ada kang paket datang neriak “Paket”

      • 30 April 2022 - (13:01 WIB)
        Permalink

        rese ni orang, norak banget sih. yg penting paket lu selamat sama tetangga lu amanah dan juga lu kalo udah tau paket bakal nyampe nunggu di luar rumah lah. lah ini malah nongkrong di lantai dua ya gimana mau denger kurir manggil lu dr luar gitu

  • 28 April 2022 - (13:48 WIB)
    Permalink

    seharusnya anda brsyukur krn paket dah sampe meskipun d titipkan tetangga. untung az tetangganya baik, mau d titipin paketnya. tidak semua SOP d terapkan. jika d atur jadwal ulang pasti ada komplen lagi.

    22
    6
    • 28 April 2022 - (13:56 WIB)
      Permalink

      paket tidak sampai ke alamat yg benar, tidak sesuai tujuan, dan tidak mendapat pelayanan seperti yg saya bayar (kirim paket sampai rumah) kok malah saya diharuskan brsyukur pak ?

      bapak kurir JNE ? apa benar statemen bapak kalo tidak semua SOP diterapkan oleh kurir JNE ? hemat saya kalau anda bukan pihak yg bersangkutan jangan bikin statement asbun seperti ini pak, kasihan kurir JNE benerannya

      3
      58
      • 28 April 2022 - (15:31 WIB)
        Permalink

        Ini persis yg sama saya alami
        Ada dua kejadian
        Dulu beli mixer Video swicher
        Seharga 13 barang di kirim dari Yogyakarta status ternyata sudh POD
        Alias sudh di terima, padahal saya belm
        Terima paket tersebut
        Dan ternyata benar saja malam malam
        Bu RT yg anter in tuh paket
        Ini sangt lucu waktu itu
        Kejadian kedua
        Saya beli mikrotik LGH series
        Lewat Tokopedia kejadian sama
        Barang POD tapi saya blm menerima nya menurut tracking paket di titip di pos security , security mana ?
        Rumah saya di ruko pinggir jln
        Ga ada security
        Ini lucu sekali Gus sangt tidak profesional

        8
        11
        • 28 April 2022 - (18:41 WIB)
          Permalink

          betul pak, sangat gak profesional, masalahnya bukan soal akhirnya paket sampai ke tangan saya, tapi sikap tidak profesional dengan sengaja nitipin paket ke alamat orang lain tanpa alasan yg jelas. heran masih banyak yg gagal paham

          4
          35
          • 29 April 2022 - (10:12 WIB)
            Permalink

            Klo jam terima, sebenarnya ga masalah, sy sering, kadang paket sampe dulu, bru selesainya nyusul krn batre lowbet si kurir, kadang selesai dulu, paket besok baru sampe, alesanya ngejar target,
            Mmg kurir kadang nyari alamat di target , brapa x ngetok atau mangil g ada respon, kadang suka nitip, selama yg di titipin tdk keberatan

          • 30 April 2022 - (13:02 WIB)
            Permalink

            emangnya lu yakin kurirnya ga kerumah lu dulu?

    • 28 April 2022 - (22:43 WIB)
      Permalink

      Ya elah, ga mikir apa impactnya ama kurir klo bikin Laporan kek gini, gimana klo tuh kurit sampai di PHK, padahal paket diterima dengan baik, jangan egois

      12
      3
  • 28 April 2022 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Kalo mau premium pake RPX dijamin gk nyasar tetangga, barang kurang dr 1kg< biayanya 150rb, kalo gk penerima balik lagi orangnya.. Yg penting barang diterima selamat.. Toh tetangga gk jahil kyaknya lagi malas bertetangga nich..

    22
    4
    • 28 April 2022 - (13:53 WIB)
      Permalink

      paket gak sampai ke alamat yg benar sama malas bertetangga apa hubungannya ya pak ? kok gak nyambung logikanya..

      6
      37
  • 28 April 2022 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Mungkin dirumah bapak tidak ada Bel atau saat di panggil gak nyaut jd inisiatif drivernya di titip tetangga selama tetangga gak keberatan dan biasanya driver pun saat penyerahan ada bukti photo, karena klo lewat estimasi pengiriman customer bisa komplain dan bisa minta refund ongkir dan mungkin driver bisa kena sanksi. Jd permudah saja masalahnya selama paket diterima dengan baik oleh tetangga dan anda terima dengan kondisi lengkap juga ya sudah terima saja mungkin driver jg punya target kerja yg lebih rumit dari anda. ๐Ÿ™

    32
    3
      • 28 April 2022 - (19:05 WIB)
        Permalink

        Justru saya paham dengan masalah anda…anda inginkan paket diterima oleh anda sendiri namun kurir juga butuh target pengiriman segera sampai semua..jd selama paket diterima dengan baik gak usah dipermasalahkan lah

        28
        3
        • 28 April 2022 - (19:08 WIB)
          Permalink

          nah terbukti anda gagal paham masalahnya dimana karena tidak baca dengan benar, selamat malam

          1
          45
          • 28 April 2022 - (19:52 WIB)
            Permalink

            Ribet idup lu

            15
            2
          • 29 April 2022 - (00:19 WIB)
            Permalink

            Nah,, terbukti anda juga orang brengsek yg egois

            12
        • 28 April 2022 - (19:09 WIB)
          Permalink

          semoga semua target pengiriman anda bisa terpenuhi tanpa merugikan orang lain ya, salam

