Kelalaian Anteraja Membuat Customer Terancam Tidak Bisa Melanjutkan Pendidikan

Sebelumnya terima kasih kepada media konsumen yang bersedia memuat surat saya.

Pada hari Kamis, 12 Mei 2022 saya mengirim paket berisi barang dan dokumen penting untuk saudara saya di BSD via aplikasi Anteraja. Saya memilih ini karena biasanya untuk area Jabodetabek, paket akan sampai dalam sehari. Dan juga karena keunggulan ekspedisi Anteraja yang bisa request pick up, sangat cocok dengan kondisi saya saat itu yang sedang tidak bisa bepergian. Benar saja, tidak lama kemudian, kurir datang mengambil paket dengan nomor resi 1-000-456-240-3286.

Namun setelah beberapa hari, paket tidak kunjung sampai. Awalnya saya berasumsi, mungkin itu karena masih dalam suasana lebaran. Lalu pada tanggal 17 Mei, pihak penerima menghubungi call center, dan CS meminta untuk menunggu selama 3×24 jam serta mengatakan akan memaksimalkan pengiriman.

Setelah itu, kami tracking kembali ternyata masih belum menunjukkan pergerakan, paket masih stuck di Hub Jakbar sejak tanggal 13 Mei. Selanjutnya, saya follow up lagi ke call center di tanggal 19 Mei, saat itu CS mengatakan paket sudah sampai di Hub Area BSD dan tinggal menunggu pengantaran. Lalu kembali meminta kami untuk menunggu 3×24 jam. Saya ragu apakah info tersebut benar atau hanya sekedar ingin membuat kami tenang saja, karena saat ditracking hasilnya masih sama.

Merasa hanya diberi harapan palsu, kemudian saya hubungi call center lagi dan mendesak supaya segera diantar paketnya karena akan dipakai sebagai persyaratan wajib untuk melanjutkan pendidikan. Kali ini CS meminta kami menunggu 1x24jam dan akan meneruskan komplain ke pihak terkait.

Saya sangat kecewa sekali dengan performa Anteraja kali ini yang terkesan menganggap komplain customer hanya bagaikan angin lalu dan tidak benar-benar mencari dimana keberadaan paket tersebut.

Saya menunggu iktikad baik dari pihak Anteraja untuk menyelesaikan masalah ini dengan baik, karena hal ini berkaitan dengan masa depan seseorang yang apabila paket tersebut sampai hilang, maka kami akan merasa sangat sangat dirugikan.

Sekian, terima kasih.

Anis A.
Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Anteraja:
[Total:285    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Anis A

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Anis A yang berjudul: “”Kelalaian Anteraja Membuat Customer Terancam Tidak Bisa Melanjutkan Pendidikan” di...
Baca Selengkapnya

43 komentar untuk “Kelalaian Anteraja Membuat Customer Terancam Tidak Bisa Melanjutkan Pendidikan

  • 22 Mei 2022 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah stuck seperti ini, kemungkinan besar paketnya hilang, paling ujungnya diganti, tapi entah gimana penggantiannya karena ini dokumen bukan barang.

    Saran saya kalau dokumen penting begini jangan pakai ekspedisi reguler mbak. Mending pakai jasa ojol, entah pengiriman instan / sameday. Itu juga barang bisa di pickup.

    Kamu pasti cari tarif ekspedisi yang murah, malah jadi begini, lebih baik sedikit bayar lebih mahal tapi ga ada masalah apa-apa. AnterAja sudah sering diposting kasusnya barang hilang, dan sudah jadi rahasia umum juga. Apalagi kirimnya setelah lebaran, gudang mereka juga pada overload.

    68
    2
    • 22 Mei 2022 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Bnr bgt, menurut dia dokumen penting tp diperlakukan seolah olah tdk penting dgn mengeluarkan tarif murah.

