Kecewa dengan Alfagift dan Alfamart yang “Zonk” dan Tidak Jelas

Saya order via Alfagift, dengan ekspektasi agar lebih efisien, karena saya sibuk bekerja full time. Namun ternyata malah buang-buang waktu. Kronologi kejadiannya, saya order Alfagift pada hari Selasa 26 Juli 2022, dengan sistem pick up di toko Kranggan, waktu pengambilan pukul 18.00 WIB. Dikarenakan ternyata saya pulang kerja malam, jadi saya memutuskan untuk mengambil barang keesokan harinya.

Pada tanggal 27 Juli 2022 sekitar pukul 18.30 WIB, saya dan ketiga anak saya datang ke Alfa Kranggan dengan niat mau ambil barang sesuai pesanan. Saya menunggu di depan toko dengan kedua balita saya, anak lelaki saya yang masuk untuk ambil barang agar lebih cepat. Namun setelah beberapa lama, anak saya tak kunjung keluar.

Akhirnya saya memutuskan masuk, kata anak saya “Disuruh nunggu sama kasirnya ma”. Saya tunggu dari pembeli sepi sampai pembeli ramai, tapi kami belum dilayani juga. Karena 2 anak saya yang balita sudah mulai rewel teriak-teriak, akhirnya saya meminta kejelasan kepada kasir perihal orderan saya.

Namun kasirnya masih menyuruh menunggu, karena kasir yang satu lagi sibuk mengurusi barang. “Menunggu sampai kapan?” harusnya pelanggan itu prioritas utama. Soal merapikan barang kan bisa nanti jika pembeli sedang sepi. Kata kasirnya “Barang orderan ibu kosong semua jadi harus dibatalin semua bu”.

Saya bilang “Loh, kalo kosong kok saya gak dikabari, atau dihubungi untuk konfirmasi sebelumnya? Setidaknya saya gak buang-buang waktu ke sini cuman untuk pembatalan barang. Coba lihat saya bawa balita yang udah rewel dari tadi”. Kata kasirnya “Gak ada nomor teleponnya ibu..”. Saya jawab “Sejak kapan Alfagift tidak menyediakan nomor pelanggan, jangan bohong mbak! Apa perlu saya buat laporan ke pusat?”.

Akhirnya setelah berdebat yang tidak ada hasil apa pun, kasirnya menghubungi entah siapa dan saya masih disuruh menunggu untuk proses pembatalan. Anak saya yang balita sudah berlarian ke sana kemari, sampai tidur-tiduran di lantai karena sudah bosan.

Akhirnya saya memutuskan untuk pulang karena ternyata sudah larut. Setelah saya pulang, saya dikabari katanya suruh ambil uang pengembalian, dan ternyata sebagian barang masih tersedia. Selang berapa saat, katanya proses pengembalian 14 hari kerja. Sungguh informasi yang sangat tidak jelas buat saya.

Pertanyaan dari saya:

  1. Fungsi Alfagift di sini itu menyediakan kemudahan, ini kok malah dipersulit ya? Apakah tidak pernah ada pengecekan barang jika barang kosong maka di aplikasi harus dikosongkan? Perihal barang kosong toh itu kan bukan urusan pelanggan. Jika di toko tersebut belum layak untuk akses Alfagift, lebih baik toko di-hold sementara agar tidak bisa diakses oleh konsumen.
  2. Apakah karyawan Alfamart di-training untuk membohongi pelanggan? Dari kejadian di atas ada beberapa bahasan dari kasir yang menunjukkan kasir dengan attitude yang tidak baik. Contohnya: Menyatakan nomor hp yang tidak tercantum di aplikasi, menyatakan ketersediaan barang yang katanya kosong semua sebelum dicek, seolah-olah mereka malas untuk mencari stok barang.
  3. Apakah pihak Alfa belum memiliki kiat-kiat penyelesaian masalah yang lebih cepat, akurat dan memuaskan pelanggan? Coba di-review kembali. Dari cerita pengalaman saya, yang salah itu jelas dari pihak Alfa. Saya capek-capek datang ke Alfa, tidak mendapat apa pun, pulang dengan tangan kosong. Eh malah diinfokan proses pengembalian dana membutuhkan waktu 14 hari kerja. Sangat rumit sekali dan membuang buang waktu saya. Proses dana masuk juga tidak ada informasi yang jelas. Dana masuk ke mana? Jelas mereka tidak tahu rekening saya. dan tidak ada konfirmasi permintaan nomor rekening.

