Kecewa dengan Ali Express dan EMS Pos Indonesia

Di sini saya mewakili perusahaan dan atau atasan saya a.n. Woo Byoung Jun. Kami kecewa dengan penanganan proses pengembalian dana Ali Express yang seperti menunda-nunda. Sudah hampir 3 bulan masalah pengembalian dana belum juga selesai. Kekecewaan saya pun besar terhadap EMS Indonesia (sebagai kurir yang saya pilih untuk pengembalian produk), karena status tracking tidak ter-update dan sangat susah sekali menghubungi EMS.

Berikut histori pembelian barang melalui Ali Express:

Pada tanggal 09 Februari 2022, saya membeli spare part berupa gear motor di Ali Express, dengan ID pesanan nomor: 8145966679130992, nama seller: Your trusted-partner Store. Tanggal 08 Maret 2022, paket saya terima. Ternyata penjual mengirimkan barang yang tidak sesuai.

Tanggal 09 Maret 2022, saya komplain agar ada pengembalian dana atau pengembalian barang yang sesuai saya order.

Tanggal 16 Maret 2022, Ali Express membuat solusi untuk mengembalikan produk kepada seller. Tanggal 21 Maret 2022, saya mengirimkan barang tersebut sesuai alamat yang diberikan oleh pihak Ali Express dan seller melalui EMS Indonesia dengan nomor AWB : EE203895723ID (terlampir AWB dan biaya pengiriman).

Pada tanggal 16 April 2022, seller (Your Trusted-PArtner Shop) meminta saya melalui chat, untuk meminta pihak EMS sebagai kurir, untuk menghancurkan paket karena mereka tidak mau membayar pajak impor yang besar. Padahal seharusnya seller sudah memikirkan masalah pajak ini sebelum meminta untuk pengembalian barang.

Di sinilah letak kekecewaan saya kepada EMS Indonesia, kenapa status dalam tracking pelacakan di web tidak ter-update (status terakhir tanggal 28 Maret 2022: Arrival in China). Sehingga saya susah membuktikan kepada Ali Express bahwa barang tersebut sebenarnya sudah dikirimkan ke seller dan seller tidak mau menerima paket tersebut karena pajak yang harus mereka bayarkan.

Kepada Ali Express, tolong jangan menunda-nunda proses pengembalian. Ini sudah jelas kesalahan ada di pihak seller yang salah mengirimkan barang. Ketika mereka minta barang untuk dikembalikan, untuk proses refund dana kami, mereka lagi-lagi membuat masalah tidak mau menerima paket karena tidak mampu membayar pajak impornya.

Setiap minggu selalu ada penundaan dan perpanjangan waktu dengan meminta bukti. Padahal semua bukti sudah saya berikan (selama 2 bulan perjalanan proses refund dana ini). Tolong dicek sistem dispute progress di aplikasinya. Ali Express meminta bukti, tetapi dalam aplikasi dispute progress tidak ada form submit, hanya ada contact seller (jadi saya harus upload bukti di mana?).

Kami selaku pembeli sudah menunggu hampir 3 bulan untuk proses pengembalian dana ini. Kami sudah rugi banyak, rugi uang, rugi waktu, dan agen Ali Express sangat tidak membantu. Sudah 2 bulan saya komplain di online service, tapi tidak pernah ada solusi yang memuaskan. Selalu kekecewaan yang saya dapat. Sepertinya jawaban dari online service Ali Express sudah dibuat otomatis by system. Apa pun yang kita keluhkan, jawabannya hanya “Don’t worries” atau “I will report this to higher team dispute“.

Mudah-mudahan melalui Media Konsumen ini para higher team dispute Ali Express bisa langsung membaca. Sudah cukup saya bersabar selama 3 bulan ini. Saya selaku pembeli sudah profesional mengikuti rule dan instruksi pengembalian dana. Kasus saya ini betul-betul kesalahan dari seller yang tidak profesional

Terima kasih.

