Kecewa dengan Pelayanan Official Store Xiaomi Tokopedia

Pada hari Kamis tanggal 26 Mei 2022 pukul 14:43, saya melakukan transaksi pembelian ponsel melalui marketplace Tokopedia di Xiaomi Official Store. Dengan harapan, handphone yang saya beli akan segera dikirimkan.

Saya mengerti transaksi saya lakukan pada tanggal merah, yang (mungkin) pihak pengemasan barang sedang libur saat itu. Namun setidaknya pada hari berikutnya/Jumat 27 Mei 2022 kantor dan gudang sudah beroperasi kembali, sehingga tidak menutup kemungkinan pesanan saya segera dikirimkan. Namun saat saya cek detail pesanan saya, pada tanggal 27 Mei 2022 tersebut statusnya masih “Menunggu Konfirmasi”.

Sebagai calon pelanggan dari Xiaomi, saya merasa sudah mulai kecewa atas keterlambatan pengiriman yang terjadi. Maka saya hubungi pihak Xiamoi Official Store di Tokopedia via chat dan hanya dibalas dengan template “Sedang diproses oleh tim kami dan akan diusahakan untuk dikirim secepatnya”.

Alasan saya memilih Xiaomi Official Store adalah agar barang cepat dikirim sesuai dengan yang mereka cantumkan yaitu +- 1 jam pesanan diproses. Namun kenyataannya pesanan saya untuk berubah dari menunggu konfirmasi menjadi proses saja butuh waktu 2 hari.

Kemarin tepatnya hari Sabtu, karena saya tidak mendapatkan kejelasan dari pihak Xiaomi Official Store Xiaomi saya hubungi agent customer service Email dengan harapan mereka bisa membantu menindak lanjuti kendala saya. Namun balasan yang saya terima dari pihak CS Email pun tetap tidak membantu, mereka melempar dengan menyarankan saya menghubungi pihak Xiaomi Official Store Tokopedia. Padahal jika dari pihak Xiaomi Official Store Tokopedia bisa memberikan pelayanan yang baik kepada saya tidak akan saya minta bantuan ke customer service after sales.

Karena merasa belum mendapat kejelasan kapan pesanan saya dikirim saya kembali hubungi via chat Xiaomi Official Store Tokopedia dan mereka informasikan barang akan dikirim lambatnya di tanggal 28 Mei 2022. Saat itu, pesanan berubah menjadi “menunggu kurir” dari pukul 14.00 sampai dengan detik ini.

Saya kira laporan saya benar-benar ditangani oleh tim Xiaomi Official Store Tokopedia. Namun ternyata hanya mengubah status dari diproses menjadi menunggu kurir tanpa barang benar-banar dikirimkan pada tanggal 28 Mei.

Kembali saya hubungi pihak chat Xiaomi Official Store Tokopedia hari ini Minggu, 29 Mei 2022, tapi tidak ada respons dari mereka. Karena saya bingung, akhirnya kembali saya hubungi pihak agen WhatsaApp. Namun apa yang mereka balas di WhatsApp saya? “Silakan berkoordinasi dengan pihak penjual”. Kembali saya tidak mendapatkan pelayanan yang baik dari bagian sales maupun aftersales.

Terhitung tanggal 26-29 Mei 2022 ponsel yang saya beli belum juga dikirim dan diserahkan kepada pihak ekspedisi. Apakah selambat ini manajemen Official Store Xiaomi?

Baru kali ini saya ingin menggunakan ponsel Xiaomi namun dari awal pembelian saja sudah menerima kekecewaan. Padahal saya di sini adalah pembeli dan calon pengguna, bukan sebagai penerima hadiah. Saya membeli bukan mendapatkan gratis dari pihak Xiaomi.

Terima kasih Media Konsumen.

Systa Farihah
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Xiaomi Indonesia:
[Total:53    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Official Store Xiaomi Tokopedia

  • 30 Mei 2022 - (17:33 WIB)
    Permalink

    ahhaha kan sudah pernah dibilang, status “official” itu selalu lama, banyak kasus

    14
    3
    • 31 Mei 2022 - (01:15 WIB)
      Permalink

      Sabar dikit napa..transaksi tanggal 26 (tanggal merah) sore..tanggal 27 toko proses barang yg udah transaksi duluan,28-29 keknya toko libur…apalagi official yg pesen mgkin banyak….