          42
          • 29 April 2022 - (04:40 WIB)
            Permalink

            Letak dirugikannya dimana pak? Coba besokยฒ gak usah pakai JNE pak, pasti perlakuannya sama karena tidak ada messenger terlebih dahulu, jika dipanggil tidak nyaut, dan di Bell tidak keluar pasti dititipkan ke tetangga atau diletakan di teras rumah dan atau jika terlalu larut malam kadang di bawa kembali sama kurir. Dan baiknya bapak sedikit merenungkan masalah bapak terhadap diri bapak kenapa banyak yg dislike terhadap masalah bapak. Hidup dibikin simple aja jgn dibikin rumit. Terima kasih ๐Ÿ™

            12
            1
    • 29 April 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Coba otaknya dipakai, akar permasalahan disini bukan paketnya harus ke dia apa nga, tapi paketnya sampai ke tetangganya “tanpa alasan yang jelas”, coba lu sebagai pemilik paket, lu udah nungguin di rumah taunya malah dikasih ke tetangga, kalo tetangganya ga baik gmn? Lu mau tanggung jawab?

      3
      1
      • 29 April 2022 - (11:00 WIB)
        Permalink

        namanya jg warganet gan, bawa santai aja, saya sambil bercanda kok nanggepinnya hihihi

      • 29 April 2022 - (11:39 WIB)
        Permalink

        Makanya coba di cek lagi komenannya…TS itu hidupnya ribet, yg namanya kurir pasti ada target, umpamanya di panggil gak ada yg nyaut pasti meminta ketersediaan tetangga untuk menerima paket dengan bukti Poto, apalagi TS bisa tracking di market place siapa si penerima paket. Jd menurut saya hidup musti bikin simpel masalah kaya gini gak usah terbit di media konsumen kecuali barang yg diterima bermasalah.

        5
        1
        • 29 April 2022 - (11:45 WIB)
          Permalink

          udah seharian loh paka haerul saya menyarankan membaca kembali dengan benar dan baik-baik, masih belum paham juga ?

          10
          • 29 April 2022 - (12:28 WIB)
            Permalink

            Kasihan anda masalah kaya gini musti masuk media konsumen, kasihan jg kurirnya dapet konsumen seperti anda.

            3
            1
      • 30 April 2022 - (09:42 WIB)
        Permalink

        Lo otaknya kosong, sdh di bilang kalau ada alasan tuh kurir nitip ke tetangga. Dia di panggil2 ga kluar2. Dan asal lo tau, kurir itu punya waktu banyak tuk nungguin sampe konsumennya muncul. Paham?

    • 28 April 2022 - (18:39 WIB)
      Permalink

      mungkin banyak kurir ato driver online yg cara kerjanay seperti itu jadi tersinggung gan, lumrah

      2
      28
    • 28 April 2022 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Saya paham apa yang anda rasakan.meski kurang tepat kalau sampai harus bikin surat pembaca begini, karena sebaiknya anda komplain ke pihak jne terlebih dahulu.sudah komplain ke customer service jne belum??
      Biasanya konsumen bikin surat pembaca adalah ketika ada masalah terus setelah komplain ga ada tanggapan dan membuat kerugian yang besar.
      Saya pikir alangkah bijak juga kalau minta tolong tetangga untuk nerima paketnya.toh posisi kan di lantai 2, kasian abangnya kalo naek.soalnya barang paketnya ga ada yg jaga,banyak ko kejadian paket di curi saat paketnya yg di motor ditinggalin sebentar.dan ironisnya lagi yang ganti adalah kurirnya.
      Saya pikir sih itu latar belakang kurir nitipin ke tetangga,jadi ya saran saya minta tolong tetangga aja klo ada paket, atau cantumin no hp biar bs di info sama kurirnya.tapi jangan lupa ke customer service lngsung komplain.oh iya saya pikir, minggu sekarang kayaknya pengiriman lagi padat padatnya.

      26
      1
      • 28 April 2022 - (22:50 WIB)
        Permalink

        customer care resmi via website (askjoni) tidak bisa, no wa yg diberikan oleh notifikasi pesan JNE juga tidak bisa dihubungi. no HP penerima pasti ada disetiap paket kalau bapak pernah kirim2 pakai ekspedisi.

        saya gak suruh kurirnya naik ke atas, asal niat dan profesional, panggil sedikit atau ngebel juga pasti kedengeran sampai gang sebelah (dan setau saya jg biasanya kurir akan selalu wa kalo memang ada kesulitan antar barang), saya biasa pakai ojek online juga gak ada masalah, panggil/wa, saya turun, ambil paket, beres. saya pikir latar belakangnya nitipin ke tetangga memang atas dasar kesengajaan dan ketidakprofesionalitas saja.

        kurir DHL aja nyampe kok ke rumah saya, gak ada yg ngeluh soal lantai 2.

        5
        19
        • 29 April 2022 - (04:01 WIB)
          Permalink

          Nyamain JNE sama DHL, wkwkwkwk. Jelas bedalah. DHL bawa brpa paket satu hari sehingga bisa nungguin anda berjam2 di rumah anda. Dari sini aj anda sdh terlihat sok pintar dgn pake segala nanyain sop dan semacamnya dari JNE. Kasihan nih org, ingin di bela tp akhirnya malah di bully

          8
          5
          • 29 April 2022 - (11:01 WIB)
            Permalink

            loh, kok ingin di bela ? ini media pengaduan konsumen bukan pengadilan pak

        • 30 April 2022 - (09:46 WIB)
          Permalink

          Karena pengaduan anda itu cm hal kecil yg ingin anda besar2kan. Anda tinggal beri peringatan ke org2 JNE supaya next time hrs sampe ke orgnya walaupun tdk sesuai estimasi. Eh, tp tar kalo tdk sesuai estimasi anda komplain lagi. Emg ribet sih ya otak anda.

