Pembelian Motor Honda Vario 125 Secara “Cash” Dipersulit, Lebih Diprioritaskan yang Kredit

Melalui surat ini, saya Reivan, ingin menginformasikan tentang buruknya pelayanan sales Motor Honda. Sebelumnya saya sudah berkeliling ke beberapa dealer yang ada di Kota Bandar Lampung. Namun untuk unit Honda Vario 125 diprioritaskan untuk pembayaran secara kredit. Jika ingin beli cash tidak diperbolehkan dan harus menunggu inden 1 s.d. 2 bulan, bahkan bisa lebih.

Saya mencoba menanyakan kesediaan unit di dealer via WhatsApp, tapi tetap saja tidak ada. Namun jika ingin membeli Honda Vario 125, saya disuruh untuk menyiapkan dana sebesar 500 ribu sebagai uang untuk tanda jadi.

Saya sebelumnya sudah melaporkan ke Help Center Astra Honda, tapi tidak ada jawaban. Padahal ketika kendala dengan pelayanan, wajib melaporkan jika menemukan oknum sales nakal.

Apakah sudah sesulit ini membeli motor secara cash? Sehingga orang yang ingin membeli cash tidak dilayani dengan baik, terkadang tak diacuhkan juga.

Reivan Maliq
Bandar Lampung, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Dealer Motor Honda:
[Total:365    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Pembelian Motor Honda Vario 125 Secara “Cash” Dipersulit, Lebih Diprioritaskan yang Kredit

  • 25 Mei 2022 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Itu namanya kapitalisme mblo, korporasi dapet untung dari mane kalo bukan kredit, makin lama tenor makin gede cuannya, ya jelas ngutamain kredit lah drpd tunai, hahahaha

    20
    33
    • 27 Mei 2022 - (07:40 WIB)
      Permalink

      Betul sekali, klo beli cash bakal lebih sulit ketimbang nyicil, karena sales dan toko ngejar insentif dari leasing… 🤣🤣 Bangsat emang….

      26
      1
    • 27 Mei 2022 - (08:15 WIB)
      Permalink

      Mana nih pasukan nasi bungkus yg suka teriak “MAKANYA KALAU GAK PUNYA UANG JANGAN NGUTANG” Beserta pasukan dc serbu… mau cash di suruh ngutang… Giliran utangnya macet main ndlosor se licin ndasmu🤣

      31
      3
  • 25 Mei 2022 - (15:07 WIB)
    Permalink

    orang ga pengen ngutang ko malah disuruh ngutang 🤭🤭🤭
    bedanya kredit dan cash apa ko kalo kredit unit langsung ada sementara kalo cash unit dibilang kosong mulu
    salesnya juga pasti kejar target kalo pembayaran cash dia ga dapet apa apa makanya unit dibilang kosong mulu

    32
    2
    • 25 Mei 2022 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Bedanya di insentif dari leasing.
      Insentif Cash : dr owner saja
      PIC : 15 – 25rb
      Sales : 25 – 50rb
      Insentif kredit : dr owner & leasing
      PIC : dr owner + 100 – 200 dr leasing
      Sales : dr owner + 50 – 150 dr leasing
      Jadi bukan nakal, tapi kejar insentif.

      13
      25
  • 25 Mei 2022 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Abizz Yamaha Fazio skrg Honda Vario kelakuannya dealer koq mirip2 smua y, apa nich target salesnya… Bonus plus-nya banyak d kredit y pastilah harga total beli naik 25-50% apalagi klo macet makin untung leasingnya tinggal ambil motornya.. Kyaknya banyak permainan ini.

    22
    3
  • 25 Mei 2022 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Bukan hanya di satu dealer saja. Mungkin jika anda berkeliling ke seluruh dealer yang sudah ada, jawabannya akan sama. Pihak dealer sudah bekerjasama dg pihak leasing untuk mempercepat laju Keluar masuk kendaraannya. Tentu dg iming-2 yang lebih. Memang benar, biasanya pada selebaran dealer telah dicantumkan harga motor secara cash dan kredit. Namun, apabila customer lebih memilih cash, tentu akan ada pengarahan menuju kredit. Mengapa? Karena disana lah fungsi sales. Iming-2 garansi, santunan kecelakaan motor dlm masa kredit dLL. Tentunya sangat dibutuhkan kebijakan seorang manager dealer jika ada pembeli yang memilih cash & memberikan hak-haknya dg segera. YLKI mana YLKI

    18
    • 26 Mei 2022 - (08:23 WIB)
      Permalink

      الحمدالله
      Saya beli motor secara cash aman2 saja,tergantung bagaimana kompromi nya,bahkan sales nya juga senang

      5
      5
    • 26 Mei 2022 - (10:31 WIB)
      Permalink

      Laporkan saja ke pusat nya,dl saat PCX blm dproduksi di indo pernah ngalamin jg Udh buat SPK du PRJ tp g dproses sama dealer yg ikut event di PRJ karena mau beli cash akhirnya “Teriak2” ke Honda Pusat baru dtanggapi itu pun tunggu 4-6 bln baru dkirim..😤

      7
      2
  • 25 Mei 2022 - (18:35 WIB)
    Permalink

    Oh gitu ya permainannya…mungkin seluruh dealer sdh pake aturan seperti itu… sangat disayangkan peraturannya

    • 29 Mei 2022 - (12:34 WIB)
      Permalink

      Di kota saya malah ada dealer yg emang hanya mau terima pembelian credit, yg mau beli cash dibilang gabisa…

      • 29 Mei 2022 - (16:04 WIB)
        Permalink

        emang betu kes kredit gampang kredit.kes mah susah saya juga mau beli kes gak ada padahal unit banyak.banget.jadi bingung masa kredit gampang.bangsat selesnya.

