Pelunasan KPR DKI Syariah Sulit, Tidak Jelas dan Tanpa Kepastian

Saya nasabah KPR Bank DKI Syariah dengan nomor rekening pinjaman: 70200419950. Pada tanggal 22 Juli 2022, saya bermaksud untuk mempercepat proses pelunasan KPR di Bank DKI cabang Pondok Indah. Saya sudah menyerahkan surat untuk permohonan pelunasan KPR ke Bank DKI cabang Pondok Indah.

Saya sangat kecewa dengan sistem Bank DKI, yang mana untuk menanyakan sisa tagihan KPR saja harus ke kantor asal KPR. Lokasi tinggal saya di Bekasi, lokasi asal KPR di Pondok Indah. Jangka waktu bolak balik perjalanan lebih dari 5 jam. Terpaksa saya harus cuti 1 hari kerja untuk menanyakan percepatan pelunasan saja.

Namun Bank DKI Cabang Pondok Indah tidak bisa memberikan kepastian kapan KPR saya bisa dilunasi, kapan dokumen agunan bisa diambil dan saya hanya diminta menunggu tanpa kepastian. Proses pelunasan tidak jelas kapan bisa dilunasi. Dana sudah saya siapkan di rekening, tapi belum ada pendebetan. Sampai saat surat ini saya buat, belum ada informasi apa pun atau tindak lanjut dari Bank DKI.

Saya menghubungi Bank DKI Cabang Pondok Indah pada tanggal 01/08. Informasi dari bagian KPR cabang Pondok Indah, tidak ada balasan atau tindak lanjut dari Kantor Pusat Bank DKI, saya diminta menunggu saja.

Saya menulis surat ini karena sangat kesulitan menghubungi dan berkomunikasi dengan pihak Bank DKI untuk pelunasan KPR. Saya menghubungi CS Call Center, diminta datang ke Cabang KPR. Email Bank DKI tidak bisa menerima pesan. Kantor Cabang Pondok Indah tidak bisa memberikan kepastian, karena pengurusan di Pusat dan tidak tahu kapan saya bisa melunasi KPR dan ambil dokumen agunan.

Hingga saat ini, sudah lebih dari sepuluh hari tidak ada kabar untuk percepatan pelunasan KPR saya dan kepastian pengambilan dokumen yang diagunkan. Mohon kepada Bank DKI untuk mempercepat prosesnya, karena sudah terlalu lama saya menunggu. Terima kasih.

Rachel Andrew T. Jauri
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Pelunasan KPR DKI Syariah Sulit, Tidak Jelas dan Tanpa Kepastian

  • 4 Agustus 2022 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Waduh ribet banget nanya sisa plafon harus ke kantor cabang dulu. Saya pelunasan dipercepat di BSI (sebelumnya BSM), dari awal nanya2 cara pelunasan sampai pendebetan cuma komunikasi sama staff bank nya aja lewat WA. Ke kantornya pas ngambil SHM dan dokumen2.
    Semoga dilancarkan urusannya ya Pak.

    • 4 Agustus 2022 - (14:27 WIB)
      Permalink

      Betul Pak sepertinya mulai tahun ini berubah sistem pelayanan pelanggan. Komunikasi hanya bisa via call center atau datang ke bank langsung. Semua Kantor Cabang dan Pusat Bank DKI tidak bisa dihubungi, kontak hanya melalui call center. Email pun tidak bisa, inbox Bank DKi penuh tidak bisa menerima pesan. Call center jawaban template tidak bisa membantu, diminta datang ke Kantor cabang KPR. Terimakasih untuk doanya Pak, semoga pelunasan KPR saya bisa cepat selesai dan dokumen bisa segera diterima.

