Sulitnya Pelunasan Dipercepat KPR Danamon

Saya ingin pelunasan lebih cepat KPR Danamon. Untuk itu saya menelepon HelloDanamon, menanyakan sisa outstanding, denda penalti, dll. CS Hello Danamon pun membuatkan saya tiket pelaporan dengan nomor: 17170892 pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 dan meminta saya juga mengirimkan email ke e.dokumen@danamon.co.id. Hal tersebut sudah saya lakukan dan pihak CS HelloDanamon  minta saya agar menunggu maksimal 2 hari kerja.

Sampai hari Senin tanggal 1 Agustus 2022 (tepat 2 hari kerja), saya belum mendapatkan kabar apa pun dari divisi/bagian pelunasan lebih cepat KPR Danamon. Saya mencoba telepon HelloDanamon lagi dan mereka minta tetap menunggu, hari Senin akan sudah ada info atau maksimal hari Selasa tanggal 2 Agustus 2022,

Kemudian saya juga berusaha komunikasi dengan bagian collection Danamon dan dibantu untuk forward email saya yang lalu ke bagian mortgage service KPR. Namun tetap saya tidak mendapatkan informasi apa-apa. Padahal rencana saya Senin atau Selasa ini paling lambat sudah pelunasan.

Saya jadi bingung dan menjadi tanda tanya besar, kenapa bank sebesar Danamon memiliki cara kerja yang demikian? Hingga hari Selasa ini, saya belum mendapat informasi apa-apa. Tidak ada satu pun dari pihak KPR Danamon bagian pelunasan yang menghubungi saya.

Akhirnya hari Selasa kemarin memutuskan mendatangi kantor KPR Danamon di Jl. Matraman Raya (sebelah Gramedia). Di sana saya tidak bisa langsung menemui bagian KPR, tapi harus ke customer service Danamon dan beliau pun tidak bisa berbuat apa-apa. CS hanya bilang harus tunggu sampai tanggal 8 Agustus 2022, karena di layar komputer mereka, saya akan dihubungi tanggal 8 Agustus 2022.

Saya pun kaget, kok mundur terus ya, sampai jalan 2 minggu jadinya? Beda sekali dengan KPR BCA saya yang lalu, ketika mau pelunasan hanya 1 hari sudah diinfo dan beres. Akhirnya CS Danamon menyambungkan saya melalui telepon dengan HelloDanamon. Namun sekali lagi HelloDanamon tidak bisa menjanjikan apa-apa dan diminta tunggu sampai tanggal 8 Agustus 2022. Saya bilang bahwa sebelumnya pihak HelloDanamon menjanjikan tanggal 1 Agustus lalu sudah ada informasi, kenapa mundur lagi?

Di inbox email saya pun saya cek, sepertinya autoreject, kemungkinan terblokir (reject) dari pihak
Danamon. Saya sangat bingung kok untuk pelunasan lebih cepat KPR Danamon saja demikian sangat sulit sekali Seolah-oleh sengaja dipersulit dan diundur-undur.

Maaf sebelumnya apakah ini Danamon berusaha sengaja mengulur waktu? Tolong dong jangan demikian karena lagi suasana pandemi, layaknya customer dapat full support. Your brand image is very important. Word of mouth is very important.

Bisa dibayangkan saya kontak Danamon saja, gak ada timbal balik komunikasinya, tidak ditelepon balik kembali oleh pihak divisi berwenang pelunasan KPR dipercepat. Tidak ada komunikasi 2 arah. Cukup aneh. Saya tanyakan kantor khusus bagian pelunasan KPR Danamon di mana? Pun tidak diberitahu, seolah olah ditutup tutupi.

Kalaupun saya harus menunggu sampai 8 Agustus baru ada info, itu artinya hampir jalan 2 minggu (1/2 bulan) dan itu pun tidak ada kepastian akan diberikan info atau tidak. Berarti bunga berjalan terus harus dibebankan ke saya gitu?

Saran saya bagi nasabah yang lain mungkin kudu alert. Saya hanya butuh komunikasi 2 arah saja, yang bisa infokan detail sisa outstanding, denda, penalti pembayaran lebih cepat dll dan person in charge. Itu saja cukup sih tinggal dilihat di screen computer tanpa perlu hitung manual. Apakah mungkin banyak netizen memiliki pengalaman yang sama yang bisa sharing di sini?