Saya sebagai pelanggan merasa sangat kecewa dan merasa sangat dirugikan oleh pihak Alfamart dan berharap dari pihak Alfamart bisa secepatnya menangani masalah ini, serta memberikan kompensasi atas kerugian waktu yang saya alami.

Terima kasih.

Linggar Candra Dewi
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Alfagift Alfamart:
[Total:55    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan Alfamart Terhadap Keluhan Ibu Linggar Candra Dewi

Menanggapi keluhan konsumen atas nama Ibu Linggar Candra Dewi sesuai pada tautan: Kecewa dengan Alfagift dan Alfamart yang “Zonk” dan...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Kecewa dengan Alfagift dan Alfamart yang “Zonk” dan Tidak Jelas

  • 30 Juli 2022 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya stock barang di Alfagift sudah mengikuti stock barang di toko tersebut. Tapi, beberapa toko memang tidak mengamankan barang pesanan Alfagift, sehingga jika kita ngambilnya kelamaan bisa keduluan orang lain yang belanja langsung di toko sehingga stock untuk kamu jadi kosong.

    7
    17
    • 31 Juli 2022 - (07:57 WIB)
      Permalink

      Barang sudah di pesan dan sudah di bayar, walaupun telat pengambilanya apa pihak alfamart boleh menjual kembali barang yg sudah di beli? Alasan kau tak mendasar.

      19
      1
      • 1 Agustus 2022 - (03:31 WIB)
        Permalink

        Delete aja dari hp 🤣go show aja pakai online ribet, uang masuknya gampang kluarnya susah pakai nunggu 14 hari kerja😇emang itu uang nenek luu🌚

    • 1 Agustus 2022 - (11:25 WIB)
      Permalink

      Beberapa kali sy pakai alfagift untuk kirim sembako ke sodara di kampung sih Alhamdulillah tidak pernah ada kendala.

    • 30 Juli 2022 - (18:40 WIB)
      Permalink

      Ada pilihan, di kirim atau ambil di toko. Kalau di kirim pasti menunggu toko sepi. Aku biasa belanja juga di Alfagift, tapi aku ambil di toko, tapi pengalaman ada beberapa yang kosong tidak diinfo, di outlet dekat kantor. Kalau outlet dekat rumah, biasanya mereka sudah siapkan, aku tinggal ambil sudah bawa kantong dari rumah.
      Masing-masing outlet beda pelayanan.

      8
      1
  • 30 Juli 2022 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Seharusnya stock di toko real time, tapi kadang kadang ada outlet yang system komputer di kasir rusak, jadi ditulis manual. Otomatis stock nya nggak update.
    Karyawan harus gercep info ke pusatnya.
    Mungkin juga karena system Alfamart kolaborasi dengan beberapa aplikasi pembayaran seperti Gopay dll dan Virgo (semacam wallet juga) yang seperti anak perusahaannya juga. Di kasir loading member juga sering makan waktu yang lama.
    Harap system nya terus diperbaiki

    10
    1
  • 31 Juli 2022 - (02:37 WIB)
    Permalink

    saya ratusan kali beli barang lewat alfagif enjiy saja,
    tp pake pesan’antar ea, bukan ambil sendiri

