Kurir JNE Menitipkan Kiriman Paket JNE YES Saya ke Tetangga

Saya menggunakan jasa ekspedisi JNE YES untuk pengiriman paket saya yang berupa alat elektronik dari pembelian di marketplace. Paket dikirim hari Minggu oleh penjual pada tanggal 24 April 2022, dan telah sampai hari Senin tanggal 25 April 2022, sesuai dengan tracking resi di marketplace. Nomor resi: TJX2343513294650 (live tracking marketplace terlampir).

Yang saya keluhkan adalah bahwa kurir JNE saat mengirimkan paket saya dengan sengaja dan seenaknya BUKAN kepada SAYA, tetapi TETANGGA tepat sebelah rumah saya. Saya tidak akan komplain jika saat itu saya memang sedang tidak berada di rumah dan paket dititipkan. Namun kondisinya pada saat paket dikirimkan saya sedang BERADA di rumah.

Kurir JNE dengan sengaja tidak mengirimkan paket ke rumah saya dan malah menitipkannya pada tetangga saya. Sebagai catatan, update live tracking menunjukkan paket tiba pukul 23:27, tapi paket sudah saya terima sekitar pukul 18:00-19:00. Ini berarti paket sudah dititipkan ke tetangga saya sebelum jam tersebut.

Sebagai konteks, tetangga sebelah saya memang kedai makanan yang buka 24 jam. Sedangkan rumah saya berada di sebelah di kontrakan lantai dua. Saya tidak tahu apa yang ada di pikiran kurir JNE dan alasannya, mungkin ingin cari gampang dengan menitipkan paket ke tempat ramai (gak mungkin gak bisa cari alamat saya, karena buktinya paket sampai tepat ke sebelah rumah). Namun apa pun alasannya saya tidak peduli, karena saya BAYAR untuk mengirim paket ke alamat SAYA, bukan ke alamat TETANGGA saya. Jadi jelas saya maunya paket sampai ke tempat saya, bukan saya harus ambil dulu titipan ke tetangga. Yang saya mau tanyakan:

  1. Apakah pelayanan luar biasa buruk seperti ini sudah sesuai dengan SOP JNE?
  2. Apakah memang dibenarkan dan diinstruksikan agar kurir JNE buat cari tempat titipan yang paling mudah dan gampang?
  3. Apakah JNE YES layanan kilat asal-asalan yang penting sampai walaupun bukan ke alamat penerima yang benar?
  4. Apakah JNE mau bertanggung jawab jika pelayan buruk seperti ini suatu saat mengakibatkan barang tidak diterima oleh penerima yang benar ?

Demikian surat keluhan saya, semoga ekspedisi ini bisa berbenah diri dan melayani dengan benar.

Liky Ardianto
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

267 komentar untuk “Kurir JNE Menitipkan Kiriman Paket JNE YES Saya ke Tetangga

  • 29 April 2022 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Kita memilih layanan itu mengharapkan layanannya sesuai apa yg di tulis sama pihak pemberi jasa ga peduli juga biayanya 1 rupiah atau 1 triliun ini bukan maslaah kemanusian ini masalah perjanjian dan profesionalitas kalo ga sesuai yg tertera berarti sudah melanggar perjanjian yg sudah di sepakati, biasain jadi profesional klo kerja ya kerja yg bener sesuai sop gmna negara kita mau maju klo masalah kecil aja ga bisa di selesaiin?
    Emang contoh buruk di tempat org anda jadiin standrt buat di negara kita?? Yaa klo contoh anda begitu, hal buruk di indonesia ga perlu di benerin banyak negara yg lebih buruk

    2
    6
    • 29 April 2022 - (00:50 WIB)
      Permalink

      sangat disayangkan banyak orang indonesia juga yg gak ngerti hak-haknya sendiri sebagai konsumen untuk menyampaikan keluhan di muka publik yg dilindungi hukum, padahal sudah ada platform yg akomodatif seperti ini

      4
      5
    • 29 April 2022 - (04:12 WIB)
      Permalink

      Itu sdh sesuai dgn layanan yg di berikan, anda beli paket dgn estimasi 1 hari, ya hrs 1 hari. Kalau tuh org sulit di temui ya hrs ada solusinya dgn di titipkan ke tetangga sebelah. Kalo di bawa balik dan di antar besok, tar tuh org komplain lg karena estimasi sehari jd 2 hari. Paham sampai dsni?

      12
      6
      • 29 April 2022 - (11:16 WIB)
        Permalink

        baca pelan-pelan, tarik nafas, minum dulu, dari tadi sih kayaknya anda yg gak paham-paham

        3
        3
          • 30 April 2022 - (15:27 WIB)
            Permalink

            dari cara anda berpendapat, keterbatasan ketidakamampuan memahami bacaan dan keterbatasan penggunaan kalimat saat menulis (banyak pakai kata2 tidak perlu seperti wkwkwk) plus kecenderungan memakai kalimat umpatan dalam berdiskusi, sepertinya bisa dinilai sih siapa yg “cacad otak”.

            semoga lekas membaik

            2
            1
          • 4 Mei 2022 - (07:27 WIB)
            Permalink

            Pak mulya kl comment hati2 loh bisa msuk k uu ITE…

      • 30 April 2022 - (05:05 WIB)
        Permalink

        Nahh iyaa bener, kemungkinan orang nya sulit ditemui. Makanya kurir gak ambil pusing titip di tetangga saja..