  • 4 Agustus 2022 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Saya niat melunasi KPR di Bank DKI, lalu saya menghub org yang dl membantu akad kredit, tapi ternyata orgnya sdh mutasi dari Bank DKI cab Cakung dan memberitahukan no kontak org yg bagian kpr cab Cakung. Saya menghub via WA dari rincian sampai saya diminta membuat surat pernyataan pelunasan kpr bermaterai dan scan ktp dikirim via WA. Tapi tidak dijawab ketika saya minta rincian sisa kpr. Akhirnya baru hari ini saya tlp call center nya, lalu diberitahukan prosedurnya yaitu datang ke kantor cab saat kpr, membawa buku tab, ktp, dan kartu ATM. Semoga besok saya diberikan kemudahan dan bapak juga diberikan kemudahan dalam pelunasan kpr bank DKI. Aamiin

    • 5 Agustus 2022 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Benar Bu, prosedur untuk menanyakan sisa pinjaman harus ke Kantor cabang KPR, menyerahkan surat permohonan. Diproses 1 minggu lebih untuk pendebetan rekening /pelunasan. Dan 1 minggu dari pendebetan perkiraan untuk pengambilan sertifikat asli. Mudah2an Ibu diberikan kelancaran dalam proses pelunasan KPR Ibu. Amin

      • 8 September 2022 - (22:45 WIB)
        Permalink

        Dari surat permohonan pelunasan diajukan, pelunasan sekitar 14 Hari Pak. Sertifikat bisa diambil sekitar 15 Hari dari pelunasan.

  • 17 Januari 2023 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Wah sama mbak Rachel.. sy jg mau pelunasan d bank dki syariah dr thn lalu, nov 2022. Sampe skrg blm ada info, bilangnya diproses 7 hr kerja, krn kesibukan kerja hrs ke luar negeri, sy jd ga bs urus lg sampe skrg jan 2023. Rencananya feb 2023 sy mw pulang, urus pelunasan kpr krn mw pindah ke luar negeri. Bisa minta tips nya mbak Rachel spy bank dki mw ngabullin permohonan pelunasan dipercepat? karena sy lewat jalur formalitas dgn isi formulir, ktp, dan butab udah gatot

    • 11 Februari 2023 - (09:34 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah kemarin 8 feb 2023 akhirnya debet pelunasan dari bank dKI berhasil. Tipsnya, langsung ajukan ke cabang pembuat kpr, lalu minta pelunasan, isi form pengajuan pellunasan, ttd (kemarin sy tdk pakai materai, alasannya tobat dari riba), disertai KTP nasabah, dan KK. Trs, hrs agak strict dan straightforward ke adminnya. Saat itu juga, Minta dibuatkan estimasi pelunasan (sebelum muncul nominal resmi dari pusat). Minta nomor wa pegawai yg mengurus pelunasan. Instens wa dgn beliau. Seminggu kemudian, akan diberikan nominal pelunasan yg resmi. Masukkan dananya ke tabungan debet sesuai nominal. Trs, konfirmasi ke pegawai yg mengurus pelunasan via wa. Datang ke kantornya utk konfirmasi pelunasan. Hari itu juga, akan ditarik pendebetan pelunasan. Bisa email ke ikkholis27@gmail.com klo mw nanya ttg pelunasan kpr bank dki.

  • 15 Februari 2023 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Kalau pelunasan dipercepat itu nominal bayar nya apakah sama dengan sisa jangka waktu di kali dengan biaya tagihan tiap bulan kah?

    • 16 Januari 2024 - (06:52 WIB)
      Permalink

      Sisa pokok + 3x margin waktu sy pelunasan pak, kalau sekarang dgr2 dr tetangga sisa pokok + 1x margin saja.
      Tapi mmg harus punya extra waktu dan harus extra sabar dlm pengurusan pelunasan di percepat ini mengingat tdk semua cab dki syariah adminnya komunikatif.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank DKI?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pelunasan KPR DKI Syariah Sulit, Tidak Jelas dan Tanpa Kepastian

oleh Rachel dibaca dalam: 1 menit
10