      14
      3
      • 31 Mei 2022 - (18:17 WIB)
        Permalink

        Sabar mbak kan masih dalam masa estimasi pengiriman, kalo mau cepet pakai sameday atau instan itu pun di hari kerja ya, karena kalo bukan hari kerja akan dikirimkan hari berikutnya meskipun kita pilih sameday atau instan

    • 1 Juni 2022 - (21:08 WIB)
      Permalink

      Klo mau cepet, gak sabaran, dan pengen dipakai HP nya, ya beli saja di Mall terkenal di Bogor seperti BTM, Botani Square, CCM, AEON, Lippo Plaza Mall dll.

  • 30 Mei 2022 - (17:36 WIB)
    Permalink

    xiomi di whatapp itu resmi, beda dengan toped, bukan resmi itu cuma penjual biasa yang berstatus “official”

    10
    2
  • 30 Mei 2022 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Tanggal 26 dan 29 mei tgl merah
    Wajar kl terjadi keterlambatan ditambah LG ada event WIB…
    KL GA SABAR BELI LEWAT TOKO OFFLINE

    KAYAK GINI DI POSTING DI MEDIA KONSUMEN
    WKWKWKWKWK

    30
    4
  • 30 Mei 2022 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Kenapa gk beli offline aja, lgsg bungkus pakai drpd repot2 online. D offline juga sebenarnya bs cashback juga d tokonya krn pembayaran via merchant jg.

    7
    2
  • 30 Mei 2022 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Status masih proses dah komplain? Gila nih buyer, klo mau cepet beli offline, yg beli online kan bukan cuma anda, aneh banget. Terlalu lebay

    11
    3
  • 30 Mei 2022 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Wkwk aturan tokopedianya kan jelas ada waktu pemrosesan sekian hari dan Anda sudah setujui itu di perjanjian awal saat pertama kali daftar. Terus kenapa sekarang Anda malah bikin aturan sendiri? Disini sellernya gak salah toh masih dalam jangka waktu pemrosesan yang sudah diatur oleh pihak marketplace. Anda saja yang tidak tau aturan mainnya tapi merasa benar. Tolong dong mediakonsumen, jangan kasih panggung ke konsumen seperti ini.

    22
    5
  • 30 Mei 2022 - (23:33 WIB)
    Permalink

    Senyum2 sendiri saya bacanya ,
    Saya juga seller di toped,
    Gini ya mbak TS.
    Sebelum beli usahakan chat seller terlebih dahulu baik dengan diskusi atau kolom chat. Tanyakan stok dan estimasi pengirimannya. Jika mbaknya menggunakan kuota gratis ongkir blanja 10rb/50rb ini kurirnya pakai kurir rekomendasi dari toped (anteraja , sicepat). Kurir ini lagi overload.

    Menunggu konfirmasi brarti pesanan anda belum di terima / di klik toko.
    Pesanan di proses : toko cetak invoice dan mempersiapkan barang.
    Menunggu di pick up : barang sudah di packing dan resi / awb sudah keluar tinggal di ambil kurirnya. Nah ini jika kurirnya overload maka lama sekali di ambilnya. Saya sendiri saat pick up barang juga gak tega lihat kurirnya , ronjot full dan bawa karung besar setinggi kepala mereka. Sampai2 gak bisa turun dari motor.
    Untuk pembelian di marketplace yang sedang ada promo mohon bersabar.
    Jika pingin cepat anda bisa beli offline.
    Offline bisa cicilan juga kok , mulai dari hci , akulaku , indodana dll.
    Cashback / diskon juga ada.
    Jika pingin blanja online cepat bisa cari toko yang sekota dan pengiriman mengunakan sameday atau instan.
    Semoga membantu
    Terima kasih

    31
    2
  • 31 Mei 2022 - (01:13 WIB)
    Permalink

    hareh mau komen males.. gk di komen nusuk mata.. TS baru blanja online ya?๐Ÿ™๐Ÿคฆ๐Ÿป

    8
    2
  • 31 Mei 2022 - (01:35 WIB)
    Permalink

    Kamu minta cepat harusnya pakai kurir instan, minimal sameday. Supaya estimasi pengiriman dan waktu proses dari sistem juga dibuat lebih cepat.