  • 31 Juli 2022 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Sepertinya sdm yg di lapangan tidak siap dgn sistem online shoping ini.pengalaman saya belanja di klikindomaret,,disitu ada pilihan diantar dgn ongkir gratis untuk belanja minimum tertentu.juga ada pilihan jam2 kirimnya.setelah order masuk pun,,pihak kurir toko akan konfirmasi ke kita lewat wa atau telpon bila ada barang kosong.mudah2an ke depannya bisa lebih baik lagi pihak alfa

  • 31 Juli 2022 - (07:07 WIB)
    Permalink

    buat pengalaman gak usah belanja lagi disitu, hapus appnya. lihat aja ratingnya aja busuk gitu. kasihan anda sy membayangkan kesusahan anda seperti apa. seharusnya pihak alfa yg datanf kerumah anda meminta maaf dan mengembalikan uang ditambah konpensasi
    bukan anda yg dianggap babu mereka suruh mondar mandir atas kesalahan mreka sendiri

    13
    4
    • 31 Juli 2022 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Setuju sekali
      Mereka kehilangan satu pelanggan juga GPP
      Masi banyak pelanggan lainnya yg ngincar promo
      Wkwkwkwkwk

      2
      5
    • 31 Juli 2022 - (22:48 WIB)
      Permalink

      Seharusnya “Datang” menjadi diketiknya “datanf”.
      Seharusnya “Kompensasi” malah menjadi “konpensasi”

      Belajar cerdas ngetik dulu tong. Baru komen.

      1
      4
  • 31 Juli 2022 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Hahahahaha. Kejadian ini pernah gue alamain dah setahun yang lalu. Gue komplain ke pusatnya melalui sms. Sama persis. Dah belanja melalui aplikasi pas dateng belum disiapin padahal gue kasih waktu 24 jam. Gue komplain terus beberapa bulan kemudian gue belanja lagi pake aplikasi sekarang sudah berubah . Dah mulai gerak cepat. . gue belanja di komplek gren garden jakarta barat.

    Tiap toko beda beda otak karyawannya mesti disemprot sama atasan baru berubah.
    Kalau ga ada komplain ga mau berubah.
    Pikiran otaknya habis kerja pengen pulang cepat2.

    Ga mikirin masa depan perusahaannya . Yang penting kerja dapet gaji masa bodoh bukan urusan gue.

    Wkwkwkwk mantan karyawan minimarket gue.

    W yakin semua pikirannya karyawan sama.

    Wkwkwkwkwk

    2
    1
  • 31 Juli 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Sudahlah bu besok2 belanjanya langsung dateng aja.atau Kalau ibu mau yang praktis mau keluarin uang lagi. Ibu belanja dialfamaret pake aplikasi gojek dah kerja sama bu. Tinggal order . Tapi saya kurang tahu juga diwilayah ibu driver gojek. Ingat ia aplikasi gojek bukan aplikasi alfagift . Lebih cepat dan efesien order nya bisa sambil ngantor

  • 31 Juli 2022 - (15:31 WIB)
    Permalink

    pengalaman saya, klo belanja lebih dr 35rb di Alfagift gratis ongkir (jarak pengantaran maks. 5km klo ga salah). Dan saya lebih milih opsi di kirim, dan klo ada item yg kita beli stockny kosong lgsg di hubungi oleh karyawan tokonya dan ditanya mau ganti brg atau uang.

  • 3 Agustus 2022 - (14:36 WIB)
    Permalink

    Kalo ngomongin efesien menurut ku pesen online tapi ambil sendiri masih kurang efesien sih kayak sama ajah beli ke store langsung jadi yg dirugiin ya waktu dan tenaga, apalagu kakak tipikal yg gak mau nunggu lama belum lagi bawa anak-anak gk dijelasin juga sih kakak nunggu brp lama disini , menurut ku mending pilih pesanannya di antar ke rumah ajah praktis dan efesien.

 Apa Komentar Anda mengenai Alfagift Alfamart?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Alfagift dan Alfamart yang “Zonk” dan Tidak …

oleh Linggar dibaca dalam: 2 menit
16