        2
        1
        • 5 Mei 2022 - (20:43 WIB)
          Permalink

          Ribet Ente Mbk ..
          Intinya Paket anda sampai ketangan anda kan ?
          Jgn memperibet sesuatulah .
          Bs jd itu kurir tkut paket bawaannya Hilang,atau krn paketnya masih banyak.
          Dengan anda menulis seperti ini bsa jadi sikurirnya Kena sanksi dr perusahaan atau dipecat .Kalau tu kurir Tulang punggung keluarganya atau Punya anak dan Istri,Gara2 komplainan ente Sikurir dipecat/potong gaji ? Bisa ente Ganti ?
          Ente terlalu cepat ambil keputusan,tanpa pikir panjang.Ente terlalu sok sok Berwibawa,Sok yes di hadapan publik.
          #savekurir

          2
          1
      • 4 Mei 2022 - (07:21 WIB)
        Permalink

        Pak dbca loh..itu paket smpai jm 7 bukan jm 23.30…msh sore loh itu….kl pket bner2 smpe jm 23.30 y gpp dttpkn k tetangga mslhnya itunah msh jm 19..kurislr kan pny no hpe si penerima knp gak dtlp kl memang msh bgung sm alamatny.kl dia ttpkan k tetangga g dsmpein k penerima alsinya piye?…budayakan baca yang bner…

        • 4 Mei 2022 - (11:05 WIB)
          Permalink

          Anda yg sok iye. Kurir nitip ke tetangga bs jd karena yg punya paket di panggil2 ga nyahut. Ekspedisi mana mba yg paket msk jam 7 malam lgsg di anterin malam itu jg? Tp karena itu service yes makanya lgsg di anterin. Kalau di anterin esok, nanti komplainnya lain lg. Pahami dl apa itu service2 ekspedisi.

          1
          2
      • 4 Mei 2022 - (10:43 WIB)
        Permalink

        Tidak bisa bgtu…jika anda mau paket anda dikrm ke tetangga ya silakan tapi kami tidak! Tidak dibenarkan paket dikrm ke pihak lain selain penerima tanpa konfirmasi terlebih dahulu, sangat beresiko hilang dst. Kdg kurir mmg sangat tdk profesional, harap diperbaiki SOP dr expedisi2 tsb karena bs sangat merugikan para pengguna jasa.

        • 4 Mei 2022 - (11:07 WIB)
          Permalink

          Ini nih tipe2 org yg mau seenaknya. Kalau anda ada dirumah dan ketika kurir dtg dan anda lgsg keluar bgtu di panggil, kurir jg ga akan nitipin paket anda ke tetangga. Haduh nih org.

          2
          2
          • 22 Agustus 2022 - (19:02 WIB)
            Permalink

            Susah omg sm org bodo yg tdk punya otak, itu tugas kurir jd hrs diselesaikan. Kalo kurir kayak kamu ga lama juga kena PHK.

    • 29 April 2022 - (07:29 WIB)
      Permalink

      Setau sy kalo kurir manggil2 gak ada yg nyahut dan tetangga juga sepi maka paket dibawa lagi. Tapi kalo tetangga sebelah ada yg kliatan aktif dan dinilai baik/ramah, maka paket akan dititip ke tetangga sbelah. Jarang kurir mau telpon Krn tuk telpon dgn pulsa ga ada pergantian Dari kantor, dan kalo pake kuota wa maka akan memperlambat kerja kurir mengingat nomor telpon pembeli harus disave dulu, wa pembeli belum tentu lagi aktif dll, sementara kurir bawa belasan/puluhan paket lain tuk segera diantar ke banyak tempat. Layanan JNE termasuk yg paling bagus sy kira. Yg pnting paketnya selamat, tetangga juga ga usil buka2 paket, itu aja udah disyukuri. Apalagi JNE terbilang responsif menanggapi keluhan konsumen, padahal cuma konsumen lepas kan sifatnya. Ktimbang sy (maaf melenceng) ditipu oleh first media, sy upgrade pindah paket ke yg lebih tinggi dgn janji biaya bulanan Rp 440 ribu sudah termasuk biaya pajak dll, ditambah penambahan langganan smitshonian channel sebesar Rp 15 ribu. Total tiap bulan sy wajib bayar Rp455 ribu. first media juga menjamin tidak akan naik biaya langganannya selama setahun dgn jaminan pembicaraan direkam sehingga mreka tidak mungkin bohong. Tapi ternyata dari bulan pertama aja ditagihnya perbulan Rp460 ribu. Sudah bgitu channel smitshonian yg dijanjikan ternyata BOHONG. Skrg Tiap bulan sy tetap wajib bayar biaya langganan untuk channel smitshonian, padahal channel itu gak dibuka untuk sy tonton. Sy telpon sales dilempar ke cs, sy telpon cs dilempar ke sales, bgitu trus slama 1 Minggu sampe akhirnya sy nyerah. Sialnya, area sy tinggal belum terjangkau tuk provider lain. Nah sindikat penipuan first media gini yg seharusnya diviralkan Krn tiap bulan sy musti bayar langganan channel Smithsonian yg sebenarnya tidak ada. Kalo cuma paket JNE mah cuma Skali doang konsumen bayar, barang pun ditrima dgn selamat, ngapain juga pusing. Hidup cuma sekali pak..dinikmati aja.

  • 29 April 2022 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Pak liky,
    Setelah saya membaca kronologis permasalahannya. Sebetulnya ini emang salah sprinter sih. Mungkin ngejar timing. Yah mau gimana lagi pak kemungkinan kebut target antrian target kirinan lebaran.
    Mungkin untuk kedepan jangan lagi pake kurir itu. Mungkin anteraja yang lagi viral kecepatannya.

