Masalah Penarikan Dana Tokocrypto, 2 Minggu Lebih Tidak Terselesaikan

Saya sudah sangat lama menggunakan platform Tokocrypto untuk trading dan penarikan dana saya. Saya akui memang fee penarikan cukup murah dan cepat, tidak sampai 15 menit sudah masuk ke rekening saya.

Namun, baru-baru ini saya mengalami masalah yang cukup membuat saya kesal. Terlebih lagi dengan pelayanan pelanggan yang terkesan hanya bisa memberikan solusi menunggu dan balasan template.

Masalah penarikan dana dimulai sejak tanggal 2022-06-24 17:20, ketika saya ingin mengajukan penarikan dana ke Bank BCA terdapat pesan error: “Transfer Failed. A portion of your assets have not received the required block confirmations“. Lalu saya coba kontak CS melalui Live Chat yang tersedia.

Solusi yang mereka berikan hanya diminta menunggu dan mencobanya beberapa jam lagi. Oke saya ikuti. Namun sudah beberapa hari saya coba tetap saja tidak bisa. Akhirnya saya chat CS lagi. Terhitung sampai tanggal 27 sudah sekitar 3x lebih saya CS, tapi solusinya sama saja dan tidak membantu sama sekali.

Error Code saat penarikan dana
Error Code saat penarikan dana

Kemudian atas saran dari teman-teman komunitas crypto disarankan untuk mencoba fitur transfer dana dari Tokocrypto ke akun Binance. Namun, tetap juga tidak bisa dan muncul kode error yang sama. Bukti tanggal awal masalah (penarikan ke Bank BCA):
Bukti Error Penarikan Dana IDR ke Bank BCA

Bukti tanggal awal masalah (transfer antara Tokocrypto ke Binance):
Bukti Error Transfer antar Tokocrypto ke Binance

Karena saya sudah cukup kesal karena dana saya tidak bisa di tarik baik ke bank atau dipindahkan ke Exchange/Wallet mana pun, akhirnya saya CS lagi dan saya minta untuk dibuatkan kode laporan agar mempermudah tracking case ini. Dan terbitlah nomor tiket 1188028, tertanggal 27.06.2022 11:14:30.

Secara paralel juga saya membuat surat terbuka melalui Twitter yang ditujukan kepada @pangxuekai @Tokocrypto.

Sambil setiap hari saya coba penarikan dana, tetap saja error dan CS masih saja memberikan jawaban template: “Silakan mencoba beberapa jam lagi”, “Jika sudah ada update akan diberitahukan melalui email”, “Mohon menunggu informasi dari tim kami melalui email”.

Jujur saja dari segi pelayanan user Tokocrypto tidak menyelesaikan masalah. Beberapa hari berlalu dan saya mendapatkan notifikasi dari email: “Your ticket has got a solution from Tokocrypto 07/07/2022 05:06:44

Email dari Tokocrypto

Otomatis saya senang dong, lalu saya coba penarikan dana ternyata belum bisa dan masih muncul error code yang sama. Karena kesal saya kembali menghubungi CS dan diminta untuk melanjutkan case ini karena belum bisa menarik dana. Bukti error penarikan dana setelah muncul notifikasi solusi dari Tokocrypto via Email: “Tidak diketahui BIDR 5,838,500 5,500 2022-07-08 08:21 Transfer bank”.

Sampai surat pembaca ini dibuat, sama sekali dana saya masih tertahan di Tokocrypto. Padahal sesuai “Perjanjian Pelanggan” pada bagian TANGGAPAN, PERTANYAAN, PENGADUAN, DAN PENYELESAIAN MASALAH saat mendaftar di Platform Tokocrypto tertera jelas:

Dalam waktu 15 (lima belas) hari kerja sejak diterimanya keluhan Anda, Petugas akan membahas semua poin yang diangkat dalam keluhan Anda dengan mengirimkan e-mail (“Pemberitahuan Resolusi”) di mana Petugas akan: (i) menawarkan untuk menyelesaikan keluhan Anda dengan cara yang Anda minta; (ii) membuat tekad menolak keluhan Anda dan menjelaskan alasan penolakan; atau (iii) menawarkan untuk menyelesaikan keluhan Anda dengan solusi alternatif. Dalam keadaan luar biasa, jika Petugas tidak dapat menanggapi keluhan Anda dalam waktu 15 (lima belas) hari kerja karena alasan di luar kendali Tokocrypto, Petugas akan mengirimkan balasan yang menunjukkan alasan penundaan dalam menjawab keluhan Anda dan menetapkan batas waktu yang digunakan oleh Petugas. akan menanggapi keluhan Anda (yang tidak lebih dari 35 (tiga puluh lima) hari kerja sejak kami menerima keluhan Anda.

Apabila sudah sampai 35 hari masalah saya tidak terselesaikan, apa tanggung jawab dari Pihak Tokocrypto? Apakah ada kompensasi? Saya sangat berharap Tim Tokocrypto dapat menyelesaikan masalah ini secepatnya, dikarenakan saya sangat membutuhkan uang tersebut.

Setelah masalah ini selesai sepertinya saya lebih baik meng-uninstall aplikasi Tokocrypto dan lebih memilih menggunakan Binance. Karena pelayanan pelanggan yang sudah saya alami terbilang cukup buruk, sudah lebih 7x Live Chat, 2x membuat surat terbuka di Twitter, tapi hasilnya nihil.

Terima kasih.

Dendy Romadhon
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Masalah Penarikan Dana Tokocrypto, 2 Minggu Lebih Tidak Terselesaikan

  • 18 Juli 2022 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Saran saya,jika bermasalah penarikan di tokocrypto mungkin asetnya di belikan ke Tron(TRX) dan send ke indodax dan setalah itu tarik dananya di indodax.kenapa pilih tron karena biaya fee untuk mengirim murah.begitu..

  • 18 Juli 2022 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Sistem withdraw Di tokocrypto itu by sistem layaknya Giro. jadi jika ada request penarikan dana maka request itu akan di proses maximal 15 menit kecuali saat pergantian hari pada malam hari biasanya akan di transfer 3 atau 4 jam stelah pergantian hari.. jika dana nyngkut tidak masuk ke rek. kemungkinan Dari Bank tokocrypto tekirim tp tidak sampai di rek. penerima dan biasanya dana akan kmbali ke tokocrypto . Usut ke Bank aja om dicek

    • 14 Agustus 2023 - (17:05 WIB)
      Permalink

      Ini yg saya alamin bro di toko crypto sudah berhasil tapi di rekening belum masuk sarannya harus gimna ya

      • 29 November 2023 - (16:37 WIB)
        Permalink

        Saya per hari ini bang, transaksi jam 07.29wib , betul yang Abang bilang. Di tokocrypto sudah berhasil, tetapi ke rekening bank tidak masuk…

        Saya sudah chat customer service, jawaban nya sangat sangat tidak memuaskan, harap menunggu team sedang bla.bla.bla.

  • 10 Februari 2023 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga mengalami sudah 3 bulan lebih saldo gak bisa ditarik, keterangan sama dengan yang ada di atas, jawaban cd pake draft doang semua jawaban sama gak ada solusi dan aksi. Kecewa berat dengan toko crypto.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokocrypto?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Masalah Penarikan Dana Tokocrypto, 2 Minggu Lebih Tidak Terselesaikan…

oleh Dendy RO dibaca dalam: 3 menit
8