  • 28 April 2022 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Anda merasa di telp tidak? Atau di WA, atau di minta sharelokasi… Aku seringnya kalau ada yang dekat lokasi dan biasa di titipkan. Malah seneng. Yang penting paket sampai.

    7
    2
    • 28 April 2022 - (20:24 WIB)
      Permalink

      tidak ada telp, WA, minta sharelokasi atau komunikasi apapun dari kurir, tidak ada bel bunyi atau suara2 panggilan dari kurir kirim barang di hari itu, tahu2 paket sudah di tetangga. artinya sudah jelas kan ? ada indikasi kesengajaan

      aku sih gak seneng kalau paket saya dikirimkan ke alamat berbeda tanpa alasan yg jelas

      6
      23
  • 28 April 2022 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Dulu juga pernah sekali hadiah sepatu hasil penukaran poin suatu aplikasi.. tetiba suatu hari dapat sms atau WA (saya lupa yg mana), dari jne menerangkan bahwa paket saya dititip di ibu X. Mana saya ga kenal ma orangnya. Jaraknya dgn rumah saya lebih dari 1 KM. Yah untungnya ibunya jujur.. ya merasa aneh juga sebenernya, sebelumnya tidak ada sms atau WA konfirmasi alamat kek, atay blablabla, tetiba langsung titip ke orang lain. Semua tergantung kurirnya sih. Pas ada kurirnya yang baik, selalu diantar kerumah.

    4
    1
    • 28 April 2022 - (18:50 WIB)
      Permalink

      nah betul, biasanya kurir jika akan datang mengantar paket jg suka WA dulu memastikan ada orang atau tidak (saya posisi sedang ada di rumah terus) jika saya tidak ada dirumah dn barang dititipkan ke tetangga/saudara memang ada sms dan foto bukti, ini gak ada sama sekali, tahu2 tetangga yg datang mengantarkan paket titipannya, jika tidak saya pasti gak tahu kalau paketnya sudah dikirmkan.

      dulu pernah kejadian juga sama kurir TIKI, malah lebih jauh nitipinnya ke warung gang sebelah..

      4
      17
  • 28 April 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Lu kira kurir dibayar mahal buat 1 paket elu? Kalau Sampe malem2 berarti dia belum pulang dari pagi bro, nungguin 10 menit aja udah buang waktu banget, kasian kurir nya bisa2 kena depak, bel bunyi dirumah ada ga? Kenceng?

    16
    7
    • 28 April 2022 - (20:39 WIB)
      Permalink

      kalo anda dibayar murah sama ekspedisi yang mempekerjakan anda sebagai kurir, ya protes ke tempat anda bekerja, atau adukan ke serikat atau paguyuban anda, atau ke disnaker sekalian. bukan protes ke saya. punya kontak ke instansi terkaitnya ga ? mau dibantu ?

      5
      33
  • 28 April 2022 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Kalau gue dah biasa. Barang ilang. Dititipin tetangga entah siapa. Ditulis sudah sampai nyatanya masih dibawa setelah komplain dan besoknya dikirim. Sampai pada hal lucu, di rumah katanya ga di rumah. Akhirnya gue kenal. Asalkan barang ga terlalu mahal.

    :v mau dikomplain pun percuma. JNE memang melindungi kurirnya. Yang penting aman ajalah atau masih bisa ketemu dan sampai dengan aman. Sisanya, ya siapin mental aja :v

    Berterima kasihlah ke ibu warungnya. Baik dan mau dititipin. Besok besok kalau pakai JNE, pasti gitu lagi. Soalnya kurirnya sama itu ๐Ÿ˜€ saran, pakailah yang lain :v

    10
    • 28 April 2022 - (18:59 WIB)
      Permalink

      iya gan, gak terlalu berharap banyak juga.. yakin gak ada penyelesaian apa2, cuma menulis ini buat pengalaman yg lain saja. saya jg sudah bilang ke ibu tetangga yg baik supaya jangan mau dititipin paket dan suruh langsung ke rumah (selama saya ada di rumah). gak kebayang kalo barang hilang pasti ruwet urusan karena sama tetangga sendiri..

      nah, takutnya sesama kurir sih biarpun antar ekspedisi suka kongkalingkong, curiga lain waktu pakai jasa ekspedisi lainpun kejadiannya seprti itu lagi, “tuh titipin aja ke ibu itu”

      sementara sih memang akan off dl kirim2 pakai jasa2 ekspedisi

      3
      19
    • 28 April 2022 - (19:07 WIB)
      Permalink

      Kalo sampe 2x itu mah memang kurirnya aja yang males mungkin, kalau kurir tidak tau harusnya sebelum mengantar (di kantor atau rumah sebelum alamat tujuan selanjutnya) juga udah dihubungi
      Besok besok pasti gitu lagi pak, karena kurir itu yang cover area disitu, ganti saja

