Kurir JNE Menitipkan Kiriman Paket JNE YES Saya ke Tetangga

Saya menggunakan jasa ekspedisi JNE YES untuk pengiriman paket saya yang berupa alat elektronik dari pembelian di marketplace. Paket dikirim hari Minggu oleh penjual pada tanggal 24 April 2022, dan telah sampai hari Senin tanggal 25 April 2022, sesuai dengan tracking resi di marketplace. Nomor resi: TJX2343513294650 (live tracking marketplace terlampir).

Yang saya keluhkan adalah bahwa kurir JNE saat mengirimkan paket saya dengan sengaja dan seenaknya BUKAN kepada SAYA, tetapi TETANGGA tepat sebelah rumah saya. Saya tidak akan komplain jika saat itu saya memang sedang tidak berada di rumah dan paket dititipkan. Namun kondisinya pada saat paket dikirimkan saya sedang BERADA di rumah.

Kurir JNE dengan sengaja tidak mengirimkan paket ke rumah saya dan malah menitipkannya pada tetangga saya. Sebagai catatan, update live tracking menunjukkan paket tiba pukul 23:27, tapi paket sudah saya terima sekitar pukul 18:00-19:00. Ini berarti paket sudah dititipkan ke tetangga saya sebelum jam tersebut.

Sebagai konteks, tetangga sebelah saya memang kedai makanan yang buka 24 jam. Sedangkan rumah saya berada di sebelah di kontrakan lantai dua. Saya tidak tahu apa yang ada di pikiran kurir JNE dan alasannya, mungkin ingin cari gampang dengan menitipkan paket ke tempat ramai (gak mungkin gak bisa cari alamat saya, karena buktinya paket sampai tepat ke sebelah rumah). Namun apa pun alasannya saya tidak peduli, karena saya BAYAR untuk mengirim paket ke alamat SAYA, bukan ke alamat TETANGGA saya. Jadi jelas saya maunya paket sampai ke tempat saya, bukan saya harus ambil dulu titipan ke tetangga. Yang saya mau tanyakan:

  1. Apakah pelayanan luar biasa buruk seperti ini sudah sesuai dengan SOP JNE?
  2. Apakah memang dibenarkan dan diinstruksikan agar kurir JNE buat cari tempat titipan yang paling mudah dan gampang?
  3. Apakah JNE YES layanan kilat asal-asalan yang penting sampai walaupun bukan ke alamat penerima yang benar?
  4. Apakah JNE mau bertanggung jawab jika pelayan buruk seperti ini suatu saat mengakibatkan barang tidak diterima oleh penerima yang benar ?

Demikian surat keluhan saya, semoga ekspedisi ini bisa berbenah diri dan melayani dengan benar.

Liky Ardianto
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

267 komentar untuk “Kurir JNE Menitipkan Kiriman Paket JNE YES Saya ke Tetangga

  • 30 April 2022 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Hidup anda ribet amat pak mungkin pas paket tiba anda lagi berak telpon gak di angkat perpaket cuma dapet 1500 perak suruh bolak balik boro boro ngerti uang tips

    • 30 April 2022 - (22:54 WIB)
      Permalink

      anda tukang kuntit rumah orang, atau punya fetish feses ? kok sampai bisa tahu kapan saya lagi berak.

  • 30 April 2022 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Saya sangat sering belanja online. Baik dari Tokopedia, shopee, jd.id maupun Lazada. Tidak pernah ada masalah pengiriman. Berhubung rumah kontrakan Anda berada di lantai dua, ini pasti menimbulkan kesulitan bagi para abang kurir. Masa dia harus naik ke lantai atas lalu lihatin nomor kamarnya satu per satu? Barang dia di motor dicuri orang dong? Makanya dia main titip saja.

    Saran saya, pilih alamat lain. Saya sering kali pilih alamat kantor saja, kalau hari Senin sampai Jumat.

