Data Kontak Darurat Tidak Diperiksa Dahulu, tapi DC Ngotot Menagih Hutang Orang yang Tidak Saya Kenal

Saya menuliskan ini, karena sudah kesulitan menghubungi pihak Kredit Pintar. Baik melalui IG, chat, maupun email, semuanya dijawab oleh bot.

Awalnya beberapa bulan lalu ada WhatsApp penagihan atas nama Vi** Vio***** yang ternyata mencantumkan nomor pribadi saya sebagai kontaknya dia. Beberapa kali gak saya gubris. Namun ternyata penagihan tetap dilakukan oleh tim melalui telepon.

SALAH SATU WA DC KREDIT PINTAR
Salah satu dari sekian banyak WA Kredit Pintar

Beberapa kali sudah saya sampaikan, bahwa saya tidak mengenal sama sekali dengan orang tersebut. Sempat juga CS yang sama menelepon saya dan rupanya mbaknya menyadari hal itu.

 

Lanjut, pihak Kredit Pintar melalui DC-nya pun terus menerus telepon saya. Lama-lama saya merasa terganggu. Sudah saya blokir, tapi ya tahu sendiri lah, pasti mereka pakai nomor lain.

Saya berusaha kontak via CS Kredit Pintar melalui IG, email dan WA yang ada di kontak Kredit Pintar, tapi semuanya bot yang jawab. Mohon maaf saya gak akan membagikan data, seperti nama ibu kandung dan tanggal lahir, karena saya bukan nasabah Anda.

Kenapa pihak Kredit Pintar tidak memverifikasi dahulu nomor yang calon peminjam cantumkan di aplikasinya? Kenapa harus menunggu telat, lalu ngotot teror WA dan telepon? Padahal gak diverifikasi dulu. Ini mengganggu sekali.

Anda pun tidak menyediakan manusia yang bisa bantu komunikasi chat sebagai customer service. As you know, mereka pasti berkata kotor dan memaki. Ijin juga surat ini saya kirimkan ke email OJK.

Eko Hikmawan
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredit Pintar:
[Total:155    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Data Kontak Darurat Tidak Diperiksa Dahulu, tapi DC Ngotot Menagih Hutang Orang yang Tidak Saya Kenal

  • 6 September 2022 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Pinjol memang gitu. Semua data yang ada di kontak nasabahnya dihubungi tanpa terkecuali. Asalkan sudah tersimpan di kontak

    11
  • 6 September 2022 - (21:12 WIB)
    Permalink

    Modus operandinya dijadikan kontak darurat tapi kenyataannya tidak.

    Nah kemungkinan nomer anda ada di si phonebook peminjam entah sengaja atau tidak baik kenal maupun tidak.

    Dijamin deh itu dc ngontak ke semua isi phonebook dengan dalih nomernya dijadikan kontak darurat.

    Sy pun pernah dpt WA bgt tp ga sy tanggepin, ilang dengan sendirinya.

    14
    • 7 September 2022 - (00:02 WIB)
      Permalink

      Karena pas install aplikasi penggunaa langsung diarahkan untuk klik persetujuan aplikasi untuk membaca semua data yang ada di kontak tanpa terkecuali.

  • 7 September 2022 - (00:13 WIB)
    Permalink

    Yang paling penting, jangan pernah berharap pada OJK. Karena OJK sendiri hidup dari upeti para pinjol. Ngga mungkin dong guk guk gigit tangan tuannya yg kasih makan.

    35
    1
    • 7 September 2022 - (08:36 WIB)
      Permalink

      Ini yang terjadi ketika bisa nulis ga bisa baca, otak dan tangan tidak sinkron.

      Teman2 yang lain jangan dicontoh yah.

      4
      7
    • 7 September 2022 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Mungkin maksudnya dia risiko punya teman atau siapapun itu yang punya pinjol tapi kontaknya ikut terdaftar. Kalau gak merasa punya utang tinggal diabaikan saja dan diblokir. Sepertinya gak perlu masuk ke MK. Karena sifatnya pinjol itu semua nomor yang ada di kontak si peminjam entah dikenal atau tidak itu diambil datanya. Kemungkinan nomor si penulis tercantum atau tersimpan di ponsel si peminjam.

      • 7 September 2022 - (13:33 WIB)
        Permalink

        Ya harusnya kalimatnya resiko punya teman suka mengutang. Tapi ini kasusnya bahkan bukan teman loh. Kata penulis, dia tidak kenal orang bersangkutan.

      • 7 September 2022 - (21:50 WIB)
        Permalink

        Walaupun bukan teman bisa saja itu yang minjem pake nomor acak dan kebetulan pula nomor si penulis. Harusnya gak perlu dibalas. Justru semakin dibalas malah makin runyam.

    • 7 September 2022 - (10:07 WIB)
      Permalink

      Maka dari itu jangan diladeni. Saya sering dapat WA gitu. Langsung blokir dan abaikan. Karena kalau dibalas atau dilayani maka dianggap kenal sama si peminjam. Itu bisa juga terjadi karena yang pinjam cantumkan nomor secara acak. Solusinya ya diabaikan dan jangan diladeni apalagi sampe dibalas.