      10
      1
      • 24 Mei 2022 - (12:35 WIB)
        Permalink

        Pengiriman dokumen penting, saran saya pake jasa pengiriman yg memang ada pilihan pengiriman dokumen. Harga lebih mahal, krn ada perlakuan khusus. Ini pengalaman saya 10th yg lalu saat kirim dokumen buat pengurusan visa

    • 23 Mei 2022 - (09:16 WIB)
      Permalink

      Elahh masi make ni expedisi.
      Sy si dah buang jauh,alasan:
      -lemot nauzubilahh,1 kota aja bisa 3-4 hari.
      -kurir bnyk yg ga tanggung jawab,pengalaman sy selalu ga enak sm mereka,semua paket sy kl ga salah antar ke tetangga,ya asal taro di depan rumah,blom di terima tp status nya “telah di terima YBS”,dll.

      8
      1
      • 23 Mei 2022 - (09:33 WIB)
        Permalink

        Sy cuma pake 3. Gojek / Grab dan LALAMOVE.

        Langsung sampe ga pernah telat. Apalagi kalo yg motornya nmax buset cepet bgt ga kira2.

        Entar aja sama silambat banyak kasus. Udah parah mereka

        3
        3
  • 22 Mei 2022 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Aduh, menurut saya klo pengiriman dokumen (apalagi dokumen penting) diusahakan jgn pake expedisi reguler,. Gpp mahalan dikit tp hati tenang,..

    • 23 Mei 2022 - (06:06 WIB)
      Permalink

      Menurut saya kalau memang ingin paket sehari sampai, akan lebih baik jika menggunakan layanan pengiriman yang menyediakan jaminan sehari sampai.(misalnya: JNE YES)
      Dan jika paket berisi dokumen berharga sebaiknya diinfokan.
      Kita bisa mengasuransikan paket tersebut sehingga jika ada kejadian yang tidak diinginkan setidaknya ada ganti rugi dan pertanggungjawaban yang sesuai.

      Tapi apalah daya, semua sudah terjadi.
      Saya harap paket kakak dapat segera ditemukan.

  • 22 Mei 2022 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Kalo tgl 12 Mei uda tidak moments lebaran dan kalo udah stuk lebih dari 8 jam brarti paket ada masalah. Saran saya kalo dokumen jangan pernah pakai expedisi ecek2

  • 22 Mei 2022 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Saya pernah 2x kirim dokumen penting, saya pake JNE itu harus pake asuransi+di foto bentuk paketnya. Untungnya aman sampai cuma sehari. Dari surabaya to jakarta. Utk paket kedua pake gosend krn satu kota.
    Semoga cepat selesai permasalahannya, apa ga sebaiknya didatangi saja kantornya? Supaya masalah cepat selesai? Harus di follow up terus ini, takutnya hilang.

  • 22 Mei 2022 - (23:36 WIB)
    Permalink

    Anteraja minimal yg sameday bila merasa barang penting kalo benar hilang paling diganti 10x ongkir, grab ada sameday juga

  • 22 Mei 2022 - (23:47 WIB)
    Permalink

    Wah kalau untuk dokumen penting jangan coba2 pakai pos biasa, karena ditakutkan hilang/jatuh saat pengiriman. Karena paket sy pernah bbrp kali bermasalah, dari yg jatuh tapi untung msh ditemukan sm kurir ekspedisi lain dan dianter kerumah karena kenal, lalu ada yg terselip digudang sampe 3 minggu baru ketemu dan sampe rumah, itu jg hrs tlp bbrp kali, ada yg tertukar dikirim kerumah orang. Yg pasti kalau untuk dokumen mendingan pakai JNE YES atau gosend. Bayar mahal sedikit yg penting aman.