    • 30 April 2022 - (22:58 WIB)
      Permalink

      terimakasih komentarnya, ikut senang mendengar bapak tidak pernah mengalami masalah pengiriman, tapi masalah tiap orang tentu beda2, di rumah saya tdak pernah banjir, bukan berarti rumah semua orang tidak pernah banjir. soal pertanyaan bapak sudah pernah saya terangkan lebih lanjut di komentar lain sebelum ini, selamat membaca.

      terimakasih juga untuk sarannya yg baik, saya pakai alamat kantor kok setiap kirim2, cuma, kantor saya ya di rumah hihihi

  • 1 Mei 2022 - (02:52 WIB)
    Permalink

    dikit2 komplain.
    yg penting paket kau ga hilang aja, tetangga kau jujur. kurir nitipkan ke tetangga pasti karena sebab: no. ga aktif, di panggil2 ga keluar, alamat ga jelas.

    1
    2
  • 1 Mei 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Karena gua sering order online juga, gua sampai hapal nama-nama kurir yang antar paket ke rumah begitu juga dengan no hp mereka.

    ada kawan kurir yang cerita selama periode Ramadhan ini gak boleh libur, kerja terus selama 2 minggu non-stop. bahkan lembur masuk pagi pulang malam.

    Jadi komentar TS ini terkesan membesar-besarkan masalah kecilnya, sementara tidak mau tahu pengorbanan kurir-kurir ini di masa Ramadhan ini yang orderan tentu saja melonjak.

    Dibawa santai aja hidup boss, toh tidak ada kerugian materi, waktu maupun tenaga. yang ada cuma kerugian ego ^^

    3
    2
  • 1 Mei 2022 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Aneh, ada orang menuntut haknya kok diomelin. Lagipula di atas sudah dijelaskan kalau kejadiannya lebih dari 1x

    • 6 Mei 2022 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Berarti dia emang kek gtu orang nya,,apalagi kalo udah ganti jasa ekspedisi masih aja kyk gtu,,

      • 11 Mei 2022 - (22:09 WIB)
        Permalink

        kek gitu gimana? di atas tidak ada keterangan ganti jasa ekspedisi, yang dikeluhkan hanya kurir JNE yang menitipkan paket ke tetangga lebih dari 1x

  • 2 Mei 2022 - (06:36 WIB)
    Permalink

    Banyak pengalaman buruk dengan JNE. Yg aku jengkel itu. Kurir nelpon aja tidak mau atau SMS kalo dia udah di tujuan. Mungkin komisi terlalu kecil sehingga kurir kurang bertanggung jawab. Coba komisi gede, biasanya lebih bertanggung jawab

  • 2 Mei 2022 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Waktu kurir itu antar anda kemana? Tidur kah? Kurir itu kerjanya cepat dan tertata rapi, kalau anda dipanggil2 ga nyaut, ada toko disebelah yang buka ya dititipkan ke mereka lah, toh barang ga rusak, ga ilang.

    Dirumah saya juga begitu kalau ada paket, dan dirumah gaada orang, pasti dititip ke warung tetangga. Yang ada malah kita sebagai konsumen yang segen ke kurirnya karena kita ga standby di rumah saat memesan paket.

    Atau jangan2 anda yang salah pasang alamat kali.

    Kalau ada mau bener2 paket sampai ditangan anda, dan bertatap muka sama kurirnya ya silahkan pilih COD, biar bisa mesra2an sekalian dah lu sama kurirnya.

    Ribet amat jd customer

    1
    1
  • 2 Mei 2022 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Lebay lo ah, makanya hidup bersosialisasi biar punya tetangga, biar akur sama tetangga, paket dititipin tinggal ambil aja ribet bgt. Kalo mesen paket juga biasain kupingnya dipasang jgn taro dikulkas biar dipanggil kaga BUDEG.

    3
    1
  • 2 Mei 2022 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah, paket saya diaplikasi tiba” sudah sampai ditujuan. Padahal posisi saya lagi kerja dan tidak menerima paket sama sekali. Ternyata paket ada ditetangga saya tanpa ada informasi sama sekali. ?‍♂️

    • 6 Mei 2022 - (09:46 WIB)
      Permalink

      Kan elu lagi kerja, tau ada paket bukan nya diem di rumah,,ribet banget, udah syukur dititipin ke tetangga,, orang2 baru belanja online emang meresahkan