Ricky Sugiri
Jakarta Selatan


Catatan redaksi (diperbarui 8/8/2022): Bank Danamon memperbarui tanggapannya sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai KPR Bank Danamon:
[Total:23    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Bank Danamon atas Surat Bapak Ricky Sugiri

Yth. Redaksi Media Konsumen di Tempat Perihal : Tanggapan Danamon Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Bapak Ricky Sugiri melalui...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Sulitnya Pelunasan Dipercepat KPR Danamon

  • 5 Agustus 2022 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Biasanya setiap bank untuk pelayanan pelunasan KPR/pengambilan sertifikat ada layanan disetiap cabang yang Bapak/Ibu gunakan untuk kredit KPR. Mungkin ada prosedur yang berbeda-beda setiap bank untuk pelunasan kpr/pengambilan sertifikat periode tanggal kapan sampai kapan setiap bulannya.

    Sesuai pengalaman apabila sudah tahu periode pelayanan pelunasan KPR/pengambilan sertifikat langsung datangani dan hari itu juga bisa keluar sisa pembayaran yang harus dilakukan dan langsung lakukan pembayaran sehingga tinggal menunggu pengambilan sertifikatnya yang sudah ada jadwal setiap hari apa setiap minggunya (tergantung prosedur masing-masing bank).

    Note: jangan lupa minta bukti lunas dan surat pengantar roya untuk didaftarkan/dicatatkan ke ATR BPN.

    • 5 Agustus 2022 - (08:27 WIB)
      Permalink

      Tambahan:
      Sertifikat yang ada itu baru SHGB (hak guna bangunan) sehingga perlu peningkatan status menjadi SHM di instansi terkait dengan melampirkan juga bukti lunas, pengantar roya dan berkas2 sesuai aturan instansi terkait.

  • 7 Agustus 2022 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Ikuti prosesnya bang, itu ikut sistem antrian online dan anda dpt giliran tgl 8..sdh bagus itu sistemnya.. Proses pencairan BPJS TK juga gitu antri 2 mingguan, lancar2 aja kok pasti..

  • 7 Agustus 2022 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Menanggapi respon Bapak Denny Nugroho-Contact Center Head, mohon Bapak terjun langsung ke lapangan, realitanya tidak seperti itu.

    Saat ini saya sangat kecewa dengan staff Danamon. Tidak ada niat membantu nasabah.
    No Tiket laporan kami : 16310901 tertanggal 1 Juni 2022 perihal keberatan kenaikan suku bunga KPR.

    Singkat cerita, Danamon mengirim email kenaikan suku bunga tgl 31 Mei 2022, padahal Surat tersebut tertanggal 1 Mei 2022, kenapa hal yang sangat mudah seperti itu bisa sebulan baru kirim ke nasabah, sedangkan jatuh tempo kami tgl 8 Juni 2022. Sangat tidak profesional.

    Tgl 1 Juni 2022 membuat laporan, baru direspon staff Danamon tgl 23 Juni 2022 melalui telp ke kami, staff tersebut berjanji untuk membantu mengajukan penurunan suku bunga dan akan memberi jawaban sebelum jatuh tempo 8 Juli 2022.

    Namun sampai saat ini tgl 7 Agustus 2022 kami belum dihubungi kembali oleh staff tersebut.
    Saya sudah kirim surat email “Reminder” tgl 4 Juli 2022 ke: e.dokumen@danamon.co.id dan 2 staff danamon. Sama sekali tidak ditanggapi. Memang tidak ada itikad baik dari staff danamon. Sangat kecewa!!!

  • 8 Agustus 2022 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Apalagi saya pinjaman modal kerja tinggal 19x lagi mengajukan pelunasan dari tgl 7 juli 2022 sekarang 8 agustus blm beres juga belum ngasih kepastian kapan.dana sudah pelunasan sudah disimpan padahal dari 7 juli

    • 9 Agustus 2022 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Sudah direvisi tanggapan Bp Denny Nugroho.
      Sebelumnya :
      “Bank Danamon berkomitmen untuk peduli dan membantu jutaan orang dalam mencapai kesejahteraan dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para nasabah dan mitra”

  • 9 Agustus 2022 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Untung saya nggk jadi ambil KPR lewat bank Danamon, setelah liat review dari komentar² bapak/ibu jadi mikir2 mau ambil KPR lewat bank danamon, makasih infonya

 Apa Komentar Anda mengenai KPR Bank Danamon?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Pelunasan Dipercepat KPR Danamon

oleh Ricky Sugiri dibaca dalam: 2 menit
7