    2
    5
    • 29 April 2022 - (00:58 WIB)
      Permalink

      iya memang sepertinya karena efek lebaran yah pak jadi asal-asalan begini, lihat ada warung buka sebelah rumah main asal titip saja.. soal kurir saya memang sudah maklum pak, karena itu yg saya komplain perusahaan ekspedisinya. makanya ajaib juga banyak yg gak baca anggap saya salahkan kurir sprinter

      untuk kedepannya memang akan stop dl pakai ekspedisi apapun

      2
      1
  • 29 April 2022 - (00:28 WIB)
    Permalink

    saya juga sering paket dititipin ke tetangga padahal rumah pas banget sampingan, memang barangnya sampai dg selamat tp ada rasa gak enak gt sama tetangga karena saya ngerasa ngerepotin

    mungkin penulis artikel ngerasa kyk saya jg, dan paketan itu kn kyk privasi ya (mnrt saya)

    4
    1
    • 29 April 2022 - (01:01 WIB)
      Permalink

      betul, selain karena merasa gak benar bayar kirim ke rumah tapi malah dikirim ke alamat lain, juga gak enak karena dengan tetangga sebelah rumah berhubungan baik, makanya cukup kesal kok main asal titip saja tanpa babibu. dan setuju paket juga buat saya privasi

      • 4 Mei 2022 - (00:19 WIB)
        Permalink

        Pertanyaan menggelitik yang bagus… Bagi sy tidak ada masalah asalkan barang sampai dengan selamat. Kadang kalau kesulitan cari alamat, saya suruh titipkan ke terangga/warung terdekat. Daripada barang dibawa lagi. Kalau g ada orang di rumah, suruh gantungin aja depan pintu. Simpel saja.

        3
        1
        • 5 Mei 2022 - (23:29 WIB)
          Permalink

          Klo amrik paket dititip depan pintu gitu, sering ilang pak.. sebutannya disana “porch pirate”

    • 4 Mei 2022 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Saya kasih paham isi hati kurir, karena kebetulan sya pernah jadi kurir dan juga sering jadi pelanggang.

      Kurir perhari bisa bawa 200++ paket, kadang dari alamat 1 ke yg lain nya bisa makan waktu 10-30 menit, tergantung dari sistem pembayaran, kalau COD pasti lebih lama lagi prosesnya kadang bisa sampe 30 menit, belum lagi ada buyer yang salah kasih alamat atau alamat kurang lengkap. Contoh, tidak ada RT, RW, No rumah, bahkan hanya di tulis kontrakan aja .
      Dan ada juga buyer yang sudah di panggil, ketok2 tp ga keluar2 itu menambah durasi lagi.
      Nah kadang sudah dipanggil susah di telpon ga di angkat2, di chat ga respon, atau bahkan nomor ga bisa di hubungi sama sekali.
      Dari trouble kurir itu bisa bayangkan dong, berapa jam dia bisa habisin paket itu.
      Kurir masuk jam 6-7 pagi, kadang pulang jam 11 – 12 malam, belum lg harus kembaliin paket yang gagal kirim ke gudang, setor uang COD .

      Jadi pahami aja sama2.
      Untuk teman2 kurir biasakan konfirmasi by phone dlu jika memang tidak ada respon jangan main titip tanpa konfirmasi, karena saya juga sering belanja main titip2 aja, bahkan saya ga tau paketnya ada dimana.

      Dan untuk para buyer, tolong kasih nomor yang aktif dan mudah di hubungi, dan biasakan liat notif di aplikasi belanja masing2 jadi jika paket sudah di perjalanan bisa standby di rumah dan siapin uang COD nya (jika COD). Dan jika memang di jam kerja ga ada orang di rumah kasih catatan kirim jam brp, atau bisa di titip dimana, karena ada fitur yang namanya “Catatan”.

      • 5 Mei 2022 - (23:35 WIB)
        Permalink

        Nah ini, sebenarnya yg paling baik dan aman buat kurir itu konfirmasi dulu.. kebetulan saya kenal baik sama kurir² dari ekspedisi berbeda, yg operasional ke daerah saya.. kenal baik dalam artian, kenal sebatas hubungan antar barang saja. Nah, walaupun mereka antar sampai ke tangan saya, tetep mereka konfirmasi via WA lebih dulu.. jaman sekarang siapa sih ga beli paket?.. inet skrg jadi kebutuhan primer. Klo kurir yg baru, biasanya by phone dulu mereka. Untungnya Orangnya mantap² kinerjanya kurir di tempat saya.

  • 29 April 2022 - (01:29 WIB)
    Permalink

    Kalau Saya malah sebaliknya pak.. paket Saya sampai di rumah, tapi.. DILEMPAR lewat Pagar.
    Padahal Saya waktu itu pesan barang pecah belah. Ya walaupun sudah di bubble wrap Dan tidak ada yang pecah, tapi ya tetep aja ya.. kayak disepelekan, padahal Kita sudah bayar sesuai dengan yang mereka minta, setidaknya Saya berhak mendapatkan jasa mereka. Padahal saat itu kondisi Saya ada di Rumah, di Pagar pun ada tulisan “Silahkan prncet bell” Dan ga ada pesan yg masuk ke hp saya.

  • 29 April 2022 - (03:36 WIB)
    Permalink

    Menurut saya kurir JNE memang perlu
    Di tatar di sekolahin
    Bagus pakai Lion Parcel
    Atau SiCepat sejauh ini
    Tidak pernah bermasalah.

    2
    4
          • 30 April 2022 - (13:09 WIB)
            Permalink

            semoga diberikan bonus dan insentif yang sepadan dari perusahan anda ya pak atas kegigihannya. JNE pasti kagum punya pegawai seperti anda

            4
            1
        • 6 Mei 2022 - (00:13 WIB)
          Permalink

          Sy komen kontra sama penulis yg ditagih DC karena telat bayar, di bilang DC, sy komen kontra di tulisan anda, dibilang org ekspedisi. Pemikiran pintar dari org2 otaknya dangkal.