  • 4 Mei 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf lahir dan batin untuk sebelum nya. Saya kurir JNE yang sudah lebih dari 3 tahun sudah bekerja. Saya mau memohonkan maaf kejadian ini atas nama PT JNE. Disini menurut pengalaman saya selama ini adalah masalah komunikasi. Kalau komunikasi tidak berjalan ya akan terjadi masalah seperti ini. Saran saya, selalu tuliskan note dipaket anda ” URGENT HARUS SELALU HUBUNGI DULU SEBELUM KIRIM “. Dengan note itu jadi pikiran si kurir sangat penting untuk konfirmasi terlebih dahulu. Apalagi ini layanan JNE YES, lebih2 kalau layanan COD. Pasti dihubungi si kurir dulu sebelum dikirim. Itu menurut pengalaman saya selama menjadi kurir. Terimakasih

  • 4 Mei 2022 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Pertanyaanya yg punya keluhan kupingnya peka apa engga. Yg punya keluhan kenal dan berbaur dengan tetangga apa engga?. Samping rumah saya tiap hari ada paket, ada orangnya dirumah tapi gak pernah keluar paket selalu dititip tetangga tapi gak pernah komplain. Kurir bukan cuma ngirim pake yg punya keluhan aja pernah sehari sampai ratusan dan yg paling penting situ sering kasih tip atau uang pas atau bisa basa basi sama kurirnya gitu bia kurir menilai yg punya paket orangnya bagaimana.

  • 5 Mei 2022 - (23:43 WIB)
    Permalink

    Msh bnyk urusan yg lbh penting mas,g ad masalah menurut sy slama ttangga mau dititipin mah,tinggal anda brterimakih ketetangga,gitu aj repot mas

    3
    1
  • 6 Mei 2022 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Iya BERADA di rumah bukan Standby nunggu paket yg di tracking nya lagi di antar kurir ke rumah, jadi kemungkinan di saat kurirnya dateng anda sedang tidur/ tidak bisa di hubungi,,banyak hal yang tidak anda ceritakan sebagai keluhan hingga menjadi kemungkinan,,

  • 6 Mei 2022 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Malu bambang kasus kek gini di UP. Cari sensasi bgt ? biar apa coba ? everyone read your selfish behave

    Btw, Saya juga kemaren pake jne yes,
    Saya ga di rumah, rumah kosong,
    Eh babang jne call & wa, dia tanya mau dititip tetangga apa gmn, malah saya suruh lempar aja dibalik pager..for note, itu sy dijalan, ditelpon berkali2 karna ga denger ada telpon masuk.

    Logika aja sih, klo smpe dititip tetangga, itu karna ga ada orang di tempat, di telpon ga respon, di teriakin ga ngeh, ga bisa komunikasi sm sipemilik barang.

    Dan skrg klo bisa dititip tetangga, ya titip tetangga,
    klo ga ada tetangga yg ga bisa di titipin, baru bawa lagi ke jne nya.

    Sehat selalu dan banyak rejeki buat tetangganya yg sabar dititipi, tanpa mengoceh.

  • 22 Mei 2022 - (20:11 WIB)
    Permalink

    UPDATE : sudah lebih dari 3 minggu baru ada inisiatif dari JNE buat menyelesaikan masalah ini via email, tapi karena respon ekspedisinya 3 minggu setelah surat tayang maka saya balas inisiatifnya jg 3 minggu kemudian yah.

    terimakasih mediakonsumen telah memuat surat saya, dan kepada semua yg berkenan memberi komentar2 yg sangat menghibur, tidak terimakasih pada JNE atas inisiatifnya yg niat-gak-niat dalam menyelesaikan masalah ini, insyaallah email dan tanggapannya akan saya respon secara niat-gak-niat juga.

    salam

  • 21 Juni 2022 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Sama kurir di daerah kami juga tidak pernah mengirimkan paket sampai ke tempat tujuan alamat. Mereka menitipkan paket di warung2 atau kami di suruh datang ke rumah nya untuk mengambil paket. Dengan alasan bahwa tempat kami di uncover lah segala macam lah. Padahal kami bayar ongkos nggak geratisan.. ketika kami meminta untuk di kirim ke rumah mereka nyolot marah2. Padahal mereka makan dari hasil pesenan konsumen kalau nggak ada konsumen mereka nggak punya pemasukan.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE YES?

Ada 267 komentar sampai saat ini..

Kurir JNE Menitipkan Kiriman Paket JNE YES Saya ke Tetangga

oleh liky dibaca dalam: 1 menit
267