      • 18 September 2022 - (18:54 WIB)
        Permalink

        Bahasa menunjukkan perilaku dan dari keluarga mana dia berasal. Kalau bahasanya bahasa haiwan ya keturunan haiwan.

  • 7 September 2022 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Lapor balik, ancam dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan. Kalo dari OJK ga ada respon ada bisa tuntut balik Kredit Pintar. Itu DC bukan karyawan resmi Kredit Pintar, tapi pihak ketiga yang dibayar sama Kredit Pintar.

  • 7 September 2022 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Sudah biasa dapat wa seperti itu.
    Krn semua kontak yg ada di hp peminjam akan dihubungi tanpa terkecuali..
    Kadang ada oknuk nasabah nakal yg sengaja membobol pinjol dg menulis nmr hp acak dan banyak di hp nya

    • 7 September 2022 - (09:22 WIB)
      Permalink

      Hal itu biasa. Karena pinjol akan bc kesemua kontak pinjol.
      Tips nya jangan pernah dibalas / diladenin.

      Karena kalo dibalas, pasti akan di teror. Dianggap kenal dengan yang bersangkutan.

      Saya sering dapat WA seperti itu padahal tidak kenal yang ngutang.
      Tidak saya balas, ya tidak ada. WA lebih lanjut

      • 7 September 2022 - (10:04 WIB)
        Permalink

        Iya benar. Kalau memang gak merasa minjam atau kenal dengan si peminjam langsung blokir. Semakin diladeni ya nanti malah semakin diteror karena itu memang kerjaan mereka (DC).

  • 7 September 2022 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Wah senasib.. cuma kalo gw AKULAKU.. gw ajak debat akhirnya “baik kita akan hapus namanya dr daftar emergency contact” eh nelp lagi beberapa waktu kemudian.. sampe katanya mau di cek kebenerannya.. lalu gw jawab “silahkan, plus klo datang sekalian bawa surat/dokumen yg berisi tanda tangan saya atau rekaman suara persetujuan dari saya bahwa benar sy mengenal si penguhutang dan bersedia dijadikan kontak darurat”, udah prepare manggil orang se RT kita bikin babak belur sekalian DC nya.. eh ga ada yg datang.. malah nelp lagi jd baik mohon mohon… Apapun yg gw sebut kayak ga ada artinya.. akhirnya gw bilang.. lo ngutangin ke orang, klo dibayar dapet untung diem diem. Giliran ga dibayar ngejar2 gw yg ga ada urusannya.. ijin juga kaga ama gw maen kasih aja duit ke orang wkwke.. trus dia jawab lagi “kita hanya melaksanakan tugas pak. Kebetulan kita kesulitan menghunungi yg bersangkutan” gw jawab “setiap manusia punya kesulitan, ga usah melimpahlan kesulitan dan pekerjaan sendiri kepada orang lain, kebetulan sy lg kesulitan mengkonsep dan kerjaan lg banyak.. gmn klo sy minta no tlp mbaknya. Biar sy telp dan bantuin kesulitan saya?” Diem doi.. nutup telp trus ga nelp lagi sampe skrg wkwkwk

    • 7 September 2022 - (15:56 WIB)
      Permalink

      Intinya kalau dapat WA atau telpon soal tagihan pinjol, jgn dilayani, langsung tutup dan blokir, ada lagi WA atau telpon tagihan langsung tutup dan blokir lagi, nanti juga hilang sendiri…

    • 13 September 2022 - (20:45 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkw jawaban kereeen…..
      Tp pas ganti org yg tlp ya balik lagi om
      Entah gmn… cmn pinjol ini di sisi lain bikin resah org yg bahkan ga kenal sama sekali

      Giliran telat ikut kena getah
      Pas untung diem2 bae

      Capek blokir nmr2 g jelas

  • 7 September 2022 - (13:36 WIB)
    Permalink

    sy juga pernah ditelponin, nyarinya sih atas nama org lain. tp sy udah bilang salah sambung, tp tetep kekeuh. telpon berkali2 selama berbulan2. akhirnya setop setelah sy hardik, sekali lagi lu telpon gw laporin lu ke polisi, biar jelas urusannya di polisi kalo gw bukan yg lu cari dan gw tuntut lu. akhirnya ga ada telpon2 lg deh

    • 13 September 2022 - (20:43 WIB)
      Permalink

      Lah sy dah capek hub kamu wahai kredit pintar
      Yg jawab bot melulu

      VERIFIKASI KONTAK DARURAT ANDA SEBELUM KASI KREDIT

      Lu kasi menu CS tp yg jawab bot

      BAD SERVICE

  • 18 September 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Gak merasa pinjam bukannya langsung diblokir malah diladeni. Semakin diladeni ya mereka semakin yakin kalau ada hubungan dekat dengan si peminjam.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Pintar?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Data Kontak Darurat Tidak Diperiksa Dahulu, tapi DC Ngotot Menagih Hut…

oleh Eko dibaca dalam: 1 menit
30