Tidak Paham Saat Ditelepon Telemarketing, Saya Mengajukan Pengembalian Dana BRI Life yang Sudah Didebit

Jadi kronologi awalnya ada telepon mengatasnamakan dari BRI Pusat, katanya saya mendapat hadiah asuransi selama 2 tahun. Oleh karena itu saya jawab iya, itu pun menjawab dalam kondisi yang tidak sadar dan tidak mengerti tentang asuransi.

Tiga hari setelahnya ada transaksi autodebit dari BRI sebesar Rp285.500 dan katanya saya terdaftar Asuransi BRI Life. Padahal saya masih mahasiswa, uang segitu sangat berharga.

Lalu saya mengajukan pembatalan polis, namun dananya tidak kembali. Pertanyaannya, kenapa BRI mudah sekali melakukan pendebitan pada hari yang sama dengan autodebitnya?

Pertanyaannya kenapa autodebit bisa dilakukan hanya dari telepon, tanpa pemberitahuan tertulis/via email? Saya telepon call center pun tidak dijawab.

Suyanti Supriatin
Banjarnegara


Update (11 Agustus 2022): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Bank BRI sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BRI Life:
[Total:22    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan BRI Life atas Surat Pembaca a.n. Sdri. Suyanti Supriatin

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Up Desk Surat Pembaca Menanggapi keluhan yang disampaikan oleh Sdri. Suyanti Supriatin, melalui...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Tidak Paham Saat Ditelepon Telemarketing, Saya Mengajukan Pengembalian Dana BRI Life yang Sudah Didebit

    • 10 Agustus 2022 - (08:42 WIB)
      Permalink

      Kacau sistem kerja agent BRI dan anak perusahaan, sampai-sampai promosi gratis tapi berbayar. Syukurlah saya sudah tutup semua rekening BRI

      1
      2
    • 10 Agustus 2022 - (17:39 WIB)
      Permalink

      Tolong pihak BRI bantu pengembalian dana kami yg d debet oleh pihak brilife, saya adalah korban nya sampai sekarang uang saya masih d tahan pihak asuransi brilife

      • 10 Agustus 2022 - (18:50 WIB)
        Permalink

        Punya Saya sudah dikembalikan ka, bisa ajukan pengembalian dana premi via email brilife.

  • 9 Agustus 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Mahasiswa kan? Ayo belajar yang lebih giat biar ga gampang di bohongin. Tapi kalau sudah pinter, jangan ngebohongin orang lain.

    10
    3
  • 9 Agustus 2022 - (20:53 WIB)
    Permalink

    Sebagai MAHAsiswa seharusnya sudah memiliki intelegensi tentang iming-iming sales asuransi. Karena, yang namanya sales asuransi, atau sales produk lainnya, jangan gampang meng-iyakan, jangan gampang tergiur iming-iming hadiah.

    Sekarang sangat sulit bagi sales asuransi untuk mendapatkan nasabah, tentunya mereka harus putar otak, seperti dengan iming-iming hadiah. Karena bagi sebagian orang, begitu diiming-imingin hadiah, pikiran langsung terbang ke langit, senang tak terhingga.

    Lain kali, harus berani mengatakan TIDAK atas segala tawaran dari sales asuransi atau sales asuransi. Meskipun ditawari hadiah mobil atau istri muda, jangan pernah tergiur, semua itu cuma jebakan.