  • 25 Mei 2022 - (19:00 WIB)
    Permalink

    @Reivan
    Pak, ada triknya kl mau dapet honda dengan cash. Jangan via WA.

    Caranya datengin dealer yg satu group dengan Astra. Cari sales yg laki-laki (jgn perempuan karena dia kaku gak tau celahnya).

    Bicarain diluar kantor sambil megang brosur/pricelist.

    Minta diskon cash (biasanya dikasi sekitar 200-300rb) untuk vario/revo/beat.

    Bilang aja dari diskonan itu buat sales 200, buat driver mobil anter unit sisanya.
    (atau pinter2nya dibagi, tp jgn rata soalnya sales yg ngusahain unit)

    Insy allah deh dapet unit secara cash 😁.

    Inget ya, jangan sampe ketemu sales yg perempuan atau laki2 tp masih freshgraduate. (Dijamin ga tau celahnya)

    18
    2
  • 26 Mei 2022 - (05:21 WIB)
    Permalink

    dikota cash/credit dilayani kenapa prioritas credit karna sales dpt Bonus dr leasing, bisa juga dr App WANDA pesan dr situ cepat ketemu dealer

  • 26 Mei 2022 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Divideoin aja, nanti salesnya juga takut. Kameraman bilang aja mau diviralin. Ini jurus jitu boss

    3
    2
  • 27 Mei 2022 - (16:41 WIB)
    Permalink

    Pindah dealer aja biar “bukan rejeki salesnya”. Pas di dealer lain pun kalo masih di suruh nyicil, gitu aja lagi wkwk

  • 27 Mei 2022 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut info yg saya dapat dr beberapa sumber dan dealer biasanya fenomena seperti ini ada di unit² terbatas yg mengharuskan konsumennya untuk melalui proses inden dan juga banyak peminatnya, dikarenakan stok unit yg terbatas biasa nya leasing² melakukan order duluan ke pihak dealer untuk beberapa unit yg akan datang, misal 10 unit, jadi untuk 10 unit yg akan datang berikutnya itu sudah merupakan indenan leasing tersebut, pertanyaannya kenapa untuk order yg cash bisa lama? Ya itu td, untuk yg cash berarti harus nunggu dl di antrian unit yg ke 11. Atau ada juga beberapa dealer yg sementara waktu tidak melayani pembelian cash di unit² tertentu, kemungkinan sih dikarenakan orderan dr leasing nya yg terlampau banyak karena pastinya tidak hanya 1 leasing, tp bisa jadi semua leasing melakukan inden order terlebih dahulu. Karena untuk dealer nya itu sendiri baik pembelian konsumen lgsg secara cash ataupun kredit itu sama saja, karena leasing pun melakukan pembelian unit ke dealer jg secara cash dan mereka kreditkan pembayaran nya ke konsumen. Secara garis besar seperti itu informasi yg saya terima, mungkin bisa memberikan sedikit pencerahan. Barangkali ada yg punya info lain silahkan bs di tambahkan.

    6
    1
    • 31 Mei 2022 - (20:45 WIB)
      Permalink

      Maaf pak, sepertiny info yang bapak terima kurang akurat. leasing itu cuma pihak yang menyediakan jasa untuk pembayaran yang diangsur / Kredit . masalah indent itu dari dealer motor tersebut , leasing tidak bisa ikut campur . hanya proses pembiayaan kredit ny saja.

      dan masalah seperti artikel diatas itu “Bahasa Marketing” dari karyawan dealer tersebut untuk membuat konsumen tidak membeli motor dengan pembayaran “CASH” supaya dia mendapatkan Isentif&komisi lebih dengan cara mengalihkan minat pembeli untuk membeli “CASH” ke “Kredit”

