Refill EToll via EMoney Mandiri Gagal Tapi Saldo Berkurang dan CS 14000 Menyalahkan Alfamart

Tanggal 18/5/22 pukul 11:00 saya refill emoney di SPBU Chakrabuana Cirebon sebesar Rp50.000 dengan keterangan gagal. Kemudian saya coba kembali dengan nominal yang sama dan gagal juga, dan karena transaksi keterangannya gagal ATM tidak mengeluarkan setruk, karena saya sempat menunggu setruk muncul.

Karena saya butuh saldo etoll untuk perjalanan pulang, pukul 11:07 saya refill di Alfamart SPBU Chakrabuana sebesar Rp50.000 dan berhasil masuk, dengan total saldo setelah diisi Rp61.500. Tapi setelah saya cek saldo rekening Mandiri, saldo berkurang sebesar 100.000 sedangkan saldo emoney tidak bertambah. Dan saya tetap melakukan perjalanan dari Cirebon ke Bandung yang transaksi hanya di gerbang tol Bandung pukul 15:00.

Tanggal 19/5/22 pukul 12:20 saya mendatangi KCP Dago guna menyampaikan komplain saya, dan diarahkan CS Mandiri yang sedang bertugas untuk menelepon call center 14000 dan dilayani oleh Bu Zaira.

Telepon pertama saya diminta untuk mencetak riwayat history transaksi, karena ada saldo keluar sebesar 100.000 pukul 11:09 dari mesin EDC Alfamart Chakrabuana Cirebon. Setelah mengikuti petunjuk Bu Zaira untuk print out di mesin ATM KCP Dago, saya recall 14000 dan Bu Zaira memerintahkan saya untuk komplain ke Alfamart karena indikasi ada kesalahan dari Alfamart. Karena sebelumnya Bu Zaira sudah memastikan kepada saya berulang-ulang kalau saya benar tidak membelanjakan saldo keluar tersebut di Alfamart, yang berarti Alfamart yang salah telah mengambil saldo saya tanpa izin baik itu disengaja atau tidak disengaja karena kesalahan sistem.

Tapi permasalahan ini tidak akan timbul bila sistem Mandiri sedari awal tidak menampilkan keterangan gagal melakukan refill emoney sedangkan saldo rekening saya tetap dikurangi.

Mungkin 100.000 bagi Mandiri adalah hal yang sepele, bahkan mungkin tak cukup berarti di mata karyawannya. Tapi cukup besar bagi saya, sampai-sampai saya rela mempermalukan diri saya di depan cs Mandiri dan karyawan KCP Dago demi mengemis hak saya yang tak seberapa itu.

Dan solusi terakhir yang disarankan oleh Bu Zaira adalah saya tetap harus komplain ke Alfamart karena kesalahan Alfamart.

Saya hanya membayangkan saya harus kembali dari Bandung ke Cirebon untuk menayakan ke Alfamart perihal masalah tsb, atau menghabiskan waktu saya yang tidak berharga di mata karyawan Mandiri untuk kembali komplain by phone ke cs Alfamart yang artinya charging pulsa yang akan berjalan dan solusi yang kurang lebih sama yaitu “mempermasalahkan masalah tanpa ada solusi atas masalah saya”, di mana saya akan diPINGPONG untuk menghubungi call center Mandiri-Alfamart karena pastinya mereka akan saling menyalahkan satu sama lain dan inti dari permasalahan saya tetap tak terselesaikan.

Karena tanpa solusi yang berarti akhirnya saya menginfokan ke Bu Zaira saya akan menyampaikan permasalahan tersebut ke ranah publik, dan hal ini sudah disetujui oleh Bu Zaira.

