Cicilan Kartu Kredit BRI yang Membingungkan

Saya adalah nasabah kartu kredit BRI 4365-****-****-4601. Pada tanggal 25 Mei 2022 saya melakukan transaksi sebesar Rp9.850.000 dan kemudian mendapatkan SMS penawaran dari BRI untuk mengubah transaksi tersebut menjadi cicilan. Hal yang sama juga terjadi pada transaksi tanggal 26 Mei 2022 sebesar Rp12.512.000 . Saya ambil 2 tawaran cicilan tersebut dan mengikuti langkah yang diinstruksikan.

Setelah itu saya mendapatkan notifikasi dari mobile banking BRI bahwa kedua pengajuan saya tersebut sukses. Tapi anehnya yang mendapat status Completed hanya transaksi pada tanggal 25 Mei. Karena hal ini saya 2 kali menghubungi CS BRI 14017 pada tanggal 30 dan 31 Mei 2022. Jawaban CS pada saat itu adalah kedua pengajuan sedang diproses oleh sistem.

Namun pada lembar tagihan yang tercetak tanggal 10 Juni 2022, kedua transaksi tersebut ditagihkan secara penuh. Kemudian saya menghubungi CS BRI 14017 lagi dan mendapatkan nomor laporan 40546487. Saya disarankan oleh CS untuk membayar minimum payment saja karena kedua transaksi tersebut sedang dalam proses diubah ke cicilan sesuai pengajuan sebelumnya.

Ternyata pada lembar tagihan yang tercetak pada tanggal 10 Juli 2022, kedua cicilan tersebut tidak muncul dan saya dikenakan bunga sebesar Rp553.791, yang disebabkan oleh pembayaran tidak penuh di bulan sebelumnya. Bunga tersebut juga mengakibatkan kartu kredit saya mengalami overlimit sebesar Rp263.945.

Saya kembali menghubungi CS BRI 14017 untuk meminta kepastian mengenai laporan saya sebelumnya, perihal proses cicilan kedua transaksi tersebut dan meminta penghapusan bunga karena itu bukan kesalahan saya karena saya mengikuti arahan CS BRI. Nomor laporan untuk penghapusan bunga adalah: 41007782.

Saya memutuskan untuk menulis di Media Konsumen karena saya tidak ingin lagi menghabiskan waktu, tenaga, dan pulsa untuk menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya sederhana namun menjadi rumit dan berbelit-belit akibat rendahnya kualitas pelayanan CS kartu kredit BRI.

Besar harapan saya pihak BRI dapat segera menyelesaikan 2 keluhan saya di atas, yakni pengajuan cicilan 2 transaksi yang menggantung dan penghapusan bunga sebelum tanggal jatuh tempo berikutnya supaya permasalahan ini tidak semakin rumit (bunga berbunga/muncul bunga lagi).

Terima kasih,

Elfa Kusuma
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk atas pengaduan Ibu Elfa Kusuma

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan Ibu Elfa Kusuma menjadi nasabah Bank BRI dan turut prihatin atas kejadian yang...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Cicilan Kartu Kredit BRI yang Membingungkan

  • 15 Juli 2022 - (16:55 WIB)
    Permalink

    duh BRI lagiii…. . Hall of fame bulan ini untuk banyak keluhan konsumen.
    Ada apa sih BRI? Malu dooong sama bank lain.

    3
    2
  • 15 Juli 2022 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Kalau udah sering pakai kartu kredit pasti sudah paham kalau proses installment itu memang butuh waktu 7-14 hari kerja. Saya juga sering alami. Dan bayarkan saja sesuai dengan nominal cicilan yang telah ditetapkan walaupun ditagihkan secara penuh. Nanti akan terkoreksi pada lembar tagihan berikut. Transaksi kartu kredit itu beda dengan kartu debit yang real time. Makanya kalau mau belanja atau transaksi cicilan harus diperhitungkan tanggal terbit atau tanggal cetak tagihan.

    5
    5
    • 16 Juli 2022 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Biasakan membaca secara penuh terlebih dahulu baru komen. 2 transaksi yg diubah cicilan itu transaksi tgl 25 dan 26 Mei. Tagihan tercetak 10 Juni 2 transaksi itu tertagih penuh, sudah telp CS dan disuruh bayar minimum saja. Tapi tagihan tercetak 10 Juli malah muncul bunga akibat pembayaran tidak full dan 2 transaksi tsb belum juga terproses ke cicilan. Ini sudah hampir 60 hari bos, bukan 7-14 hari lagi

      7
      1
      • 16 Juli 2022 - (11:25 WIB)
        Permalink

        Selama saya pakai kartu kredit bank manapun gak pernah saya alami hal begitu. Yaaahhh mudah-mudahan selesai lah masalah anda. Harusnya anda juga kejar terus ke CS dan selalu mengecek mutasi nya di BRI Mobile apakah sudah terkonversi atau belum. Jangan sampai menunggu lembar tagihan bulan berikutnya muncul.

        • 16 Juli 2022 - (12:20 WIB)
          Permalink

          benar sekali, ubah cicilan by phone diminta nomor laporannya.
          kalau prosesnya harusnya tidak lama 3-7 hari biasa sudah muncul di
          status cicilan BRING dalam aplikasi.

          dari aplikasi status baik dalam proses dan selesai keliatan.