      1
      2
      • 3 Juni 2022 - (19:55 WIB)
        Permalink

        Terima kasih atas komentarnya Pak, dan saya tidak menyangkal untuk komentar bapak, karena secara garis besar infonya seperti itu job desk leasing.
        Untuk tanggapan yg saya tulis di atas itu berdasarkan informasi yg saya terima sewaktu saya akan melakukan pembelian Honda Scoopy di pertengahan bulan februari kemarin, karena proses yg saya alami baik itu pembelian dan tanggapan dr berbagai dealer hampir mirip dengan yg narasumber alami. Dari situ saya coba mencari informasi tentang kendala dan masalahnya, dan dari yg saya saring juga saya terima kurang lebih seperti apa yg saya tulis di atas tentang informasi terkait kenapa harus inden. Begitu kurang lebih nya Pak.
        Dan untuk menjawab komentar pengalihan dari CASH ke KREDIT, infonya itu dimungkinkan karena slot inden/pesanan leasing ke dealer ada di barisan awal yg saya asumsikan semisal 10 di atas, sedangkan untuk yg Cash dikarenakan proses indennya datang belakangan setelah leasing melakukan inden/pesan unit di awal jd ada di urutan ke 11. Jadi kenapa sales nya menganjurkan kredit, kemungkinan untuk mempercepat konsumen itu mendapatkan unit yg di pesan karena slot pesanan leasing ke dealer ada di urutan paling awal.
        Dan akhirnya pada waktu saya tidak jadi beli, saya urungkan niat membeli karena proses inden nya terlalu lama dan saya pun tetap ingin melakukan pembelian secara cash, hehe.
        Infonya sekarang prosedurnya masih sama, dan katanya malah lebih parah lama inden nya karena ada masalah di stok produksi atau apalah itu saya belum tau juga informasinya.

  • 27 Mei 2022 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Barang lg susah banget gara² pabrik lg ga produksi. gara² kelangkaan chip semikonduktor..

    naaah kenapa harus kredit karena ada insentif lebih di dalamnya, buat nutupin biaya operasional dealer

    Hukum ekonomi jg berlaku klo kondisi begini

    “Ketika ketersediaan barang sedikit dan permintaan meningkat maka harga akan naik”

    klo mau beli cash ya sabar tunggu ketersediaan barang banyak..

    ga ada yg salah dalam kasus ini..

  • 28 Mei 2022 - (11:10 WIB)
    Permalink

    H+6 lebaran kemaren aku mau beli pcx secara cash,
    Tp d suruh inden 1-2 bulan
    Kalo mau cepet ya ambil kredit,

    D hari berikutnya ada tetangga mau beli juga tp secara kredit
    Belum 2 Minggu barang udah datang,
    Aku sih enggak begtu masalah
    Cuma itu orang udah pernah galbay,
    Kok bisa lolos ketika mau ambil lagi

  • 28 Mei 2022 - (11:56 WIB)
    Permalink

    sy belum lama ini juga mengalami hal yg sama.beli cash 2 unit lama indennya,kenapa seperti itu! ga terjawab juga..
    akhirnya sy beli aja kendaraan merk lain.sy telpon dealernya,kirim kataloq produk dan harga,ada yg cocok trus transfer DP 50% sisanya setelah kendaraan datang dan besok paginya kendaraan langsung datang..hanya 24 jam udah bisa terima kendaraan..
    kenapa bisa beda begitu antara bayar cash dan credit,juga sistem dibanding dealer lain..

  • 28 Mei 2022 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Kemarin Pembelian Cash Yamaha Fazzio di beberapa Dealer “di persulit”. Sekarang kasusnya mau beli Honda Vario Cash di beberapa Dealer juga “dipersulit.”. Pertanyaan saya… (Monggo yg faham silahkan dijawab): apakah motor-motor yg dipajang di dealer-dealer itu milik leasing semuanya???. Beberapa tahun yg lalu saya beli Motor Honda Verza secara Cash dikirim Hari itu juga, dg DP 3jt, kekurangannya saat motor tiba dirumah. Terus beberapa bulan yg lalu saya beli Honda Scoopy, harus inden. Beberapa Dealer menyanggupi paling cepat 2minggu. Tapi saya tak pernah tanya kenapa nggak bisa hari ini. Saya tidak datang langsung ke Dealer, tapi lewat WA, dan lakukan tawar menawar juga lewat chat WA. dapat potongan 300rb. Dealer yg lain menawarkan dg harga 100-200k lebih mahal. DP 1jt, kekurangannya setelah motor tiba di rumah. Dari proses DP sampai motor tiba di rumah waktunya 24hari, yg waktu itu salesnya bilang sekitar 2 mingguan. Menurut saya lain daerah mungkin lain kebijakannya….

    • 31 Mei 2022 - (20:50 WIB)
      Permalink

      ngak gan, leasing mah cuma kerja sama buat pembayaran kredit aja, unit2 motor itu punya ASTRA HONDA leasing ngk ngaruh apa2.
      itu mah sales2 delaer nya gan, supaya dapat Isentif & Komisi lebih dari kredit, kalo cash Sedikit mereka dapat, makanya mereka bilang gitu “Kalau mau cepat kredit aja” buat mancing minat kita itu

  • 31 Mei 2022 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Saran kalau mau beli Motor Cash itu ke Dealer “ASTRA HONDA” langsung jngn delaer2 lain, mereka semua ambil stok unit motor dari “ASTRA” .

 Apa Komentar Anda mengenai Dealer Motor Honda?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Pembelian Motor Honda Vario 125 Secara “Cash” Dipersulit, Lebih Di…

oleh Reivan dibaca dalam: 1 menit
32