          1
          2
  • 29 April 2022 - (04:32 WIB)
    Permalink

    baca komen nya jadi kaya lawakan , merasa paling bener ini TS , gak liat efek omongan nya seperti apa , seolah dia yang paling punya uang cuma bayar biaya paket beberapa ribu, seolah paling kuasa , padahal udh di bully terus2 tapi tetep dengan pola pikir nya merasa benar, barang sudah sampai ke tangan dia dengan lengkap dan aman , semoga semua pihak mendapatkan pencerahan , jangan sedikit2 komplain , lebih baik bikin spanduk di depan rumah , paket bawa ke atas , alhamdulillah masih punya tetangga baik ,

    5
    7
  • 29 April 2022 - (04:32 WIB)
    Permalink

    “Fokus pda pernyataaan anda” yg dituju adalah perusahaan ekspedisinya menurut anda, akan tetapi apakah anda memikirkan dampak yg nntinya akan dialami oleh sang kurir ?? ,Tulisan yg anda muat menurut hemat saya luapan kekesalan terhadap kurir perusahaan ekspedisi trsbt.
    saran sya, alangkah baiknya nnti anda mengunakan jasa ekspedisi yg pernah mengantarkan barang pesanan anda sampai di tangan anda. Seharusnya kan anda sudah tau jasa ekpedisi mana yg ketika mengantar barang itu sampai pada anda langsung. Agar tidak ada yg merasa dirugikan dikemudian hari.

    7
    2
  • 29 April 2022 - (05:33 WIB)
    Permalink

    Buat penulis kalo takut paket di titip tetangga seharusnya bila tahu paket akan sampai di hari sekian. harus ad org di rumah jangan di biarkan kosong. Terus di alamat kan bisa di berikan keterangan buat kurirnya. Saya sendiri kalo lagi tidak di rumah saya akan pesan kurirnya buat di aatar ke esok harinya atau ke kantor layanan ambil paket. Bukannya kurus juga bisa menelepon penerima paket karena sudah tertera no HP

    • 29 April 2022 - (11:19 WIB)
      Permalink

      mohon dibaca ulang kembali dengan lebih seksama pak, kronologi dan kondisi saat itu sudah saya terangkan dengan jelas. terimakasih

      4
      2
  • 29 April 2022 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Barang nyampe tidak ada kerusakan dan dititipkan tetangga sebelah masih ribut juga mau cari sensasi saja baru pertama kali ya belanja online dikaki lima aja Broo biar barangnya bisa langsung diterima ???

    6
    3
  • 29 April 2022 - (09:04 WIB)
    Permalink

    bnrr jga ituh kta bung ocky klo mo jls ditny ketetangganya baik2 knp barangny dititipin dsni,knp gk lngs antar kermh pdhl kn cma sebelahan,. sapa tau mang ad alasanya,mgkn kurirnya cerita knp hrs smpe dititipin,, cb ditny tetangganya ap jwbnya

  • 29 April 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Harusnya dikasih keterangan, bahwa anda tinggal dilantai 2, pastikan juga kos2annya pagar depan tidak terkunci, beberapa tempat kos tidak mengijinkan pihak kurir masuk, barang diletakan dikeranjang, dikomplek elit atau pemerintahan pun kadang dari depan pos security sudah dilarang bawa masuk paket, dan minta ditaruh disana, diappartemen dan lokasi pergudangan barang dititip dilobby, serta upload real time aplikasi jam 11 malam paket diantar, anda masih melek nggak bos… Tolong lebih bijak sedikit menggunakan media konsumen, selama paket itu aman, masih utuh dan sampai, hanya sedikit masalah, jangan bawa2 kepublik, kan ada layanan hotline costumer service nya, telephone kesana lah bos, jadi next time order bisa ditandai bahwa paket urgent dan harus sampai keorangnya langsung. Paham Bos

    6
    1
  • 29 April 2022 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Masalah lu apa sih ndro sampai jadi bahan bulian yang lain…
    Lu tau kurang piknik…
    Saran gw seh ye…
    Coba dweh lu banyakin senyum, dan hati lu banyakin bersyukur, dijamin dweh hidup lu lebih adem…
    Gak bakalan ada lagi tuh koar koar di media konsumen, kalo paket lu dititip tetangga sebelah…
    Jangan lupa bahagia ya dro..?

    3
    2
    • 29 April 2022 - (11:22 WIB)
      Permalink

      kebetulan tetangga sebelah sih warung ayam goreng dan minuman dingin pak, mungkin sekalian cari buat bukaan sore2, biar lebih kuat puasa.

  • 29 April 2022 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Padahal jangan dititipkan tetangga guys, kalo ga nyaut mending dibawa lagi saja ke kantor… jadi nanti bikin surat pembacanya bukan tentang salah kirim alamat, tapi servis yes tidak sesuai harapan,sehari tidak sampai.