    • 28 April 2022 - (19:18 WIB)
      Permalink

      Iya saya pribadi gtu sih JNE ngda konfirmasi untuk pengiriman barang yang akan dikirim ke alamat tujuan beda kurir sblh biasa ada konfirmasinya semisal ngda dirumah kurir bilang titipin sebelah aja ya fto sama orangya…

      Buat pelajaran jga buat ente kedepanya jgn pake expedisi itu lagi ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ , dr pd nanti ujung2nya ketetanga jga. Inti nya sama tetangga rukun , saling baik2 membaiki, tolong menolong, rukun damai gtu aja sih

      • 29 April 2022 - (04:04 WIB)
        Permalink

        Dmna mana kurir ga akan menghubungi pembelinya kecuali alamat anda tdk jelas dan itu kurir yg baru. Jgn sok tau lah

        5
        4
        • 29 April 2022 - (06:48 WIB)
          Permalink

          Mas kurir ya? Tolong kalau mmg ga niat jadi kurir gausa jd kurir ya, kasian tu jasa ekspedisi punya mitra ga berdedikasi sedangkan costumernya mempercayakan paketnya dgn perusahaanya

          3
          2
          • 30 April 2022 - (00:38 WIB)
            Permalink

            Ga perlu jd kurir tuk tau gmna itu sop sebuah exspedisi. Selama sy belanja online baik itu di shopee, lazada maupun tokped, gada tuh kurir menghubungi sy kalau mau kirim paket. Yg ada mereka menghubungi sy karena mereka msh blm tau alamat rumah sy. Dari situ sj sy sdh tau kinerja kurir. Ga pernah belanja online ya?

        • 29 April 2022 - (11:03 WIB)
          Permalink

          baik, terimakasih infonya, tapi lagi2 saya mau tanya, apa info ini benar memang SOP dari JNE nya ? ato anda asbun saja ? maaf, anda kurir ekspedisi apa ya ?

          • 30 April 2022 - (09:50 WIB)
            Permalink

            Asbun? Wkwkwk, nyata dsni anda yg ga paham omongan org. Kalo sop kurir hrs nelponin satu persatu konsumennya hanya tuk bilang “selamat sore pak, sy mau mengantarkan paket, mohon di tunggu”, akan banyak telpon msk tuk nganterin paket ke saya. Kalau sampai dsni msh ga ngerti, fix anda thololnya akut!

  • 28 April 2022 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Asal barang sampai gak masalah, saya sering kalau kejadian seperti itu. Barang dititipkan ke tetangga, gak cuma 1expedisi. Mungkin sudah lebih dr 20x barang dititipkan ke tetangga

    12
    1
    • 28 April 2022 - (20:15 WIB)
      Permalink

      saya sih gak mau jadi tetangga merepotkan seperti itu ya pak, kalau anda mau yah itu urusan anda

      3
      28
    • 29 April 2022 - (07:24 WIB)
      Permalink

      Udah coba tanya ke tetamgganya..knapa paket bisa sama dia( tetangga) ? Kan nanti di jelasin..owh..paket dititpin ke saya( tetangga) karna di panggil lama ga keluar..( mungkin) coba berpikir positip aja ..mumpung ramadhan

      • 29 April 2022 - (11:06 WIB)
        Permalink

        sudah ditanyakan kok pak, kurir tanya (nama) saya ke tetangga, sudah ditunjukkan dengar benar rumah saya dimana (saya ada di rumah), dan langsung minta untuk menitipkan barang kepada beliau (gak jelas alasannya apa), berhubung beliau tetangga dan orang yg baik mengiyakan saja. makanya saya tidak coba berpikir positip, mumpung ramadhan bentar lagi beres.

        • 29 April 2022 - (11:10 WIB)
          Permalink

          Owh..kalo gtu fix kurir nya yg salah….bukan jne nya…masa iya 1 buah yg jelek..satu pohon di salahin

          • 29 April 2022 - (11:42 WIB)
            Permalink

            belum tentu dan tidak sepenuhnya salah kurir pak, ekspedisi pasti punya SOP dan ketentuan, makanya saya ingin tahu dibenarkan gak asal titip ke tetangga seperti itu sesuai SOP ekspedisi, jika tidak berarti memang kurirnya melanggar (walau tentu pasti ada faktor lain seperti beban kerja dan kompensasi), jika SOPnya memang begitu (boleh asal titip selama barang sampai) berarti yaah masalahnya bukan di kurir…

          • 30 April 2022 - (12:12 WIB)
            Permalink

            Itu kan kata dia, masa iya kurir sdh di kasih tau yg mana rumahnya tp msh ttp di titipkan ke tetangga.

          • 30 April 2022 - (13:07 WIB)
            Permalink

            lho, ngapain saya bohong sampai nulis surat ke mediakonsumen segala ? apa dapat intruksi dari JNE pusat anda disuruh menuduh konsumen juga ?

    • 2 Mei 2022 - (09:46 WIB)
      Permalink

      Kadangkala suatu kebiasaan jelek yang tidak sesuai Standar akan jadi hal yg maklum. Pelanggan mempercayakan paket kepada perusahaan untuk sampai ke costumer langsung bukan ke tetangga adalah hal Yg benar, tetapi adakalanya sprinter menitipkan paket kepada tetangga sudah menjadi kebiasaan yang tidak bagus. Sebaiknya sprinter berusaha untuk wa/telp costumer yang bersangkutan.