Maria Ulfah
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Ali Express:
[Total:13    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Kecewa dengan Ali Express dan EMS Pos Indonesia

    • 23 Mei 2022 - (13:16 WIB)
      Permalink

      Mohon agar ada update perkembangan paket jangan hanya stuk di tgl 28 Maret 2022, jika memang masalahnya seller yang menolak paket atau apapun mohon disebutkan dalam tracking

  • 22 Mei 2022 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Ga aneh sih… Pembelian saya dari Aliexpress pake pos Indonesia, dari 5 barang baru sampai 3, dan itu pun memakan waktu berbulan-bulan..yg biasanya cuma 3mingguan sampai, padahal harga barang 30-100rb… Kalo ga kepepet karena barang yg dicari tidak ada di market place indo sih… Ga akan beli dari luar..

    • 22 Mei 2022 - (12:58 WIB)
      Permalink

      Biaya pengirimannya gratis kali jadi lama coba pilihan pengirimannya pake DHL pasti cepat, saya beli barang di AE pengirimannya lewat DHL 8 hari sudah 8 hari sudah nyampe

      • 23 Mei 2022 - (07:19 WIB)
        Permalink

        tolong baca jelas ka…Biaya shipping itu saya masukan juga resinya Rp.300.000 melalui EMS

  • 22 Mei 2022 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Itu barang retur sdh sampai kan di china akhir bulan maret..kemudian si seller tgl 16 reply april 16. Minta logistik menghancurkan brg tsb.

    Berarti ada keterlambatan update dr EMS. Bukan hal aneh, sudah banyak kejadian EMS telat update dr taun jebot gak ada perbaikan.

    Itu brg retur berarti masih ketahan di area cargo bandara china, pasti sebelumnya si seller sdh dinotifikasi sama otoritas china untuk membayar bea custom. Makanya di bilang 3x lipat dr harga jual dia.

    Nah suruh aja si seller menotifikasi otoritas china agar barang tsb dimusnahkan. Yang salah kan selernya kirim brg tdk sesuai. Kenapa buyer yg di press?

    Sebetulnnya dr bukti struk EMS sdh cukup kuat. Ini 100% tnggung jawab sellernya untuk refund terlepas dari dia dikenakan pajak import pemerintah china.

    • 23 Mei 2022 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Nah itu dia ka…saya jg balas si Seller agar lebih profesinal dalam menjadi seller, klo sudah tau pajak disana tinggi kenapa minta dikemablikan barang, klo sudah terbukti barangnya yang salah ya lbih baik lgs kembali uang jadi ga double biaya

      • 24 Mei 2022 - (00:33 WIB)
        Permalink

        @Maria Ulfah
        Makanya saya lihat di attachment itu ibu retur pakai EMS prepaid, itu aja udah rugi .

        Di team dispute aliexpress nya di followup lagi bu, harus sering Soalnya ada batas waktu dispute deh.

        Refund nya minta full ya bu. Jangan mau dinego sama seller. Pokoknya ibu ngotot aja full refund. Salah dia kok.

        Dulu saya pernah belanja sekali beli headprint di aliexpress, yang dikirim bekas pakai alias second. Mending lah kl jalan, ini rusak! 😂

        Dan saya sesalkan di pihak BC kita lolos xray yang seharusnya kalau barang bekas itu ga bole masuk soalnya dr packagingnya hanya dibungkus wrapping plastik. Harusnya alumunium press pabrikan.