    6
    2
  • 29 April 2022 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Ijin nimbrung ya gan
    Ini pengalaman pribadi, setahu saya dlu pas masih kerja di ekspedisi (masih jamannya tanda terima via AWB – kertas yg wajib di TTD penerima) kita wajib TLP ke penerima atau wa ke penerima saat pengantaran jika dirumah tidak ada orang atau alamat ngga ketemu baru paket bisa dibawa balik atau dititip ke tetangga (dlu awal2 wa jadi ngga banyak konsumen yg punya) kalaupun dibawa balik ke kantor bakal berkurang tar penilaian harian, lumayan ngaruh ke insentif.
    Jadi klo memang kurir ada bukti bahwa sudah mencoba menghubungi tapi ngga bisa ya ngga masalah klo dia ttp ke tetangga atau dibawa balik ke kantor (ngenes bos klo bawa balik ke kantor bisa2 performa turun)

    Untuk konsumen alangkah baiknya klo minta tlg ke tetangga (warung) untuk bilang ke kurir agar paket Anyer aja langsung ke rumah jangan dititip, kasih info langsung naik aja ke lt 2, klo diketok atau dipanggil ngga keluar taro aja depan pintu, beres dah

    Saya jga pernah kejadian SPT itu, kiriman kerumah tapi karena saya ditoko terus dari pagi sampai sore makanya paket dititip ke tetangga, setelah minta tolong ke tetangga yg sering ketitipan paket saya buat infoin kekurir klo kirim ke toko saja (toko saya didepan gerbang perumahan – rumah saya agak dipojok dalam perumahan) sampai sekarang kurir langsung antar ke toko kecuali dia kurir baru

    • 29 April 2022 - (13:03 WIB)
      Permalink

      silahkan nimbrung gan

      betul, setau saya juga memang SOP nya seperti itu, sekarang inipun biasanya selalu konfirmasi via WA bukan, kalo sedang dalam pengiriman atau akan menuju ke alamat yg dituju ? sayangnya kemarin memang tidak ada komunikasi apa2 dari kurir bahwa paket dititipkan, jadi saya simpulkan memang kurir tidak mencoba dan tidak ada buktinya mencoba menghubungi saya (saya ada dirumah terus) dan langsung dengan sengaja menitipkan ke tetangga, jadi setuju kalo kasus saya bermasalah donk ?

      “Untuk konsumen alangkah baiknya klo minta tlg ke tetangga (warung) untuk bilang ke kurir agar paket Anyer aja langsung ke rumah jangan dititip, kasih info langsung naik aja ke lt 2, ”

      biasanya memang seperti itu dengan kurir lain atau driver online, tapi untuk kasus ini dari keterangan tetangga setelah diarahkan untuk langsung ke rumah sebelah si kurir malah minta untuk menitipkan paket kepada beliau.

      2
      2
  • 29 April 2022 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Kelihatannya hidup Anda penuh masalah karena tinggi hati sehingga selalu ingin dilayani sepenuh hati dengan pelayanan maksimal. Jika tidak sesuai dengan ekspektasi, Anda langsung sakit hati, tidak terima, dan langsung komplain.
    Kita-kira begitu jika saya menganalisis untuk memahami artikel dan balasan komentar Anda.
    Semoga kedepannya Anda lebih berempati, dan jangan tinggi hati.

    5
    2
    • 29 April 2022 - (14:47 WIB)
      Permalink

      anda bayar barang atau jasa, pasti mau dapat sebagaimana yg dijanjikan penyedia barang dan jasa donk ? kalau beli celana biru ya dapat celana biru bukan warna lain, kirim barang sampai rumah ya dikirim sampai rumah bukan ke rumah orang lain. jika penyedia jasa berbohong dan tidak memberikan sesuai yang sudah disepakati ya hak anda sebagai konsumen untuk komplain melakukan pengaduan diakomodasi dan dilindungi hukum, mengerti konsep sederhana ini ?

      bukan salah saya kalau tingkat kesadaran dan pengetahuan anda soal perlindungan konsumen kurang baik.

      2
      2
      • 29 April 2022 - (22:31 WIB)
        Permalink

        Nah disini masalahnya adalah ekspektasi agan, kalau kurir online (gofood, shopeefood, grabfood, gojek instan, you name it) itu memang layanan instan alias private, anda bayar untuk melayani diri anda seorang, dan memang jobdesknya harus diterima ke konsumennya langsung kecuali konsumennya request lain. Makanya anda bisa langsung chat-an sama orangnya. Wajar harganya paling mahal.

        Nah kasus agan (JNE YES) itu tergolong ‘mass delivery’, anda ‘patungan’ dengan customer lain. Jadi jangan berharap pelayanan yang sama dengan layanan diatas. Jobdesknya mengantar ke alamat yang benar sesuai waktu yang ditentukan (1 hari), tidak ada keharusan mengikuti request customer. Yang penting sampai di alamat yang bener tepat waktu. Thats it. Kalau si kurir titip tetangga, sebenarnya itu masih bisa dimaklumi. Kenapa? Coba bayangin setiap customer rewel seperti anda minta dihubungi dulu. Lets say satu customer paling cepet 6 menit dari dihubungi sampai terima paket. Sedangkan kurir bawa 100 paket. Udah inefisiensi 10 jam sendiri (600 menit). Yang rugi siapa? Ya customer lain.

        Solusinya kalau tidak mau dititip tetangga atau mau anda sendiri ya anda rajin2 cek resi. Tau resi kan? Nah saat status kurir sudah OTW ke rumah anda, anda standby di depan. Males nunggu? Sama kurir juga males nunggu anda karena harus bawa paket lain dan waktu manusia hanya 24 jam. Kalau mau cepet dan sesuai keinginan anda ya sewa yang instan, itupun kalau anda punya duit sih.

        6
        1
        • 29 April 2022 - (22:42 WIB)
          Permalink

          ” Yang penting sampai di alamat yang bener”

          betul, ini yg penting, sampai ke alamat yg bener, sesuai dengan alamat di tujuan pengiriman, kepada penerima paket yg dikirim. masalahnya, paketnya sampai ke tetangga, tidak sampai ke alamat yg benar sesuai dengan alamat di tujuan pengiriman, kepada penerima paket yg dikirim, karenanya ada komplain ini.

          baguslah kalau anda paham

          2
          2
          • 29 April 2022 - (22:45 WIB)
            Permalink

            Alamat beda dengan penerima. Kalau mau terima langsung keluar mas jangan didalam. Tungguin tuh kurir.

