Jualan di Shopee, JNE yang Salah, Seller yang Rugi Jutaan Rupiah

Dear Media Konsumen,

Sebelumnya saya berterima kasih atas adanya platform ini dan untuk teman-teman pembaca sekalian. Saya selaku penjual di Shopee, merasa sangat dirugikan karena tidak adanya proteksi untuk seller di Shopee.

Pada bulan Februari 2022, saya mengirimkan pesanan paket via JNE Trucking, dengan nomor resi: JT61468306260 (1 kipas, isi 3 koli).

Nomor pesanan di Shopee: 220203GP59N5BV (senilai Rp2.300.000):

Kemudian terjadi keteledoran oleh kurir JNE, yang mana paket dikirim ke alamat yang salah, tanpa adanya komunikasi/telepon ke pembeli. Paket tersebut ditaruh di teras rumah dan kehujanan serta kepanasan selama 2 hari. Saya sebagai penjual/pengirim komplain ke JNE dan JNE baru pick up 2 hari kemudian.

Singkat cerita, paket tersebut dikirimkan kepada pembeli. Namun pembeli menolak karena pakingnya sudah hancur.

Sesuai SOP JNE, apabila paket ditolak penerima, maka akan dikembalikan ke seller. Namun dari 3 koli kami kirim, hanya kami terima 1 koli. Kondisi barang rusak dan kurang, jadi tidak bisa kami jual kembali.

Pembeli menerima refund full, tapi kami sebagai penjual cuma menerima kompensasi 10 kali ongkir sebesar Rp850.000.

Kami pun menghubungi Shopee dan JNE berkali-kali. Namun jawaban Shopee: SOP dikembalikan 10 kali ongkir karena tidak diasuransikan. Pertanyaannya, di mana fitur asuransi Shopee? Karena di aplikasi pun Shopee belum memiliki fitur asuransi, beda dengan kompetitornya Tokopedia.

Pada kasus pertama ini kami sudah merugi Rp1.450.000,- secara material (belum termasuk pulsa berkali-kali menghubungi Shopee dan JNE, yang selalu dipingpong). Kemudian hal serupa kembali terjadi pada bulan Juni 2022 (nilai paket Rp 3.100.000, 1 kipas isi 3 koli). Nomor resi: JT09261391384 dan nomor pesanan: 22060669XG336M.

Pertama-tama, pembeli komplain karena paket tidak kunjung datang. Kemudian Shopee me-refund 100% dana pembeli. Saya sebagai penjual cuma mendapat pergantian Rp2.055.000. Lagi-lagi dengan alasan 10 kali ongkir dan tidak adanya asuransi). Kasus kedua ini, kami rugi lagi Rp1.045.000.

Kemudian, pembeli pun setelah sekitar 3-5 hari menginformasikan bahwa paket telah diterima pertama 2 koli, dan keesokannya menerima 1 koli berikutnya. Sedangkan seller dihukum atas kesalahan JNE (yang awalnya menyatakan paket hilang dan tidak menerima barang kembali).

Ketika saya menghubungi JNE Trucking, untuk menambahkan asuransi manual itu ternyata tidak bisa. Karena resi di-generate secara otomatis oleh sistem Shopee. Beda dengan pengiriman manual yang bukan resi Shopee.

Jujur saya sudah lelah dipingpong. Setiap kali telepon Shopee, cuma bisa bilang kami sedang cek dengan JNE. Telepon JNE pun dijawab pengembalian dana sesuai ketentuannya Shopee.

Mohon bijaksana Shopee! Kami seller juga punya karyawan yang harus kami bayar, dan kerugian akibat kesalahan jasa kirim kenapa selalu dibebankan ke seller? Saya jadi tidak merasa aman untuk berjualan di Shopee.

Seller fee naik, tapi mana perlindungan kami sebagai seller? Saya tidak masalah menggunakan asuransi, tapi mana fitur asuransi Shopee? Gimana caranya seller menambahkan asuransi manual kalo dari pihak ekspedisinya sendiri tidak bisa karena resi otomatis?

Saya sangat-sangat berharap, dengan menulis di sini, suara saya sebagai seller bisa didengar dan masalah bisa diselesaikan. Mohon bantuannya ya semuanya, semoga dengan menulis di sini teman-teman pembaca bisa membantu saya mendapatkan keadilan.

Terima kasih.

Silvia Lorenna
LFINDONESIA
Jakarta Barat


Update (30 Juni 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Shopee dan JNE sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Ibu Silvia Lorenna

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 25 Juni 2022 berjudul “Jualan di Shopee, JNE yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Pengalaman saya berbelanja di Tokopedia LEBIH AMAN. Jika ada barang yang rusak oleh ekspedisi dan menggunakan asuransi akan diganti FULL tanpa proses yang berbelit2. Admin Tokopedia juga lebih komunikatif dan cepat tanggap. Jadi jika berbelanja pecah belah / brg yang mudah pecah maupun barang yg nilainya mahal saya lebih prefer ke TOKOPEDIA. Untuk Shopee saya lebih suka berbelanja produk yang tidak mudah rusak saat di perjalanan, itupun harus ke Penjual yang trusted krn sebenarnya mikir 2x krn di Shopee tidak ada pilihan Asuransi dan jika ada kendala seperti dpt produk palsu dll akan susah menangnya meskipun sudah menyertakan bukti2 akurat.

  • Pantesan susah nyari seller sepeda lipat yg bagus di shopee...baru paham saya🤭