Thomas Ahmad
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai e-Money Bank Mandiri:
[Total:32    Rata-Rata: 3.7/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Thomas Ahmad

Menanggapi pengaduan Bapak Thomas Ahmad, kami sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami dan terima kasih atas masukan yang...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Refill EToll via EMoney Mandiri Gagal Tapi Saldo Berkurang dan CS 14000 Menyalahkan Alfamart

      • 22 Mei 2022 - (22:14 WIB)
        Permalink

        Pernah pengalaman waktu diindomaret waktu jadi kasir saldo mandiri terpotong tapi g masuk di e-toll sebenarnya ada cara tapi itu harus dilakukan sama kasir sebelum penutupan edisi atau fanction biasanya sebelum itu harus dicetak transaksi transaksi sebelumnya di EDC mandiri biasanya ada di data2 transaksi itu dan itu bisa buat bukti untuk pengaduan kemandirinya beda ya sama function kalo sudah penutupan EDC kalau biasanya g bakalan muncul kalo ada transaksi2 eror kayak gitu , itu emang mesin edcnya yg eror, makanya kalau habis isi e-toll itu harus dicek dulu sama kasirnya saldo awal dan saldo akhir

    • 21 Mei 2022 - (22:13 WIB)
      Permalink

      Pernah ngalami kejadian ini di akhir April, bedanya saya mengisi via NFC. Komplain lewat email tanggapannya so lemot. Jd saya telp call mandiri bbrp kali, barulah dana saya yg terpotong 100rb + 50rb dikembalikan bertahap bbrp hari kemudian. CS pd Mandiri Call sempet nyalahin NFC saya juga sih, tapi stl saya ksh bukti bhw stlnya saya isi e-money pakai Hp yg sama dan sukses, barulah dia blg bs jd krn kendala jaringan.

  • 21 Mei 2022 - (05:24 WIB)
    Permalink

    Yang di alfamart kelihatannya kasirnya salah topup 150rb, akhirnya dikoreksi 100rb supaya top up sesuai pesanan anda 50rb.
    Di alfamart seharusnya tidak bisa mendebit rekening mandiri anda, karena anda bayar tunai.
    Kalau menurut saya, 100rb yang terdebit adalah top up yang gagal sebelumnya.
    Coba saja cek berkurang 1x 100rb atau 2x 50rb, dan di jam berapa. Dari sana bisa ketahuan kesalahan alfamart atau mandiri

  • 21 Mei 2022 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Ini yg kmren aku rasain, percis udh topup via livin 100rb, saldo udh kepotong tp ga masuk ke etollnya.. Udh coba ngirim email ke mandiricare, udahh tlp cs mandiri, udh banding jg tp percuma ga balik saldonya.. Semoga makin kaya aja deh mandiri.

  • 21 Mei 2022 - (08:47 WIB)
    Permalink

    bentar.. apakah anda bayar top up nya di alfamart pakai kartu debit anda? kok setau saya cuma tunai harusnya

    karena seharusnya jelas tidak ada link antara kartu e money kita dan rekening mandiri, kartu e money sifat nya tidak punya identifier selain nomor kartu

    • 23 Mei 2022 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Maaf berarti anda kurang update kalo gitu…dari dulu emang ada…bahkan saya ditawari pihak kasir Indomaret pake kartu debit atau cash ….

    • 23 Mei 2022 - (15:14 WIB)
      Permalink

      sama pula dengan alfamart ….kebetulan abang saya juga merupakan mantan manajer di bagian IT Grup Alfa ^_^

  • 21 Mei 2022 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Next time, kalo isi emoney pake aplikasi aja atau ATM (untuk yang punya rekening Mandiri). Komplain akan lebih mudah ditangani pengembalian saldonya. Kalau sudah melibatkan merchant pihak ketiga macam Alfamart gini udah agak ribet, saling menyalahkan.

