Bank Neo Commerce Tidak Melakukan Update Kolektabilitas pada SLIK Debitur

Sebelumnya saya sampaikan terima kasih kepada Media Konsumen telah memberikan tempat untuk saya menulis keluhan ini. Saya Wahyu Tri Atmanegara, ingin menyampaikan kepada Bank Neo Commerce, terkait dengan adanya kualitas kolektabilitas saya di SLIK adalah Kol 5 / macet.

Saya tidak memiliki hubungan secara langsung dengan BNC. Sepengetahuan saya, saya hanya berhubungan dengan BNC adalah karena saya merupakan pengguna Akulaku. Pada SLIK update saya per 14 September 2021, kualitas kredit saya bulan Juli 2021 dan Agustus 2021 adalah lancar, sesuai dengan gambar di bawah ini:

Namun bulan berikutnya, yaitu per tanggal 11 Oktober 2021, status kualitas kredit saya pada bulan Agustus menjadi Kol 5/macet dengan keterlambatan selama 2 hari, sesuai gambar berikut:

Saya melakukan pengecekan di transaksi saya pada periode Juli-Agustus 2021. tidak ada catatan telat bayar. Namun status kualitas kredit yang dicantumkan oleh BNC adalah Kol 5.

Sepengetahuan saya, debitur hanya dapat dinyatakan Kol 5/macet bilamana debitur tersebut dinyatakan sudah tidak mampu lagi membayar dan melunasi hutangnya kepada debitur/lembaga pembiayaan. Hal ini sesuai dengan aturan Mengenal Kolektibilitas (Kol) Kredit Perbankan kaitannya dengan Undang-Undang No 4 Tahun 1996 (UUHT).

Dis ini saya merasa dirugikan dengan kualitas kredit saya yang berpengaruh pada penilaian bank terhadap saya ke depannya. Harapan saya, BNC dapat segera merespons dan memberikan solusi atas kasus saya ini.

Demikian disampaikan, terima kasih.

Wahyu Tri Atmanegara
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Neo Commerce:
[Total:13    Rata-Rata: 2.6/5]
Surat Tanggapan Bank Neo Commerce atas Keluhan Bapak Wahyu Tri Atmanegara

Jakarta, 25 Juli 2022 Dengan hormat, Menanggapi pengaduan dalam Suara Pembaca yang dimuat Mediakonsumen.com dengan judul “Bank Neo Commerce Tidak...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Bank Neo Commerce Tidak Melakukan Update Kolektabilitas pada SLIK Debitur

  • 22 Juli 2022 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Telat 2 hari itu baru kolek 2 kok, kolek 5 kalau uda lebih dr 180 hr. Kenapa bisa tau2 loncat begitu? Dimana2 kolek 1 dl, trs 2, 3 dst. Ada aturan nya kok. Tp setelahnya uda langsung kol 1 lg tuh. Kalau anda pernah telat bayar itu ga bs dihapus dan bukan kewajiban bank untuk menghapusnya. Tapi harusnya ge bermasalah krn yg dilihat status terakhir yg mencerminkan kemampuan bayar nasabah.

  • 22 Juli 2022 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Perlu ditindak tegas bank yang kayak gini. Memberikan kolektibilitas tidak sesuai dg kriteria. Itu sdh merugikan nasabah. Telat 1 sampai 90 hari masih kol. 2 atau DPK. (Dalam Perhatian Khusus)

    • 22 Juli 2022 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Anda kata siapa BI hanya mengijinkan 2 kartu di bank berbeda. Asal anda tahu saya punya lebih dari 2 kartu, di 3 bank yang berbeda. Anda tahu darimana gaji saya. Jangan sok tau ya

      1
      12
        • 22 Juli 2022 - (16:57 WIB)
          Permalink

          Anda menutup kolom balasan di komentar anda yang sebelumnya, yg ini komentarnya : Karna anda sdh memiliki bbrapa KK. Mungkin itu yg menjadi pertimbangan bank untuk tidak meloloskan lagi. Karena sesuai aturan BI maksimal hanya 2. Boleh lebih dari itu asal penghasilan dan sumber pendapatan lainnya besar. Minimal anda pengusaha sukses .hehe…klw cuma standar 3 juta..gak usah berharap bnyk CC.

          1
          8
        • 22 Juli 2022 - (16:58 WIB)
          Permalink

          Tidak tau cerita awalnya, jd beliau ini komen begini di topik yang lain, tetapi kolom balasan nya tidak bisa dibalas jd sy balas disini , komentar beliau adalah :
          Karna anda sdh memiliki bbrapa KK. Mungkin itu yg menjadi pertimbangan bank untuk tidak meloloskan lagi. Karena sesuai aturan BI maksimal hanya 2. Boleh lebih dari itu asal penghasilan dan sumber pendapatan lainnya besar. Minimal anda pengusaha sukses .hehe…klw cuma standar 3 juta..gak usah berharap bnyk CC.

          1
          4
  • 24 Juli 2022 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Jadi solusinya bagaiman, Mbak? Saya juga ada masalah yg kurang lebih sama, ada kol 2 (1 hari) di slik saya atas fasilitas di bank neo commerce periode April 2022. Sudah komplen by email ke @ojk dan @bankneocommerce, tetapi jawabannya hanya diminta cek langsung aplikasi2 yg didanai oleh bank neo commerce.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Neo Commerce?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Bank Neo Commerce Tidak Melakukan Update Kolektabilitas pada SLIK Debi…

oleh Wahyu dibaca dalam: 1 menit
16