  • 28 April 2022 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Gue pernah kejadian pas beli onlen. Barng nyasar ke tetangga karena namanya sama, terus gue WA kurirnya la paketku kok belum sampai mas. Di jawab kalau udah di titipkan ke keluarga setempat terus gue WA lagi yg mna foto rumahnya. TernyataTetangga gue sblhnya. Gak ada mslh juga sih asal brng masih aman

    12
  • 28 April 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    ya salam… gimn dengan nasib sy yg klo gak ada di rmh atau dipanggil gak nyaut, paket ditinggal dpn pintu ya

    apa perlu bikin keluhan bt sicepat, jne, jnt, anteraja, grab, gojek….

    10
    2
    • 28 April 2022 - (20:15 WIB)
      Permalink

      ya suka-suka anda mau gimn atau bikin surat keluhan, kalo dirasa perlu bikin keluhan ya karena itu ada platform seperti mediakonsumen supaya hak anda dan suara anda bisa tersalurkan lewat jalur yang benar dengan cara yg benar

      1
      27
  • 28 April 2022 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Kalau penerima tidak di tempat atau rumah sedang kosong, mending paketnya dibawa pulang saja, untuk ikut pengiriman besok. Atau bisa konfirmasi dulu via nomer penerima. Toh anda juga tidak bakal disalahkan, tidak bakal ada komplain. Yang anda lakukan demi kebaikan bersama.

    Jadi Bukan soal tetangga mau dititipi. Ini soal etika juga. Lagi pula Kalau misal barang akhirnya rusak atau hilang, yang tanggung jawab siapa?. Tetangga? Ya gak mungkin juga kan?

    Intinya, saat anda mematok harga jasa pengiriman, itu tandanya anda sanggup dilimpahkan tanggung jawab. Bukan malah cari pembenaran, hanya karna ingin kejar target pengantaran.

    9
    5
    • 28 April 2022 - (20:12 WIB)
      Permalink

      betul sekali pak, tepat seperti itu masalahnya dan alasan kenapa saya komplain kesini, jikapun memang barang dititipkan dengan alasan yg jelas dan dengan komunikasi sebelumnya, sayapun tidak masalah dan sudah sering terjadi sebelumnya, namun ini indikasi jelas kurir dengan sengaja menitipkan paket ke alamat yg bukan tertera pada tujuan pengiriman tanpa alasan dan jelas tanpa komunikasi.

      bisa dibaca di surat saya bahwa fokus komplain saya adalah pada JNE sebagai ekspedisi penyedia jasa antar-kirim barang, bukan pada kurirnya.

      3
      10
    • 28 April 2022 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Paket YES itu hrs sehari sampai, jd ga mgkn di bawa balik dan di antar besok karena kurir jg akan kena mslh kalo paket yes kepending. Bkn tanpa alasan kurir menitipkan ke tetangga anda karena kurir jg di kasih waktu beberapa menit berada di satu alamat. Ga mgkn anda standby ga ngapa2in seharian.

      8
      1
    • 29 April 2022 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Saya setuju dengan pendapat Anda. Seharusnya kurir memberi informasi dulu kepada penerima sebelum menitipkan barang.
      Dengan demikian penerima tidak akan kaget saat tiba-tiba dapat pemberitahuan kalau barang sudah sampai.
      Kan takutnya barangnya salah kirim ya…

      1
      1
      • 29 April 2022 - (11:07 WIB)
        Permalink

        betul, tidak ada info apapun sebelumnya dari kurir bahwa paket akan dititipkan.

  • 28 April 2022 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Maaf mungkin pada saat itu kurir nganter paket sudah sampai di alamat anda, tapi mengingat posisi kontrakan anda di lantai 2 mungkin kurir kesulitan menghubungi anda.
    Atau anda gak bisa di hubungi.
    Oya koreksi aja,
    Paket anda Terima pukul 18:00 – 19:00 dan di laporan konfirmasi pukul 23:30
    Saya kira itu hal wajar terjadi keterlambatan laporan mungkin terkendala jaringan internet .
    Kecuali sudah ada laporan konfirmasi terkirim, dan anda menerima paketnya beberapa jam setelahnya. Itu baru anda layak komplain.

    • 28 April 2022 - (20:31 WIB)
      Permalink

      maaf, mungkin anda yang kurang bisa membaca tulisan dan kronologi yg sudah saya sebut dengan benar dan cermat.
      oiya koreksi aja, asumsi anda salah semua

      2
      20
  • 28 April 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Jujur sih, untuk JNE kadang nyebelin.
    Paket saya satu kali hilang, lokasinya di Cirebon. Saya sampai nunggu 2 minggu, berharap paket ketemu dan dikirimkan. Tapi ternyata hasilnya zonk.
    Untungnya sih paketnya COD, jadi saya nggak rugi.
    Tapi untuk pengiriman dari JNE di kota saya ke rumah saya, alhamdulillah aman-aman aja sih.
    Cuma kadang ada yang WA dulu, tapi tiba-tiba muncul didepan rumah. Tapi, itu juga udah ada pemberitahuan dari marketplace saya.

    Jadi kesimpulannya, JNE itu tergantung. Kadang bagus, tapi kadang yang kayak ngeror gitu. Tapi, ya sebagai pembeli kan nggak bisa nentuin mau pakai jasa kurir apa, kalau belanja di marketplace.
    Jadi ya, berdoa aja. Semoga paket lancar, terus nggak ada kendala.