    5
    1
    • 21 Mei 2022 - (12:58 WIB)
      Permalink

      jadi gini bang, udah refill via atm mandiri di spbu dan gagal sampe 2 kali 50.000. makanya akhirnya ke refillnya di alfamart, karena butuh buat perjalanan via toll kan

      • 21 Mei 2022 - (14:47 WIB)
        Permalink

        Berarti yg salah mandiri ini kak tdk ada hubungan sama alfamart karna kan di alfa anda bayar tunai dan anda sdh bilang sdh bertambah saldonya

        • 22 Mei 2022 - (06:37 WIB)
          Permalink

          Berarti orang mandiri asal ngomong. Tolol n bodoh. Orang topup di alfa secara tunai nggak ada hubungannya dgn rek mandiri.

  • 21 Mei 2022 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Gw juga heran .
    Rata2 CS Plat Merah kok pada gitu yak .
    Sekelas BUMN tapi service nya kepada konsumen sungguh membagongkan.
    CS nya juga banyak yg ogah2an untuk setulus hati melayani.

    • 22 Mei 2022 - (06:40 WIB)
      Permalink

      Emang songong songong orang mandiri seolah olah nggak butuh nasabah. Jumawa sombong pelayanan lelet jauh deh dibandingkan BCA.

  • 21 Mei 2022 - (14:04 WIB)
    Permalink

    ikhlaskan saja, pak. saya mah sudah kapok urusan dengan bank ini. kemarin2 saya baru kuras habis saldo di bank ini, pindah ke bank **A. bank sebelah pelayanannya super keren.

  • 21 Mei 2022 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Selagi plat merah BUMN masih netek ama APBN mah gamungkin bs sebagus bank² swasta kyk BCA, OCBC, CIMB
    Krn klo swasta ga kasih service yg baik ya ditinggalkan nasabah
    Yg rugi ya investornya kyk Djarum pemilik BCA
    KLO BANK PLAT MERAH MAH KLO RUGI TINGGAL NETEK AJA KE MENTERI BUMN WQWQWQ

    • 22 Mei 2022 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Pantesan kalo melayani ogah2an lama lelet bikin emosi beda dgn BCA gercep…. semua karyawan bergerak mbantu nasabahnya. Kalo mandiri mah karyawan nya cuek2 orang nunggu berjam jam juga cuek aja.

  • 22 Mei 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Jangan berHARAP BANYAK kepada KARYAWAN/PEJABAT/DIREKSI BUMN/BUMD…., karena sejelek apapun kerja mereka, rugi/untungnya BUMN/BUMD….., BISA SAYA PASTIKAN BAHWA MEREKA TETAP MAKAN GAJI. PASTI !!!!

  • 23 Mei 2022 - (14:51 WIB)
    Permalink

    hari ini jam 14:30 ibu Ifa dari mandiri menghubungi saya, dimana telah menginformasikan adanya refund tgl 21/5/22 sebesar nominal yg terpotong. dan bu Ifa juga menerima masukkan u/ diteruskan ke pihak terkait atas permasalahan yang saya alami.
    dengan ini saya menyampaikan bahwa permasalahan tersebut di atas sudah clear baik dari saya maupun mandiri. dan sayaberharap kedepannya tidak terjadi hal2 yang dapat merugikan baik bagi konsumen maupun penyedia layanan. terima kasih

    • 23 Mei 2022 - (15:17 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya anda bikin surat pembaca ke mediakonsumen.com bahwa permasalahannya telah selesai…. supaya orang2 berkomentar tak mengira permasalahan anda dengan bank mandiri belum selesai….padahal sudah terselesaikan dengan baik

    • 26 Mei 2022 - (01:08 WIB)
      Permalink

      Jadi ingat pengalaman saya dulu. Persis sama kejadiannya seperti itu. Namun saya merasa bersalah juga cuma gara2 uang sepele harus ada yg jadi korban gara2 postingan saya. Petugas yg melayani saya yang saya komplenkan di phk perusahaannya.
      Tapi hikmah dibalik itu beliau jadi karyawan saya sampai sekarang.

 Apa Komentar Anda mengenai e-Money Bank Mandiri?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Refill EToll via EMoney Mandiri Gagal Tapi Saldo Berkurang dan CS 1400…

oleh rain dibaca dalam: 2 menit
29