    7
    3
    • 9 Agustus 2022 - (21:00 WIB)
      Permalink

      Terimakasih sarannya pak,iya memang masih sangat awam tentang asuransi,di desa saya sepertinya tidak ada yg pakai asuransi. Dan saat di telepon kondisi saya sedang kurang sehat, jadi agak sulit mencerna kata2nya. Semoga jadi pelajaran untuk saya kedepannya

    • 10 Agustus 2022 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Anda kena jebakan betmen dr marketing asuransi anda cukup jwb iya otomatis saldo rekening anda udh terdebit sbg anggota ASU ransi
      Klo tdk pake ngibul mana ada org mau msk ASU ransi

      • 11 Agustus 2022 - (12:29 WIB)
        Permalink

        Tolong di bantu apa saja syarat/ bahan yang diperlukan jika ingin mengajukan pengembalian dana premi asuransi brilife, karena uang saya masih ditahan pihak asuransi brilife.
        Tolong bantuannya, terimakasih

  • 9 Agustus 2022 - (21:09 WIB)
    Permalink

    Kata kuncinya kalo ada sales asuransi biasakan kata TIDAK, apapun narasinya.. Meskipun dikasih story apapun TIDAK

    • 11 Agustus 2022 - (12:46 WIB)
      Permalink

      Ajukan pengembalian premi lewat cs@brilife.co.id nanti akan diarahkan untuk mengirimkan formulir pembatalan,ktp, dan rekening. Tapi kasus saya sebelum 14 hari sejak pendebitan lngsung mengajukan pembatalan.

      • 1 September 2022 - (18:45 WIB)
        Permalink

        Hallo kak apakah bisa bantu saya untuk penutupan Asuransi ini, kejadian saya sama seperti kakak

  • 9 Agustus 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Katakan “TIDAK”, pada Tellemarketer.
    Kalau dalam percakapan JANGAN sampai menjawab “YA”, karena biasanya kalimatnya sudah template dan dibacakan dengan cepat.
    Sekarang semua produk baik barang maupun jasa yang kita butuhkan bisa dibaca dulu lewat pencarian. Kalau benar benar butuh baru ke Marketplace atau ke Bank (untuk asuransi atau investasi).
    Atau… Sekalian jangan ladeni nomor yang tidak dikenal, entah di telpon atau Chat/Inbox /DM.

    • 11 Agustus 2022 - (11:10 WIB)
      Permalink

      Banyak bacot loe pihak bri saya ajah udah hampir 1 tahun ini uang saya di debit pihak bri life sampai sekarang sya ajha masih bingung ke gunaan bri life

  • 9 Agustus 2022 - (23:39 WIB)
    Permalink

    Belajar dari Pengalaman, saat ini Pada HP aktik mode Auto Blokir nomor yang tidak di save, maka akan aman dari telepon orang yang tidak kita kenal. Setelah saya telusuri pakai aplikasi pelacak nomor telepon, kebanyakan yang mencoba nelpon adalah para Telemarketing asuransi, para penipu, para penjahat. Silakan aktivasi auto Blokir bro…!!

    • 12 Agustus 2022 - (00:44 WIB)
      Permalink

      Gak jelas pihak BRI
      Seenaknya dana nasabah didebet ke asuransi brilife tanpa ada pemberitahuan, seharusnya pihak BRI melindungi data nasabah bukan malah sebaliknya, capek-capek ngumpulin uang malah dicuri asuransi brilife yang jelas manfaat nya,,

    • 10 Agustus 2022 - (09:11 WIB)
      Permalink

      Terimakasih komentarnya pak.
      Tapi saat ditelp memang tidak dijelaskan akan melakukan autodebit, yang saya maksud disini adalah kenapa tidak ada pemberitahuan tertulis sebelumnya? Dilingkungan saya memang masih awam tentang asuransi. Bagaimana jiga yg ditelfon orang tua, seperti ayah dan ibu saya? Saya rasa mereka juga akan menjawab “ya”. Dan tanpa disadari dilakukan pendebitan otomatis setiap bulan. Karena nggak semua orang paham tentang asuransi pk

      • 10 Agustus 2022 - (10:22 WIB)
        Permalink

        Tinggal di crosschek rekaman pembicaraannya nanti yang ada di pihak Asuransi . Agent telemarketing itu harus 3 kali konfirmasi kesediaan anda di debet dalam keikutsertaan polis. Ada term n condition yang mengatur itu. Kalau cuma “iya iya” saja ga bisa.