  • 23 Mei 2022 - (00:27 WIB)
    Permalink

    Waduh ngirim dokumen penting tapi pake pengiriman biasa, saran saya mending pake gojek ato grab biar lebih aman

  • 23 Mei 2022 - (00:29 WIB)
    Permalink

    Aduuh aku mah kapok pake angeraja dlu pernah beli online lokasinya di Bogor dari toko onlinenya barangnya sudah di kirim katanya pake ekspedisi anter aja padahal pengiriman dari Bogor ke Sukabumi 2 Minggu kemudian barangnya baru sampe ke Sukabumi… Mendingan pake si biru aja klo gak simerah paket satu hari sampe….

  • 23 Mei 2022 - (02:59 WIB)
    Permalink

    Namanya kan ENTARAJA, yah jelas pasti di entar entarin buat ngantarnya. Kalau lagi mood diantar, kalau enggak mood ya ENTAR ajah nunggu moodnya ada dulu.

    10
    1
  • 23 Mei 2022 - (03:23 WIB)
    Permalink

    Semoga tersampaikan dokumentnya
    Kalau samoe hilang, sangat repot mengurusnya, dan juga waktu yg dibutuhkan.

  • 23 Mei 2022 - (05:41 WIB)
    Permalink

    Asumsinya sehari sampai, tapi pilih layanan REGULER. Dan request pickup di sore hari. #ngiritkebablasan

    11
    3
  • 23 Mei 2022 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Kalo mau kirim dokumen mending pake
    Gosend/Grabsend Instant/sameday

    Kalo mau ekspedisi biasa, bisa pake JNE YES
    Karena saya kirim dokumen dari sana masih sampe ke penerimanya

  • 23 Mei 2022 - (11:03 WIB)
    Permalink

    big no untuk anteraja sekalipun bebas ongkir, saya pilih toko yg tidak pakai anteraja, sejauh ini JNE YES (kalau barang mahal), ojol/anteraja sameday (makanan/barang kurang dari Rp.1jt), harus Sicepat reg untuk bebas ongkir nya.

    • 23 Mei 2022 - (17:04 WIB)
      Permalink

      Ini komen a rata2 kurang empati ato rata2 manusia sekarang seperti itu ya…bukan nya ngasih solusi..ato saran mesti gimana..tapi malah komentar soal kenapa “ga pilih yg mahal sedikit” malah ada yg mendoakan hilang…Bingung saya

      4
      1
      • 23 Mei 2022 - (20:20 WIB)
        Permalink

        Ya karena memang ts tidak bijak dalam menentukan pilihan, kalau dia bijak sudah pasti dia paham pentingnya dokumen tersebut dan cara memperlakukan hal yang menurutnya sendiri penting.

        Ya itu tadi, dengan pakai pelayanan yang lebih terjamin. Tentu di dunia pelayanan, ada harga ada rupa kan? Kalau cari yang murah, tentu bukan pilihan tepat untuk sesuatu hal yang penting.

      • 24 Mei 2022 - (00:01 WIB)
        Permalink

        Mau kasih solusi? Apa yg hrs di kasih? Ini sdh terjadi dan tinggal tunggu kelanjutan nasib paketnya.

  • 23 Mei 2022 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Yg salah bkn expedisinya tp TS nya karna menggunakan expedisi dgn layanan reguler utk mengirimkan dokumen penting yg jg dibutuhkan dlm waktu cepat. Yg namanya reguler itu jenisnya standar dan mempunyai estimasi tiba paling cepat 2 – 3 hari dan paling lambat 7 hari, jd pihak expedisinya tdk akan terlalu memprioritaskan paketan reguler, mereka akan lbh memprioritaskan paketan sameday dan next day. Jika ada yg terancam tdk sekolah jgn salahkan pihak expedisinya tp salahkan sipengirimnya (TS). Seharusnya TS menggunakan layanan gosend, grabexpress ataupun jg shopee express yg bs menjamin hari itu jg akan sampai.

    2
    2
    • 23 Mei 2022 - (12:36 WIB)
      Permalink

      kok ekspedisinya tidak salah.. salah dong karena sudah 10 hari ini statusnya stuck.. apalagi kalo sampe hilang tentu salah nya ekspedisi..

