Barang Sebagai Hadiah Rusak dalam Pengiriman J&T Express

Pada tanggal 11 Juni 2022, saya memesan pigura custom ke toko langganan saya melalui sosmed. Saya juga menyampaikan kepada seller, bahwa pesanan akan saya gunakan sebagai hadiah wisuda untuk sahabat baik saya tanggal 15 Juni 2022. Antrean pesanan saya saat itu di urutan 150, tapi karena seller tidak ingin mengecewakan pelanggan lamanya, akhirnya owner-nya langsung yang mengerjakan pesanan saya.

Malam hari di tanggal 11 Juni 2022, owner dari toko langganan saya tersebut membuatkan pesanan saya dan tanggal 12 Juni 2022 owner mengabarkan kepada saya bahwa pesanan saya sudah selesai dengan menyertakan fotonya (terlampir). Pada hari yang sama, pesanan saya dikirimkan melalui kurir J&T, nomor resi: JD0183789556, penerima: Aksara dan sampai di kos saya tanggal 13 Juni 2022 petang hari.

Saya mengetahui barang saya sampai setelah melihat tracking pengiriman di web J&T dan oleh kurir barangnya diletakkan di garasi kos (saya sudah sering pesan barang online dan kurir memang saya amanahi agar meletakkan barang di garasi bila saya sedang tidak di kos). Saat mengambil paket, saya sudah curiga karena ada bunyi-bunyian dari dalam paket. Saya khawatir pesanan saya pecah, karena isinya adalah pigura custom dan ada bahan kacanya. Akhirnya saya membuat video unboxing, dan benar dugaan saya, paket saya pecah dan tidak bisa digunakan untuk hadiah wisuda sahabat saya.

Saat itu juga saya komplain ke J&T melalui WA dan juga telepon. Saya sudah melampirkan video unboxing sejak awal komplain. Hingga seminggu belum ada kabar tentang nasib paket saya. Sudah mencoba menelepon lagi ke CS J&T, konfirmasi melalui email dan WA, tapi hasilnya nihil. Jawabannya hanya berputar-putar dan tidak ada kepastian tentang paket saya.

Saya sangat kecewa dan sedih dg kejadian ini, karena momen wisuda teman saya sudah lewat tanpa ada pertanggungjawaban dari J&T. Momen 1 hari yang tidak bisa diulang dan saya gagal memberikan hadiah di hari spesial sahabat dekat sekaligus sahabat baik saya.

Hal yang tak kalah mengecewakan adalah dari pihak J&T justru sempat menyalahkan seller, karena mengirim produk berbahan kaca. Padahal saya sudah berulang kali memesan produk yang sama ke seller dan sampai dengan keadaan aman. Dari seller juga sudah paking produk saya seaman mungkin, dengan bubble wrap tebal, kardus, dan stiker fragile. Kalau memang tidak boleh mengirim barang berbahan kaca, sebelum-sebelumnya kenapa tidak dilarang? Kenapa setalah ada barang pecah baru ada kalimat dari CS J&T bahwa tidak boleh kirim kaca? Saya hanya berkesimpulan barang kali itu cara J&T lari dari tanggung jawab.

Pihak J&T sepertinya juga menghubungi seller. Karena si owner toko menghubungi saya menanyakan paket saya. Setelah saya jelaskan bahwa saya komplain ke J&T atas pigura saya yang rusak, seller inisiatif untuk mengganti pigura saya, tapi saya tidak mau. Karena hal tersebut bukan kesalahan seller, tapi kesalahan J&T yang sudah membuat pigura saya rusak dan tidak bertanggung jawab.

Hingga surat ini ditulis, pihak J&T tidak pernah memberikan kejelasan tentang paket saya. Hanya disuruh menunggu dan setiap saya tanya estimasinya tidak dijawab. Hal tersebut membuat saya semakin sakit hati dan kecewa.

Nurul Hasanah
Bantul, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:23    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Barang Sebagai Hadiah Rusak dalam Pengiriman J&T Express

  • 2 Juli 2022 - (09:12 WIB)
    Permalink

    ganti aja dulu kacanya sendiri, gapapa komplain tetap lanjut.

    rentan sih kaca, temen saya juga jualan figura. bublewrapnya tebel bngt.

    • 3 Juli 2022 - (12:12 WIB)
      Permalink

      Seler nya Bego… penerima juga bego..
      Lapor ke media konsumen. Media konsumen besar2in permasalahan seolah2 gak mengerti SOP.

      Udah tau kirim kaca. Packingnya hanya begitu.
      Seenaknya melaporkan
      Yg jelek nama JNT.

      3
      5
  • 2 Juli 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Udah tau kaca kok dikirim pake kurir expedisi sih mbak. Itu kalau pesan kaca aja kirimnya harus berdiri gak boleh tidur. Ya jelas aja pecah.

  • 2 Juli 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    saya juga jual figura.
    memang berhubung dengan kaca ini memang rentan pecah.
    selain sticker fragile, perlu inisiatif kasih tulisan ‘AWAS KACA!!” yang besar di bagian luar paket. ya setidaknya berharap kurir yang melihat tulisan tersebut lebih berhati-hati dalam membawa saja.