    Tapi kalau sampai dititipin ke tetangga, terus sering. Ya nggak enak juga sih. Ngerepotin terus. Apalagi kalau di daerah pedesaan. Pasti udah jadi omongan orang.

  • 28 April 2022 - (20:58 WIB)
    Permalink

    Kesimpulan saya kurir salah tidak mengikuti SOP yang ada, penulis dalam hal ini jika ingin komplain jangan ambil barang dari warung sebelah rumah, dan komplain ke pihak JnE dengan alasan paket tidak diterima.

    Jalan keluar berikutnya jika masih ada kurir yang menitip di warung sebelah, usahakan bikin warung di rumah anda untuk membantu kurir lebih mudah mengantar barang. Terima kasih.

    11
    • 28 April 2022 - (21:36 WIB)
      Permalink

      waduh mohon maaf saya gak tahu pak seumur2 kirim barang pakai ekspedisi apapun gak pernah ada yg suruh bikin warung dulu biar barangnya mudah dikirim. harus bikin supermarket sekalian gak buat membantu tuan kurir yang mulia lebih mudah mengantar barang ?

      2
      8
      • 28 April 2022 - (22:50 WIB)
        Permalink

        Ia pak mohon maaf juga yah jujur itu ide bagus sih, karena banyak juga didaerah saya barang paket di titip di warung, kalau bapak punya supermarket saya jamin barangnya nga sampai di warung sebelah hehehe…

        • 28 April 2022 - (23:22 WIB)
          Permalink

          kalo sudah punya supermarket, barangnya sampai ke supermarket sebelah, harus punya ritel waralaba dulu baru boleh komplain ? repot juga yah pak mau menyuarakan keluhan konsumen aja harus jadi jeff bezos dl hehehe…

          turut prihatin dengan kualitas pelayanan ekspedisi di daerah bapak

          • 28 April 2022 - (23:34 WIB)
            Permalink

            Saya kagum sama imajinasi anda, intinya apa yang membuat kurir dan expedisi sampai menitipkan ke warung sebelah?

            Dari analisa saya, kemungkinan saya salah karena saya bukan jeff besoz atau tesla. Mungkin rumah anda atau kos2an anda tidak mempunyai petunjuk atau tanda yang jelas, seperti warung mempunyai nama warung yang jelas, saran saya buatlah petunjuk nama rumah anda lebih besar dari warung sebelah.

            Terima kasih untuk rasa prihatin anda, untuk expedisi diaerah saya masih lumayan ramah, walaupun banyak juga yang nitip dengan sepengatahuan pemilik barang.

            Salam sehat.

        • 28 April 2022 - (23:44 WIB)
          Permalink

          ya gak usah pakai analisa hebat-hebat juga semua rumah pasti tidak punya tanda atau petunjuk sejelas warung pak, namanya juga tempat tinggal pribadi bukan tempat usaha, waduh sekarang selain harus bikin warung saya harus bikin plang besar2 juga gitu yah ? saya juga kagum sama saran-saran bapak yang sangat kreatif dan out of the box.

          kalo begitu mungkin menurut analisis bapak harusnya jika kita kirim paket sebaiknya jangan mencantumkan alamat pribadi yah, tapi warung terdekat saja.

          salam sehat juga untuk anda dan keluarga

          2
          8
          • 28 April 2022 - (23:55 WIB)
            Permalink

            Sebenarnya rumah anda dapat diberikan petunjuk karena juga digunakan sebagai kos-kosan untuk lantai bawah.

            Saya pikir anda orang yang hebat, senang berpendapat dan beradu argumen.

            Saya senang bisa membalas dan dibalas komentar anda, namun saya ijin pamit untuk istirahat.

            Matur Nuwun Mas

            4
            1
  • 28 April 2022 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Loe pikir kurir babu loe disuruh tunggu sampai loe keluar? 10 jam love GK keluar, 10 jam loe suruh kurir nungguin loe? Loe janjian, teman loe telat 1 jam aja gw yakin lie sudah minggat.

    6
    4
    • 28 April 2022 - (22:00 WIB)
      Permalink

      memang kurang afdol kalau gak ada komentar seperti ini, makasih sudah turut meramaikan, kamu hebat.

      2
      8
      • 28 April 2022 - (23:30 WIB)
        Permalink

        Baik Baginda raja. Anda berhak mendapatkan pelayanan plus plus plus. Sebaiknya anda pekerjakan kurir khusus untuk diri anda. Anda GK cocok sama kurir yang kerja untuk banyak orang karena anda tergolong orang yang serba benar. Saya disini empati kepada kurir. Kurir bukan babu anda. Mau anda bilang anda ada dirumah tapi tidak menjamin Anda tahu kurir mengetuk pintu pagar anda berapa kali. Jika kurir sudah mengetuk berkali kali, apa iya dia disuruh tunggu anda sampai keluar? Kalau anda ngorok, berapa jam dia harus menunggu anda? Anda cocoknya pakai kurir pribadi.

        11
        3
        • 29 April 2022 - (00:13 WIB)
          Permalink

          terimakasih atas kontribusi positif dan komentar anda yg berguna, membangun, dan informatif. anda luar biasa.