      1
      1
      • 24 Mei 2022 - (00:10 WIB)
        Permalink

        Saya mengatakan ekspedisinya tdk salah itu karena TS menyalahkan ekspedisinya atas akan adanya org yg tdk bs melanjutkan sekolahnya bkn tdk salah karena paketannya stuck. Itu dua hal yg berbeda ya, klo kesalahan atas akan adanya org yg tdk bs melanjutkan sekolahnya karena dokumennya yg dikirimkan blm sampai ya itu murni kesalahan dr TS nya sendiri yg mengirimkan dokumen yg sangat2 dibutuhkan secepatnya tp menggunakan ekspedisi layanan reguler, seharusnya TS menggunakan layanan instant seperti gosend, grabexpress ataupun jg shopee express yg bs sampai hanya dlm hitungan jam saja. Klo kesalahan atas paketannya stuck ya itu jelas2 kesalahan dr ekspedisinya dan saya jg tdk memungkiri itu.

        • 24 Mei 2022 - (10:39 WIB)
          Permalink

          kalau ditracking sampe sekarang itu paket stuck tidak ada update sejak tgl 13 mei, kemungkinan hilang jadi itu juga ada kesalahan di ekspedisi, artinya 50% kesalahan pengirim dan 50% kesalahan ekspedisi. tidak disebutkan juga apakah mengganggu pendidikannya karena telat atau lebih karena tidak kunjung datang dokumennya (hilang).
          kalo paket hilang dan tdk bisa melanjutkan pendidikan artinya ada kesalahan ekspedisi disitu.

    • 23 Mei 2022 - (23:42 WIB)
      Permalink

      Saya c ga salahin anteraja y. Apalagi saya sebagai seseorang yg aktif memakai pelayanan e-commerce.
      Anteraja emg ad sameday, tp inget in bukan jaminan. Biasany kl dipickup sblm jam 11 siang memang bisa sameday maybe sore or malem sampe. Tp kl baru pickup aja jam 17:00 ++ dah pasti besok sampenya, ap lagi kalau pakai yang paling murah regulernya bisa 2 or 3 hari. Dan ingat tarif sameday anteraj termasuk murah. Ya kalau sampai 3 hari blm sampai, pakai jasa REG mah standard sy blg. Kalau 5 hari baru kelewatan.

      Kalo emg mau harus sampe cepat ya kan ada gojek instant yah. Cm tarif mahal memang. Or samedaynya jg oke asal jangan terlalu siang.

      Jd ya ad harga ad kualitas.

      Kl santai yah pakai jasa REG oke.
      Kalau pgn max 1 or 2 hari ya pakai sameday boleh
      Kalau mau lbh cpt or diprioritaskan yah pakai instant.

      • 24 Mei 2022 - (10:42 WIB)
        Permalink

        bukan hanya masalah cepat atau lambat tapi paket tersebut kemungkinan hilang, itu kesalahan anteraja. terlepas dari pilihan pengirim yang memilih reguler bukan berarti karena reguler paket boleh hilang

  • 23 Mei 2022 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Expedisi yang satu ini sudah sering merugikan konsumennya masih saja digunakan buang jauh jauh expedisi yang sudah banyak merugikan konsumennya,

  • 23 Mei 2022 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Saya rasa sudah banyak komplain dengan jasa pengiriman antxxaja tapi kenapa masih pada pakai jasa ini heran juga. Management jasa pengiriman antxxaja ini menurut saya sangat buruk dalam menangani dan manage gudang paket. Dah lah gak usah pada pakai jasa kirim antxxaja.

  • 23 Mei 2022 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Saya doakan mudah mudahan paket yg isinya dokumen penting cepat di temukan dan cepat dikirim sampai ke alamat penerima..dengan selamat
    Aamiin🤲

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Kelalaian Anteraja Membuat Customer Terancam Tidak Bisa Melanjutkan Pe…

oleh Anis dibaca dalam: 1 menit
43