        Team despute menangin saya tp refund 50%.
        Manalagi direfund nya 50% . Sy yakin sellernya aja sdh untung dari selisih refund, soalnya dia kirim brg second rusak.
        Eh sdh itu di refund nya ke Doku yg seabreg syarat ini-itu. Ya akhirnya bablas duit refund saya semua dimakan Doku 🤣.
        Kapok bu sy blanja di aliexpress

  • 23 Mei 2022 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Kyanya cs nya orang baru atau memamg baru pertama kali nerima returan, biasanya klo di ali baba salah kirim atau produk ga sesuai minta di hancurin (barang rusak saat pengiriman)

  • 24 Mei 2022 - (07:11 WIB)
    Permalink

    justru saya selama 2 bulan ini komunikasi dengan agent online service, tapi ga ada solusi, bilang mau report ke highet dispute team tapi tetap aza perpanjangan waktu lagi..dan yg membuat saya kesal..mereka minta upload bukti tetapi di systemnya tidak ada kolom untuk mmengupload bukti atau tidak ada submit formnya …bingung ngasih buktinya lewat mana coba…

    Ternyata banyak ya yg kecewa sama penanganan ALI EXPRESS…HELLO TEAM DISPUTE ALI EXPRESS…TOLONG JANGAN KECEWAKAN para Pembeli sperti ini..

  • 27 Mei 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    itu dispute nya sudah eskalasi atau pihak aliexpress nya step in belum ya? biasanya pihak aliexpress akan mementukan barang diterima itu jika sudah sampai di negara tujuan. jadi kalau sudah ada keterangan sampai di China, maka tidak perlu membuktikan kalau barang sudah diterima penjual.
    selama status nya masih dispute, sebenarnya uang masih aman. Saran saya untuk penulis, cukup intenskan chat dengan aliexpress saja karena mereka bisa ambil keputusan sepihak tanpa persetujuan penjual jika buktinya memang cukup. Chat penjual itu sangat percuma, bedasarkan pengalaman saya. discreenshot saja jika penjual menyurh refund tapi tidak mau terima paketnya. asalkan sudah sampai china, harusnya bisa sukses dispute.

    untuk calon pembeli aliexpress lainnya saran saya pakai ulang elektronik saja seperti doku, karena jika pakai transfer langsung, debit, mini market dll nanti proses refund sangat lama. kalau pakau ulang elektrinik, 1 jam setelah despute nya sukses, uang langsung kembali.

    • 27 Mei 2022 - (14:37 WIB)
      Permalink

      Diatas saya informasikan klo selama dispute berlangsung 2 bln ini intens sekali hampir tiap hari menghubungi pihak agent online ali express, tapi tidak ada hasil…dan bukti screen shootnya pun sya lampirkan , tetapi tidak ditampilkan disini
      Justru saya sangat kesal dengan agent service Ali Express yg hanya bisa jawab dont worries..will report to higher team dispute, etc
      dan yg bikin kesal..minta bukti tapi tidak ada form submit upload buktinya dalam aplikasi ali express..

      • 27 Mei 2022 - (15:21 WIB)
        Permalink

        @Maria ulfah
        Bu, atau gini aja. Kan itu tidak ada submit form untuk upload bukti di si aliexpress, nah ibu minta sama agent ali nya agar diberikan email khusus untuk upload bukti. Dicoba bu, tuman aliexpress kl didiemin.

        • 27 Mei 2022 - (15:36 WIB)
          Permalink

          @dhan..sudah saya lakukan, saya minta email langsung untuk mengirimkan bukti tetapi jawabannya harus melalui agent service online itu, bukti pun sudah saya berikan tetapi hasilnya tetap perpanjangan kasus dispute smpai sekarang..samapai saya bingung harus kasih data apa lagi..saat ini saya menunggu pihak EMS untuk memberika update perkembangan paket ini, jika memang ada penolakan dari Seller harusnya dalam tracking disebutkan saja Rejected by Receiver because of Dont want to pay tax import

          @EMS Indonesia (Kantor Pos Indonesia) tolong untuk paket saya dengan AWB EE203895723ID , diinformasikan lagi update trackingnya untuk bukti saya kepada ALI EXPRESS

 Apa Komentar Anda mengenai Ali Express?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Ali Express dan EMS Pos Indonesia

oleh Maria ulfah dibaca dalam: 2 menit
14