          1
          9
    • 29 April 2022 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Lho bukan dianggap babu trs apa lho boss… Kan bener dia karyawan JNE jadi ya Babu JNE.. kl bukan babu ya jadilah boss JNE.. anda kan tidak tau juga posisi pelapor ini gmn? Kan dah dia bilang gak ada WA ato tlp ato Bel bunyi.. apa anda jg udah yakin tau yg dilakukan si Kurir itu sudah bener ato dia emg malas? Kl ada kerusakan sapa tnggung jawab.. semisal tetangga warung bilang gak ada paket sapa yg tnngung jwb?

      • 30 April 2022 - (09:56 WIB)
        Permalink

        Emg anda tau jg posisi kurir jg gmna? Apa tuh kurir sdh dtg blm ke alamat atau blm? Dia di kos2an mau mencet bel dmna? Di kamarnya?

      • 30 April 2022 - (09:59 WIB)
        Permalink

        Koreksi, bkn di kontrakan tp di sebelah kontrakan lantai 2. Apa anda dgr org manggil2 anda kalo anda sdg melakukan aktifitas? Apa kurir tau kalau ada bel dirumahnya?

    • 28 April 2022 - (23:10 WIB)
      Permalink

      saya sih kalo bertamu selalu serapi mungkin kalau lepas alas kaki, biar gak ngerepotin dan gak mengotori kediaman tuan rumah. itu namanya adab kalo anda gak tau.

      • 28 April 2022 - (23:31 WIB)
        Permalink

        Sok sok an bicara adab, anda sendiri saja tidak beradab terhadap kurir. Apa anda yakin kurir itu tidak mengetuk rumah anda?

        9
        3
        • 28 April 2022 - (23:37 WIB)
          Permalink

          siap pak adab, sekali lagi, kamu hebat, komentarmu berbobot dan informatif

          1
          9
          • 30 April 2022 - (03:26 WIB)
            Permalink

            Orang pinter nonggol. Jadi presiden negara mana pak? Presiden media konsumen? Kalaubloe pinter, lie sudah jadi Joe Biden pengguasa dunia.

  • 28 April 2022 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya secara pribadi, tergantung kurir yang antarnya ya, bukan masalah perusahaan ekspedisinya.
    Karena kebetulan di tempat saya kurir JNE-nya baik, selalu telepon WA kalau mau kirim barang.
    Saya mengalami apa yang bapak rasakan namun kebetulan ekspedisinya JnT.
    Dulu kurirnya sempat suka titip ke tetangga dan tidak kasih kabar ke saya, padahal saya ada di rumah.
    Tahu-tahu ada pemberitahuan barang sudah sampai, transaksi selesai. Pasti rasanya kaget dan cemas banget.
    ๐Ÿ˜

    Oleh karena itu saya selalu waswas kalau kebagian ekspedisinya JnT pas belanja online…
    Soalnya sekarang kebanyakan market place online ga bisa milih ekspedisi, ya…

  • 28 April 2022 - (21:45 WIB)
    Permalink

    “Sedangkan rumah saya berada di sebelah di kontrakan lantai dua”

    apakah ada akses yg bebas bisa dipakai kurir menuju rumah bapak yg ada dilantai 2?

    yg mau saya highlite adalah paket sdh diterima dlm kondisi baik meskipun sblmnya paket tsb dititipkan pd tetangga.

    saya suka ngenes kl liat kurir anterin paket kerumah yg pagernya ditutup rapat,dipanggil berkaliยฒ ga ada respon.sedangkan mereka melayani bukan hanya 1 pelanggan saja.

    kl saya pribadi utk menghindari paket nyasar/dititip (krn rumah kosong), saya psti pilih pengiriman ke kantor

    • 28 April 2022 - (23:00 WIB)
      Permalink

      rumah saya 2 lantai, bawah kos-kosan, lantai atas rumah, akses (gerbang) selalu terbuka, tangga diluar (sebelah gerbang, jadi gak harus masuk kos2an untuk ke rumah saya), jadi gak ada masalah untuk akses langsung. notes jg daerahnya gang padat, gak mungkin gak terdengar kalo memang memanggil. disini kasusnya memang kesengajaan.

      bukan masalahnya paket diterima dengan baik, kalau seperti itu mau dititipkan ke RW sebelah gak masalah donk selama saya terima dengan baik ?

      dan saya harus ulangi sekali lagi fokus komplain saya bukan ke kurir, tapi JNE

      2
      6
      • 28 April 2022 - (23:35 WIB)
        Permalink

        Fokusnya ke JNE, bukan kurir? JNE ditempat saya selalu baik baik saja tidak pernah bermasalah. Anda tidak bisa memukul rata bahwa JNE buruk karena pengalaman pribadi Anda. Anda bukan hanya cocok dicap raja tapi anda cocok disebut hakim tukang vonis perusahaan A buruk karena bermasalah dengan anda.

        6
        3
          • 29 April 2022 - (04:08 WIB)
            Permalink

            Sama malah kagum dengan ke sok tauan anda.