            2
            1
          • 29 April 2022 - (23:00 WIB)
            Permalink

            jadi menurut logika anda yg luar biasa ajaib itu, (contoh saja) jl. mangga 1 no,2, jalan mangga 2 no3, jalan mangga 4 no.5, itu alamat yg sama yah, yg penting sama-sama jalan mangga, penerima dan rumah beda gak jadi soal, toh nanti ada tetangga yg baik nganterin sendiri ke penerima yg seharusnya.

            kagum sama logika warganet, kreatif dan imajinatif.

            1
            3
          • 29 April 2022 - (23:04 WIB)
            Permalink

            Pertanyaan saya di rumah anda ada orangnya yang standby gak? kalau gak ada ya salah anda

            3
            2
          • 29 April 2022 - (23:08 WIB)
            Permalink

            pertanyaan saya anda sudah baca jelas artikel diatas dengan baik dan benar ga ? kalo masih tanya ya salah anda

            3
            2
          • 29 April 2022 - (23:10 WIB)
            Permalink

            Hak anda hanya diantar bukan ditungguin. Catat ini. Sekali lagi anda membayar untuk diantar bukan ditungguin. Saya ulangi lagi sekali lagi biar anda paham, hak anda hanya diantar bukan ditungguin.

            Kalau dirumah (alamat sebenarnya) anda tidak ada yang mau nerima, tidak ada yang standby, ya jangan salahin kurirnya yang titipin ke tetangga yang “mau nerima”. Salahin diri anda sendiri kenapa gak mau keluar duit lebih buat pilih yang private (instan) buat nungguin anda. Sampai sini paham? saya kira orang seperti anda tidak akan paham deh wkwk.

            5
            2
          • 29 April 2022 - (23:16 WIB)
            Permalink

            betul, hak saya cuma diantar, masalahnya hak saya tidak diberikan karena barang tidak diantar ke rumah saya, tapi kerumah tentangga, Saya ulangi lagi sekali lagi biar anda paham, hak saya tidak diberikan karena barang tidak diantar ke rumah saya, tapi kerumah tetangga, Sampai sini paham? saya kira orang seperti anda jangankan paham, membaca dengan benar saja tidak bisa deh

            3
            2
        • 29 April 2022 - (23:07 WIB)
          Permalink

          “cepet 6 menit dari dihubungi sampai terima paket. Sedangkan kurir bawa 100 paket. Udah inefisiensi 10 jam sendiri (600 menit). ”

          kurir kerjanya gak bodoh-bodoh amat kayak gini pak, tiap paket pasti udah di sortir, per kelurahan, per RW, atau per RT, supaya dalam satu jam bisa kirim 10,20, atau 30 paket. ngaco amat hitung2an kayak gini

          kecuali anda sendiri yg cara kerjanya asal-asalan begini, ya pantas inefisien

          1
          2
          • 29 April 2022 - (23:11 WIB)
            Permalink

            Itu asumsi bos, tau asumsi?

            4
            2
          • 29 April 2022 - (23:13 WIB)
            Permalink

            asumsi sama ngasal dan asbun beda bos, tau ngasal dan asbun ?

            2
            1
          • 29 April 2022 - (23:18 WIB)
            Permalink

            Ya boleh anda pake asumsi apapun, tapi intinya kurir tidak ada kewajiban buat nungguin penerima asli buat terima paket. Itu makan waktu.

            Jawab dulu pertanyaan saya: ada tidak manusia di rumah anda yang standby? kalau ada dan kurir milih ke tetangga berarti yang gak becus kurirnya. Dan anda berhak protes. Jawab dulu ini.

            2
            3
          • 29 April 2022 - (23:19 WIB)
            Permalink

            standby dalam hal ini once kurir sampai orang di depan pagar buat nerima paket

          • 29 April 2022 - (23:24 WIB)
            Permalink

            kalau gak mau makan waktu lain kalo anda jangan keliling kirim barang, WA calon penerima paket satu2 supaya datang ambil paket sendiri ke rumah anda, anda tinggal ongkang ongkang aja seharian, pasti gak akan makan waktu, atau gak usah kerja sekalian sepertinya lebih gak makan waktu tuh pak

            Jawab dulu pertanyaan saya, anda komen ngalor ngidul udah baca kronologi dan kondisi di artikel dengan jelas dan benar belum sampai2 masih nanya lagi, Jawab dulu ini.

            2
            1
          • 30 April 2022 - (00:12 WIB)
            Permalink

            Perkelurahan anda pikir cm segelintir doang yg paket. Ngeyel dan sok tau bgt nih org, muaaakz sy lihat komen2 anda

            4
            3
        • 30 April 2022 - (00:15 WIB)
          Permalink

          Sdh ga usah di ladeni, percuma di jelaskan jg. Org yg kelihatan pintar itu aslinya tolol, ya itu dia.

          4
          2
          • 30 April 2022 - (06:36 WIB)
            Permalink

            Setuju mas dia tipe orang yang kalau dikasih tau yang bener ngeyel, bodoh tapi merasa pintar. Tipe orang yang hati sama akalnya gak jalan. Bener kata salah satu orang hebat “saya bisa menang berdebat dengan orang pintar manapun, tapi saya kalah berdebat dengan orang bodoh”

            5
            2
          • 30 April 2022 - (13:11 WIB)
            Permalink

            ga usah di ladeni kok diladeni terus pak ? katanya muaaakz lihat komen2 tapi dlihatin terus ? instruksi dari JNE pusat atau inisiatif anda saja sebagai pegawai teladan ?