    Ini sudah minta cepat, pakai kurirnya Sicepat HALU, layanan ekonomi loh itu, ongkirnya cuma 6 ribu perak, yakin akan sampai sesuai estimasi?

    Nanti begitu barangnya dikirim oleh penjual, kamu buat lagi surat untuk Sicepat karena paketnya stuck di gudang. Toh, saat ini Sicepat emang lagi ada masalah internal. Ditunggu deh kelanjutan surat pembacanya untuk pihak Sicepat.

    11
    3
  • 31 Mei 2022 - (06:27 WIB)
    Permalink

    kalo mau cepet kenapa beli offline๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ erafone partner penjualan xiaomi tuh atau toko toko hp lainnya.

    3
    3
  • 31 Mei 2022 - (06:30 WIB)
    Permalink

    Kalo mau cpt beli diseller biasa yg power merchan pake sameday, official punya banyak MP bkn toped aja apalagi pas akhir bulan order meningkat jadi proses jauh lebih lama, mau lapor adm toped juga gak pengaruh karna masih dalam estimasi kecuali aja perjanjian tertulis bisa dikirim hari ini

    6
    1
  • 31 Mei 2022 - (07:08 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah melebihi estimasi proses pengiriman dan belum dikirim juga, bisa komplain ke cs tokopedia ya kak.. biasanya dalam 1×24 jam kalau pihak seller tidak membalas komplain trsebut, maka pesanan dicancel oleh tokopedia.

  • 31 Mei 2022 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Sepertinya tante systa jarang belanja online yaa tan
    Hihiiiii
    Yg belanja online bkn cm tante ajah tp buanyak sekali
    Jd hrs sabar kerena org sabar itu pantatnya lebar heheekk

    9
    2
  • 31 Mei 2022 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Beli dimana, komplain kemana? Anda yang ngawur.
    Lagian xiaomi sudah kayak tempeh beli langsung ditoko terdekat cuma selisih harga dikit.

    7
    2
  • 31 Mei 2022 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Official store xiaomi di toped blm tentu punya distributor xiaomi. Ya jelas aja ditolak cs mi.com. kalau gak suka nunggu tinggal klik batal. Dan mungkin jg pas sdh pos di mk barangnya sdh sampai. Gitu aja komplen sebaiknya baca dulu masa pemrosesan di toped. Kalau lewat jg batal by sistem otomatis

    5
    1
    • 2 Juni 2022 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Mungkin sekarang beliau sedang membaca menggunakan HP barunya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Buat pelapak hati hati ya sama buyer yg kaya gini. Bisa2 reputasi toko dibuat anjlok ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  • 31 Mei 2022 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Sebuah keresahan yang lucu ,,
    Pembayaran cicilan bisa juga di toko offline, dengan home credit ataupun kredivo tergantung dari toko nya menyediakan cicilan apa. Jika ingin cepat, beli lah di toko offline. Jika toko offline sangat jauh dari tempat tinggal anda, bisa cari toko official store di tokped yang menjual semua brand smartphone dan ada pilihan pengiriman instant atau sameday.

    4
    1
  • 1 Juni 2022 - (03:11 WIB)
    Permalink

    Panjang2 baca curhatan lu malah ga guna. Belajar dulu sebelum belanja online om/tante. Malu loh.. Harusnya malu.

    2
    1
  • 1 Juni 2022 - (05:27 WIB)
    Permalink

    Beli toko lain, chat dulu, pakai kurir instant, pasti cepat. Official Store tak menjamin lebih cepat, toko biasa kadang jauh lebih cepat karena pesanan dikit, udah gitu harga juga kadang lebih rendah dari Official Store, tinggal pinter nyarinya aja

  • 1 Juni 2022 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Yaampun bikin malu aja, jadi orang gk sabaran.. kalau mau cepet beli offline.. Sdh tau tanggal merah harusnya tau kalau pesanan bakal numpuk, apalah official store, semua orderan di proses sesuai urutan.. Bru juga 3 hari udh lapor sana sini..

 Apa Komentar Anda mengenai Xiaomi Indonesia?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Official Store Xiaomi Tokopedia

oleh Syista dibaca dalam: 2 menit
31