            5
            2
          • 29 April 2022 - (04:28 WIB)
            Permalink

            Inti dari masalah ini loe emosi karena kurir titipkan barang ke tetangga loe. Lie ngamuk karena merasa dirumah, harusnya kasih ke loe. Untuk memastikan ya lie tanyabke tetanggal loe, kurir itu titip barang ke dia karena apa? Karena memang malas atau karena loe nya yang GK keluar rumah? Kalau kurir malas, ya loenboleh marah tapi kalau loe GK keluar berkali kali dipanggil ya wajar kurir titipkan tetangga loe. Loe menyalahkan kurir yangnbelum tentu kurir yang salah. Loe ngorok GK bangun itu salah satu contoh bahwa GK menjamin loe dirumah tapi tahu kurir datang. Disini fakta siapa yang GK beradab belum jelas siapa? Loe atau kurir? Jadi sangat wajar lebih banyak yang empati sama kurir daripada ke loe. Kalau loe beradab harusnya loenbisa berpikir dan tanya ke tetangga kejadiannya bagaimana bisa paket loe dititipkan ke dia tapi loe sudah ngamuk duluan. Jadi disini loe lah yang GK berada tapi sok merasa berada.

            9
            5
  • 28 April 2022 - (22:28 WIB)
    Permalink

    Kejadiannya sama kaya ane, cuman ya ane mikir mau gimana lagi namanya ekspedisi atau apapun itu gak ada yang sempurna, ya dimaklumi saja selama paketnya aman dan tidak melebihi estimasi pengiriman.
    Baru sekali kan? Kalo berkali kali baru bikin laporan.

  • 28 April 2022 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya ini lebih ke persoalan empati sih Pak/Bu. Coba Pak/Bu di posisi kurir, harus mengirim ratusan bahkan mungkin ribuan paket ke alamat yang berbeda dalam satu hari, harus on time, dan parahnya lagi Anda dibayar dengan sangat murah. Bagaimana perasaan Bapak/Ibu jika dalam posisi tersebut? Tentu tidak ada yang mau kerja seperti itu. Mereka terpaksa. Jika ada opsi pekerjaan lain yang lebih baik tentu mereka akan memilih opsi lain. Tolong dimengerti ini bukan masalah becus kerja atau tidak, tapi masalah respect dan kemanusiaan. Berterimakasihlah kepada mereka karena mau meringankan hidup anda meskipun dengan bayaran tidak seberapa. Maklumi kekurangannya.

    Entahlah, mungkin ratusan tahun dijajah membuat mental kita seperti ini: Gila hormat. Tolonglah ini hanya masalah “paket dititipkan tetangga” ada topik lain untuk dipikirkan yang membuat hidup anda lebih maju.

    FYI, kalau di luar negeri lebih sadis. Contoh di Amerika, paket hanya dilempar di teras atau ditaruh di depan pintu. Bersyukur hidup di Indonesia dimana masih ada nilai2 neighborhood.

    Demikian pendapat saya, kurang lebihnya mohon maaf.

    15
    • 28 April 2022 - (23:04 WIB)
      Permalink

      terimakasih pendapatnya, mohon agar bisa dibaca lagi dengan benar, cermat, dan baik tulisan saya. gak ada urusannya sama empati atau kemanusiaan. fokus komplain saya ke JNE sebagai ekspedisi. terimakasih

      17
      • 29 April 2022 - (04:00 WIB)
        Permalink

        Kak. Kalau beli online saat menjelang lebaran. Pesanan sangat banyak melebihi hari biasa. Jadi kalau semisal tidak terlulu penting, jangan beli menjelang lebaran, belinya setelah lebaran & kejadian seperti itu udah biasa kak. Karena dalam sehari kurir tuh pergi seharian kemana mana untuk antar barang pesanan. Bahkan ada yg sampai kehabisan waktu karena melebihi jam kerja, jadinya dikirim besoknya.. Pesanan sangat banyak kak. Satu kurir bisa angkut banyak paket kak. Gaji kurir juga sangat kecil.. Kalau kakak berada dirumah, kemungkinan kurir datang kerumah kakak tetapi kakak bisa jadi nggak dengar saat ada kurir datang. Apakah rumah kakak sunyi? Apakah kakak nggak ketempat lain, misal kekamar mandi? Apakah kakak benar benar merasa kurir nggak datang kerumah kakak? Kurir disini selalu kok kak datang naik ke lantai 4 rumah saya. Dan.. Apabila rumah digedor atau dipanggil tapi nggak ada yang nyaut, otomatis kurir bisa jadi titipkan paket di tetangga atau langsung taruh didepan rumah.. Kak coba bayangkan kakak jadi kurir pengantar barang.. Sehari antar puluhan paket.. Cari alamat pemilik barang. Apabila bertemu rumah susun yg bertangga, bukan lift, sangat capek naik.. Dibulan puasa seperti ini. Cobalah untuk saling memahami. Cobalah untuk sabar.. Mungkin aja kurir lagi terkena kendala atau udah mencoba hal yang terbaik tetapi itu belum diketahui oleh kakak.. Jangan berpikiran buruk dulu & bersyukur paket kakak aman.. Cobalah untuk berpikiran dingin dulu kak..

        12
        • 29 April 2022 - (07:47 WIB)
          Permalink

          Bakal percuma ngetik panjang kali lebar. Percaya deh. Intinya dia nulis ini untuk komplain, tanpa mau disanggah.

          • 29 April 2022 - (11:13 WIB)
            Permalink

            silahkan disanggah dengan bebas pak, ini media terbuka, ini (masih) negara demokrasi, jika sanggahannya masuk akal saya terima, jika gak masuk akal saya sanggah balik, jika nyeleneh ya saya ajak bercanda hihihi

 Apa Komentar Anda mengenai JNE YES?

Ada 258 komentar sampai saat ini..

Kurir JNE Menitipkan Kiriman Paket JNE YES Saya ke Tetangga

oleh liky dibaca dalam: 1 menit
258