        Kenapa anda tidak menanyakan “pemberitahuan tertulis” pada saat anda dihubungi agent asuransi ? Orang tua banyak kok yang sadar penting asuransi. Kok bwa ibu bapak? Apa disini yang di telp Ibu/bapak anda lalu yang keberatan anaknya?

  • 10 Agustus 2022 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Taktik yg digunakan telemarketing asuransi saat ini (semua bank bahkan bank besar) yaitu menyampaikan polis asuransi sebagai ‘hadiah’, ‘terpilih’, ‘kesempatan emas’ seolah-olah gratis, kemudian diikuti dengan kata-kata yg sangat cepat mengenai syarat ketentuannya, yaitu bayar melalui direct debit/pemotongan langsung. Persetujuan hanya membutuhkan jawabab ‘YA’ atau ‘OK’ atau ‘Baik’, atau ‘He em’ yg direkam di telpon.

    Lebih baik bila menerima telpon yg mengaku dari asuransi, dijawab ‘TIDAK’ dan langsung ditutup, blokir nomernya. Jangan biarkan diri sendiri terpancing dengan rayuan maut dan berbelit-belit dari telemarketing asuransi.

  • 10 Agustus 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Semuanya, Sudah direspon oleh pihak BRI. Asuransi sudah dibatalkan dan premi dikembalikan.
    Mohon maaf kalau saya juga ada salah🙏

  • 10 Agustus 2022 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami kejadian yg sama sampai sekarang uang saya masih ditahan pihak asuransi brilife,
    Tolong kepada pihak BRI Jangan sembarangan memberikan data nasabah kepada pihak yg tdk bertanggung jawab.
    Koq bisa uang kami d rekening bisa d debet seenaknya tanpa pemberitahuan

  • 10 Agustus 2022 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Pastikan terima polis.karena ada masa pemahaman polis kurang lebih 30hari dari tanggal berlaku polis.dan apabila jangka waktu tersebut polis dibatalkan maka premi kembali dipotong admin.kalau diatas 30hari premi gak balik

  • 11 Agustus 2022 - (10:24 WIB)
    Permalink

    asuransi mah gitu, kita mau join wuuuusssssss cepat sekali prosesnya, sampe pembayaran pun dilakukan hari itu juga. tp kalo mau refund, klaim, aduh bertele2, disuruh tunggu 7 hari kerja, 15 hari kerja, ujung2nya ditolak dgn alasan ini itu.

  • 12 Agustus 2022 - (08:17 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak korban harus nya BRI pusat turun tangan mengatasi masalah ini, dengan cara tidak seenak nya membiarkan brilife melakukan pendebetan dana nasabah,kalau emang memungkinkan tutup aja sekalian asuransi brilife, udah jelas ini asuransi maling cuma modal nelpon terus dana nasabah bisa didebet seenak ny, giliran mw diklaim minta isi formulir la,minta bukti debet la,minta potokopi KTP la,dll.
    #asuransi brilife asuransi maling#

    • 13 Agustus 2022 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Sama persis dengan kejadian pada istri saya.Meskipun sudah mengatakan tidak, tetap aja dbujuk untuk mengatakan ya..dengan segala tipu muslihat dan rayuan untuk mengatakan Ya. Dan setelah saya mendapat info dari istri saya langsung tarik dan mengosongkan rekening istri saya..Rekening dan Kartu langsung saya bakar meskipun masih ada sisa 50 rb.

  • 5 September 2022 - (00:49 WIB)
    Permalink

    Ane tiap dpt tlp dr bank nawarin ini itu dgn berbagai bahasa (hadiah,bonus,terpilih dll) lgsg jwb tdk dan tutup tlp.

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Life?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Tidak Paham Saat Ditelepon Telemarketing, Saya Mengajukan Pengembalian…

oleh Sisuy dibaca dalam: 1 menit
29