  • 2 Juli 2022 - (23:25 WIB)
    Permalink

    Kl dilihat dari vidio unboxingnya, itu mnrut saya salah sellernya. Bubblewarp nya tipis bgt. Lalu hnya stiker fragile biasa…yg ga ada tanda peringatan itu kaca. Kan kurir tdk hnya mngirim paket mbak…

  • 3 Juli 2022 - (07:06 WIB)
    Permalink

    kenapa gak komplain ke seller di marketplacenya aja sih ? kalau punya bukti lengkap… itu kan bisa diretur minta ganti rugi uang atau barang sama. kalau dalam hal ini seller yang disalahkan, bubble warpnya kurang tebal kalau isinya kaca min 5 lapis

    2
    1
  • 3 Juli 2022 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Kalau mau lebih aman packing kayu kakak.
    Bubble wrapnya itu masih tergolong tipis untuk ukuran barang pecah belah.
    Setahuku di J&T memang ada beberapa larangan kirim barang tertentu sesuai kebijakan counternya, misal bahan pecah belah atau cairan.
    Nah untuk menyiasati itu kadang pengirim bilang barang aman isinya.
    Saya rasa seller disini juga merasa bersalah karena packingnya kurang aman, bubble wrap nya kurang banyak lapisnya makanya mau menawarkan ganti.
    Barang yang dikirim J&T itu banyak gak hanya punya kita, jadi pengirim yang harus lebih waspada mengenai packing agat barang aman sampai tujuan..

    • 3 Juli 2022 - (10:40 WIB)
      Permalink

      Itu bubble warpnya tipis banget mba, seharusnya kardusnya di bubble warp juga, saya ngirim sepatu aja bubble warpnya bisa 6 meter agar kardus sepatunya tidak rusak 🙂
      Semoga masalahnya cepat selesai 😇

  • 3 Juli 2022 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Semua ekspedisi jg aslinya menolak kiriman yg mudah pecah, terutama kaca. Dan sy jg yakin kalau ttp ngotot tuk kirim pasti di infokan kalau ada apa2 ekspedisi tdk tanggung jawab. Bahkan di packing kayu pun tdk aman 100℅,

  • 3 Juli 2022 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Setau sy berbahan kaca harus dipaking kayu kalo mau lbh aman, mengenai kiriman sebelumnya aman kan kita gak tau kondisi dilapangan ky gmn kalo lagi bnyk barang paket dilempar pas bongkar muat jd gak heran pd rusak sy pesan mie aja pd hancur mengenai stiker fragile itu hanya formalitas smua kiriman disatukan kecuali fragile dipisah dpt perlakuan khusus atau kalo bisa saran pihak expedisi membuat tarif khusus barang fragile biar keamanan barang lbh terjamin

  • 3 Juli 2022 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Pake kayu pake bubble wrap jelas pecah pasti seller nya asal kirim , gak jujur udah bubble wrapnya aja bungkus nya gak kencang , jangankan barang seperti ini laptop aja packing kayu bisa pecah.

    • 3 Juli 2022 - (23:33 WIB)
      Permalink

      Ya Alloh mbak mbak, itu jelas yang salah sellernya lah, udah tau kaca, tapi bungkus bubble wrapnya tipis banget. Harusnya klo kaca itu pake packing kayu, hp aja loh buble wrapnya bergulung gulung. Saya kasihan sama J&T, namanya jadi jelek karna ulah Seller dan Pembeli yang ga baca SOP standar pengiriman yang benar

  • 3 Juli 2022 - (12:41 WIB)
    Permalink

    memang biasanya tidak boleh kirim kaca, dan jika sesuai SOP biasanya ditempat pengiriman CS kurirnya harus mengatakan bahwa boleh dikirim tap segala kerusakan akan menjdadi resiko ditanggung pengirim (resiko sendiri).

    apakah CS J&T sudah mengingatkan ke penjual?

  • 3 Juli 2022 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Pada dasarnya semua expedisi sama mengenai perihal pelayanan dan keamanan.. Resiko hilang/rusak karena memang ini expedisi sudah membuat tarif yang murah dan tidak ada perlakuan khusus terhadap barang2 tertentu. Dan Sudah ada aturan penggantian dari masing2 expedisi. Jika anda berkirim barang sebaiknya anda harus mengetahui aturan dari expedisi tersebut biar tidak terjadi salah paham. Jangan “biar murah asal selamat” itu tidak mungkin

  • 3 Juli 2022 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Kok jnt yang salah .. ???
    Biasanya sebelum dikirim pihak jnt akan menanyakan isinya apa ?
    Klo barang pecah belah atau cairan akan suruh pake paking kayu.
    Harusnya seller nya modal dikit lah.
    Saya aja kirim printer pake paking kayu.
    Aman.

  • 3 Juli 2022 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Saya seller kebanyakan jual hardware material besi berat 2 – 8 kg bayangin sendiri kalo paket isi pigura dipacking kaya gitu ketindihan paket saya 🤣🤣🤣🤣

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Barang Sebagai Hadiah Rusak dalam Pengiriman J&T Express

oleh Aksara dibaca dalam: 2 menit
20