            3
            2
          • 30 April 2022 - (13:31 WIB)
            Permalink

            bagus pak quotes nya, just info saja barangkali anda gak tahu, itu perkataan imam syafi’i.

            dan setuju sama kata-kta imam besar syafi’i, berdebat sama orang yg baca artikel saja tidak mau atau tidak bisa pasti gak ada gunanya, makanya anda cuma saya tanggapi sekadarnya.

            1
            1
    • 2 Mei 2022 - (08:35 WIB)
      Permalink

      Jd kurir cari alamat gak gampang lohhh. Apalagi dapat alamat yg pemilik rumah nya digetok gak buka2. Alasan nya ada dirumah lagi dibelakang. Tp kurir getok gak buka pintu.

  • 29 April 2022 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sih mungkin ada beberapa pertimbangan ya kalo mau Up MK dari masalah yg saya tangkep ini
    Pertama memang hak sebagai konsumen adalah diantarkan barang sampai kepada lokasi tujuan, karna ini adalah amanah
    Kedua, seberapa sering paket anda dititipkan ke warung sebelah, jika dalam 10 paket, hanya 1-2 paket yg dititipkan ketetangga menurut saya msh dlm kategori wajar ya, karena dunia ini tidak sesempurna mau kita
    Ketiga, mungkin sebenernya bisa langsung ke JNE kali ya gausah Up ke MK, tapi ini pilihan sih karena dilihat dr komen kalo kita ambil survey, mungkin sekitar 80-85% mengganggap hal ini adalah hal biasa yg bisa ditangani sendiri.
    Terakhir, ini sebenernya masalah oknum ya kayaknya, ditempat saya nggak pernah sih titip ketetangga kecuali nggak ada dirumah ya sesuai yg TS bilang.

    Gitu aja sih, ini menurut saya, jika berbeda silahkan, jika cocok bisa dipertimbangkan

    • 29 April 2022 - (16:17 WIB)
      Permalink

      “Pertama memang hak sebagai konsumen adalah diantarkan barang sampai kepada lokasi tujuan, karna ini adalah amanah”

      betul, ini saja sih inti komplain dan keluhan saya pada JNE, sesimpel ini, gak kurang gak lebih.

      sebelum up ke media tentu saya sudah coba komplain via website JNE (askjoni), dan WA ke nomer yg tertera di notifikasi dengan tanpa hasil, pun sebenarnya jika saya tidak komplain langsung ke JNE sebelumnya saya rasa bukan masalah karena medikonsumen sendiri cuma platform untuk berbagi keluhan pelanggan, bukan lembaga advokasi, dan artikel ini jg bukan gugatan hukum.

      soal sudah berapa kali sebenarnya kurang relevan karena terakhir saya cek syarat dan ketentuan mediakonsumen tidak disebutkan bahwa harus 10-20-50 kali kasus dahulu untuk membuat surat keluhan, pun begitu juga dengan UU perlindungan konsumen, selama saya memenuhi syarat untuk disebut sebagai konsumen,

      terima kasih untuk pendapatnya yg disampaikan dengan baik

      1
      2
  • 29 April 2022 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkwk netijen indo emang paling bijak lah kalo komen. Inti masalahnya aja gak tau tp nimbrung komen jadi si paling bijak. TS nya malah di suruh maklum disuruh wajar..wkwkwk. harusnya gini dong kalo wajar “dititip tetangga ga masalah tp di konfirmasi ke pemilik paket by WA kalo dititipin tetangga, kalo misal WA nya ga aktif ya harusnya di bawa balik kantor” itu baru wajar dan bertanggung jawab drpd paket hilang tar di komplain hilang ga terima.

    • 30 April 2022 - (00:19 WIB)
      Permalink

      Dibawa balik ke kantor? Wkwkwkwk, sok iye anda. Service yes itu sehari sampai, sdh pasti hari itu jg hrs terkirim, dan di titipkan ketetangga itu salah satu solusi. Kalau paket yes di bawa balik lg ke kantor trs di antar besoknya, nanti dia komplain dgn alasan tdk sesuai estimasi. Anda ga tau apa2 tp sok tau

      3
      4
      • 30 April 2022 - (04:04 WIB)
        Permalink

        Wkwkwkwk saya jelas ngerti bos masalah YES dll. Tp kalo anda bilang dititipin tetangga tanpa konfirmasi ke pemilik paket itu salah satu solusi ya mohon maaf itu ga ada tanggung jawab sama sekali.

        • 30 April 2022 - (12:25 WIB)
          Permalink

          Kurir gada waktu banyak bos mau konfirmasi ke org2 yg paketnya bermasalah, mau brpa banyak org yg hrs di konfirmasi satu persatu. Kecuali anda pake service vip dgn harga ratusan ribu, pasti kurir pun akan menghubungi anda.

          1
          6
  • 30 April 2022 - (00:48 WIB)
    Permalink

    Ya saya sepakat dgn pernyataan bahwa kurir seharusnya tetap mengirim ke penerima yg benar, atau setidaknya mencoba menelpon atau mengabari anda.
    Tapi saya menganggap statemen “pelayanan luar biasa buruk” rasanya lebay. Apakah paket anda hancur? Atau anda diludahi? Atau anda dimaki-maki kurir? Seberapa luar biasa masalah anda ini?
    Apakah ini pertama kali anda menggunakan jasa JNE? Apakah anda sudah membandingkan pelayanan dgn jasa kirim lainnya? Jika memang JNE konsisten melakukan hal tsb, mungkin tepat untuk tanya SOP. tapi jika cuma satu kurir lalu anda tanya SOP, lha seberapa luarbiasa buruk sih?
    Apakah kalau anda ke restoran trus pelayan nya gak senyum, gak ramah, lalu anda mau tanya SOP restoran nya juga? Atau kalau ada pelanggaran aturan lalu lintas, anda mau tanya pembuat peraturan nya juga?
    Satu oknum tidak bisa menjadikan dasar menghakimi keseluruhan. Come on.
    Jangan membesarkan masalah yg bisa diatasi dgn simpel. Cukup dgn komplain ke JNE, atau ke kurir nya langsung untuk paling tidak kontak dulu jika mau dititipkan atau bagaimana.
    Maafkan kalau kurir ini salah. Jangan dibesarkan.

