Paket Entah Ke Mana, Shopee dan ID Express Tidak Menanggapi Masalah Penjual

Terima kasih kepada Media Konsumen telah memuat surat saya. Saya seller di Shopee, nomor order: 2204202GV74YRK, dengan pengiriman ID Express. Nomor resi: IDS001498284925, dikirim pada tanggal 21 April 2022.

Namun sampai saat ini tidak ada update sejak dikirim (kirim dari Bekasi menuju Jakarta). Hingga akhirnya pembeli mengajukan komplain. Komplain pertama, Shopee meminta pembeli untuk menunggu 2 hari, jadi komplain dibatalkan dulu.

Karena hingga pada tanggal 1 Mei 2022 belum juga ada update, pembeli kembali mengajukan komplain dan ditanggapi Shopee dengan pengembalian dana. Akan tetapi seller tidak dipedulikan oleh Shopee, orderan diselesaikan tapi seller tidak dapat dana hasil penjualan.

Saya chat CS Shopee, diminta untuk menghubungi kurir dan minta bukti jika barang hilang. Saya hubungi ID Express, tapi tidak ada jawaban sama sekali. Lalu saya harus meminta hak saya ke mana?

Setahu saya, setiap transaksi di Shopee jika paket hilang, Shopee memproses pengembalian dana ke pembeli dan juga pencairan dana ke seller langsung. Kalau begini saya merasa tidak ada perlindungan kepada seller sama sekali.

Terima kasih.

Lydia
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir ID Express di Shopee:
[Total:54    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Paket Entah Ke Mana, Shopee dan ID Express Tidak Menanggapi Masalah Penjual

  • 12 Mei 2022 - (17:54 WIB)
    Permalink

    Hari ini jam 17.33 pihak shopee telah menghubungi saya.paket dinyatakan hilang dan sedang dibantu proses klaim ke ID express dengan estimasi waktu 2-5hari kerja.karena paket tidak pakai asuransi,dana yg dikembalikan berupa 10kali ongkos kirim yaitu 9.000*10=90.000 (harga barang 95.000).dan shopee juga memberikan vocer potongan belanja 25.000.kedepannya mohon shopee lebih tanggap dalam menanggani keluhan penjual,dan dapat menyediakan fitur asuransi secara langsung diaplikasi.untuk paket ini mungkin saya masih beruntung karena harga tidak terlalu mahal.terimakasih

  • 12 Mei 2022 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Seller shopee mesti menambahkan asuransi manual. saya bukan seller jadi tidak mengerti caranya, tapi saya pernah beli laptop di atas 10jt seller menambahkan asuransi dan packing kayu sendiri meski tidak ada pilihan asuransi di aplikasi shopee.

  • 13 Mei 2022 - (00:10 WIB)
    Permalink

    Kejadiannya sama seperti saya. saya pesan paket di tgl 19-04-2022 sampai kemarin tgl 6 belum sampai sampai, terus saya email pihak ekspedisi PT. Si***** Ex***** . katanya paket saya hilang lalu saya chat reseller nya dan reseller nya lepas tangan, baru saya chat admin Shopee untuk menanggapi pengembalian dana, tidak sampai 4 hari sudah di setujui oleh pihak shopee

  • 13 Mei 2022 - (05:38 WIB)
    Permalink

    Cuma mau kasih saran aja ke penjual di shopee.
    Jika ingin aman saat kirim barang, hidupkan jasa kirim ini :
    Hemat & Reguler : Shopee Expres
    Instan & Sameday : shopee express, gojek dan grab

    Semua jasa kirim yg saya sebutkan diatas, sudah include dgn Asuransi, penggantian full 100%
    Tidak ada biaya tambahan, intinya sudah otomatis ke backup dgn asuransi.

    • 13 Mei 2022 - (17:27 WIB)
      Permalink

      Shopee xpress sudah termasuk asuransi ya?pengetahuan baru untuk saya.terimakasih sarannya

  • 13 Mei 2022 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Sehari ini udh brp kali postingan komplain shopi 😅 jual dshopi mmg harus siap ikhlas..misal sbg penjual, jual brg ukuran kecil, lalu nyelip di ekspedisi kececer ga tau kmana, padahal tu brg hrg 5jt, cuma ngirim antar kota misal tarif 15rb, penjual cm kena ganti 150rb gitu ?

  • 13 Mei 2022 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Hari ini tanggal 13 mei 2022 sekitar jam 19.20an pihak ID express datang kerumah saya diwakilkan oleh mas Rico selaku perwakilan dari ID express bekasi selatan.beliau menyampaikan permohonan maaf atas hal yang terjadi dan adanya miss karena tidak menjawab wa dari saya beberapa hari yang lalu.mas Rico juga langsung mentransfer dana Rp105.000 ke rekening saya (saya minta trf selisih nya saja karena shopee telah mengganti 90.000,tapi mas Rico tetap trf 105.000 sebagai bentuk pertanggungjawaban beliau dan permintaan maaf) dan atasan mas Rico juga memberikan bingkisan berupa makanan kepada saya. Terimakasih atas tanggapan dari ID express yang sangat maksimal pada permasalahan saya ini.mohon maaf saya tidak bisa take down surat ini karena apa yang diposting di media konsumen tidak bisa dihapus/take down.hanya klarifikasi ini saja yang bisa saya sampaikan. Semoga kedepannya tidak terjadi permasalahan serupa kembali.terimakasih

    1
    1
  • 16 Mei 2022 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah menggunakan ekpedisi ID Express. Kapok Untuk pertama dan terakhir kalinya, krn barang hilang.
    Untung harga gak seberapa dan uang dikembalikan.
    Semenjak saat itu selalu ganti saat seller mengarahkan ke ekpedisi tsb, lebih baik cari seller lain jika tidak ada pilihan ekpedisi yg biasa digunakan.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir ID Express di Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Paket Entah Ke Mana, Shopee dan ID Express Tidak Menanggapi Masalah Pe…

oleh Lidya dibaca dalam: 1 menit
10