        • 16 Juli 2022 - (12:49 WIB)
          Permalink

          TS sudah mengupload 2 bukti pengajuan cicilan berhasil. Setelah menemukan kejanggalan di mutasi, TS menghubungi CS bank 2 kali tgl 30 dan 31 Mei. TS juga sudah menelepon CS bank tsb beberapa kali diluar 2 tgl tsb dan mendapatkan 2 no laporan. Itu membuktikan TS sudah proaktif untuk menyelesaikan masalahnya. Ya susah kalo bank nya yg lelet

      • 16 Juli 2022 - (11:49 WIB)
        Permalink

        Bedakan antara hari kerja dan hari kalender. Sabtu Minggu tidak dihitung. Saya pernah alami masalah seperti TS tapi saya tidak bayar minimum tetap bayar sesuai perhitungan cicilan. Kebanyakan bank suka dengan pembayaran minimum karena memang dikenakan bunga untuk sisa terutang. Untuk kedepannya manfaatkan fitur cicilan 0 persen di aplikasi karena untuk transaksi diatas 5jt ada opsi bunga 0 persen dengan admin 1%

  • 16 Juli 2022 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Koq gk bs langsung diubah via mobile banking y. CC lain koq bs langsung tanpa harus pengajuan max 2 hr setelah transaksi..

    • 16 Juli 2022 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Betul. Harusnya pro aktif juga sering cek mutasi dan kejar terus CS nya. CS Bank klo gak dikejar memang susah.

  • 16 Juli 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    bersyukur tapi kecewa. Transaksi di atas 5 juta ( khusus KK BRI). bisa diubah cicilan dg bunga 0% untuk semua tenor. Walaupun dikenakan biaya admin 1%.

    Namun sayang anda tidak menikmat iitu di karenakan belum keluarnya konversi cicilan 0% di tagjhan. Dan malah anda hanya sanggup bayar minum payment saja. Dan jelas anda ditagihkan bunga lagi.

    Ini benar2 jebakan manis yang dibuat BRI. sengaja mengulur2 waktu. sampai lembar tagihan muncul. dan menyuruh bayar minimum payment. Itu yg mereka suka sdhingga dapat pendapatan bunga. Bandingkan dg bnga 0% gak dpt apa2 kecual biaya admin 1%

    Bank lain. 3 hari bahkan 1 hari pun sblm tanggal cetak tagihan masih bisa diubah.

    • 16 Juli 2022 - (11:21 WIB)
      Permalink

      TS masih newbie dalam kartu kredit. Terlalu tergiur dengan cicilan 0% dijelaskan malah kena bully saya. Biarkan saja lah dia menikmati bunga bangk3nya….

  • 16 Juli 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Paylater BRI juga aneh pembayaran harus saldo bri kita tidak bisa melalui channel pembayaran lain kalau saldo direkening tidak cukup dibulan depan dikenakan denda

  • 16 Juli 2022 - (11:58 WIB)
    Permalink

    Di aplikasi BRI mobile ada fitur request installment tinggal diajukan aja. Via telp biasanya prosesnya sangat lama bahkan kadang tidak diproses sama sekali. Karena yang menelpon itu pihak marketingnya sementara yang mereka tawarkan itu bersifat pengajuan. Kemungkinan besar hanya 1 transaksi yang disetujui sementara transaksi kedua ditolak. Sehingga anda tetap ditagihkan secara full. Tapi kalau sedari awal anda memang gak niat untuk mencicil harusnya dibayarkan full payment aja. Terus minta installment yang belum dikonversi itu dibatalkan.

  • 17 Juli 2022 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Biasa BRI untuk request installment bunga 0% agak lama prosesnya bisa 1 bulan lebih, tp kl installment yg bukan 0% bisa cepat. Mungkin memang kebijakan atau strategi bank. Saran saya kalau mau konversi installment 0% langsung pilih metode cicilan kalau kita belanja di marketplace online, tp kl lewat EDC pastikan tagihan transaksi sudah muncul dlu di aplikasi baru request konversi lewat call center sja lebih cpat, klau lewat aplikasi biasa lama.

  • 18 Juli 2022 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama persis dengan saya transaksi cicilan tgl 26 & 30 juni 2022..sudah sukses dijadikan cicilan lewat bri mobile banking dng status complete tetap tertagih full. Telp cs nya disuruh byr minimal payment.. Nnt billing bulan depan baru akan tertagih cicilan nya.. Jika ada interest charge disuruh hub kembali cs nya dng menyebutkan nomer pelaporan.. Ya moga aja bulan depan billing nya keluar udah dijadiin cicilan dan ga kena interest charge ribet telp2 cs mulu.

  • 19 Juli 2022 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Sy pernah Tarik Tunai pke kartu kredit BRI. Sy byr ktka Jatuh tempo menggunakan Kartu ATM BRI mlalui mesin ATM dgn jadwal msh Jm krja. Ktka dpt rekening koran bulann Sy trkena Denda telat pmbayaran. Sy Tlp ke CS Kartu Kredit BRI dgn jawaban utk pmbayaran Kartu Kredit menggunakan ATM BRI hrs 1hr sblm jatuh Tempo. Kbetuln stlh dihitung Denda msh ada sisa uang sy di kartu kredit. Pihak CS Kartu Kredit BRI bilg jk penutupan Kartu Kredit, mk uang yg sisa tdk dikembalikan. Drpd ribet2 urusan kartu Kredit BRI, lbh baik Sy tu2p kartu Kredit.

    Pembayaran kartu kredit BCA pke BCA Mobile ktka jatuh tempo tdk ada denda.
    Pembayaran kartu Kredit Danamon pke Danamon mobile ktka Jatuh Tempo tdk ada Denda.
    Pembayaran Kartu Kredit BRI pke ATM BRI ktka jatuh Tempo, trkena Denda.
    Blnja pke kartu Kredit BNI, di cek di BNI Mobile sdh Overlimit shg langsung sy transfer dr BCA Mobile ke kartu kredit BNI shg di Rekening koran bulann tdk trkna denda.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BRI?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Cicilan Kartu Kredit BRI yang Membingungkan

oleh elfa dibaca dalam: 1 menit
21