    • 30 April 2022 - (04:14 WIB)
      Permalink

      Setuju pak soal setatement TS saya rasa kurang tepat disitu. Yg saya heran banyak netizen komen yg intinya “ada bel gak drmh?ada yg ketok pintu gak,harusnya bersyukur paket diterima dgn baik” ini gak masuk akal. Bukan masalah si tetangga itu baik atau gak menurut saya juga ini murni si kurir nya.

      • 30 April 2022 - (12:29 WIB)
        Permalink

        Jadi menurut anda kurir hrs nungguin tuh org sampe keluar walaupun lama? Bkn cm di JNE bung, tp exspedisi lain pun ga punya waktu banyak tuk satu paket. Kecuali anda pakai kurir instans,

        1
        1
        • 1 Mei 2022 - (17:29 WIB)
          Permalink

          BUKAN DITUNGGUIN ATAU EKSPEKSTASI DIPERLAKUKAN SEBAGAI RAJA. MASALAHNYA SI KURIR GA BACA ALAMATNYA MAS. ALAMATNYA. INI DIA SALAH NGIRIM PAKET KE ALAMATNYA. BUKAN RESPON TS YG GA KELUAR RUMAH ATAU REWEL MINTA DITUNGGUIN. GIMANASIH?

  • 30 April 2022 - (02:03 WIB)
    Permalink

    Tetangga yang dititipkan paket tau lokasi kos Anda tidak?
    Apakah para tetangga anda mengenal Anda sehingga memudahkan kurir?

  • 30 April 2022 - (03:38 WIB)
    Permalink

    Kurir JNE emang brengsek2. Depan rumah saya banyak warung dan mereka suka langsung titip paket ke warung. YA, LANGSUNG! Dari mana saya tau? ya ibu warung nya sendiri yg bilang datang2 langsung titip tanpa datang ke rumah saya dulu.

    3
    3
    • 30 April 2022 - (13:14 WIB)
      Permalink

      kalo baca2 komen yang lain sepertinya memang di beberapa tempat dimana ada titik ramai (warung, kedai dll) pasti langsung dikirim langsung kesana tanpa konfirmasi sebelumnya. mungkin saking pengen gampangnya kerja mereka.

      nah makanya yg mau saya tahu ini emang SOP nya ngaco begini apa kelakuan kurir saja ?

  • 30 April 2022 - (05:18 WIB)
    Permalink

    Menurut gw kemungkinan orang nya sulit ditemui. Kadang sama kurir sudah di panggil2 “Misi PAKET” eh yg punya rumah gak nyaut2 atau malah cuek pura2 gak denger dan lama responnya makanya kurir gak ambil pusing titip di tetangga saja, apalagi Anda bilang tempat tnggal ada lantai 2 nya, kalau dibawa lagi ke Agen dan kirim ulang besok ya bukan JNE YES namanya donk udah masuk REG. Dan kalaupun dikirim ulang ke esokan harinya, emng si kurir gak pake bensin apa ke rumah Anda lagi, mana belum lagi di tambah keruwetan di jalan seperti macet dsbnya serta otomatis menambah beban kerjaan lagi jadi paket numpuk.. Emangnya kurir hanya kirim paket ke rumah ANDA saja yaa!!! hmm.. saya jga seorang KURIR jadi saya tahu kondisi di lapangan kaya gimana..

    2
    3
    • 30 April 2022 - (09:44 WIB)
      Permalink

      Wkwkwk baru tau saya ternyata yg komennya begini emang sesama kurir yah,pantesan.saya gak merendahkan profesi kurir, saya yakin hanya segelintir kurir yg seperti ini. Mas bro kalo misalnya udah “MISI PAKET” tp ga disautin trus dititipin tetangga, kan harusnya di konfirmasi ke pemilik paket foto orangnya gmn nama tetangganya siapa. Bukan tetangga nya yg nganterin ke pemilik paket.

  • 30 April 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Sama dgn kasus Sy. Dokumen Sy ntah dikirim kemana sama kurir. Padahal Sy dirumah tungguin terus. Tahu2 ditulis sudah diterima dalam gerbang, dikirim foto, tapi bukan rumah Sy. Dari CS pusat JNE dihub, Tanya, disuruh tunggu saja. Baru minta pengirim hub JNE tempat dikirim nya dokumen, baru di hub. Dan dokumen itu dinyatakan hilang saja oleh kurir. Ntah bagaimana SOP Dari JNE. Tidak ada inisiatif sama sekalu Dari JNE pusat. Kayak sudah biasa begitu..
    Begitu juga dulu, kirim barang ke Bandung, sampai nya bisa 1 bukan lebih, Dari JNE pusat bilang sudah dikirim, tapi penerima tidak menerimanya. Sampai udah marah2, baru dibilang barang ada di gudang Dan belom dikirim. Yg begini harusnya memang kesalahan perusahaan, bukan kurir tapi karyawan di gudang JNE.

    • 30 April 2022 - (13:16 WIB)
      Permalink

      betul, memang masalah di perusahaannya. makanya saya gak fokus ke kurir tapi ke JNE.

      bersyukur dan maklum saja pak, saran warganet sih begitu.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE YES?

Ada 267 komentar sampai saat ini..

Kurir JNE Menitipkan Kiriman Paket JNE YES Saya ke Tetangga

oleh liky dibaca dalam: 1 menit
267